Bisnis Toko Sembako, Ini Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai

0 17
5/5 (3)

Bisnis rumahan merupakan bisnis yang bisa dijalankan di rumah tanpa harus mengganggu pekerjaan utama anda sebagai ibu rumah tangga, misalnya. Ada berbagai jenis bisnis yang bisa dijalankan di rumah. Menjadi alternatif ketika anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus bingung untuk mencari pekerjaan yang menyita waktu seharian. Selain bisnis online, ada juga bisnis toko sembako yang dinilai sangat menguntungkan. Apalagi jika di tempat tinggal anda belum ada yang membuka bisnis tersebut tentu menjadi peluang yang besar sebagai bisnis di rumah.

Toko sembako sangat dibutuhkan masyarakat karena menjual bahan-bahan pokok yang dibutuhkan sehari-hari. Seperti beras, minyak, telur dan lain sebagainya. Mengingat kehadirannya yang penting, toko sembako bisa mulai anda jalankan dengan mempertimbangkan beberapa hal. Mulai dari bahan apa saja yang diperjual belikan hingga menentukan harga yang tidak terlalu mahal ataupun murah.

Tak sedikit yang akhirnya bisa menjalankan usaha rumahan seperti ini. Terutama mereka yang ingin menambah kesibukan di rumah sehingga tidak jenuh ataupun penat. Toko sembako bisa menjadi bisnis menguntungkan asalkan langkah untuk memulainya memanglah tepat. Berikut ini merupakan beberapa pertimbangan yang bisa anda penuhi terlebih dahulu.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memulai Bisnis Toko Sembako

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memulai Bisnis Toko Sembako1. Rencana Usaha

Bisnis yang akan anda mulai sebaiknya dibekali dengan rencana yang matang. Tidak hanya sekedar menjalankan tetapi butuh rencana. Kamu juga harus menguasai strategi pemasaran online supaya tidak ketinggalan. Meski banyak orang yang mengatakan bahwa kunci dari melakukan usaha, salah satunya adalah dengan melakukannya sesegera mungkin tanpa terlalu lama berpikir. Tetapi untuk membuat usaha kita bisa berkembang, melakukan perencanaan yang matang juga harusnya bisa dilakukan. Memang tidak perlu terlalu lama dalam merencanakan. Tetapi kita tak ada konsep atau gambaran mengenai bisnis ini tentu anda akan bingung harus memulainya dari mana.

Tentukan lokasi, besar kecilnya usaha, target pasar hingga bagaimanakah sikap anda ketika ada pesaing nantinya. Rencana ini harus disusun dengan baik. Konsep seperti apa yang akan anda terapkan nanti sebaiknya dilakukan secara bertahap. Cari tahu apakah bisnis toko sembako ini memang benar-benar prospek.

2. Anggaran

Menentukan sebuah anggaran sebelum memulai bisnis toko sembako memang cukup penting. Anggaran bersifat fleksibel atau juga tidak bisa diubah. Fleksibel disini adalah disesuaikan dengn kebutuhan sesuai dengan yang sudah anda rencanakan sebelumnya. Bisa juga anggaran ini terbatas dan tidak bisa diubah. Kalau memiliki hal seperti ini, konsep dan rencana usaha yang benar-benar harus menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Pastikan anda merencanakan anggaran dengan baik agar tidak ada kerugian yang seharusnya bisa juga dicegah dari awal.

Anggaran memang menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan saat anda menjalankan bisnis toko online. Anggaran meliputi sewa tempat, membeli kebutuhan seperti etalase dan perabotan lainnya. Termasuk juga di dalamnya biaya untuk kulakan atau berbelanja secara grosir sebagai langkah awal persediaan sembako di rumah.

3. Tempat

Setelah anda benar-benar siap dengan anggaran, barulah kita bisa beralih ke tempat bisnis. Lokasi yang anda gunakan akan terletak dimana? Sebaiknya memilih lokasi yang strategis agar membantu anda untuk memasarkan bisnis toko sembako ini. Namun ketika kendalanya terletak pada biaya, anda bisa menggunakan area yang kosong di depan rumah. Sebab bagaimanapun juga kita akan lebih nyaman untuk memantau toko sembako apabila ada di rumah sendiri. Terlebih jika rumah anda ada di lokasi yang strategis.

