12 Ide Bisnis Untuk Wanita Karir Paling Keren

0 11
5/5 (1)

Dunia bisnis seolah tak pernah surut mengingat perkembangan teknologi sekarang ini berpengaruh besar. Jika dulu kita mendengar bisnis hanya untuk mereka yang bermodal besar, tetapi sekarang kita bahkan bisa menemukan bisnis yang tanpa modal. Era digital membuka banyak kemungkinan untuk sukses dalam berbisnis. Ada anak sekolah yang berani menjalankan bisnis onlinenya, ada ibu-ibu rumah tangga yang berbisnis dari rumah. Ada juga seorang mahasiswa yang menjalankan bisnis dropship tetapi mampu mengembangkannya dengan baik. Tak hanya seputar fashion, ada banyak rekomendasi ide bisnis untuk wanita karir yang patut dicoba.

Seorang wanita juga memiliki banyak kemampuan yang bisa dikembangkan. Misalnya saja seperti kemampuan menjahit, maka ia bisa membuka bisnis di dunia fashion. Wanita yang suka memasak, ia bisa membuka bisnis catering atau bisnis kuliner dan wanita yang suka menulis bisa menjadi penulis lepas di berbagai situs atau web yang membutuhkan konten-konten menarik. Kemungkinan-kemungkinan ini ada di depan mata yang mana tentu sayang jika dilewatkan.

Segala bentuk bisnis harus diawali dengan persiapan yang matang. Seperti menentukan jenis bisnis, menetapkan target pasar hingga bagaimana ia memasarkan produk atau jasa. Menjadi seorang penulis adalah berbisnis di bidang jasa. Sementara menjual makanan adalah berbisnis dengan menjual produk. Berikut ini beberapa ide bisnis yang bisa anda jalankan sebagai seorang wanita.

Ide Bisnis untuk Wanita Paling Populer

1. Catering

Wanita memang identik dengan kemampuannya untuk memasak. Menghasilkan makanan yang bercita rasa lezat. Sebagai seorang wanita yang memiliki kemampuan atau keahlian untuk menciptakan resep dan makanan lezat, anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Membuka catering dan memasarkannya pada orang-orang di sekitar terlebih dahulu. Memberikan tester atau sample pada mereka dan memintanya untuk menilai.

Anda bisa menggunakan pendapat yang mereka ucapkan sebagai testimoni untuk meyakinkan konsumen lain. Usaha catering memang dirasa tak pernah sepi jika kita sudah tahu bagaimana cara mempromosikan yang benar. Sebab, ada banyak acara di sepanjang tahun. Misalnya saja seperti acara perpisahan di kantor, acara pernikahan, ulang tahun, acara keagamaan dan lain sebagainya.

2. Make Up

Make Up ArtistKarena pada dasarnya wanita terlahir dengan kecantikan yang ia miliki. Menjadi seorang MUA atau make up artist sekarang ini bisa disebut ide bisnis paling populer. Mereka bisa belajar dari para beauty vlogger di youtube yang jumlahnya tak terkira. Bahkan ada beberapa dari youtuber tersebut berhasil meraup banyak keuntungan sebagai MUA karena kemampuannya menyulap wajah seseorang menjadi cantik sempurna. Acara – acara seperti pernikahan, pertunangan dan lainnya tentu membutuhkan jasa seorang MUA.

Pelatihan atau kursus make up juga sudah tersedia di banyak tempat. Bahkan ada juga pelatihan dari daerah untuk mereka yang ingin mengasah kemampuan dari bidang ini. Sementara fasilitasnya adalah mendapatkan satu set peralatan make up lengkap. Modal yang bisa membuat anda mengembangkan bisnis sebagai MUA, bisnis untuk wanita karir. Jangan lupa untuk selalu berlatih melalui video-video yang ada di youtube bagaimana cara menggunakan make up sesuai dengan usia klien kita misalnya.

3. Penulis Lepas

Masih ingat bagaimana seorang wanita menyukai tulisan-tulisannya di diary? Apalagi anda yang suka menulis maka tak ada salahnya untuk menjalankan bisnis sebagai penulis lepas. Terutama jika anda sudah tahu bagaimana menulis artikel yang bagus serta tahu apa jasa SEO. Sebab, menjadi penulis lepas cukup menguntungkan. Anda bisa mengerjakan hal lainnya dan tak menyita waktu.

