5 Cara Cek Follower Instagram Asli atau Palsu yang Paling Akurat

0 57
5/5 (7)

Hampir semua orang menggunakan sosial media bernama Instagram. Aplikasi yang satu ini cukup digandrungi karena berbagai macam fiturnya yang menarik, seperti story, boomerang, dan lainnya. Bahkan karena hal tersebut, kini banyak orang yang menjadi selebgram atau selebriti Instagram yang mempunyai banyak pengikut karena kontennya yang menarik. Apalagi jika kamu menggunakan aplikasi Gramshoot untuk membantu meningkatkan follower. Namun apakah banyaknya pengikut atau followers tersebut asli? Nah kamu harus jeli dan mengetahui bagaimana cara cek follower Instagram asli atau palsu agar tidak tertipu.

Sekarang banyak akun Instagram yang memiliki followers sangat banyak, mulai dari ribuan, ratusan ribu hingga jutaan bisa diperoleh dengan waktu yang singkat. Banyak selebgram yang mendapatkannya secara bertahap ataupun secara cepat dengan membelinya di akun-akun penjual followers. Hal tersebut pun membuat kita bingung darimana asalnya bukan? Nah berikut ini adalah cara mudah untuk mengecek follower Instagram asli ataupun palsu, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Cek Follower Instagram Asli atau Palsu

Berikut ini adalah cara cek follower Instagram asli atau palsu secara mudah, antara lain :

1. Cek follower Instagram dengan menggunakan Igaudit.io

Web Igaudit.io merupakan salah satu alat yang paling mudah sebagai cara cek follower Instagram asli atau palsu. Hal ini tentunya sangat mudah dan simple dilakukan, mengingat web ini memang ditujukan untuk mengetahui tingkat keaslian follower sebuah akun Instagram.Cek follower Instagram dengan menggunakan Igaudit.io

Caranya sangat mudah, yaitu

  1. Pertama, cukup buka browser di PC maupun Androidmu, kemudian kunjungi website Igaudit.io
  2. Selanjutnya masukkan username Instagram yang ingin kamu cek keaslian followersnya pada kolom yang telah disediakan dan klik “Go”.
  3. Tunggulah beberapa saat hingga Ig Audit selesai menganalisa keaslian follower akun atau username yang sudah kamu ketikkan pada kolom tadi. Nantinya akan terlihat persentase tingkat keaslian followers akun tersebut.

Semakin tinggi nilainya maka semakin bagus pula, karena menunjukkan bahwa followers akun tersebut merupakan akun asli dan aktif. Namun semakin rendah nilai persentasenya, maka semakin buruk pula hasilnya. Itu berarti banyak followers pasif atau biasa dikenal dengan bot. Pastikan pula bahwa akun tersebut sifatnya publik bukan privasi, agar bisa di audit dengan baik.

2. Cek follower Instagram dengan melakukan crosscek pada follower IG

Cara cek follower Instagram asli atau palsu adalah dengan melakukan crosscek satu persatu pada followers IG akun yang diinginkan. Untuk mengetahuinya kamu cukup lakukan pengecekan pada akun follower tersebut. Caranya sangat mudah, akun fake biasanya akan menggunakan profile picture dari Google dan jarang atau bahkan belum pernah memposting apapun pada feeds IG.

Tidak hanya itu, kamu bisa mengeceknya melalui jumlah following maupun followers yang terkesan sedikit. Bahkan kebanyakan akun fake hanya mengikuti akun artis-artis terkenal saja dan tidak memiliki pengikut. Dari situlah kita bisa melihat bahwa akun tersebut menggunakan jasa beli follower atau menggunakan bot. Jika ingin memperbanyak follower, ada juga cara mendapatkan follower instagram gratis pada artikel sebelumnya.

3. Cek follower Instagram dengan membandingkan antara komentar dan follower Instagram

Selain dengan menggunakan Igaudit dan melakukan crosscek satu persatu pada akun followers, cara cek follower Instagram asli atau palsu bisa dilakukan dengan cara membandingkan antara komentar dan juga follower Instagramnya. Pastinya kamu pernah melihat kan akun IG yang memiliki follower berjuta-juta namun hanya memiliki komen yang sedikit? tentunya hal tersebut patut dicurigai.

