10 Cara Bisnis Online Tanpa Modal Hasil Melimpah

0 28
Belum ada rating.

Disadari atau tidak, kemajuan teknologi memang mengubah banyak hal. Termasuk kemampuan dan kemauan dalam berbagai cara bisnis online tanpa modal. Jika dulu berbicara bisnis saja sudah melekat pada merak yang berduit dan laba rugi yang besar, maka sekarang berbisnis juga bisa dilakukan bahkan untuk mereka yang tak menginginkan modal. Kendala pada modal menjadi salah satu faktor mengapa orang enggan berbisnis. Belum lagi bayangan tentang bisnis yang tidak akan balik modal, hal ini menjadi salah satu penghambat cukup besar. Maka dari itu, bisnis jualan online di facebook pada era teknologi seperti sekarang sudah bisa dilakukan oleh tiap orang.

Bisnis untuk semua. Hal ini bisa diwujudkan ketika melihat teknologi serba canggih seperti sekarang. Terutama bisnis online yang menjamur dimana-mana dan banyaknya para pemuda yang menggunakan kesempatan tersebut untuk meraup keuntungan. Bahkan usia muda di usia sekolah, mereka bisa mendapatkan uang jajan dari bisnis online yang dilakukan. Mereka bisa saja gabung bisnis online tanpa modal yang ada di internet. Tanpa modal ataupun resiko yang besar, mereka bisa menjalankan bisnis tanpa mengganggu fokus di sekolah.

Ide bisnis bagi mereka yang tak ingin mengeluarkan modal ada bermacam-macam. Seperti menjadi reseller, dropship dan sistem lainnya. Pastinya kamu juga butuh cara promosi online supaya jualan kamu lebih laris. Untuk memilih mana yang terbaik, anda bisa mempertimbangkannya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa ide bisnis tak membutuhkan modal. Kalaupun butuh modal tidak akan menguras kantong kita. Berikut beberapa ide bisnis yang bisa anda pertimbangkan.

Cara Bisnis Online Tanpa ModalCara Bisnis Online Tanpa Modal

1. Menjadi Reseller

Bisnis online tanpa modal yang menguntungkan pertama yaitu menjadi reseller. Seperti yang disebut sebelumnya bahwa menjadi reseller merupakan ide bisnis yang mudah dan tanpa modal bagi mereka yang tak mau mengeluarkan modal karena takut merugi. Hanya saja tentu kita membutuhkan koneksi internet untuk memasarkan produk melalui berbagai media sosial ataupun marketplace. Reseller membantu anda untuk menghindarkan dari tidak lakunya barang karena kita hanya memesan jika ada order dari customer. Bukan menyediakan stok di rumah. Kalaupun anda ingin stok atau menyediakan barang ready pastikan bahwa barang tersebut banyak diincar orang lain.

Usaha tanpa modal ini sudah banyak dilakukan oleh orang lain. Terutama mereka yang sedang berada di bangku sekolah. Hanya bermodalkan memasarkan produk lain, melakukan pemesanan jika ada yang order kemudian kita memproses pembayaran via transfer dan selesai. Hanya saja sebagai reseller kita tetap harus membungkus ataupun mengirim barang tersebut jika ada pengiriman ke luar kota.

2. Menjadi Dropship

Menjadi dropshipper berbeda dengan reseller. Jika reseller, barang masih mendarat di rumah atau posisi kita. Barulah nanti kita akan mengirim barang tersebut pada si pemesan. Tetapi dropshipper masih lebih simpel. Bisnis tanpa modal ini justru hanya membutuhkan anda untuk memasarkan produk. Ketika ada pesanan masuk kita hanya melakukan order tanpa harus mendapatkan barang tersebut. Artinya, pesanan bisa langsung mendarat di tempat si pemesan. Keuntungan menjadi seorang dropshipper ini juga cukup menambah pundi-pundi uang.

Reseller ataupun dropship disarankan memiliki banyak akun jualan online. Hal ini akan membuat para calon pembeli bisa dengan mudah menemukan produk kita. Pastikan juga bahwa produk yang kita pasarkan memiliki kualitas tinggi agar tak mengecewakan konsumen. Berikan pelayanan yang cepat dan ramah yang bisa membuat customer puas.

