10 Trend Bisnis Kuliner Rumahan yang Menjanjikan 2019

0 28
Belum ada rating.

Setiap orang menginginkan pekerjaan utama yang menjanjikan. Selain bisnis ibu rumah tanggabisnis kuliner rumahan juga sangat populer. Tetapi bagi pebisnis, pekerjaan utama nantinya adalah nomor dua ketika ia sudah sukses dalam berbisnis. Artinya, disamping saat ini ia fokus terhadap pekerjaan utama, bukankah lebih bahagia jika kita menjadi bos dari bisnis kita sendiri? Ingatkah anda dengan pebisnis handal yaitu Bob Sadino? Sekecil apapun bisnis yang sedang kita rintis, kita adalah bosnya.

Tetapi sebesar apapun pekerjaan yang kita miliki selama itu bergantung pada orang lain tentu kita masih merupakan pesuruh atau bawahan. Semangatnya dalam berbisnis memang luar biasa dan tentu menginspirasi banyak orang. Bisnis menyenangkan bisa dimulai dari hobby yang anda miliki. Hobby memasak? Kenapa tak coba bisnis kuliner? Ubah hobby menjadi bisnis sekarang juga.

Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang ramai. Jika anda masih ingat kue artis, efeknya memang cukup ramai. Tak sedikit artis-artis yang ikut berbisnis dan memasang target pasar di beberapa kota sebagai oleh-oleh khas dari wilayah tersebut. Misalnya saja di Malang, Surabaya, Bali dan masih banyak lagi. Padahal mereka memiliki pekerjaan utama menjadi artis tetapi masih memiliki keinginan untuk berbisnis. Maka dari itu, selama anda memiliki kemampuan dalam menciptakan cita rasa lezat, mulailah untuk berbisnis kuliner.

Langkah pertama untuk memulai usaha kuliner adalah mengenali kemampuan kita dalam hal masak memasak. Jika memang kamu sudah cukup mahir maka cobalah membuat satu menu andalan dan dirasa memiliki rasa paling kuat dan lezat. Mintalah orang-orang di sekitar untuk menilai bagaimana sajian tersebut. Apabila banyak respon positif, mulailah untuk mengembangkannya. Dari satu menu ke menu lain, anda bisa banyak bereksperimen. Tak hanya kue artis, beberapa ide bisnis dalam bidang kuliner ini bisa kamu coba.

Ide Bisnis Kuliner Rumahan yang Bisa Kamu Coba

Ide Bisnis Kuliner Rumahan1. Brownies

Ada salah satu merk terkenal yang menyajikan brownies dengan cita rasa lezat dan terpercaya. Apabila kemampuan kamu dalam membuat kue memang cukup handal, cobalah untuk membuat brownies dengan keunikan lainnya. Misalnya dari segi bahan yang berbeda, rasa yang lebih lezat dan varian rasa yang lebih beragam. Menemukan resep yang lezat dalam membuat sajian kuliner memang tak hanya dalam satu tahap saja tetapi bisa dengan berulang kali eksperimen untuk menemukan yang terbaik.

Kue bolu kukus brownies modalnya juga cukup kecil. Di tahap awal anda hanya butuh beberapa butir telur, mentega, soda, tepung terigu dan tepung coklat. Mulailah dengan mencari resep sederhana serta buatlah brownies sebaik mungkin. Tak perlu khawatir jika di tahap pertama ini masih ada kekurangan. Cobalah terus menerus hingga menemukan hasil yang paling memuaskan.

2. Cilok

Jajanan ini tak bisa dipandang sebelah mata. Cilok dulunya berasal dari kata Aci Dicolok. Di berbagai daerah biasanya cilok ini bermacam-macam. Ada yang membuat cilok dengan isi telur puyuh, cilok dengan isi cabai yang pedas hingga varian lainnya. Modal bisnis kuliner yang menjanjikan ini memang tak banyak, hanya saja jika anda mampu memasarkan dengan baik dan memiliki cita rasa lezat maka bukan tidak mungkin untuk meraup keuntungan yang berlimpah.

Tak perlu malu jika ingin berjualan cilok karena jajanan ini justru sangat disuka banyak orang sebagai camilan. Pasarkan melalui online di berbagai media sosial. Ada banyak peluang dengan target pasar di siang hari, malam hari ataupun menerima pesanan dalam jumlah banyak. Bahkan jajanan ini bisa kamu jadikan sebagai usaha sampingan dirumah. Cilok bisa anda variasikan dengan isian yang anti mainstream. Misalnya saja cilok keju, cilok daging, cilok sayuran dan masih banyak lagi.

