11 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Populer dan Tips Suksesnya

0 43
Belum ada rating.

Berbisnis merupakan aktivitas yang bisa dilakukan setiap orang dengan tujuan mendapatkan keuntungan bahkan akan lebih baik jika mampu menciptakan lapangan kerja. Semua orang mampu berbisnis hanya saja yang membedakan adalah bisnis apa yang tepat untuk mereka. Apalagi ada karakteristik yang berbeda serta bagaimana cara menghadapi persaingan bisnis yang ada. Dan ada juga bisnis online tanpa modal yang hasilnya sangat menguntungkan. Bisnis bisa dijalankan untuk pria ataupun wanita, tua ataupun muda bahkan mereka yang sudah menjadi ibu rumah tangga. Langkah yang pertama adalah menemukan bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan.

Bagi seorang ibu, pekerjaan rumah adalah hal utama dan tak bisa ditinggalkan. Tetapi bukan berarti anda tak bisa melakukan aktivitas lain. Justru dengan bisnis ini kita bisa menghandlenya dari rumah di sela waktu luang yang kita miliki. Apalagi ide usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar juga sangat banyak. Sudah banyak ibu-ibu yang membuktikan bisnisnya mampu memberi penghasilan tambahan yang cukup menguntungkan. Salah satu PR terbesar ketika berbisnis di rumah adalah mampu mengatur waktu. Kapan harus berhenti beralih pada tugas sebagai ibu rumah tangga dan kapan harus fokus pada bisnis.

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan1. MUA

MUA atau makeup artist memang banyak dilakukan oleh para wanita. Apalagi wanita memang identik dengan berdandan.  Jika anda memiliki bakat terutama dalam estetika dan juga keinginan untuk memanfaatkan bakat tersebut, mengapa tidak?  Mereka yang suka dengan aktivitas berdandan bisa mengasah kemampuan untuk menjadi seorang MUA. Ada banyak tutorial makeup yang sudah diupload oleh para beauty vlogger. Bahkan tak sedikit juga mereka yang memutuskan untuk belajar otodidak tetapi menjadi sangat ahli atau mahir.

Sekalipun anda masih tak percaya diri, anda bisa mengikuti les atau kursus tentang make up. Hal ini bisa menjadi bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan. Membuka jasa rias untuk berbagai acara seperti wisuda, pernikahan atau make up untuk jenis acara lainnya. Profesi atau bisnis yang bisa dijalankan di rumah ini sangatlah menguntungkan. Hanya saja butuh tekad dan niat yang kuat agar bisa belajar menghasilkan riasan yang sempurna.

2. Reseller

Menjadi reseller tanpa modal adalah pilihan tepat untuk pebisnis pemula. Mereka bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan modal kecil bahkan tanpa modal. Caranya adalah menjual produk orang lain. Kita membeli barang dari supplier dengan harga grosir tetapi kita menjual kembali dengan harga konsumen dan keuntungan bisa kita dapatkan. Bisnis ibu rumah tangga menjadi reseller mudah untuk dijalankan. Peluang ini cukup tinggi terutama jika anda memiliki lingkup pergaulan yang luas.

Cara pemasarannya juga cukup mudah yakni memanfaatkan media sosial yang anda miliki serta tak membutuhkan biaya tinggi. Berbagai barang bisa anda pilih. Mulai dari pakaian, make up, aksesoris, elektronik dan lain sebagainya. Jika anda merupakan pemula di bisnis ini, cobalah untuk melihat dan menganalisis bagaimana para kompetitor. Bagaimana mereka menjual dagangannya serta kelebihan dan kekurangan yang bisa kita analisis untuk bisnis kita.

3. Bisnis Catering

Suka masak? Lagi-lagi hobby ini bisa menguntungkan. Bisnis sampingan modal kecil untuk ibu rumah tangga yang memberi penghasilan tambahan terutama ketika banyak acara besar. Anda bisa mengandalkan kemampuan memasak sebagai bisnis. Jika anda hobby bereksperimen di dapur dengan berbagai resep pilihan lainnya, mengapa tidak memanfaatkan hobby ini sebagai bisnis? Bahkan ada yang menyebut bahwa bisnis ini tak pernah sepi karena sepanjang tahun banyak orang membutuhkan layanan tersebut.