3. Menjadi Blogger

Anda yang suka bercerita ataupun menulis, tak ada salahnya menjadikan hobby sebagai bisnis online tanpa modal yang menguntungkan. Buatlah sebuah blog yang akan membuat anda bersemangat dalam menulis, contohnya seperti blog Dosen Online ini. Bisnis rumahan ini sangat menguntungkan dari banyak segi. Pertama, anda bisa menulis yang notabene adalah hobby. Kedua, anda bisa mendapatkan keuntungan dari blog yang sudah di monetize. Ketiga, kita bisa bekerja dan melakukan bisnis tersebut dimana saja dan kapan saja.

Ketika anda memiliki blog sendiri, cobalah untuk memasang iklan online melalui google adsense dan jual jasa review. Dari dua hal ini, anda bisa membutuhkan umur blog yang sudah lama dan aktif serta diisi dengan beragam konten. Jika awalnya ditolak maka sebaiknya tak menyerah. Coba lagi dan tentukan konsep blog terlebih dahulu, konsep yang disukai atau memiliki topik menarik untuk dibaca.

4. Penulis Lepas

Bisnis tanpa modal? Hanya berbekal kemampuan menulis artikel, anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang tak sedikit karena bisa mencapai ratusan ribu per artikel. Usaha online ini memang termasuk bisnis populer dan sekarang juga sudah banyak situs baru yang membutuhkan banyak konten artikel. Nantinya artikel ini memang membuat situs tersebut mudah untuk ditemukan di google.

Kalaupun anda melihatnya gampang, jangan salah! Bisnis seperti ini membutuhkan konsistensi dalam menjalankannya. Butuh konsistensi untuk mengisi konten di dalamnya serta mencari topik terbaik yang ada. Dengan rutin mengisi konten maka anda bisa menjadikan blog tersebut lebih mudah dicari serta menaikkan traffic pengunjung blog.

5. Menjadi Penerjemah

Hampir sama dengan bisnis sebelumnya, hanya  saja untuk profesi atau pekerjaan ini memang tak semua orang bisa melakukan. Jika anda memiliki kemampuan berbahasa asing yang cukup bagus maka cobalah untuk menjadi penerjemah. Tetapi sekali lagi diharapkan bahwa kemampuan ini juga tak main-main. Karena salah dalam menerjemahkan ke bahasa asing bisa gawat akibatnya. Lakukan dengan baik hobby dan kelebihan anda sebagai orang yang mampu berbahasa asing.

Banyak perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan asing. Tetapi tak banyak perusahaan yang memiliki karyawan penerjemah secara full time. Dari sini, peluangnya cukup besar karena penerjemah bisa menjadi bisnis yang dikerjakan di rumah ataupun ketika ada waktu luang. Tawarkan atau iklankan jasa penerjemah di internet.

6. Membuat Jasa Desain Grafis

Usaha tanpa modal memang menguntungkan tetapi jika kita mampu mengolah dan menemukan bisnis yang tepat, ya! Khawatirnya, bisnis yang sesuai dengan hobby seperti ini malah membuat kita jadi malas. Padahal perkembangan seperti ini tak boleh dilewatkan. Teknologi yang bertumbuh bagus memudahkan kita dalam bekerja. Menjadi desain grafis tentu membutuhkan ketelitian yang tinggi dan kemampuan yang tak main-main.

Desain bisa bernilai sangat mahal karena hal tersebut adalah ungkapan atau ide orisinil dari si desainer. Jika anda sudah menjadi yang professonal tentu keuntungan jasa desain grafis via online ini cukup besar. Bisnis ini cocok untuk mahasiswa yang suka menggambar ataupun mampu dalam desain grafis, yuk daftar!

7. Admin Media Sosial

Meski terdengar sepele tetapi menjadi admin di sebuah sosial media bisa menjadi bisnis online tanpa modal tetapi menghasilkan jutaan. Hampir setiap orang memiliki akun facebook atau media sosial lainnya. Tentu hal ini dilirik oleh perusahaan sebagai peluang. Tidak hanya bekerja full time tetapi anda juga bisa menjadikannya sebagai freelance. Pekerjaan atau bisnis ini cukup penting karena mengolah sebuah sosial media sebaik mungkin untuk menarik pembeli.

Beberapa tugas yang harus dilakukan sebelum menjadi admin media sosial adalah membuat konten yang menarik, meningkatkan jumlah followers atau like pada akun anda. Cobalah berinteraksi pada penggemar atau mereka yang respon pada akun kita. Cara ini terbilang mudah tetapi butuh konsisten agar membuat konten yang menarik. Seorang admin juga harus mampu melihat bagaimanakah caranya agar akun yang anda pegang bisa lebih ramai dari biasanya.

