11 Bisnis Sampingan Modal Kecil Untuk Pebisnis Indonesia

0 63
Belum ada rating.

Apakah Anda merupakan salah satu karyawan tetap yang memiliki gaji namun masih belum bisa mencukupi kebutuhan sehari – hari ? Bisnis sampingan ini dapat menolong Anda untuk mencukupinya. Jika Anda blogger, Anda bisa menggunakan SafelinkBlogger.com untuk meningkatkan profit. Perusahaan tidak akan melarang karyawannya untuk melakukan bisnis sampingan selagi bisnis tersebut tidak bertentangan dengan aturan yang ada di perusahaan tempat Anda bekerja tersebut. Ingin tahu apa saja contoh usaha modal kecil untung besar? Ketahui lebih lengkapnya apa saja yang termasuk bisnis sampingan modal kecil.

Biasanya permasalahan yang sering dihadapi oleh orang – orang ketika ingin membuka peluang bisnis sampingan ini adalah tidak adanya modal yang cukup untuk memulainya. Modal adalah sesuatu yang penting untuk dapat menentukan keberlangsungan dari bisnis yang dijalani. Namun modal juga bukanlah masalah utama yang menjadi momok bagi tidak berhasilnya bisnis. Sudah banyak pebisnis yang berhasil menjalankannya dengan modal kecil. Simak bisnis sampingan modal kecil.

11 Ide Bisnis Sampingan Modal Kecil

Pada dasarnya, segala jenis usaha pasti memiliki keuntungan dan kerugian pada bisnis masing – masing, tergantung bagaimana pengelolaan dari bisnis tersebut berjalan sehingga akan menghasilkan keuntungan atau kerugian. Namun jika Anda belum memiliki ide usaha untuk bisnis sampingan. Artikel ini akan membantu Anda untuk mencari apa saja yang menjadi bisnis sampingan modal kecil. Berikut ini adalah ulasannya:

  1. Bisnis Makanan Catering

Bisnis Makanan CateringJika anda bingung usaha modal 1 juta, maka berbisnis catering dapat dicoba. Bisnis catering dapat ditekuni bila Anda memiliki keahlian dalam memasak. Usaha sampingan ini tidak akan pernah ketinggalan zaman karena masyarakat pastinya selalu membutuhkan jasa catering untuk memudahkan mereka yang tidak memiliki waktu untuk memasak makanannya sendiri. Bisnis sampingan ini dapat Anda geluti dan akan menghasilkan keuntungan yang besar.

  1. Bisnis Fotokopi dan Cetak

Bisnis Fotokopi dan CetakPada bisnis sampingan ini cocok jika letaknya berada di kawasan sekolah, kampus, atau perkantoran karena mereka biasanya membutuhkan jasa ini untuk dapat menghasilkan pekerjaan mereka menjadi selesai dalam bentuk hardcopy. Anda juga bisa memberikan pelayanan yang lainnya seperti melakukan layanan jilid, dan lain – lain. Bisnis ini bisa Anda lakukan ketika memiliki waktu senggang atau Anda juga bisa mempekerjakan karyawan.

  1. Jasa Pembuatan Artikel

Jasa Pembuatan ArtikelUsaha yang satu ini dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan karena bisa dikerjakan di rumah. Anda hanya perlu meluangkan waktu dan pikiran Anda sedikit untuk dapat menyelesaikan orderan dari customer. Usaha ini sangat cocok bagi Anda bila dalam keseharian selalu menggunakan komputer untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Karena ketika Anda menyelesaikan pekerjaan kantor lebih cepat, maka Anda dapat melakukan pembuatan beberapa artikel dengan baik. Usaha sampingan di rumah ini dijamin sangat menghasilkan profit.

Selain jasa artikel, kamu sendiri juga bisa membuat artikel untuk blog kamu sendiri. Meskipun tidak bisa menghasilkan uang secara instant, blogger ini pastinya menjanjikan. Untuk blog download kamu bisa menggunakan situs pemendek url atau safelink untuk menuju ke tempat download. Jika blog Anda tentang tutorial, Anda cukup mendaftarkan blog ke google Adsense untuk mendapatkan uang. Sehingga bisnis sampingan modal kecil ini sangat menjanjikan untuk kedepannya.

  1. Jasa Penerjemah

Jasa PenerjemahApabila Anda ahli dalam bahasa asing dan pekerjaan Anda tidak jauh dari hal tersebut, maka jasa penerjemah ini dapat dijalankan dengan lancar. Terjemahan tersebut dapat digunakan untuk dokumen seperti skripsi, artikel, makalah, dan dokumen – dokumen lainnya. Biasanya tarif untuk hal ini berkisar Rp 50 per kata. Jadi, jika Anda menyelesaikan 1 halaman yang memiliki kurang lebih 500 kata maka Anda bisa mendapatkan fee sebesar Rp 25.000.  Usaha sampingan tanpa modal ini sangat direkomendasikan !

  1. Jasa Les Privat

Jasa Les PrivatBisnis sampingan modal kecil selanjutnya hanya bergantung pada modal keahlian. Jika Anda memiliki modal, maka bisa membuka ruangan khusus yang ada di rumah untuk diadakannya les bagi anak – anak yang membutuhkan. Namun jika Anda tidak memilikinya maka Anda bisa menjadi guru les yang hadir ketika dipanggil oleh orang tua murid yang membutuhkan jasa Anda untuk mengajari anak mereka di rumahnya sendiri agar lebih mudah dipantau.

