6 Cara Memanfaatkan Insta Story Untuk Jualan

0 204
Belum ada rating.

Insta story merupakan fitur unggulan dari Instagram yang peminatnya sangatlah banyak. Semakin berkembangnya fitur – fitur yang diberikan oleh instagam ini juga berbanding lurus dengan semakin mudahnya berbisnis di sosial media yang satu ini. Insta story sendiri memang memiliki waktu yang lebih singkat dari pada upload postingan video. Namun tak sedikit juga orang yang memanfaatkan iklan instagram story untuk berjualan. Selain membuat kata-kata olshop untuk jualan. Bagaimana cara memanfaatkan insta story untuk jualan ?

Cara memanfaatkan insta story untuk jualan ini sangat mudah. Dengan durasi insta story yang tak lebih dari 15 detik dan hanya dapat bertahan pada 1 x 24 jam saja membuat Anda harus pintar – pintar mencari celah dari hal tersebut. Biasanya orang – orang pengguna Instagram akan mengikuti Anda selain pada postingan melainkan juga pada insta story jika mereka melakukan follow kepada akun Instagram Anda. Lalu apa saja yang dapat dilakukan di insta story ? Simak ulasan di bawah ini !

Tips Dan Cara Memanfaatkan Insta Story Untuk Jualan

Basis pengguna Instagram begitu besar di Indonesia membuat banyak online shop memanfaatkan Instagram ini sebagai lapak mereka berjualan selain pada marketplace yang ada di Indonesia. Pada kenyataannya, orang bermain Instagram dalam sehari ini membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada menggunakan sosial media. Dengan begitu,cara promosi di instagram story harus dilakukan dengan benar. Berikut ini adalah cara memanfaatkan insta story untuk jualan:

  1. Insta Story untuk Mereview Produk

Insta Story untuk Mereview ProdukCara memasang iklan di story instagram yang pertama ini dapat digunakan sebagai wadah untuk melakukan review produk atau ulasan yang digunakan untuk melihat sekilas tentang produk yang Anda jual. Banyak pengguna Instagram di Indonesia yang lebih sering melihat insta story dari pada postingan. Karena pada insta story biasanya mereka mengupload kejadian sehari – hari yang menarik sedangkan pada postingan mereka sudah dibumbui dengan editan – editan khusus.

Dengan singkatnya durasi yang dapat ditampilkan pada insta story ini dapat dimanfaatkan untuk membuat mereka menjadi semakin penasaran dengan produk yang kita tawarkan. Sehingga tips ini termasuk cara supaya olshop ramai pembeli. Misalnya Anda upload insta story mengenai produk baru yang Anda berikan dan membuat mereka penasaran untuk selanjutnya di arahkan kepada link atau website atau juga postingan yang menjadi detail dari produk kita. Biasanya dengan menggunakan klik postingan atau swipe up pada insta story.

  1. Insta Story untuk Menunjukkan Proses Dibalik Layar Produk

Insta Story untuk Menunjukkan Proses Dibalik Layar ProdukMemang tidak dipungkiri bahwa perkembangan dari online shop di Indonesia sangat pesat. Hal ini dibarengi juga semakin banyaknya akun online shop baru yang menjualkan produknya. Namun, mereka perlu beradaptasi dengan akun online shop lama yang sudah lebih dahulu berkecimpung di dunia tersebut dan sudah mendapatkan followers atau pelanggan yang tetap ketika mereka memposting foto produk yang ditawarkan.

Oleh karena itu, tingkat kepercayaan perlu dibangun dan salah satu membangunnya yaitu dengan cara memanfaatkan insta story untuk memberikan video atau rekaman proses pembuatan produk dibalik layar Anda, atau merekam aktifitas gudang milik Anda untuk meyakinkan kepada calon konsumen bahwa produk yang ditawarkan benar – benar real dan bukan suatu penipuan yang ditakutkan oleh banyak orang sesaat sebelum membeli produk yang kita jual.

  1. Memanfaatkan Insta Story untuk Berinteraksi dengan Followers

Memanfaatkan Insta Story untuk Berinteraksi dengan FollowersCara iklan story instagram tidak hanya untuk mengajak pembeli, namun juga bisa dalam berinteraksi. Followers bukanlah robot, mereka adalah akun dari manusia biasa yang membutuhkan interaksi dua arah. Jadi, lakukan interaksi dua arah tersebut untuk dapat meningkatkan customer intimacy dan akan membuat hubungan yang harmonis antara penjual dan pembeli untuk mendapatkan loyalitas dari pembeli yang biasa membeli produk kita.