8. Menjadi Vlogger

Mirip dengan blogger, hanya saja vlogger ini merupakan video blogger. Sesuai dengan namanya, tentu hal ini dibedakan dari bagaimana kita mengisi konten. Jika blog adalah tulisan maka di akun youtube ataupun kanal lainnya membutuhkan update video dari kita. Anda bisa menggunakan video blog dengan berbagai macam konsep. Bisa dari kehidupan pribadi, travelling, kuliner, make up dan lain sebagainya. Banyak para artis yang menggunakan vlogger sebagai tempat berbisnis mereka.

Menjadi seorang vlogger tak melulu menggunakan kamera yang bagus dan professional. Untuk para pemula tak ada salahnya agar menggunakan kamera smartphone yang dimilikinya. Pupuk menampakkan diri, kreatif dalam membuat konten hingga memiliki kemampuan dalam mengambil sudut terbaik membuat vlog.

Jika akun anda sudah memiliki banyak subscriber maka kita bisa lanjut ke langkah berikutnya yaitu melakukan monetisasi jika persyaratan sudah dilengkapi atau dipenuhi semua. Selain itu, kamu juga bisa gabung bisnis online tanpa modal yang ada di internet atau di tempat lain. Supaya bisa menjalin interaksi dengan banyak orang.

9. Pembuatan Website Online

Perkembangan zaman sekarang ini memang membuat banyak perusahaan butuh untuk memiliki website. Bisnis online tanpa modal bisa kita ciptakan dari ini. Anda bisa menggunakan bisnis sebagai jasa pembuatan bisnis online. Anda bisa memastikan terlebih dahulu bahwa anda siap dan mampu untuk mengurus pembuatan website online. Mulailah menawarkan jasa tersebut pada perusahaan-perusahaan yang diketahui memiliki strategi dan pemikiran jangka panjang.

Langkah awal bisnis tanpa modal ini adalah mempersiapkan apakah kemampuan kita mampu memberikan yang terbaik pada si pemesan atau tidak. Sering-seringlah untuk melihat bagaimana referensi website agar anda bisa memberikan hasil yang terbaik untuk client. Jadikan hobby dan kemampuan yang dimiliki sebagai alat untuk menambah penghasilan dengan cara menyenangkan.

10. Membuat Tutorial Online

Apakah anda suka dengan dunia mengajar? Jadikan kemampuan itu berbuah manis. Menjadi tutor online juga merupakan cara bisnis online tanpa modal dengan android yang bisa dilakukan siapa saja. Terutama mereka yang suka dengan dunia ajar serta memiliki jiwa berbagi yang tinggi. Ada banyak orang yang membuat konten video, konten audio hingga seminar online. Memang, umumnya konten ini bisa berupa ilmu yang sedang banyak dibutuhkan. Sementara keterbatasan seseorang akan waktu juga terkadang membuatnya tak sempat mengikuti kelas kursus.

Dari sinilah peluang datang. Anda bisa menyiapkan diri untuk menguasai berbagai bahan atau fokus dalam satu bidang. Bisnis tanpa modal bisa memberi anda banyak keuntungan termasuk penghasilan yang tak sedikit. Modal kita hanya dengan koneksi internet dan kemauan agar melakukannya secara konsisten. Menjadi tutor online mengharuskan kita memiliki keahlian terlebih dahulu.

Tips Menjalankan Bisnis Online Tanpa ModalTips Menjalankan Bisnis Online Tanpa Modal

1. Memanfaatkan Koneksi Internet

Ketika android sudah berada di genggaman kita, bisnis bisa dijalankan dari mana saja dan kapan saja. Hal ini yang juga menjadi alasan mengapa gadget sangat sulit terpisahkan. Disinilah seharusnya seseorang memanfaatkan koneksi internet untuk menciptakan bisnis yang bagus dan menguntungkan. Bisnis yang mampu memberi kita penghasilan tambahan. Jika anda memiliki koneksi wifi maka jangan sia-siakan.

Wifi bisa lebih bermanfaat dan menguntungkan jika kita menggunakannya sebagai modal berbisnis. Apalagi koneksi yang cepat membuat pelayanan kepada pelanggan juga lebih cepat. Bisnis online tentu akan berjalan lebih baik dan lancar menggunakan koneksi ini. Manfaatkan koneksi internet dengan baik jika ingin bisnis anda menguntungkan. Kamu juga bisa memakai tips menghemat kuota internet agar tidak boros.