  1. Jasa Desain Grafis

11 Bisnis Sampingan Modal Kecil Untuk Pebisnis IndonesiaUsaha yang bermodalkan keterampilan ini akan menjadi bisnis sampingan Anda dalam menciptakan desain grafis yang menarik dan nantinya akan menghasilkan pundi – pundi uang. Sistem yang dapat Anda lakukan untuk bisnis ini adalah pekerja lepas. Jadi, Anda bisa mencari klien melalui beberapa situs desain di Indonesia.

Anda dapat mengerjakan desain seperti membuat kartu nama, logo instansi, gambar di baju, poster, dan lain – lain yang berhubungan dengan desain. Biasanya, yang menjual jasa ini ialah seorang karyawan perkantoran. Bisnis sampingan karyawan berupa jasa desain grafis memang sangatlah menguntungkan.

  1. Usaha Menjual Foto Di Internet

Usaha Menjual Foto Di InternetJika Anda memiliki hobi fotografi, maka usaha sampingan yang satu ini sangat cocok untuk Anda geluti. Modal yang perlu ada yaitu kamera dari hp ataupun kamera digital. Cara menjadikan hobi fotografi menjadi sumber penghasilan ini adalah dengan menjual foto – foto tersebut di internet secara online. Anda bisa mendaftarkan diri ke website yang memperjual belikan foto. Jika Anda sudah mengupload foto, maka Anda hanya perlu menunggu pengunjung membeli foto Anda.

Biasanya website  yang memberikan lahan untuk jual beli foto ini memberikan komisi bagi pemilik foto. Hal yang perlu untuk Anda perhatikan yaitu pastikan bahwa foto yang dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi dan memiliki karakter serta menjelaskan cerita – cerita tertentu. Target pasar dari menjual foto di internet ini adalah website online yang membutuhkan foto untuk website yang mereka bangun.

  1. Menjual Pulsa Elektrik

Menjual Pulsa ElektrikAnda bisa menjalankan bisnis sampingan ini dengan modal minimal Rp 1.000.000, maka  omzet penjualan yang bisa terbilang pasti. Bisnis sampingan ini mudah, tanpa membutuhkan modal yang besar, dan hanya waktu yang dibutuhkan juga fleksibel yang menjadi kelebihan dari usaha ini. Anda hanya perlu mendaftarkan diri kepada provider pulsa elektronik online kemudian melakukan deposit dengan uang modal yang Anda miliki, kemudian dijual kembali dengan harga include keuntungan.

Cara jualan pulsa sendiri ini omzetnya bisa mencapai jutaan hingga ratusan rupiah loh. Angka yang besar untuk sekedar melakukan bisnis pulsa elektronik online. Bisnis ini dapat Anda lakukan mengingat banyaknya permintaan akan pulsa elektrik yang marak dan biasanya ada di teman kantor, teman kos, tetangga, ataupun orang lain yang menjadi pelanggan Anda. Perlu diingat kembali bahwa bisnis ini bisa dilakukan dimana dan kapan saja yang dalam satu genggaman yaitu hp.

  1. Membuka Usaha Kue

Membuka Usaha KueUsaha yang satu ini dapat dijadikan sebagai usaha sampingan karena bisa dilakukan dengan tidak mengganggu waktu Anda bekerja di kantor. Anda bisa membuat kue di pagi hari sebelum bekerja di kantor, dan menitipkan kue tersebut ke warung – warung atau toko kue tempat Anda biasa melakukannya. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga. Jika dapat di tabung, kemungkinan kelak akan dapat digunakan untuk membuat toko kue besar.

  1. Bisnis Jasa Titip

Bisnis sampingan modal kecil yang ke 10 yaitu bisnis jasa titip. Usaha yang satu ini kita bisa mendapatkan omset yang begitu besar loh. Misalnya kita mempunyai lahan besar yang tidak terpakai, kita bisa membangun bisnis disitu. Misalnya kita membuat bisnis jasa titip motor, kita tarif Rp 3000 sekali parkir dan bayangkan ada berapa motor yang parkir dilahan Anda. Sudah pastinya sudah untung sangat banyak. Usaha ini juga banyak jenisnya, seperti jasa titip makanan, fashion, buku, make up, mainan anak-anak, elektronik, dan masih banyak lagi.

  1. Bisnis Jasa Optimasi Sosmed

Bisnis sampingan modal kecil yang terakhir ini yaitu bisnis jasa optimasi sosmed. Apabila Anda ahli dalam bidang marketing sosial media. Anda bisa menggunakan bisnis sampingan ini untuk meraup lebih banyak rezeki. Sekarang banyak yang membutuhkan jasa ini, terutama untuk optimasi instagram. Banyak pebisnis online yang jualan melalui instagram, dengan ini Anda memiliki kesempatan untuk menawarkan jasa Anda kepada mereka .

Beberapa ide dari bisnis sampingan modal kecil versi Dosen Online yang sudah di sampaikan di atas adalah ide yang cukup realistis bagi Anda yang hanya memiliki waktu singkat sepulang kantor. Tidak sedikit orang yang awalnya hanyalah menjadikan bisnis ini menjadi bisnis sampingan, dan selanjutnya ternyata bisnis sampingan ini dapat mengalahkan penghasilan dari Anda sebagai karyawan tetap di suatu instansi. Maka dari itu, sisihkan sedikit penghasilan Anda untuk menjalankan bisnis sampingan yang benar.

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?