3. Tahu Bulat

Fenomena tahu bulat yang dijual berkeliling memang sempat menarik perhatian. Kamu bisa mencoba bisnis kuliner rumahan ini jika memang mampu menciptakan cita rasa yang berbeda. Tetapi apabila anda masih merupakan pemula dalam berbisnis, tinggal membeli bahan mentah dan menggorengnya dengan cara yang benar. Tahu bulat mungkin sudah banyak yang menjual untuk menjadikan bisnis ini lebih berbeda, anda bisa menambahkan cita rasa yang lain. Seperti menambahkan rasa pedas, asin, original dan yang lainnya.

Modalnya adalah gerobak, alat-alat penggorengan dan juga bahan-bahan masakan serta pegawai yang anda percayai. Cari lokasi yang tidak ada kompetitor karena hal ini akan menguntungkan anda. Kenali jam-jam dimana masyarakat suka camilan seperti malam hari, saat cuaca sedang hujan ataupun pada sore hari.

4. Takoyaki

Bisnsi Kuliner TakoyakiBisnis kuliner Takoyaki memang populer. Jajanan ini merupakan jajanan asal Kansai, Negara Jepang. Terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan bentuknya juga bulat yang menyerupai bola pimpong. Di dalam takoyaki, terbuat dari gurita yang mana cita rasanya bisa begitu khas. Tetapi masyarakat Indonesia sekarang ini juga sudah disuguhkan sesuatu yang lain. Takoyaki diisi dengan bakso, daging ayam, sayuran, udang atau cumi dll.

Takoyaki merupakan bisnis di bidang usaha kuliner yang patut anda coba. Bisnis ini juga tersedia sistem kerja franchise jika anda tak ingin repot mencari resep membuatnya sendiri. Modal yang dikeluarkan jika anda ingin bekerja sama dengan cara franchise sekitar 3 juta rupiah. Perhatikan kesiapan modal dan pastikan anda menjalankannya dengan baik.

5. Pempek

Makanan ini berasal dari Palembang yang sudah terkenal usaha kuliner akan cita rasa ikan di dalamnya. Pempek disukai kalangan muda maupun tua di Indonesia. Sajiannya dengan cuka serta ada sedikit rasa pedas memang menawarkan sensasi yang lain. Bahkan ada juga sebutan Pempek Kapal Selam. Ada beberapa bentuk dari pempek, ada yang lonjong memanjang, bulat dan pipih. Isiannya ada yang berupa telur.

Apabila anda mahir dalam membuat pempek seperti resep Palembang asli maka tak ada salahnya untuk mencoba bisnis kuliner modal kecil ini. Rencanakan apakah anda membutuhkan gerobak untuk mendisplaynya atau hanya membuka bisnis rumahan dan menerima pesanan online. Nantinya kita hanya memasarkan dan melayani mereka yang pesan dari media sosial atau contact person yang disediakan.

6. Frozen Food

Banyaknya mama-mama muda yang suka memasak memang memunculkan tren bisnis kuliner yang beragam. Ada jenis frozen food dimana menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin menyimpan makanan di kulkas untuk hari-hari berikutnya. Frozen food merupakan makanan yang bisa bertahan cukup lama. Anda bisa membuat berbagai macam frozen food seperti martabak, nugget, lumpia, risoles dan jajanan lainnya.

Tak sedikit mereka yang membuat frozen food dan memasarkannya melalui media sosial. Dengan cita rasa yang lezat pasti banyak konsumen yang menyukainya. Cobalah berbagai ide jajanan untuk dijadikan frozen food. Tetapi jangan lupa untuk mempertimbangkan ketahanannya jika dimasukkan di dalam kulkas atau tidak.

7. Seblak

Usaha kuliner makanan seblak juga cukup ramai belakangan ini. Terutama mereka yang suka cita rasa pedas maka seblak pedas bisa menjadi menu handal dan begitu lezat. Seblak merupakan masakan bisa diolah dengan berbagai bahan masakan lain. Misalnya saja seperti seblak bakso, seblak telur, seblak ayam dan lain sebagainya. Dengan berbagai varian rasa ini, anda bisa menarik minat konsumen lebih mudah.