Fitur dari insta story sendiri telah menyediakan dan mendukung customer intimacy, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fitur polling yang bisa digunakan untuk menentukan waktu yang pas ketika akan merilis produk baru dan lain sebagainya. Fitur lain yang dapat Anda manfaatkan yaitu Q&A melalui direct message untuk followers agar mereka dianggap keberadaanya sehingga mereka tidak merasa bosan dan kapok untuk mengikuti kita.

  1. Memanfaatkan Insta Story Takeover

Memanfaatkan Insta Story TakeoverInsta story takeover ini memang menjadi hal baru dalam kegiatan endorsement. Kegiatan ini memang membutuhkan sedikitnya budget yang dikeluarkan, dan Anda tidak akan menyesalinya. Karena dengan memanfaatkan hal seperti ini juga dapat meningkatkan daya tarik dari followers kepada produk yang kita tawarkan. Kita dapat menggaet influencer untuk dapat melakukan hal ini, pilihlah influencer yang relevan dengan produk yang Anda tawarkan.

Jika kegiatan endorsement yang biasa sudah terlalu monoton, maka Anda dapat menggunakan kegiatan ini untuk hal yang masih baru. Misalnya Anda menjual produk sepatu, Anda bisa menggaet influencer untuk memberikan tips yang tepat merawat sepatu agar lebih awet atau dapat juga di mix dengan apapun yang relevan. Misalnya lagi produk yang dijual adalah makanan dan Anda bisa menggaet influencer untuk memberikan tips berolahraga, tips diet, tips makan sehat dan lain – lain.

  1. Memanfaatkan Insta Story untuk Posting Insta Story

Memanfaatkan Insta Story untuk Posting Insta StoryCara memanfaatkan insta story untuk jualan yang berikutnya adalah dengan cara melakukan postingan terhadap testimoni dari para pelanggan yang sebelumnya telah mempercayai Anda sebagai akun untuk dilakukannya transaksi pembelian produk yang diinginkan. Testimoni ini sangat penting untuk dapat menggaet calon pelanggan yang lainnya. Supaya calon pelanggan percaya bahwa akun Anda adalah real menjual produk dan bukan menjadi akun yang palsu dan bukan akun tipuan.

Dengan memberikan testimoni di insta story ini dapat memberikan reputasi baik kepada Anda dalam melayani konsumen yang ada. Selain itu, memberikan testimoni juga dilakukan sebagai bentuk menghargai kepada konsumen yang telah membeli produk Anda dan mereka akan merasa ingin membelinya kembali karena penjualnya ramah. Insta story dapat dijadikan sebagai alternatif untuk dapat membuat testimoni sehingga tidak merusak feed Instagram yang ada.

  1. Memanfaatkan Insta Story Untuk Iklan di Instagram

Memanfaatkan Insta Story Untuk Iklan di InstagramIklan di Instagram sudah merambah ke insta story. Untuk itu, Anda dapat melakukan pengiklanan terhadap akun atau produk Anda di Instagram. Dan mereka (pihak instagram) akan secara otomatis memberikan iklan terhadap produk kita sehingga dapat meraih banyak konsumen. Promote instagram story menjadi penting untuk membuat pelanggan menjadi mudah melihatnya.

Dengan menggunakan cara jualan di Instagram dengan iklan, jangkauan Anda bisa lebih tersebar. Tapi Anda juga harus memerlukan budget untuk membuat iklannya. Anda juga harus memahami tips trik beriklan di Instagram terlebih dahulu supaya iklan Anda tidak boncos alias rugi.

Begitulah ulasan lengkap mengenai bagaimana tips atau cara memanfaatkan insta story untuk jualan. Cara ini dapat memberikan efek yang besar terhadap penjualan produk yang dilakukan selain memanfaatkan feed di instagram. Jika Anda sedang mencari tutorial cara membuat feed instagram yang keren bisa baca artikel sebelumnya di blog ini. Anda sebagai pebisnis canggih harus melihat segala sesuatu memiliki celah atau peluang untuk dapat dilakukan promosi bisnis dan meningkatkan kepercayaan dari konsumen. Salah satunya dengan memanfaatkan insta story yang menjadi fitur unggulan Instagram.

Berikan Rating ?

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?