Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula

0 77
5/5 (1)

Zaman sekarang ini berbisnis bukan lagi hal yang sulit karena dianggap membutuhkan modal besar. Padahal, berbisnis bisa dimulai dengan cara yang mudah dan dilakukan oleh siapa saja. Apalagi sosial media seperti facebook sekarang menjadi ladang bisnis bagi anak-anak muda, contohnya seperti menjadi reseller. Baik itu online shop untuk makanan, baju, aksesoris ataupun bisnis lainnya. Sayangnya untuk para pemula seringkali masih belum efektif dalam menggunakan sosial media facebook untuk berjualan. Lalu bagaimana cara jualan online di facebook ?

Langkah pertama adalah memiliki akun facebook yang aktif. Akan lebih baik kalau anda memisahkan sosial media facebook pribadi dengan sosial media facebook untuk jualan. Cara ini akan membuat anda lebih professional. Apalagi facebook juga diketahui sebagai salah satu sosial media yang digunakan oleh hampir seluruh masyarakat di dunia. Tentu hal ini menjadi peluang yang menggembirakan untuk menjalankan bisnis.

Sementara bisnis online sekarang ini sudah banyak beredar di masyarakat. Mereka merasa dimudahkan dengan adanya bisnis online ini karena tak perlu lagi mencari masuk toko satu per satu. Tetapi kita hanya butuh mengakses laman facebook dimana tersedia berbagai macam kebutuhan yang kita cari. Setelahnya, proses pembelian kemudian transfer sejumlah nominal dan tunggu di rumah. Simpel, bukan? Melihat hal ini, ayo manfaatkan facebook untuk berbisnis atau berjualan.

Cara Jualan Online di Facebook

1. Siapkan Akun

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa langkah pertama jika anda ingin tips jualan online di facebook ini lancar adalah dengan menyiapkan akun terlebih dahulu. Siapkan akun facebook anda dan pastikan bahwa akun tersebut aktif serta dipelihara dengan baik. Ada dua akun yang harus diketahui yaitu akun facebook dan akun fanpage. Jika akun facebook digunakan untuk pribadi maka berbeda dengan akun fanpage. Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan disini.

Fanpage akan menjadikan bisnis anda lebih professional dan dinantikan banyak orang. Perbedaannya jika akun facebook kita harus menerima permintaan pertemanan dulu. Sementara untuk akun fanpage lebih fleksibel dan jangkauannya juga lebih besar. Nanti sebuah fanpage yang mendapatkan banyak like tentu membuka peluang lebih besar datangnya pembeli. Maka dari itu kamu harus tahu bagaimana cara optimasi fanpage yang baik dan benar.

Selain itu siapkan informasi yang jelas. Pastikan informasi yang anda butuhkan di akun tersebut sudah benar-benar jelas mengenai produk dan bisnis anda. Seperti membuat kontak yang bisa dihubungi, alamat, deskripsi singkat tentang bisnis, cara pemesanan hingga foto profil dan banner yang jelas. Dengan begitu, calon pembeli tidak akan ragu terhadap apa yang anda jual.

2. Persiapan Produk

Jika anda sudah menyiapkan akun dengan baik dan benar, langkah berikutnya adalah menyiapkan produk. Cara jualan online di facebook agar makin untung adalah mempersiapkan produk yang akan dipasarkan. Siapkan produk sebaik mungkin agar calon pembeli tak ragu seta tertarik untuk mencari tahu tentang produk. Misalnya ketika anda berjualan makanan via facebook maka jangan lupa untuk menggunakan plating yang cantik dan kemasan semenarik mungkin.

Siapkan produk dengan baik dan pastikan kualitasnya juga terbaik. Bayangkan kalau kita menjadi seorang customer yang mencari alat-alat makeup. Jika kita tak bisa memastikan bahwa barang yang kita jual adalah ori tentu bisa berbahaya untuk orang lain. Bahkan bisa menimbulkan sesuatu yang merugikan pada pembeli. Pastikan bahwa barang atau produk yang anda jual memang berkualitas baik dari segi pelayanan maupun packagingnya.