Mulailah untuk bereksperimen dengan berbagai resep dan menemukan olahan terbaik untuk membuat seblak pada usaha kuliner Anda. Rencanakan dengan pasti apakah membutuhkan gerobak untuk mendisplaynya atau hanya melayani order by phone. Jika modal awal hanya cukup untuk membuat seblak di rumah, maka tak ada salahnya untuk segera memulai dan memasarkan ke orang-orang terdekat dulu seperti tetangga, teman ataupun keluarga.

8. Jajanan Pedas

Jajanan PedasBisnis kuliner kekinian dengan jajanan pedas disini maksudnya adalah olahan serba pedas seperti misalnya makaroni pedas, kerupuk pedas, stick kentang pedas, bakso mercon dan lain lain yang bisa kamu coba. Usaha kuliner serba pedas ini memang menjadi populer mengingat cita rasa yang satu ini disukai banyak masyarakat Indonesia. Anda bisa bermain nama masakan seperti brand terkenal lainnya ayam mbok judes karena rasa pedas, bakso mercon karena di dalamnya terdapat cabai yang memberi rasa pedas dan lain sebagainya.

Olahan-olahan sederhana ini bisa menjadi ciri khas dari bisnis anda. Asalkan tahu level pedas yang dipilih konsumen seperti apa. Sehingga ketika mereka tak seberapa suka pedas, mereka bisa memilih level yang lebih rendah. Jajanan pedas ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

9. Bakso Bakar

Bakso BakarJenis usaha kuliner yang satu ini memang berasal dari kota Malang. Ada satu merk bakso bakar terkenal hingga membuka cabang di kota-kota lainnya. Bisnis kuliner yang menjanjikan ini cocok disantap ketika musim hujan. Banyak orang ingin camilan yang hangat, pedas dan gurih dimana bakso bakar ini menjadi pilihan menarik. Dengan rasa bakar dan kecap yang pas, bakso bakar bisa menarik banyak konsumen.

Meski begitu santapan bakso bakar juga tak menunggu di musim hujan saja tetapi di musim lannya pun juga terbilang laris. Bisa dikonsumsi untuk tua ataupun muda karena rasanya yang gurih dan harganya murah meriah. Jika anda mampu mengolah bumbu yang lebih enak, bisnis ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk dikelola.

9. Bubur Bayi Organik

Kalau anda memperhatikan dengan baik, salah satu bisnis kuliner kekinian yang sedang ramai adalah bubur bayi organik. Bahkan bisnis ini cukup ramai pelanggan jika anda memasarkannya dengan tepat. Menjadi alternatif yang utama untuk seorang ibu yang ingin memberi makanan sehat bagi si kecil tetapi tak sempat membuatnya sendiri. Namun, pastikan bahwa kualitasnya benar-benar terjaga karena makanan untuk si kecil tentunya harus terjamin kebersihan dan gizinya.

Salah satu cara pemasaran yang bagus adalah membuka bisnis ini di depan perumahan atau tempat-tempat yang banyak anak kecil atau keluarga baru. Bahkan ada juga yang sudah membuka franchise dari bisnis ini. Anda bisa mencobanya jika tertarik berbisnis makanan bayi ini. Kalaupun tak menemukan resep yang cocok, sediakan modal dan ikut kerja sama franchise.

10. Burger

Selama ini kita hanya bisa membeli burger di resto ternama saja dengan harga selangit. Mengapa tak memanfaatkan peluang tersebut dengan bisnis kuliner burger homemade yang lebih sehat dan lezat? Anda bisa membuatnya sebagai bahan percobaan dengan bahan-bahan sederhana. Bahkan melalui bisnis ini, anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah karena burger merupakan makanan yang disukai banyak orang.

Ada beberapa yang sudah menjadi franchise dari bisnis burger ini. Pertimbangkan apakah anda membutuhkan gerobak untuk mendisplay berjualan burger ini atau hanya membuatnya di rumah ketika ada pesanan. Anda bisa mengkalkulasi biaya yang dibutuhkan dalam berbisnis makanan cepat saji ini.