Akun Instagram yang memiliki banyak followers, biasanya juga akan sebanding dengan jumlah komen pada setiap foto yang diunggahnya. Namun jika tidak sebanding, maka ada kemungkinan bahwa follower Instagram yang bersangkutan tersebut palsu atau membeli dari jasa beli follower. Dalam 5000 follower setidaknya akan ada minimal 20 komentar atau lebih, begitu pula jika lebih dari puluhan ribu tinggal di kalikan saja.

Selain itu, kamu juga bisa mengeceknya dengan melihat komentar yang ada di postingan. Apabila akun follower bukan bot, biasanya komen akan cenderung berbeda dengan akun lainnya. Namun jika komen di akun Instagram tersebut cenderung sama dan identik, maka bisa jadi hal tersebut adalah ulah situs yang menawarkan like atau komentar otomatis.

4. Cek follower Instagram dengan membandingkan antara jumlah like dan follower Instagram

Cara cek follower Instagram asli atau palsu yang selanjutnya adalah dengan membandingkan antara jumlah like dan follower Instagram. Seperti halnya membandingkan jumlah komen dan followers, ternyata jumlah like juga bisa jadi tanda akun palsu loh. Pada setiap 1000 follower, setidaknya akan ada kurang lebih 30 like dalam setiap postingan IG. Namun jika tidak sebanding antara keduanya, bisa dipastikan bahwa akun tersebut merupakan bot.

Pada postingan IG, biasanya jumlah like sebuah foto akan ada sekitar 5% – 25% followers akun tersebut. Jadi, jika akun tersebut memiliki followers kurang lebih 1000, maka seharusnya like yang ada di foto adalah bekisar antara 150 – 200 likes. Jika hal ini terjadi, maka akun tersebut merupakan akun aktif atau bukan bot.

Namun jika followers bekisar 1000 dan memiliki jumlah like 50 hanya dalam sehari, bisa pula orang tersebut dikatakan beli followers tapi tidak begitu banyak. Kemudian, jika followers 1000 tetapi jumlah like di foto yang baru diunggah sehari hanya 10 like, maka berarti pula jika akun tersebut membeli followers. Sangat mudah untuk menganalisanya bukan?

Tapi meskipun begitu, hal tersebut juga patut untuk di analisis jauh lebih lanjut, karena tidak hanya followers saja yang bisa dibeli, like juga bisa dibeli. Kamu bisa melihatnya dari foto-foto yang di unggah akun tersebut, apakah like nya sebanding dengan jumlah followers, dan lain sebagainya. Bila akun yang ingin kamu cek memiliki ciri-ciri tersebut, maka kemungkinan besar bahwa akun tersebut memiliki followers palsu.

5. Gunakan Aplikasi Pelacak Akun Fake untuk Instagram

Langkah mengetahui follower instagram asli atau palsu selanjutnya adalah dengan mendownload aplikasi pelacak akun fake Instagram. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu repot-repot untuk mengecek satu-persatu akun follower.Aplikasi Social Blade

Aplikasi ini memberikan kemudahan dan juga bisa digunakan pula untuk media sosial lainnya seperti Twitter maupun YouTube. Untuk menggunakannya yaitu cukup dengan mengunduh aplikasinya melalui PlayStore, atau situsnya di socialbade.com. Jika sudah, masukkan username Instagram pada kolom pencarian yang followernya ingin kamu lakukan pengecekan asli atau palsu.

Setelah memasukkan username Instagram, maka akan muncul hasilnya berupa statistik follower secara detail dan juga meranking akun yang ingin kamu ketahui tersebut. Tentunya aplikasi ini sangatlah menarik bukan? Kini kamu tidak perlu melakukan pengecekan manual dan hanya mengetikkan username saja ke kolom pencarian.

Demikianlah cara cek follower Instagram asli atau palsu yang mudah untuk dilakukan. Lakukan hal tersebut jika kamu memang sedang bersantai atau tidak ada kerjaan agar tidak menghabiskan waktumu yang berharga. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

Berikan Rating ?

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?