Untuk menarik pembeli, cara jualan online di facebook sebaiknya menggunakan gambar informasi produk yang jelas. Hal ini akan membantu para customer dalam mencari produk yang diinginkan. Biasanya masih ada penjual yang mengupload gambar blur dan informasi yang diberikan juga tidak ada. Ketika anda mengupload gambar baju pastikan telah tertera size, ld, panjang dan lain sebagainya. Selain memudahkan penjual, cara ini juga akan memudahkan kita agar customer tidak bertanya tentang size mengingat sudah tertera di dalam gambar. Berikan foto yang berkualitas dengan pengambilan gambar berbeda dan menarik.

3. Lakukan Manajemen Produk

Cara jualan online di facebook juga membutuhkan manajemen produk yang baik. Hal ini dibutuhkan agar barang yang kita upload di facebook tidak sampai habis. Kalaupun produk tersebut sedang kosong maka sebaiknya tak dimasukkan dalam daftar barang ready. Cara ini dibutuhkan sebagai manajemen produk yang dibutuhkan bisa berjalan lancar. Berikan beberapa kategori yang jelas pada halaman facebook anda.

Lakukan pengkategorian yang jelas. Baik itu berupa penamaan di album foto ataupun informasi produk di dalamnya. Beri keterangan manakah produk yang paling laris dan sedang promo. Cara ini akan memberi experience yang baik kepada para pembeli. Manajemen produk salah satu kunci bagaimana produk kita bisa dibeli oleh para customer. Sesekali berikan promo untuk menarik minat mereka.

Manfaatkan laman fanpage yang anda miliki untuk terus mengupload produk dengan tata cara yang benar. Berikan pelayanan yang memuaskan dan pastikan bahwa produk-produk yang anda beri pada customer memang memiliki stok yang cukup. Beri keterangan jika memang barangnya harus melalui sistem PO atau tidak. Terutama menyangkut waktu pemesanan, sertakan keterangan di gambar.

4. Lakukan Analisa

Mempelajari bagaimana kompetitor kita adalah hal wajib. Sebab banyaknya mereka yang jualan online di facebook tentu harus kita analisa bagaimana karakter dan strategi mereka. Jualan boleh sama tetapi strategi dan cara pemasaran kita akan membedakan seberapa banyak customer yang bisa kita dapat. Pelajari bagaimana cara melakukan pemasaran atau beraktivitas di fanpage yang dimiliki untuk bisnisnya. Juga tentang bagaimana pelayanannya dan apa saja yang mereka tawarkan.

Kumpulkan data tersebut, analisa apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari toko online ini. Jangan lupa untuk mempelajari bagaimana mereka posting dan manakah yang mendapat banyak tanggapan dari customer. Bagaimana cara mereka mendapat like yang terbanyak dan lain sebagainya.

Selain itu cobalah untuk mempelajari target pasar. Analisa juga siapa target yang anda miliki. Misalnya jika anda mencoba untuk menjual produk hijab di kalangan anak muda maka sesuaikan model, segi bahasa pemasaran hingga desain kerudung yang banyak digunakan mereka. Konten juga harus sesuai dengan target pasar agar mereka bisa terpancing untuk membelinya. Percaya atau tidak, gaya bahasa pemasaran anda sangat menentukan keinginan para pembeli.

5. Promosi

Karena cara jualan online di facebook ini tidak akan jauh-jauh dari promosi online tentunya. Temukan bagaimana cara promosi yang bagus dan akun fanpage kita bisa ditemukan oleh jutaan orang yang ada di luar sana. Berikan postingan yang bermanfaat yang tidak hanya tentang produk kita. Banyak orang yang lebih senang ketika mereka mendapati foto unik tak melulu promosi produk. Kamu juga bisa memanfaatkan instastory untuk jualan.

Seperti contoh ketika anda menjual baju atau kerudung, anda bisa memberikan tips mix and match warna-warna yang bagus. Warna yang cocok sesuai dengan jenis kulit dan lain sebagainya. Nantinya di akhir info anda bisa menarik pembeli dengan model baju terbaru yang telah anda sediakan. Bisa juga ketika anda menjual produk makeup maka berikan informasi tentang bagaimana cara merawat kulit wajah, makeup untuk kondangan dan lain sebagainya.

Anda bisa melihat dari contoh-contoh tersebut yang mana siapa saja bisa mendapatkan informasi itu. Ketika informasi dibagikan maka semakin banyak juga yang akan melihat. Pastikan bagian akhir dari informasi mengajak untuk membeli produk yang anda tawarkan. Bagian akhir masuk ke penjualan. Cara ini cukup efektif untuk menarik pembeli dan menjadikannya sebagai content marketing yang bagus.

6. Ikuti Grup Serupa

Baik di facebook atau WA misalnya, banyak grup yang berisi jualan online. Mereka mengirimkan foto-foto yang bagus dan mendapat respon dari para penghuni grup. Selama ini grup jualan online di facebook lebih banyak jika dibandingkan dengan yang ada di WA. Cari grup yang sesuai dengan bisnis anda dan bersih. Apa maksudnya? Beersih artinya grup itu tidak rusak dengan spam dan juga postingan yang tak berguna. Cari yang masih aman ataupun memiliki peraturan. Biasanya grup seperti ini tidak sembarangan. Ada peraturan yang harus diikuti.

Partisipasi aktif di grup ini juga harus diperhatikan. Sebaiknya ikut aktif dalam berkomentar ketika anda anggota yang bertanya. Namun jangan melulu promosi ke produk. Berikan solusi yang terbaik dan beri beberapa opsional solusi. Cara ini akan membuat para anggota hafal terhadap akun milik anda dan melihat produk apa yang sedang anda pasarkan. Berikan saran yang baik bila perlu dengan pertimbangan yang bagus ketika memilih market place misalnya.

Jika anda sudah mendapat kepercayaan dari para anggota melalui soft selling ini maka cobalah untuk membuat perbandingan antara jualan dan partisipasi aktif sekitar 1:4 hingga 1:5. Semakin banyak grup yang anda ikuti maka semakin besar kesempatan kita untuk menarik konsumen. Cobalah untuk masuk dan mengikuti grup-grup yang ada di facebook atau media sosial lainnya.

7. Gunakan Facebook Ads

Memang, setiap bisnis membutuhkan promosi. Baik yang gratis ataupun promo yang berbayar. Siapkan dana untuk melakukan promosi agar konsumen yang kita jangkau juga makin luas. Cara jualan online di facebook ini bisa menggunakan Facebook Ads. Anda bisa mengatur budget iklan sesuai dengan kebutuhan dan target konsumen yang sesuai dengan produk yang kita jual.

Facebook Ads bisa memberikan cara mudah untuk berpromosi di laman facebook kita. Faktanya semakin lama iklan anda berjalan maka semakin bagus juga iklan itu bisa bekerja. Iklan pertama di facebook masih mempelajari orang seperti apa yang tertarik dengan iklan kita. Sehingga tak perlu terlalu berharap atau khawatir jika iklan pertama ini belum memberi penjualan yang fantastis.

Ingat bahwa facebook masih menjadi sosial media utama untuk berjualan. Bahkan ada juga orang yang yakin untuk mengalokasikan budget hingga jutaan rupiah demi jualan online di facebook. Asalkan tahu bagaimana cara menggunakan promosi ini tentu anda bisa mendapatkan banyak keuntungan nantinya.

8. Evaluasi

Setelah menjalankan beberapa hari bagaimana cara jualan online di facebook, pastikan bahwa anda juga melakukan evaluasi. Sebab, hal ini menjadi yang utama agar penjualan semakin meningkat tiap bulannya. Pelajari kenapa produk A lebih banyak terjual daripada produk lainnya. Apa saja yang membedakan, atur lagi bagaimana strategi konten yang anda berikan agar penjualan juga bisa jadi lebih maksimal.

Sebaiknya melakukan review lagi terhadap produk-produk yang kita jual dan telah habis. Manakah yang menjadi produk terlaris dan manakah yang butuh perombakan lagi agar menarik pembeli. Evaluasi ini penting untuk mencari tahu dimana kesalahan dan bagaimana kita membuat target baru setiap bulannya. Dengan evaluasi ini kita bisa tahu manakah yang bisa dimaksimalkan dan manakah yang tak perlu dilakukan.

Evaluasi mencakup banyak hal. Bisa dari cara kita mempromosikan, evaluasi produk yang laris dan tidak. Juga bagaimana pelayanan yang kita berikan selama ini kepada para pembeli. Dengan begitu, evaluasi bisa mencakup secara keseluruhan yang membuat bisnis makin lancar. Mulailah untuk menentukan jadwal evaluasi dari bisnis anda.

Cara Anti Mainstream Jualan Online di Facebook

Setelah tahu apa saja tips untuk membuat bisnis makin lancar, anda bisa menggunakan cara anti mainstream agar jualan makin laris. Tak sedikit orang yang melakukannya dan merasakan perubahan penjualan makin baik. Mulailah untuk mencobanya.Cara Anti Mainstream Jualan Online di Facebook

1. Interaksi dengan Teman

Ketahui bahwa berinteraksi dengan teman yang ada di facebook kita sangat berpengaruh pada penjualan. Luangkan waktu 15 hingga 30 menit untuk melihat bagaimana respon dari orang-orang di facebook. Meski itu hanya respon dari informasi yang anda posting, sempatkan untuk melakukan like, komentar dan juga menyapa mereka.

Meski hanya sebuah like hal ini akan sangat berpengaruh untuk menarik minat konsumen dan melihat apa saja produk yang kita tawarkan pada mereka. Pada blog ini juga ada artikel cara meningkatkan interaksi di instagram.

2. Ketahui Prime Time

Penting untuk seorang pebisnis tahu dimana jam-jam prime time. Kapan mereka harus memposting foto-foto produknya. Misalnya pada malam hari yang mana jam-jam ini banyak pengguna facebook sedang online. Anda bisa mengenali dimana jam ramai ketika ingin jualan online di facebook agar anda bisa turut memposting barang baru. Bisa juga dengan memancingnya melalui video lucu, kata bijak hingga hal-hal unik yang selama ini belum dilakukan oleh pebisnis online lainnya. ketika mereka membagikan postingan kita maka semakin luas jangkauan dan mendapatkan teman baru.

3. Lakukan Add Friend Tertarget

Ketika produk yang anda jual adalah kuliner maka target marketnya adalah wilayah-wilayah yang terkenal akan kuliner khusus atau lezat. Add friend di wilayah tersebut dan lakukan secara bertahap. Misalnya saja 10 orang ditambahkan pada pagi hari, 10 orang pada siang hari dan 10 orang di malam hari. Kalau anda melakukannya secara langsung dikhawatirkan akan muncul warning dari facebook. Ketika hal ini sudah terbiasa, anda bisa melakukannya lagi dengan menambahkan jumlahnya. Misalnya 20 orang di pagi hari, 20 orang teman baru di siang hari dan seterusnya.

4. Promo di Momen Tertentu

Promo ataupun diskon masih menjadi hal yang paling disukai. Cara jualan online di facebook juga membutuhkan promo atau diskon. Berikan diskon di momen tertentu atau special. Tetapi pastikan bahwa anda juga tidak dalam kondisi merugi. Memberi diskon di momen tertentu ini bisa membuat konsumen penasaran kapan lagi kita akan memberi potongan. Misalnya saja seperti momen hari belanja nasional. Bisa juga pada hari ibu dan momen lainnya yang menurut anda pas. Tips jualan online di facebook harus benar-benar dipertimbangkan bagaimana menarik konsumen agar kenal terhadap produk kita dan memutuskan untuk membelinya.

Berbisnis tak menunggu banyak uang. Tetapi kita bisa mulai menjalankannya dengan menemukan bisnis yang tepat. Ada banyak bisnis tanpa modal yang bisa kita lakukan seperti jualan online di facebook sebagai reseller ataupun dropship. Cara-cara ini membantu kita menjalankan bisnis lebih mudah dan menguntungkan. Semoga artikel dari Dosen Online ini bermanfaat. Siap menjadi pebisnis sukses?

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?