Bisnis catering bisa dimulai dengan skala yang kecil. Cobalah untuk menawarkan serta memenuhi kebutuhan orang-orang terdekat yaitu sahabat, tetangga, keluarga atau teman. Tetapi jika ditekuni dengan giat maka bukan tidak mungkin catering rumahan ini bisa berkembang menjadi lebih besar anda memiliki banyak pelanggan. Selain menguntungkan untuk kita, bisnis ini juga akan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

4. Freelance Content Writer

Ingin berbisnis tapi tak menyita waktu? Jadilah freelance content writer dimana bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan ini memang dirasa menguntungkan terutama untuk mereka yang suka menulis. Anda bisa mendapatkan uang dengan menjadi freelance tetapi tetap memiliki waktu untuk urusan rumah. Biasanya seorang content writer bertugas untuk menulis artikel yang telah diberikan. Tetapi memulai bisnis ini tentu harus mengetahui bagaimana cara menulis artikel yang baik.

Bekerja di rumah memang harus pandai dalam mengatur waktu. Jika tidak, sulit untuk menjalankan dua hal sekaligus. Bekerja untuk bisnis yang ditekuni serta melakukan aktivitas rumah seperti mencuci, memasak dan sebagainya. Maka dari itu penting untuk mengasah kemampuan dalam menulis agar bisnis ini bisa lancar dan anda mendapat banyak order.

5. Kerajinan Tangan

Mereka yang kreatif sangat memiliki peluang besar untuk berbisnis. Sebab, pebisnis yang handal adalah mereka yang mampu membaca potensi tiap hal untuk diasah dan diperjual belikan. Jika anda memiliki kemampuan dalam membuat kerajinan tangan, ciptakan produk yang bagus kemudian pasarkan pada orang-orang di sekitar anda. Apabila dalam skala kecil saja sudah menguntungkan dan mendapat respon yang bagus maka anda memiliki peluang untuk mengembangkan pemasaran dengan lingkup lebih besar.

Kerajinan tangan bisa berupa tas rajut, aksesoris untuk hijab, barang-barang dari jahitan dan lain sebagainya. Bisnis ibu rumah tangga ini merupakan peluang agar mengembangkan bakat mereka yang suka kerajinan tangan. Tak sedikit pengusaha sukses yang bisa memasarkan produk handycraft mereka hingga pasar internasional. Mulailah untuk mengasah kemampuan dan membuat hasil yang berkualitas tinggi.

6. Desain Grafis

Ide bisnis desain grafis menjadi yang menguntungkan terutama mereka yang suka dengan bidang ini. Proses kreatif yang tersebar di segala bidang dan memiliki peluang besar untuk menjadikannya bisnis kekinian. Anda bisa fokus pada situs web, antarmuka aplikasi hingga produk lainnya yang bisa dikelola. Tangan berbakat dari seorang designer memang akan menjadikannya lebih indah dan handal. Ada karakter yang bisa menjadi ciri khas anda.

Modal dari bisnis ini adalah komputer, aplikasi desain yang dibutuhkan seperti adobe photoshop hingga adobe illustrator. Satu lagi yang tak kalah penting adalah kemampuan atau skill yang harus diasah. Memiliki pengetahuan secara teori memang penting namun tidak akan berhasil menjadi karya yang indah tanpa adanya praktik atau percobaan. Teruslah membuat berbagai macam desain dan mulailah mengelola bisnis ini.

7. Tempat Les

Tempat Les Untuk BisnisBagi ibu rumah tangga biasanya memiliki naluri untuk mendidik. Jika memang anda suka dalam hal ajar mengajar, mengapa tak membuka kursus atau les di rumah? Membuka jasa les di rumah memang membutuhkan keahlian dalam satu hingga dua mata pelajaran. Tentukan manakah bidang yang benar-benar anda kuasai. Apakah matematika, bahasa Inggris, kimia dan lain sebagainya. Mereka yang membuka kursus ini juga harus tahu pada jenjang apa les tersebut diperuntukkan. Apakah SD, SMP atau SMA.

Bisnis ibu rumah tangga tanpa modal dan tergolong efektif karena kita hanya mengajar sekitar dua jam. Tempatnya pun bisa menggunakan rumah sendiri. Jam dari les ini bisa kita tentukan. Mulailah dari lingkup tetangga dan orang-orang di sekitar rumah. Bukan tidak mungkin jika cara mengajar kita yang jelas dan disukai akan menarik siswa-siswi dengan jangkauan lebih luas.

