9 Cara Memasarkan Produk di Instagram Marketing Indonesia 2019

0 700
5/5 (1)

Siapa sih yang tidak mengenal Instagram? Bahkan, hampir semua pengguna smartphone menggunakannya. Media sosial ini berkembang dengan sangat pesat termasuk di masyarakat Indonesia. Kini, Instagram tidak hanya digunakan untuk berbagi cerita namun juga bisa sebagai bisnis usaha. Faktanya, jika menjalankan bisnis dengan benar dapat memperoleh hasil yang lumayan. Ingin tahu kata-kata promosi instagram dengan benar? Jangan khawatir, kami akan membagikan strategi cara memasarkan produk di instagram terbaik yang dapat anda gunakan.

Mengapa penting menggunakan strategi promosi instagram ? Salah satu alasan terpenting yaitu karena adanya persaingan produk. Banyak sekali orang yang berjualan dengan memanfaatkan Instagram. Dengan hal ini, sudah jelas bahwa produk yang ada sangatlah banyak. Selain itu, juga banyak toko yang menjual produk anda. Karena itu, strategi yang tepat sangatlah diperlukan untuk membuat toko anda lebih dikenal oleh pengguna. Simak ulasan lebih jelasnya pada artikel ini.

Cara Memasarkan Produk di Instagram

Terdapat beberapa strategi yang dapat anda gunakan dalam bersaing usaha di Instagram. Berikut cara lengkapnya antara lain:

  1. Manfaatkan Instagram Business

Manfaatkan Instagram BusinessStrategi promosi instagram yang pertama yaitu dengan memanfaatkan fitur instagram bisnis. Pernahkah anda mendengar instagram Business? Merupakan layanan yang sangat membantu bagi para pelaku usaha. Dengan menggunakan instagram business maka profil pengguna seolah menjadi toko online. Pemilik akun business dapat mengatur bagaimana tata letak dari informasi yang dapat disampaikan. Sekalipun melalui email, sms atau bahkan WhatsApp.

Selain itu, instagram business juga memiliki fitur melihat insights serta kemampuan dalam mempromosikan postingannya. Strategi inilah yang sudah cukup banyak digunakan dan terbukti ampuh dalam meningkatkan nilai produk. Karena, memang sangat membantu bagi para pelaku bisnis. Tentu, sangat banyak keuntungan profil bisnis instagram. Jadi, cobalah dan rasakan manfaatnya !

  1. Lakukan Interaksi Dengan Audiens

Lakukan Interaksi Dengan AudiensSemua sosial media tentu memiliki fitur untuk dapat berkomunikasi satu sama lain, baik melalui komentar maupun secara pesan. Strategi inilah yang seharusnya anda lihat dan dapat dimanfaatkan. Dimana, anda bisa mencoba mengajak pengguna untuk lebih bisa melakukan interaksi mengenai produk. Manfaatkan semua hal yang ada untuk hasil lebih baik.

Jika diibaratkan, anda merupakan seorang customer service yang siap melayani dengan sepenuh hati kebutuhan dari para konsumen. Berkomunikasi tidak hanya melalui komentar maupun pesan saja. Cobalah dengan mengajak pengguna melalui kata kata promosi instagram yang mengundang daya tarik kepada produk anda. Strategi ini sangat baik untuk digunakan pada anda.

  1. Gunakan Influencer

Gunakan InfluencerCara memasarkan produk di instagram ke 3 yaitu dengan menggunakan akun influencer marketing. Dalam dunia marketing instagram,hal ini sudah pasti sangatlah dikenal. Dimana, anda membayar kepada pemilik akun instagram untuk memperkenalkan produk anda. Jika memang tepat dalam memilih influencer, tentu hasilnya akan sesuai pada harapannya.

Namun, dalam menentukan influencer sendiri tidak boleh sembarangan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Pilih akun paid promote instagram yang sesuai pada produk anda. Jika anda ingin melakukan branding produk makanan, maka carilah influencer dengan hobby makanan.
  • Perhatikan jumlah dari followers influencer dan perkirakan berapa jangkauannya.
  • Jangan pernah terpaku pada pangsa pasar, melainkan coba dengan hal yang terkait. Seperti anda menjual jam, maka jangan terpaku pada pecinta jam saja. Melainkan, bisa pada mereka yang gemar aksesoris tangan dan sebagainya.
  1. Cara Jualan di Instagram dengan Memanfaatkan Story Instagram

Cara Jualan di Instagram dengan Memanfaatkan Story InstagramSaat ini, story di instagram menjadi hal yang perlu anda perhatikan. Karena, setidaknya dalam satu hari lebih dari 250 juta orang di dunia menggunakan story Instagram. Bayangkan, berapa banyaknya? Tentu, jika bisa memanfaatkan insta story untuk jualan dengan baik akan sangat kelihatan hasilnya. Karenanya, bagi anda para pengusaha yang bergelut di Instagram buatlah konten menarik di story Instagram. Selain itu, lakukan update secara berkala.