Di beberapa situs atau web bahkan anda bisa mencoba mendaftar dan mengenalkan kemampuan anda untuk menulis. Artinya bisnis ini sangat cocok untuk pemula yang ingin menggunakan kemampuannya untuk berbisnis di bidang tulis menulis. Syarat utama agar tulisan anda menarik dan mendapatkan konsumen adalah orisinil. Hindari menggunakan tulisan orang lain sekecil apapun itu. Sebaiknya anda menggunakan tools untuk mengecek keasliannya.

4. Berkebun

Pernahkah terlintas bahwa kesukaan berkebun bisa dijadikan bisnis untuk wanita karir? Anda bisa menjual bunga-bunga yang mewah dan indah. Karena di beberapa daerah juga masih jarang untuk mereka yang menjual langsung dari petani sehingga benar-benar terawat dan sebagai bunga segar. Kita hanya perlu tempat yang luas seperti taman misalnya barulah nanti kita bisa mengembangkan bisnis berkebun.

Pastikan bahwa anda tahu bagaimanakah jenis bisnis ini nanti berjalan. Apakah termasuk prospek bisnis jangka panjang atau tidak. Terutama tumbuhan yang juga dipengaruhi oleh cuaca atau musim maka kita harus tahu bagaimana mengatasi risiko tanaman yang mati.

5. Online Shop

Cara Menjadi Dropshipper Untuk PemulaBisnis online untuk wanita karir yang bisa dilakukan siapa saja berikutnya adalah online shop. Anda bisa membuka toko online dengan produk yang anti mainstream. Selama ini bisnis online memang kebanyakan adalah tentang fashion. Bisa jadi seperti baju, hijab, celana, sepatu dan lain sebagainya. Barang-barang yang akan anda jual harusnya telah diteliti apakah menguntungkan atau tidak.

Online shop juga telah memiliki sistem dropship dan reseller. Sistem ini akan menjauhkan anda dari kerugian dan cocok untuk pemula, tapi kamu juga harus belajar strategi pemasaran online. Sistem dropship dirasa lebih sederhana karena pada dasarnya kita hanya memasarkan via internet dengan harga yang telah disepakati bersama. Meski banyak para pebisnis muda membuka online shop, anda tetap memiliki peluang besar karena jangkauan dari bisnis anda bisa lebih jauh atau banyak karena adanya media sosial.

6. Membuka Les Privat

Meski sebagai ibu rumah tangga, anda bisa menjalankan ide bisnis untuk wanita ini. Membuka les privat di rumah yang mana selain meraup penghasilan tambahan, anda juga bisa memanfaatkan ilmu yang anda miliki untuk mereka. Karena para wanita biasanya identik dengan lemah lembut, sabar dan teliti maka peran untuk menjadi pengajar memberikan cara dan membahas soal adalah ide bisnis yang tepat jika anda tak memiliki banyak waktu untuk berbisnis di luar.

Kuasai materi yang anda berikan. Anda bisa menentukan terlebih dahulu di kelas berapakah anda mengajar. Apakah untuk kelas SD yang mana semua materi yang ia dapat tentu mudah kita ingat. Ataukah anda memilih mengajar SMP atau SMA. Biasanya les privat yang banyak kita temukan seperti pada bidang-bidang tertentu saja seperti kimia, matematika, fisika dan lain sebagainya. Tak hanya membuka les privat di rumah tetapi anda juga bisa mencari tahu bagaimana menjadi pengajar via online.

7. Bisnis Kerajinan Tangan

Ide bisnis untuk wanita yang bisa anda coba berikutnya adalah kerajinan tangan atau handycraft. Wanita memang identik dengan kreativitasnya untuk menghasilkan kerajinan tangan yang cantik. Handycraft disini bisa berupa sulaman, bahan daur ulang atau menjadi barang antik, kerajinan tangan etnik atau tradisional hingga industri pembuatan kain tenun misalnya. Bisnis yang satu ini memang membutuhkan kemampuan untuk menciptakan barang atau produk anti mainstream.

Jika anda mampu untuk menjual handycraft tersebut dengan benar maka hasil karya yang indah tersebut bisa menarik konsumen bahkan sampai luar negeri. Tak jarang produk kerajinan tangan seperti ini justru dihargai mahal karena benar-benar orisinil. Bagi wanita yang suka dengan kerajinan tangan, kembangkan dan raih keuntungan dengan mudah.