2. Konsisten

Tak ada lagi yang lebih penting selain konsisten dalam menjalankan bisnis online tanpa modal ini. Seperti menjalankan bisnis online menjadi reseller, dropship dan sejenisnya tentu membutuhkan kesabaran kita untuk mengupload barang atau produk kita setiap hari. Bagi bisnis yang baru berjalan tentu tidaklah keberhasilan itu langsung didapat. Butuh waktu dan proses yang baik agar bisnis juga tak cepat bangkrut.

Upload produk anda secara online jika memang bisnis tersebut adalah bisnis online. Sementara jika yang anda lakukan adalah bisnis rumahan maka lakukan dengan rutin. Apapun yang dilakukan secara terus menerus dan teratur maka kita juga bisa mendapatkan hasil yang bagus. Berbisnis online membutuhkan usaha lebih, bukan dalam waktu satu atau dua hari langsung berhasil dan mendapatkan banyak keuntungan.

3. Mencari Konsep yang Anti Mainstream

Jika ide bisnis online tanpa modal anda merupakan sesuatu yang baru, maka cobalah untuk melakukan perincian dengan benar. Misalnya saja siapa target pasar, benarkah produk tersebut dibutuhkan, bagaimana cara pemasaran yang menarik dan lain sebagainya. Apakah bisnis anda nanti bisa diterima oleh target yang anda tentukan atau tidak. Seorang pebisnis harus tahu dan mampu memprediksi kondisi pasar ketika produk tersebut dirilis.

Berbeda jika anda usaha tanpa modal seperti kebanyakan orang. Menjadi reseller pakaian, dropship kue dan lain sebagainya. Tak ada yang salah dengan jenis bisnis ini tetapi pastikan bahwa anda memiliki sesuatu yang tak dimiliki oleh kompetitor. Bisa dari segi harga, pelayanan, kualitas dan lainnya. Dengan begitu, meski produk kita tak jauh berbeda dengan kompetitor kita tetap memiliki nilai plus yang akan menarik pelanggan.

4. Gunakan Media Sosial

Pemasaran online sekarang ini memang cukup luas. Terutama karena adanya media sosial yang bermunculan. Seperti facebook, medsos itu tak lagi hanya menjadi tempat bertutur sapa. Tetapi banyak orang yang menjadikannya sebagai ladang bisnis tanpa modal. Cakupan dari facebook juga bisa lebih luas sehingga anda bisa menjangkau pasar juga lebih banyak. Ketahui jam-jam prime time dari media sosial ini dan gunakan untuk berpromosi.

Baik di facebook, twitter dan instagram masing-masing memiliki kelebihan sebagai tempat berbisnis. Di instagram, anda bisa mengupload foto dengan lebih jelas dan menarik konsumen. Tetapi di facebook, pengguna juga lebih banyak. Sesuaikan jadwal promo di berbagai media sosial dengan baik. Lakukan secara konsisten dan rasakan hasilnya selama beberapa minggu jika anda tetap konsisten untuk memasarkan bisnis anda. Ada juga trik cara meningkatkan interaksi supaya pengunjung di sosmed kamu lebih rame.

5. Kenali Kompetitor

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa usaha tanpa modal kita bisa menjadi yang pertama ataupun menjadi yang ke sekian karena sudah banyak kompetitor di luar sana. Cara paling mudah untuk membuatnya beda adalah menganalisis bagaimana karakter dari kompetitor. Barang apa yang dijual, bagaimana cara mereka mempromosikan dan mencari target pasar.

Cari kelebihan dan kekurangan kompetitor, cobalah untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada bisnis anda. Gunakan satu langkah di depan kompetitor misalnya seperti memberikan diskon di momen tertentu yang tak banyak dilakukan oleh toko online. Cara sederhana seperti ini akan mengundang konsumen untuk mengenal produk anda.

Beragam ide bisnis online tanpa modal hasil melimpah ini akan berhasil jika kita segera memulainya. Tetapi tak cukup hanya dengan memulai, melainkan butuh perencanaan yang bagus agar bisa berjalan lancar. Kenali produk yang anda pasarkan, konsisten dalam menjalankannya. Percaya bahwa bisnis tidak bisa sukses dalam waktu satu atau dua hari melainkan harus membangunnya dengan proses yang baik.

Berikan Rating ?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?