Tips Memulai Bisnis Kuliner untuk Pemula

Tips Memulai Bisnis Kuliner untuk Pemula1. Mengetahui Pasar

Salah satu langkah terbaik untuk memulai usaha kuliner yang menjanjikan ini adalah mempertimbangkan pasar yang menjadi target kita. Apakah anak muda yang lebih suka jajanan pedas, apakah orang tua yang lebih suka makanan berat seperti nasi atau bahkan kita membuka makanan bayi yang mana target pasar kita adalah ibu-ibu muda. Tentu mengetahui pasar adalah langkah penting jika ingin membuat bisnis yang lancar. Anda membutuhkan analisa terhadap pasar dan jenis bisnis yang akan dijalankan.

2. Ciri Khas

Sesuatu yang berciri khas akan sangat mudah diingat oleh orang lain. Maka dari itu, makanan atau kue yang kita buat haruslah memiliki ciri khas yang unik dan berbeda. Misalnya saja dari segi rasa yang lebih istimewa atau varian rasa yang lebih beragam. Temukan ciri khas dari masakan anda dan pastikan hal tersebut memang mampu memikat konsumen. Jika ciri ini berhasil diingat oleh banyak konsumen maka bukan tidak mungkin bisnis kuliner anda menjadi pelopor dari jenis makanan tersebut.

3. Pelayanan

Pelayanan KulinerMeskipun bisnis kuliner yang menjanjikan ini modal kecil, tapi pelayanan merupakan salah satu yang penting dalam berbisnis. Tak sedikit konsumen yang mendapat pelayanan buruk akan berpindah atau bahkan memberi stigma negatif pada bisnis kita.

Maka dari itu pastikan anda menerapkan pelayanan yang maksimal. Apakah hanya melalui online yaitu menerima pesanan via facebook, instagram, whatsapp dan sosmed lainnya tanpa ada toko atau outlet di rumah. Tapi juga harus tau cara memasarkan produk di Instagram maupun sosmed lainnya. Cara ini cocok bagi mereka yang belum memiliki banyak modal untuk membuka toko makanan di rumah tetapi hanya melayani pesanan saja.

4. Kebersihan dan Halal

Karena usaha kuliner makanan yang sehat juga berasal dari bahan-bahan yang bersih tentu kita harus memastikan bagaimana pengolahan yang benar. Sebagai penjual harus paham betul apa saja yang boleh dicampurkan dan tidak sepatutnya dicampurkan dalam masakan. Terutama mereka yang muslim pasti akan menjunjung tinggi kehalalan dari makanan yang dibuatnya. Mulai dari bahan, cara pengolahan hingga cara penjualannya. Halal menjadi tolok ukur pertama makanan tersebut bisa dikonsumsi.

5. Kualitas Rasa

Berbisnis kuliner haruslah menomor satukan rasa. Hal ini sudah pasti menjadi daya tarik utama untuk konsumen. Bahkan ada beberapa jenis konsumen yang rela membayar harga mahal jika memang makanan tersebut sepadan dengan apa yang sudah kita bayar.

Artinya, tetaplah menjaga kualitas rasa dan kalkulasikan harga yang sesuai dengan makanan tersebut. Cara ini akan membantu anda menemukan pasar yang tepat. Harga bersahabat dan rasa nikmat adalah dua hal utama untuk memulai bisnis di bidang kuliner ini.

6. Packing

Packing KulinerKemasan dari masakan anda juga dinantikan oleh konsumen. Jika bisnis yang dilakukan masih dalam tahap awal, cobalah mencari referensi yang pas bagaimana cara mengemas produk dari makanan tersebut. Apakah makanan berkuah, frozen food, kering atau dalam bentuk nasi dan lain sebagainya. Tak sedikit orang yang tertarik dengan kemasan suatu produk kemudian memiliki keinginan mencicipi cita rasanya. Cari cara packing sebaik dan semenarik mungkin.

Bisnis kuliner kekinian salah satu bisnis yang tak pernah sepi. Karena pangan adalah hal pokok yang dibutuhkan setiap orang. Hanya saja bagaimana cara kita mengolah makanan, menghasilkan cita rasa lezat dan memasarkan produk sangatlah menentukan apakah bisnis bisa berjalan lancar atau hanya sesaat saja. Carilah menu andalan yang bisa anda ciptakan dan berbeda dari apa yang sudah ada di pasaran. Semoga artikel dari Dosen Online ini bisa membantu bisnis Anda 🙂

Berikan Rating ?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?