8. Menjahit

Mereka yang suka menjahit memiliki peluang besar untuk membuka bisnis ibu rumah tangga. Terutama jika hasil jahitannya rapi dan bagus. Bukan tidak mungkin anda bisa menerima pesanan dari banyak orang, bukan? Cobalah untuk membuka jasa menjahit di rumah. Kita bisa menerima pesanan jahitan baju di rumah dan mengatur waktu dengan baik agar aktivitas atau pekerjaan rumah tidak terbengkalai.

Jasa jahit pakaian merupakan bisnis yang banyak dicari. Kita bisa mendapatkan keuntungan berlimpah asalkan tahu bagaimana cara menjaring konsumen dan kualitas yang dihasilkan juga terjamin. Karena sandang merupakan salah satu kebutuhan pokok dan utama yang dibutuhkan tiap orang. Terutama mendekati hari-hari penting seperti lebaran, tahun ajaran baru dan momen lainnya jasa jahit pakaian sangatlah dibutuhkan.

9. Penerjemah

Bisnis ibu rumah tangga yang populer berikutnya yang bisa anda pilih adalah menjadi seorang penerjemah. Mereka yang memiliki keahlian atau kemampuan dalam menerjemahkan bahasa asing tentu akan menghasilkan sesuatu yang lebih. Menjadi penerjemah yang mana pekerjaan ini bisa kita lakukan di rumah. Tak memakan banyak waktu tetapi juga memberi hasil yang lumayan besar.

Percaya diri terhadap kemampuan anda untuk menerjemahkan bahasa asing merupakan modal awal yang harus dimiliki. Pahami bagaimana struktur bahasa asing yang tepat baik itu bahasa Inggris, Jepang, Korea dan lain sebagainya. Bekerja sebagai penerjemah merupakan bisnis yang patut dicoba.

10. Dropship

Mirip dengan menjadi reseller tetapi dropship ini justru lebih simpel. Bisnis ibu rumah tangga tanpa modal yang membuat keuntungan kita jadi berlipat. Bedanya dari bisnis ini adalah kita tak perlu menyetok barang ataupun mengirimkannya pada konsumen secara langsung. Yang dilakukan adalah mencari konsumen sebanyak mungkin agar keuntungan kita juga bisa berlipat ganda.

Nantinya ketika ada konsumen yang memesan produk tersebut, mereka akan transfer sejumlah nominal sesuai dengan harga dan anda tinggal memesankan produk tersebut dari toko atau supplier. Tidak hanya uang, tetapi anda juga memberikan alamat konsumen dan jenis barang yang telah dipesan. Mereka yang akan melakukan pengepakan serta pengiriman barang pesanan konsumen. Uang yang dibayarkan kepada supplier adalah kesepakatan antara anda dan supplier bukan dari konsumen langsung.

11. Agen PPOB

Apa itu PPOB? Sistem pembayaran online yang bisa memanfaatkan fasilitas perbankan seperti misalnya tagihan telkom, PDAM, PLN dan pulsa untuk semua operator adalah PPOB. Bisnis ibu rumah tangga yang populer ini akan memberi anda kemudahan dalam menjalankannya karena kita bisa mengelola dari rumah. Keunggulan lainnya dari sistem PPOB ini adalah memberi kemudahan untuk pembayaran dan juga pelanggan yang bisa melakukan pembayaran selama 24 jam, dimana saja dan kapan saja.

Selain membuka jasa yang diperuntukkan bagi orang-orang sekitar, anda juga bisa mempromosikannya secara online. Dengan begitu, cakupan konsumen akan lebih luas. Mereka bisa membayar melalui transfer dan meminta anda sebagai PPOB untuk membayarkannya. Bisnis mudah dan mampu memberi banyak keuntungan. Tapi kamu juga butuh belajar cara jualan pulsa sendiri yang baik dan benar.

Keuntungan yang Bisa Didapat dari Bisnis Ibu Rumah Tangga

Semua bisnis pasti ada untungnya, apalagi hanya dikerjakan dirumah saja. Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan pada ide bisnis ibu rumah tangga di atas. Berikut ini keuntungannya :

1. Bebas Jam Kerja

Bebas jam kerja disini maksudnya adalah kita bisa menentukan jam kerja yang dimiliki. Terutama mereka yang berbisnis bermodalkan hobby seperti catering, menjahit, handycraft dan lain sebagainya maka jam kerja kita bisa lebih fleksibel. Kita bisa menentukan jam berapa kita akan bekerja dan jam berapa kita harus mengurus pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci dan sebagainya. Tetapi hal ini membutuhkan kemampuan untuk memanage waktu dengan tepat. Jika tidak maka usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar tetap tak bisa berjalan lancar.