Kreatifitas serta inovasi dalam membuat konten diperlukan agar pengguna tertarik untuk melihat produk yang anda miliki. Ciptakan sesuai yang unik maka akan menarik perhatian banyak orang. Terlebih, instagram telah memfasilitasi dengan adanya berbagai macam fitur pada story Instagram. Cara promosi online shop di instagram dengan cara ini terbukti cukup ampuh.  Jadi, jangan lupa untuk mencobanya !

  1. Konsisten Pada Konten

Konsisten Pada KontenSeorang pengguna kerap kali melihat seberapa aktif akun tersebut dalam melakukan update kontennya. Terutama mengenai produk yang ditawarkan. Langkah penting yang tetap harus dilakukan setiap hari yaitu melakukan update konten secara rutin. Dengan begitu, semua konten yang ada akan menjadi lebih dikenal oleh pengguna. Terlebih, bagi beberapa brand baru maka hal ini ialah strategi promosi yang sangat tepat.

Semakin banyak audience melihat brand anda, maka semakin melekat juga di pikirannya. Brand akan jauh lebih menarik jika seseorang tertarik hanya dengan melihat konten saja. Kini, sudah usang lagi jika menawarkan produk dengan manual. Cukup manfaatkan desain dan konsisten pada update konten. Dijamin, hasilnya tidak mengecewakan !

  1. Lengkapi Profil

Lengkapi ProfilSangat penting, bahwa seseorang yang menjalankan usaha di Instagram harus melengkapi profilnya. Pengguna cenderung memperhatikan keaslian dari toko tersebut. Dengan begitu, sudah jelas bahwa profil menjadi hal yang penting. Pastikan untuk melengkapi profil sesuai pada kebutuhanya. Jika anda memiliki logo maupun sudah berbentuk PT atau CV maka disarankan untuk menggunakannya.

Tidak hanya itu, pasang juga nomor telepon maupun email yang dapat dihubungi. Strategi ini sangat baik untuk diimplementasikan mulai sekarang. Karena, dengan pengguna lebih mempercayai profil lengkap. Hasilnya? Dijamin, produk anda akan menjadi lebih dikenal dan tambah laris !

  1. Gunakan Hashtag Tepat

Gunakan Hashtag TepatCara memasarkan produk di instagram yang ke 7 yaitu dengan cara riset hashtag instagram untuk jualan. Penggunaan hashtag dalam strategi bisnis di Instagram bukanlah hal baru. Karena, hashtag membantu pengguna dalam melakukan pencarian produk yang sesuai. Untuk itu, strategi ini harus tetap digunakan pada setiap konten yang di upload. Baik itu video, foto maupun lainnya. Hastag yang digunakan setidaknya memiliki keterkaitan kepada produk anda.

Sebagai contoh, saat anda menjual produk sandal wanita maka dapat menggunakan hashtag “ Sandal wanita” ataupun “ Sandal terbaru”. Hashtag tersebut dapat anda kembangkan atau dilihat pada bagian search di Instagram. Penggunaan hashtag yang tepat akan sangat membantu pengguna dalam menemukan produk anda jauh lebih cepat.

  1. Strategi Promosi Instagram Menggunakan Instagram Ads

Strategi Promosi Instagram Menggunakan Instagram AdsInstagram memberikan fasilitas kepada mereka yang ingin melakukan promosi pada Instagram. Caranya yaitu dengan menggunakan Instagram Ads. Layanan ini membantu dalam mempromosikan konten yang ingin memiliki jangkauan secara luas. Banyak sekali model iklan yang dapat dilakukan promosi menggunakan layanan ini.

Strategi promosi dengan cara ini terbukti cukup ampuh dan sudah banyak yang menggunakannya. Menariknya, anda dapat memilih kisaan audience yang di targetkan untuk menerima konten promosi tersebut. Tentu, hal ini sangatlah baik untuk membuat konten lebih tertarget kepada pengguna. Hal ini juga penting sebagai belajar instagram marketing dengan benar.  Cobalah dan bersiap mendapatkan banyak pesanan !

  1. Membuat Konten Viral

Cara memasarkan produk di instagram yang terakhir ini yaitu dengan cara membuat konten viral.  Dengan membuat konten viral, otomatis interaksi instagram Anda akan semakin banyak dan banjir orderan. Selain itu bisa mendapatkan follower dan like gratis dengan cepat. Tapi, kamu tidak boleh asal posting konten yang sembarangan. Kamu harus posting konten yang topiknya sejenis dengan produk yang sedang Anda pasarkan.

Begitulah beberapa cara memasarkan produk di instagram yang dapat digunakan. Dalam setiap penggunaan, pastikan untuk sesuai pada kebutuhannya. Beberapa strategi diatas sudah pasti terbukti ampuh. Semoga artikel ini bermanfaat !

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?