8. Bakery

Mirip dengan usaha catering sebelumnya tetapi ide bisnis untuk wanita yang satu ini lebih kekinian. Ada banyak wanita-wanita yang muncul dengan bisnis kue yang dihasilkannya. Anda bisa mencontohnya tetapi jangan lupa untuk memodifikasi. Seperti misalnya membuat kue donat, kue tart dengan berbagai bentuk, roti dan lain sebagainya. Keahlian dalam membuat kue ini bisa anda asah terus menerus.

Semakin banyak konsumen, secara tidak sadar anda akan membuka peluang kerja untuk orang – orang sekitar. Sebab, jika kondisi pesanan sedang ramai tentu kita butuh orang yang bisa membantu pekerjaan tersebut. Membuka bakery di rumah adalah ide tepat jika anda merupakan orang yang mudah bosan. Eksplor dan temukan resep baru untuk memperkaya sajian kue yang anda miliki.

9. Fashion Desainer

Banyak wanita yang memiliki passion di bidang fashion. Mereka bisa membuat sketsa busana, membuat model-model baju yang kekinian dan bagus. Kalau kemampuan ini anda miliki maka jangan ragu untuk menjadikannya sebagai potensi atau peluang bisnis. Promosikan hasil karya melalui jejaring sosial pribadi. Sebab cara ini tentu menjadi yang termudah tetapi juga efektif. Kita bisa menjangkau banyak orang hanya dari media sosial.

Bukan tidak mungkin desain yang anda hasilkan bisa dilirik oleh brand ternama. Satu hal yang luar biasa dan mengasah bakat tersebut sangatlah disarankan. Dari hobby menjadi pekerjaan tentu merupakan hal yang menyenangkan. Kita bisa mengerjakan pekerjaan di rumah dan membagi waktu untuk mengurus rumah seperti mencuci dan memasak.

10. Laundry

Ide bisnis untuk wanita karir berikutnya adalah membuka laundry. Terutama jika tempat tinggal anda berada di perumahan yang mana biasanya ditempati oleh keluarga-keluarga dengan tingkat kesibukan yang tinggi. Bisnis laundry bisa menjadi bisnis menjanjikan dengan beberapa hal yang mendukung. Misalnya saja seperti lokasi yang strategis, hasil pencucian memuaskan, cara promosi yang tepat sasaran dan memberi pelayanan terbaik.

Pelayanan terbaik dari bisnis ini bisa dari tingkat kebersihan pencucian baju, kerapian dalam melipat baju serta menjaga kondisi baju tidak rusak atau luntur. Usaha laundry sangat dibutuhkan di tempat-tempat strategis seperti di dekat kos-kosan, dekat perumahan atau dekat kampus. Mengapa? Disanalah biasanya para mahasiswa yang ingin praktis untuk memilih laundry sebagai solusi cucian yang menumpuk.

11. Penerjemah

Pahami bahwa berbisnis bisa dimulai dari diri kita sendiri. Kenali kemampuan dan keahlian apa yang bisa kita asah. Salah satunya jika anda memiliki kemampuan berbahasa yang baik dan mampu menguasai bahasa asing, mengapa tidak menjadi penerjemah? Kemampuan dalam berbahasa asing sangatlah penting di dunia bisnis atau karir. Anda bisa menjadi penerjemah di beberapa tempat yang membutuhkan.

Melalui online misalnya, peran penerjemah cukup penting karena banyak bacaan atau artikel menarik yang ingin diterjemahkan menjadi sebuah konten website. Ide bisnis untuk wanita karir menjadi penerjemah bisa dikerjakan di rumah. Kita hanya membutuhkan jaringan internet dan gadget seperti PC atau laptop. Ketika kemampuan anda dalam bahasa asing tak diragukan lagi, akan mudah untuk mendapatkan order asalkan tidak berhenti di satu titik gagal. Coba terus hingga menuai hasil yang memuaskan.

12. Penjahit

Berhubungan erat dengan fashion desainer. Tetapi desainer memang lebih menitik beratkan pada gambaran bentuk atau model baju yang bisa diciptakan sebagai trend. Sementara penjahit membuat baju dari desain yang telah jadi. Penjahit yang profesional tentu akan menerima respon yang baik dari para konsumen. Hasil jahitan yang rapi, hasilnya juga sesuai dengan desain yang diharapkan serta pemilihan bahan yang akan menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih jasa anda.

Menjadi seorang penjahit merupakan salah satu jenis bisnis untuk wanita karir yang menguntungkan. Sebab kita bisa mengerjakannya di rumah. Mengatur kapan harus fokus pada bisnis tersebut dan kapan mengurus urusan rumah. Asah kemampuan anda hingga bisa menjadi penjahit professional.

Tips Sukses Menjalankan Ide Bisnis untuk Wanita Agar Lancar

Isi 4 item, yaitu facal wash, toner, day cream dan night cream lebih jelasnya bisa cek di website kami di : https://berlkosmetikstore.com/produk/b-erl-intense-lightening-series/1. Atur Waktu

Salah satu kunci dari kesuksesan dalam berbisnis adalah mengatur waktu dengan baik. Pebisnis profesional tahu kapan waktu untuk harus segera berlari memperbaiki ketertinggalan dalam bisnisnya tetapi tahu kapan harus berhenti berlari dan berjalan seperti biasanya. Terapkan disiplin yang tinggi terutama jika anda berbisnis di rumah. Sebab kita harus pintar untuk mengatur manakah waktu mengerjakan bisnis dan manakah waktu untuk fokus dengan pekerjaan rumah.

2. Fokus

Ketika kita fokus pada satu hal maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan mengecewakan. Sama seperti yang satu ini. Jenis bisnis untuk  wanita seperti memasak, MUA ataupun lainnya dikembangkan dengan fokus yang baik maka kesuksesan bisa segera kita raih. Fokus terhadap satu peluang dulu jika memang dirasa masih pemula. Atur waktu sebaik mungkin agar anda tidak terganggu dengan urusan lainnya.

3. Pantang Menyerah

Orang bijak mengatakan bahwa jika ingin bisnis anda sukses maka jangan segan untuk menghabiskan jatah gagal. Terutama untuk pemula, siapkan mental baja bahwa tidak ada bisnis yang sukses dalam satu hari. Butuh proses, butuh waktu untuk membangun sebuah bisnis untuk wanita agar menjadi besar. Rintangan tidak akan lepas dari bisnis yang kita jalankan. Tetapi jika anda mengetahui bagaimana cara yang benar untuk mengambil risiko maka sebesar apapun rintangan tidak akan mampu menjatuhkan semangat anda dalam berbisnis.

4. Update

Zaman selalu berkembang seperti sekarang ini. Era serba digital dimana kita harus mampu untuk menyesuaikan diri jika tidak ingin tertinggal. Jika bisnis masih berkutat dengan hal-hal lawas bukan tidak mungkin kita akan sulit untuk mengembangkannya. Adopsi apa yang sedang berkembang terutama dari segi teknologi yang berpengaruh besar pada kehidupan manusia. Teknologi juga mempengaruhi bisnis terutama dalam hal pemberian pelayanan, kualitas produk atau jasa yang meningkat dan lain sebagainya. Update dengan perkembangan apapun membuat bisnis tetap eksis.

5. Inovasi

Dari banyaknya ide bisnis untuk wanita yang telah disebutkan, butuh sebuah inovasi yang anti mainstream. Jika anda suka kuliner, maka anda butuh sebuah resep makanan yang tidak dimiliki oleh kompetitor di luar sana. Akan lebih baik jika resep tersebut anda buat sendiri. Juga pada mereka yang memiliki bisnis di bidang MUA misalnya. Tanpa melakukan perbaikan atau pengasahan skill maka kemampuan kita hanya akan bertahan di satu garis saja dan tidak bisa berkembang. Padahal dunia kecantikan juga tentu memiliki perkembangan cukup pesat. Teknik-teknik make up, alat yang digunakan serta warna-warna populer dalam make up adalah salah satu alasan kenapa kita dituntut untuk terus berinovasi.

Sebuah bisnis tidak akan berkembang jika yang dilakukan hanya sebatas menghasilkan produk dan memasarkannya. Butuh evaluasi untuk menemukan dimana letak kekurangan dan kelebihannya. Apapun jenis atau ide bisnis untuk wanita yang anda pilih, temukan dan kembangkan sekarang juga.

Wanita tidak lagi hanya berkutat masalah dapur tetapi justru kita bisa mengasah kemampuan-kemampuan sederhana tersebut menjadi peluang bisnis. Tak sedikit ibu rumah tangga yang mampu meraup keuntungan besar hanya dengan bekerja di rumah. Semoga artikel peluang bisnis untuk wanita karir dari Dosen Online ini bermanfaat 🙂

Berikan Rating ?

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?