Mendekatkan diri ke konsumen merupakan salah satu teknik yang cukup efektif dalam menarik mereka akan bisnis kita. Perhatikan tempat yang dibutuhkan bagaimana luasnya. Apakah cukup atau justru terlalu besar. Apabila anda menggunakan bisnis toko sembako untuk grosir tentu tempat yang kita butuhkan memang harus besar dalam menampung stok. Tetapi jika hanya untuk menjual beberapa keperluan saja anda tak perlu khawatir soal besar kecilnya tempat.

4. Produk yang Dijual

Karena namanya adalah toko sembako tentu bisnis ini menjual berbagai macam sembako yang dibutuhkan sehari-hari. Bahan-bahan mentah yang menjadi makanan pokok dari masyarakat Indonesia. Namun yang harus anda perhatikan terlebih dahulu adalah merk apakah yang paling disukai masyarakat dari tiap item. Apakah itu beras, minyak goreng, sabun cuci dan lain sebagainya. Sebab masyarakat sekarang ini sudah memiliki pilihan terbaik cocok terhadap merek sembako.

Banyaknya produk memang sekali lagi tergantung pada modal kita. Jika anda sudah lama berhubungan dengan konsumen dan hanya berganti bisnis mungkin tidak akan kesulitan. Tetapi jika dibiarkan sendiri saat memulai, khawatirnya ada tindakan gegabah dan menjual produk dengan harga yang tinggi.

5. Menggunakan Iklan

Cara memulai bisnis toko sembako anda bisa lebih dikenal orang lain ketika anda berani untuk memasang iklan. Jika sudah ada tempat untuk jualan sembako dan barang-barang yang anda jual, saatnya untuk membuka toko dan mulai mempromosikannya. Anda bisa mengiklankan toko dengan membuat selebaran secara manual kemudian mempromosikan melalui satu orang ke orang lain. Tetapi biasanya toko sembako ini memang tidak sulit dalam mendapatkan konsumen.

Apabila menggunakan iklan dirasa mengeluarkan biaya terlalu banyak, cukup promosikan melalui akun media sosial yang anda miliki. Promosikan secara rutin dan pada jam-jam dimana orang sering berbelanja. Apabila ada harga sembako murah, anda bisa menuliskannya di media sosial agar mampu menarik perhatian konsumen.

Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Toko Sembako

Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Toko Sembako1. Ramah dalam Pelayanan

Menjalankan sebuah usaha apalagi yang berhadapan langsung terhadap konsumen tentu harus mengetahui bagaimana cara bersikap yang baik. Sikap adalah hal penting dalam menjalankan usaha, konsumen tentu sangat senang jika pelayanan yang anda berikan ramah, sopan dan santun. Maka dari itu, dalam melayani konsumen sebaiknya memang memberi pelayanan yang baik terhadap mereka dan menjadikannya sebagai prioritas. Sapa konsumen ketika masuk ke toko dan tanyakan apa saja yang dibutuhkan.

Meski sebagai pemilik sering merasa terganggu karena mood yang berubah-ubah tetapi kontrol dengan baik. tak perlu terbawa suasana marah apalagi ketika ada konsumen. Sebaiknya buatlah suasana yang menyenangkan di toko. Ucapkan terima kasih setelah konsumen membeli barang dan jangan lupa untuk meneliti kembali pembayaran dari konsumen dengan baik. Hal ini mungkin terdengar sepele tetapi memang penting untuk dijaga.

2. Sembako yang Lengkap

Siapa yang tak suka jika berbelanja di tempat atau toko yang lengkap? Barang yang lengkap sesuai dengan kebutuhan konsumen akan menjadi nilai plus tersendiri. Ada beberapa konsumen yang menyukai merk tertentu, ada juga yang membutuhkan belanja di satu tempat saja agar tidak merepotkan. Perhatikan tiap kebutuhan konsumen seperti menyediakan beberapa barang dengan merk populer dan dicari banyak konsumen. Secara perlahan, anda bisa melengkapi bisnis toko sembako ini dengan barang-barang yang masih belum ada.

