Apa Itu iMacros? Pengertian dan Cara Menggunakan iMacros

Terakhir di Update 9 Juni 2018

Apa itu iMacros? – Pada artikel ini Dosen Online akan membahas pengenalan dari iMacros, mulai dari pengertian, cara penggunaan dan fitur iMacros itu sendiri. Akhir-akhir ini iMacros banyak yang membicarakannya terutama adalah pada internet marketer. Karena fungsinya yang bisa meringankan pekerjaan yang terlalu monoton, apalagi pekerjaannya itu itu saja, maka peran tools iMacros ini sangat penting untuk membantu pekerjaan.

Tools iMacros ini sangat populer untuk optimasi sosial media seperti instagram dan facebook. Karena dengan menggunakan tools ini bisa berfungsi untuk auto follow, auto like, auto komentar dan lain lain. Tools iMacros ini berjalan ketika Anda sudah membuat script dan mengkonfigurasinya sesuai apa yang ingin dilakukan iMacros pada web browser Anda.

Jadi, apa itu iMacros? bagaimana cara penggunaannya? apa saja fungsi iMacros? Yuk mari kita pelajari bersama seluk beluk iMacros. iMacros pertama kali dibuat pada tahun 2001 oleh Mathias Roth. Singkatnya, iMacros merupakan alat perekam makro pertama yang dirancang khusus dan dioptimalkan untuk browser web dan pengisian formulir.

Apa itu iMacros ?

Apa itu iMacros dan cara menggunakan imacros

Apa itu iMacros? iMacros adalah alat perekam makro berbasis browser pertama di dunia. Tools inidigunakan untuk merekam aktivitas web browser yang dijalankan dengan mudah dan mengulangnya kembali.

Tools iMacros juga bisa digunakan untuk pengerjaan yang bersifat mengulang (looping) pada sebuah web browser baik itu online maupun offline. Tidak itu saja, iMacros sendiri bisa mengekstrak suatu data dalam website seperti tulisan dan gambar, kemudian data tersebut akan disimpan kedalam komputer kita yang berformat .csv dan txt.

Selain itu, iMacros juga bisa menterjemahkan kegiatan dalam web browser, diantaranya yaitu mengetik, mengklik mouse dan bahkan bisa upload file dari komputer kita ke website dengan script iMacros yang sudah dibuat.

Contohnya pada saat melakukan follow atau like pada instagram, tanpa kita sadari aktivitas tersebut bersifat mengulang. Dan dengan menggunakan iMacros ini Anda bisa mengaturnya untuk melakukan following atau like berkali-kali dalam sekali klik. Dan juga bisa dikasih delay dimana kita akan klik pada tombol yang ada di browser.

Fungsi iMacros

Fungsi iMacros sendiri terdapat banyak fungsi yang bisa membantu pekerjaan selesai dengan cepat. Berikut ini fungsinya :

  1. Mengisi formulir secara otomatis.
  2. Masuk secara otomatis ke webmail Anda. Jadi fungsi ini bisa setting email dan password dan kemudian login dengan otomatis.
  3. Menavigasi situs web yang kompleks berulang kali tanpa campur tangan pengguna. Dengan fitur ini ketika iMacros Anda jalankan, maka tanpa Anda bantu iMacros ini akan otomatis menjalakan web browser Anda dengan sendirinya.
  4. File makro transparan dan dapat dipindahkan. Anda bisa membuat script iMacros sendiri sesuai kebutuhan dan Anda bisa membagikannya ke orang lain.
  5. Penyimpanan kata sandi yang aman menggunakan algoritma enkripsi AES 256-bit standar industri.
  6. iMacros menjaga privasi Anda. Tidak seperti tools pengisian formulir lainnya, iMacros tidak mengirim data apa pun kembali kepada kami. Semua data hanya disimpan di PC lokal Anda.
  7. Anda bebas membagikan file makro kepada teman atau rekan kerja Anda yang membutuhkannya, bahkan Anda juga bisa menjual script iMacrosnya.

Cara Install iMacros di Browser

Cara install iMacros ini sangat mudah, karena iMacros sendiri berupa add ons atau extension yang populer pada browser Mozila Firefox. Selain di mozila firefox, add ons iMacros juga bisa di install pada browser palemoon.

Langkah pertama yaitu Anda buka browser mozila firefox, kemudian kunjungi link add ons iMacrosnya DISINI. Tinggal klik add to firefox maka browser Anda sudah terinstall iMacros, jangan lupa untuk restart browsernya. Biasanya add ons ini sangat work pada firefox versi 49 kebawah. Jadi saya sarankan jangan menggunakan versi 49 keatas.

Cara Menggunakan iMacros

Cara menggunakan iMacros ini juga sangat mudah, tapi sebelum itu Anda harus menyiapkan script iMacros yang akan dijalankan terlebih dahulu. Misalnya kita akan melakukan auto follow pada instagram, maka kita harus membuat scriptnya terlebih dahulu. Jika mau instant Anda bisa membelinya di orang.

Ada 2 fitur utama pada menu iMacros, yaitu :

    1. Menu Play. Menu ini digunakan untuk menjalankan script iMacros yang sudah kita buat atau beli. Kita bisa menggunakannya berulang-ulang sesuai yang kita mau. Dibawah ini contoh menggunakan script iMacros untuk optimasi instagram.
  1. Menu Rec / Record. Fungsi menu ini digunakan untuk merekam aktivitas pada web browser yang sedang dijalankan dan tentunya bisa disimpan. Hasil simpannya berupa script iMacros, dan script itu bisa kita jalankan pada menu Play.Menu Rekam iMacros

Kesimpulan

Apa itu iMacros? Secara sederhana iMacros merupakan extension atau add ons pada web browser seperti Mozila Firefox. Fitur utama iMacros yaitu untuk merekam aktivitas pada browser yang sedang dijalankan dan hasil rekamannya bisa kita simpan dan bisa kita jalankan kembali berulang-ulang meskipun hanya sekali rekam.

Sekarang kita sudah mengerti apa itu imacros, fungsi, fitur dan cara menggunakan iMacros. Semoga pengenalan iMacros ini bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa share ke teman-teman kalian 🙂

2 Comments

  1. Terima kasih atas ulasannya, sangat membantu sekali untuk mendalami tools imacros

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

error: