7 Cara Berpikir Positif yang Harus Kita Terapkan Agar Sukses

0 31

Sikap dan kebiasaan tanpa disadari memberikan energi pada diri kita, untuk mengerjakan kegiatan sehari-hari. Beberapa penelitian ilmiah pun telah membuktikan jika pemikiran yang positif membuat seseorang menjadi lebih percaya diri, hingga memperbaiki suasana hati. Lalu Pemikiran positif pun menjadi salah satu faktor seseorang dapat sukses dalam menjalankan usahanya, dan mindset entrepreneur pun juga begitu. Lantas, bagaimana menumbuhkan cara berpikir positif  ?

7 Cara Berpikir Positif Paling Ampuh

1. Gunakan Kata dan Kalimat yang Positif

Gunakan Kata dan Kalimat yang PositifKata kata yang anda gunakan, dapat mempengaruhi semangat dalam diri anda sendiri. Hindari untuk menggunakan kata-kata negatif, yang justru menurunkan semangat diri sendiri. Anda bisa menggunakan kalimat yang meyakinkan diri kita sendiri, katakan pada diri kita bahwa anda bisa melakukannya dan anda pun mampu memberikan hasil yang terbaik.

Jangan biarkan pikiran negatif menutupi pikiran anda, sekalipun untuk beberapa jam dalam sehari. Hal ini karena ketika kita membiarkan pikiran negatif masuk kedalam diri sendiri, umumnya seseorang akan larut dan susah untuk menghilangkannya kembali. Pikiran negatif seperti perasaan tidak mampu, atau merasa gagal ini lah yang dapat menghambat seseorang untuk mencapai kesuksesan.

Sebaliknya cobalah untuk mengisi pikiran dengan kata, atau kalimat yang dapat menguatkan diri kia sendiri. Cara berpikir positif ini adalah dengan fokus dan berkonsentrasi dengan kata-kata tersebut, sehingga anda mampu untuk mengendalikan baik cara berfikir maupun perasaan diri sendiri. Tanamkan pada diri anda bahwa segala permasalahan yang sulit, apabila anda dapat melewatinya maka anda akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat.

2. Kenali Diri Anda Sendiri

Kita memang sulit untuk terus menanamkan pikiran positif, bahkan terkadang anda tidak sadar memikirkan hal yang negatif tersebut. Oleh karena itu, anda perlu mengenali diri sendiri serta kemampuan anda. Ketika anda mengetahui hal sensitif apa yang dapat menimbulkan pikiran negatif tersebut, anda dapat menghentikan pikiran buruk untuk memasuki diri anda.

Umumnya, pikiran buruk akan datang ketika anda tidur larut malam. Apabila anda mengetahui kebiasaan tersebut anda dapat segera mengantisipasinya sebelum pikiran negatif menguasai diri kamu sendiri. Ubahlah atau segera larikan pikiran anda menuju pemikiran yang lebih positif, serta cobalah untuk melihat dari skala yang lebih besar.

Terkadang pemikiran negatif akan membuat ruang lingkup berfikir semakin sempit, pemikiran yang terbatas inilah faktor yang membuat sulit untuk mengganti pikiran buruk dengan pemikiran yang lebih baik. Tarik lah nafas dan perluas pemikiran anda, yakinkan diri kamu bahwa setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya.

3. Mengambil Pembelajaran dari Kesalahan

Ketika mengalami sebuah kegagalan, selain memaafkan diri sendiri, bukan berarti anda menyerah begitu saja. Cara berpikir positif dalam keadaan seperti ini, anda perlu menanamkan pemikiran bahwa kesalahan ada untuk dipelajari. Sehingga terus tumbuhkan semangat pada diri sendiri untuk terus belajar dari kesalahan yang ada.

Kegagalan adalah bentuk awal dari kesuksesan, melalui kegagalan anda dapat memahami apa yang salah dari perlakuan, keputusan, serta hal – hal lainnya. Ketika mengalami kegagalan memang semangat kita akan langsung turun, terus pacu diri anda untuk menumbuhkan kembali semangat tersebut.

Apabila anda sering melihat sisi baik dari permasalahan yang ada, maka pemikiran positif akan terus berada di dalam diri sendiri. Dengan terus berfikir positif, kesehatan jasmani maupun rohani anda akan terus terjaga. Tariklah nafas ketika kita Anda mengalami sebuah kegagalan, cobalah untuk menenangkan pikiran. Setelah itu tarik diri kamu sendiri untuk bangkit dan terus berusaha.

4. Memaafkan Diri Sendiri

Ketika anda telah melakukan sebuah kesalahan, peristiwa tersebut akan terekam dalam otak dan terus terputar secara berulang. Perasaan malu, marah, serta kecewa dapat anda rasakan secara terus menerus. Contohnya ketika dalam sebuah permasalahan bisnis anda akan dihadapkan dengan dua pilihan, ketika pilihan yang anda pilih mengakibatkan sebuah kegagalan, tentu perasaan bersalah akan menyerang setiap harinya.

Keadaan ini memang dapat dibilang sebuah keadaan yang menentukan anda kedepannya, apakah anda memilih untuk bangkit atau memilih untuk terus berada dalam penyesalan. Untuk menghadapi hal tersebut, cara berpikir positifnya adalah dengan memaafkan diri sendiri. Karena pada dasarnya manusia tidak akan luput dari kesalahan, sehingga kesalahan yang anda lakukan bukanlah akhir dari segalanya.

Akui kesalahan yang telah anda buat, namun maafkan pula diri anda. Katakan pada diri anda bahwa kesalahan tersebut akan membuat diri menjadi lebih cerdas, kuat, dan teliti dalam memilih sebuah keputusan. Sebuah kesalahan atau kegagalan merupakan bentuk awal dari kesuksesan, melalui kegagalan tersebut pengetahuan anda akan lebih luas.

5. Atur Diri Sendiri

Mendisiplinkan serta mengatur diri adalah hal yang paling sulit dilakukan oleh manusia, banyak orang yang tidak mempedulikan dirinya sendiri dan berbuat sesuka hati. Padahal apabila seseorang tidak dapat mengendalikan diri sendiri, ia pun akan kesulitan untuk mengendalikan situasi sulit yang didapatkan.

Apabila kamu ingin memiliki cara berpikir positif yang bisa diterapkan pada segala situasi, maka atur diri kamu sendiri. Tahap awal untuk mendisiplinkan diri adalah dengan menggunakan sebuah jadwal, buatlah sebuah schedule mulai dari tujuan yang harus didapat hingga kegiatan yang harus dilakukan. Kamu perlu cara mengatur waktu agar kegiatanmu lebih produktif.

Apabila anda bisa terus mengatur diri anda sendiri mulai dari bangun hingga kembali tidur, anda dapat melihat potensi dan berbagai hal baik yang anda miliki. Dengan hidup teratur pun pikiran serta badan pun menjadi sehat, sehingga segala bentuk penyakit maupun pikiran negatif dapat terhindarkan.

6. Berteman dengan Sekumpulan Orang Positif

Berteman dengan Sekumpulan Orang PositifApabila kamu ingin memiliki pemikiran yang positif dan luas, maka dekati dengan orang – orang yang memiliki karakteristik tersebut. Umumnya ketika seseorang ikut dalam satu kelompok atau organisasi, orang tersebut akan membaur dan memiliki karakteristik yang sama pula dengan masyarakat satu kumpulan.

Sudah merupakan hukum alam, dimana seseorang akan berkumpul dengan orang lainnya yang memiliki karakteristik yang sama. Seperti perumpamaan yang mengatakan angsa akan berkumpul dengan angsa. Oleh karena itu apabila anda ingin memiliki cara berpikir positif secara terus-menerus, berkumpullah dengan oorang-orang positif.

7. Lakukan Hal Positif yang Membuat Anda Bahagia

Cara berpikir positif yang terakhir yaitu dengan melakukan hal positif yang bisa membuat Anda bahagia. Anda pasti telah mengenal nama Mark Zuckenberg sebagai pemilik Facebook, atau pendiri Zara yaitu Amancio Ortega. Kedua tokoh tersebut bisa dibilang tokoh pengusaha yang sukses, bahkan sampai saat ini pun keuntungan yang didapatkan sudah mencapai milyaran rupiah. Apakah anda ingin sukses seperti tokoh-tokoh tersebut ?

Maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah, pilih bidang yang memang anda cintai. Mark serta Amancio sukses, karena mereka mencintai dan menyukai bidangnya masing-masing. Ketika anda memulai sebuah usaha atau menggeluti suatu bidang, apabila anda kurang suka dengan bidang tersebut sudah pasti kegiatan belajarnya pun akan menurun. Kenali diri kamu sendiri dengan mencari apa bidang dan hobi yang anda sukai.

Selama kehidupan masih berputar dengan baik, hal baik maupun buruk adalah hal yang tidak dapat kita prediksi. Bagi beberapa orang yang memiliki pribadi kompleks, menghadapi sebuah situasi buruk yang tidak terduga dapat menurunkan tingkat percaya diri hingga menimbulkan depresi.

Untuk menerima dan menghadapi situasi tersebut, berpikir secara positif adalah salah satu alternatifnya. Pemikiran yang positif, memberikan banyak manfaat untuk diri kita.

Semoga artikel tentang cara berpikir positif dari Dosen Online ini bermanfaat dan bisa merubahmu menjadi lebih sukses 🙂

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?