3. Beri Diskon atau Hadiah

Memberi diskon atau hadiah bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengembangkan bisnis toko sembako anda. Berlah diskon pada pelanggan setia atau beri hadiah untuk konsumen yang berbelanja dengan nominal tertentu. Hal ini akan membantu anda untuk menarik perhatian banyak konsumen. Juga, mereka akan lebih aware terhadap apa yang anda lakukan. Lakukan gebyar hadiah apabila anda telah mengkalkulasi untung ruginya.

Umumnya memberi diskon atau hadiah ditempatkan saat grand opening toko. Sebagai momentum dalam membuka bisnis tersebut, biasanya diskon diletakkan pada saat pertama kali membuka toko. Berikan harga promo pada barang-barang yang sering dibutuhkan konsumen. Memberi diskon pada konsumen terutama saat pertama kali membuka bisnis ini maka anda bisa sekaligus mempromosikan bisnis toko sembako anda.

4. Kebersihan Toko dan Tata Letak

Siapapun yang berbelanja akan merasa nyaman ketika tempatnya berbelanja memang bersih. Tidak hanya untuk kenyamanan para pelanggan saja tetapi juga bisa membuat mereka juga yakin bahwa barang-barang yang kita jual memang steril dari kotoran ataupun debu. Bersihkan tempat atau toko sembako anda agar tidak sampai didiami tikus ataupun kecoa. Bersihkan selalu tiap sembako yang anda jual. Etalase yang anda gunakan juga harus bebas dari kotoran dan debu.

Selain kebersihan, atur dengan baik bagaimana tata letak etalase yang ada di toko sembako anda. Jika memang luasnya cukup besar maka beri sedikit ruang untuk konsumen bisa menunggu dikala antri. Menjaga kebersihan toko dan melakukan tata letak yang benar bisa menjadikan bisnis toko sembako anda menjadi nilai plus untuk para konsumen.

5. Tempat Parkir

Meski terkesan sederhana tetapi tahukah anda bahwa tempat parkir juga menjadi pertimbangan seseorang dalam mengunjungi suatu tempat? Apabila anda berbelanja menggunakan motor. Tentu tidak akan khawatir untuk meletakkan motor dimana. Tetapi konsumen juga bisa berpikir dua kali bahwa tempa ia berbelanja lebih kesulitan apabila tidak ada tempat parkir yang memadai. Jika anda membuka toko di tepi jalan, beberapa orang kadang malas karena tak ada tempat parkir yang memadai.

Berbeda jika anda membuka toko sembako di rumah, tentu tempat biasanya tidak menjadi masalah besar. Namun, pastikan bahwa tempat parkir di toko anda juga aman atau tidak rentan terhadap kejahatan. Akan lebih baik jika tempat parkir dekat dengan toko sembako sehingga pengawasan juga bisa dilakukan ketika konsumen sedang berbelanja.

6. Beri Perhatian

Memberi perhatian kepada pelanggan bisa membuat mereka merasa dihargai. Terutama untuk hal-hal kecil. Dalam menjaga keloyalan pelanggan, perhatian merupakan salah satu kunci utama. Usahakan, anda bisa memperhatikan detail kecil pada tiap pelanggan dan mengingatnya. Pelanggan bisa merasa senang ketika hal-hal kecil tentang mereka diingat dan merasa dihargai.

Misalnya saja barang apa saja yang sering dibeli. Bahkan ada juga yang biasanya sudah terlalu nyaman untuk cerita tentang masalah sehari-hari. Berusahalah untuk perhatian kepada beberapa hal sederhana ini. Ingat berbagai obrolan pelanggan bisa menjadi bentuk perhatian kita terhadap pelanggan. Namun jangan lupa untuk tetap tahu batas obrolan kepada mereka.

Usaha Pendukung Bisnis Toko Sembako

Selain menjual berbagai macam sembako, anda juga bisa memberikan usaha pendukung lainnya. selain cara ini bisa meningkatkan keuntungan, konsumen juga bisa merasa senang berbelanja di tempat anda. Tak lain karena mereka bisa menemukan berbagai kebutuhan. Berikut ini merupakan usaha pendukung dari bisnis toko sembako anda, seperti:Usaha Pendukung Bisnis Toko Sembako

1. Jualan Bensin

Pasti tidak akan asing anda melihat bagaimana toko sembako di depan tokonya ada beberapa botol bensin yang dijual. Ya, usaha pendukung ini memang menjadi salah satu peluang bisnis jangka panjang yang menjanjikan. anda bisa menjual bensin eceran apabila menginginkan keuntungan bisa bertambah. Tetapi jangan lupa untuk memastikan keamanan dan kemudahan dalam menjualnya. Menjual bensin eceran di toko sembako anda yang berada di pinggir jalan sangatlah prospek.