2. Bebas Menentukan Hari Libur

Hampir sama dengan sebelumnya, keuntungan bisnis ibu rumah tangga adalah kita mampu menentukan hari libur kita. Katakanlah ada hal lain yang urgent dan tak bisa ditinggalkan maka kita juga bisa mengambil hari libur. Tetapi ingat untuk tak menyepelekan bisnis ini jika memang ingin bisnisnya berjalan lancar. Mengambil hari libur untuk keperluan yang penting dan mendesak saja. Kita bebas mengambil hari libur jika memang dirasa dibutuhkan.

3. Sebagai Hiburan

Sebagai ibu, tak jarang ada rasa bosan ketika harus rutin melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah. Bisnis ibu rumah tangga bisa menjadi solusi dari rasa bosan tersebut. Berbisnis di rumah bisa menjadi hiburan tetapi juga menghasilkan. Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan lain. Hobby yang menjadi bisnis juga terasa ringan untuk dilakukan seolah-olah kita tidak sedang bekerja tetapi hanya menjalankan hobby semata. Meski juga bisa menjadi hiburan di sela waktu luang di rumah, tetap jalankan bisnis sesuai dengan aturan yang anda tetapkan agar tetap berjalan lancar.

4. Lebih Produktif

Siapa bilang ibu rumah tangga tak bisa produktif? Adanya berbagai ide bisnis ibu rumah tangga ini menjadi bukti bahwa seorang ibu pun bisa menjadi wanita karir dan lebih produktif. Tak sedikit usaha rumahan yang berhasil mencetak kesuksesan bahkan membuka lapangan kerja untuk orang lain. Berbisnis yang tidak hanya menguntungkan kita tetapi juga bermanfaat untuk orang lain.

5. Memanfaatkan Kemampuan

Setiap orang memiliki kemampuan atau keahlian. Baik itu memasak, menjahit, menulis dan lain sebagainya. Kemampuan atau keahlian inilah yang bisa kita manfaatkan untuk berbisnis. Sebagai ibu rumah tangga, keahlian yang tak jauh dari wanita adalah memasak. Bukan tidak mungkin anda bisa berbisnis membuka catering atau membuat aneka kue dan camilan. Jika cita rasa yang dimiliki terbukti lezat, maka bisnis anda memiliki modal kuat untuk berkembang.

6. Keuntungan yang Berlipat

Yang dimaksud keuntungan yang berlipat disini adalah kita mampu menghasilkan pendapatan sendiri sekaligus kita bisa menjadi ibu yang fokus dengan keluarga. Bagi mereka yang belum mencobanya mungkin akan merasa mustahil. Tetapi untuk mereka yang bisa membagi waktu dengan benar maka keuntungan ini tentu dirasakan. Ada waktu yang fleksibel untuk menentukan kapan kita fokus berbisnis kapan kita fokus mengurus rumah tangga. Ada banyak ide usaha ibu rumah tangga modal kecil untung besar sekarang ini yang bisa dipilih. Terutama bisnis online yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

7. Bermanfaat untuk Orang Lain

Katakanlah anda membuka bisnis catering. Ketika pesanan yang datang cukup banyak maka yang kita butuhkan adalah tambahan personil. Kita butuh bantuan dari orang lain untuk memasak, membungkus hingga mengantarkan pesanan tersebut. Hal ini membuktikan bahwa bisnis yang kita jalankan juga bisa bermanfaat untuk orang lain. Bisnis yang membantu untuk membuka lapangan kerja merupakan hal yang positif, bukan?

Selama ini jika mendengar kata ibu rumah tangga pasti yang terbayang adalah mereka yang hanya mengurus keperluan dapur dan fokus pada keluarga. Memang, tak ada yang salah dengan hal tersebut justru sudah menjadi kewajiban bagi seorang ibu. Namun, adanya ide bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan dari Dosen Online ini bisa menjadi selingan aktivitas di kala kita ingin produktif tanpa harus meninggalkan kewajiban sebagai ibu di rumah. Salah satu kunci keberhasilan dari bisnis ini adalah mampu memanage waktu dengan baik, kapan harus fokus dengan bisnis dan kapan mengurus keperluan rumah.

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?