2. Jual Pulsa

Selain jual bensin, bisnis toko sembako juga bisa anda lengkapi dengan jualan pulsa. Mengingat banyaknya orang memiliki smartphone tentu mereka akan sangat membutuhkan pulsa. Usaha pendukung ini juga diketahui bisa meningkatkan keuntungan kita. Jual pulsa all operator, jual pulsa untuk sms, telepon dan kuota data sangat mendukung untuk mengembangkan bisnis rumahan anda.

3. Pembayaran Tagihan Bulanan

Ada banyak toko sembako yang juga melayani pembayaran tagihan bulanan. Mulai dari listrik, angsuran dan lain sebagainya. Membayarkan tagihan bulanan ini bisa menjadi usaha pendukung bisnis toko sembako anda. Menjadi peluang usaha yang baik. menyediakan layanan pembayaran tagihan, pelanggan bisa dengan mudah untuk berbelanja sekaligus membayar kebutuhan mereka hanya dalam satu tempat yaitu di toko sembako anda. Selain itu, keuntungan kita juga tentu akan bertambah.

4. Pembelian Tiket Perjalanan

Tiket perjalanan juga bisa dengan mudah dipesan melalui online. Melayani pembelian tiket perjalanan menjadi salah satu usaha pendukung untuk pengembangan bisnis toko sembako anda. Nantinya mereka yang memesan tiket perjalanan, anda bisa dengan mudah dan cepat melakukan pembelian melalui online. Pelayanan ini tentu akan sangat disukai konsumen karena mereka tidak lagi perlu jauh-jauh untuk memesan tiket perjalanan baik itu transportasi kereta api ataupun pesawat terbang.

5. Parfum atau Sabun Laundry

Usaha pendukung untuk bisnis toko sembako anda bisa dilengkapi dengan menjual parfum atau sabun laundry. Banyak orang yang telah menjual sabun dengan aneka aroma segar untuk laundry. Parfum atau sabun laundry ini merupakan salah satu item kebutuhan ibu-ibu yang cukup penting. Apalagi jika kualitas sabun yang ditawarkan ternyata juga unggul maka bukan tidak mungkin mereka yang berbelanja sembako juga tertarik untuk menjadi pelanggan setia untuk sabun laundry anda.

Kesimpulan

Apabila anda ingin segera membuka bisnis toko sembako maka perhatikan hal-hal yang patut dipertimbangkan. Mulai dari merencanakan usaha, anggaran, produk apa saja yang dijual hingga dimana letak bisnis toko sembako anda. Jika sudah benar-benar matang dalam merencanakannya, mulailah secara bertahap untuk melengkapi barang-barang yang anda jual agar bisa memenuhi berbagai kebutuhan konsumen.

Sebagai penjual, anda juga dituntut untuk lebih komunikatif dengan konsumen. Bicarakan apa yang dibutuhkan dan belum ada di toko sembako anda. Jika memang memungkinkan, anda bisa melengkapi kebutuhan mereka di toko anda sekarang juga. Selain itu, usaha pendukung bisnis toko sembako anda juga bisa lebih berkembang dan menguntungkan dengan berjualan pulsa. Bisa juga memilih untuk berjualan bensin eceran, pembayaran tagihan bulanan atau beragam aksesoris hp. Beberapa usaha pendukung ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk konsumen.

Segera rencanakan dengan matang dan jalankan bisnis toko sembako anda. Jangan lupa untuk selalu berpromosi baik melalui online atau dengan cara memberi diskon dan hadiah kepada para pelanggan. Bisa dengan cara memberi harga murah di beberapa item sembako ataupun hadiah dengan bentuk lainnya. Bisnis toko sembako bisa menjadi bisnis rumahan yang menguntungkan untuk anda. Semoga artikel dari Dosen Online ini bermanfaat 🙂

Berikan Rating ?

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?