fbpx

Cara Membuat Rekening BCA Online Lengkap

0 34
5/5 (4)

Sistem online yang sekarang sudah merajalela memang dirasa memudahkan banyak pihak. Termasuk mereka yang suka berbisnis dan juga butuh suatu sistem yang cepat, efisien tenaga dan lain sebagainya. Salah satu bidang yang mengalami sistem online adalah perbankan. Contohnya bank BCA, jika dulu kita harus datang terlebih dahulu ke suatu bank dan melakukan pendaftaran, maka tidak lagi setelah adanya sistem online. Cara membuat rekening BCA online tentu lebih mudah dan membuat kita tak lagi menunggu lama atau antri di bank. Pada artikel sebelumnya saya juga telah membahas cara buka rekening BRI online yang bisa menjadi referensi.

Mendaftar dengan cara online dan datang langsung memang berbeda. Anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana cara dan juga syarat yang harus dipenuhi. Karena jika tidak maka yang terjadi adalah pendaftaran gagal. Pahami terlebih dahulu jenis rekening atau tabungan BCA yang anda pilih. Barulah setelah itu, anda bisa membuka jenis rekening tersebut.

Perhatikan bahwa tata cara membuat rekening BCA tanpa ke bank ini ada beberapa cara. Termasuk persyaratan yang harus dipenuhi. Selain itu, BCA juga memberi banyak jenis tabungan yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini merupakan jenis tabungan, persyaratan hingga tata cara membuat rekening dari bank BCA yang akan membantu anda.

Cara Membuat Rekening BCA Online Lengkap

Jika anda ingin membuka rekening BCA secara online, perhatikan bahwa ada beberapa halaman formulir isian untuk pengajuan pembukaan rekening BCA ini. Anda bisa mengamatinya sekilas untuk tahu apa saja yang harus dipenuhi dan dibutuhkan. Siapkan terlebih dahulu bolpoin, kartu identitas dan isi formulir dengan cemat. Dalam mengisi formulir aplikasi online BCA ini, tombol backspace dan delete pada keyboard tidak bisa berfungsi. Sehingga ketika ada kesalahan pengetikan maka yang harus dilakukan adalah menggunakan menu reset di setiap halaman. Berikut ini cara membuat rekening BCA online.

  1. Kunjungi halaman atau website resmi di https://www.klikbca.com/OnlineApplication/online_application.html untuk melakukan pendaftaran
  2. Sebelum mengisi formulir, anda juga harus memilih jenis rekening yang ada. Misalnya saja memilih tahapan Xpresi. Kalau ingin membuat Tapres atau tahapan tinggal menyesuaikan saja.
  3. Ada beberapa informasi yang sebaiknya anda cermati dan pahami, jika tidak ada yang keberatan pada proses pembuatan rekening, Anda cukup klik SETUJU pada tombol yang ada dibawah.
  4. Masuk pada halaman pertama formulir. Pastikan bahwa anda mengecek beberapa dokumen dengan cermat seperti tanggal kadaluarsa kartu identitas atau KTP. Tetapi karena sekarang sudah menggunakan E-KTP yang berlaku seumur hidup memang tidak perlu khawatir lagi.
  5. Isi formulir dengan baik dan benar. Isi sesuai dengan data yang ada di kartu identitas anda. Mulai dari nama, jenis kelamin, identitas, nomor identitas, nomor handphone dan seterusnya.Formulir Buka Rekening BCA Online
  6. Apabila berhasil mengisi form sebelumnya, maka akan muncul sebuah halaman dimana mengharuskan anda untuk mencatat nomor referensi yang didapatkan. Nomor ini nantinya berguna untuk melakukan proses selanjutnya di kantor cabang BCA terdekat dalam membuka rekening. Nomor referensi ini merupakan kombinasi dari huruf dan angka tepatnya terdiri dari satu huruf dan lima angka.
  7. Cara membuat rekening BCA online berikutnya akan sangat jelas. Anda akan dibawa pada halaman permohonan pembukaan rekening perorangan. Mulai dari detil informasi nasabah, alamat identitas, alat surat menyurat dan seterusnya. Untuk pilihan NPWP jika anda tidak memilikinya maka pilih tidak, dengan ini kamu membuka rekening BCA tanpa NPWP.
  8. Pada halaman selanjutnya, anda akan diminta untuk memilih produk tabungan yang ingin dibuka. Pilih dan pahami apa fungsi dari rekening tersebut. Di bagian bawah halaman ada opsi fasilitas yang diinginkan. Anda bisa mencentangnya jika anda ingin. Misalnya saja seperti internet banking atau mobile banking BCA.

Apabila pengisian ini telah selesai maka cara membuat rekening BCA online anda sudah separuh jalan. Langkah berikutnya ialah datang ke kantor cabang BCA terdekat agar bisa menindaklanjuti proses pembukaan tabungan anda. Tunjukkan nomor referensi yang anda miliki. Jangan lupa untuk tetap membawa dokumen pendukung sebagai persyaratan administrasi dan uang tunai untuk setoran awal.

Jika sudah mengisi form online, bagaimana proses berikutnya di bank terdekat? Anda tak perlu mengantri terlalu lama dan mengisi form sebab nomor referensi tersebut sudah menunjukkan adanya data yang masuk pada sistem bank.

Jenis Tabungan Rekening Bank BCA

1. Tahapan BCA

Tahapan BCA

Jenis rekening BCA yang satu ini merupakan produk tabungan BCA yang berfungsi sebagai kartu ATM, debit dan juga tunai. Untuk nasabah yang baru akan membuka tabungan tahapan ini akan diberi tiga opsi untuk memilih jenis tabungan tahapan yang ingin dibuat. Yaitu Paspor BCA Blue paspor BCA Gold dan juga paspor Bca Platinum. Paspor BCA blue sendiri tepat untuk mereka yang aktif dalam bertransaksi melalui online. Sementara Paspor BCA Gold ini tepat untuk mereka yang bertransaksi dari 10 hingga 50 juta rupiah. Kemudian Paspor BCA Platinum adalah untuk nasabah dengan mobilitas tinggi karena kartu ini akan memungkinkan anda untuk melakukan transfer hingga 100 juta rupiah.

Syaratnya adalah calon nasabah merupakan perorangan atau yayasan. Mengisi dan menandatangani formulir permohonan untuk pembukaan rekening jenis tahapan BCA. Bawa bukti identitas diri dan NPWP jika ada, apabila tidak punya kamu juga tetap bisa menggunakan cara membuka rekening bca tanpa npwp. Setoran awal minimum adalah Rp. 500.000. Saldo rata-rata minimum per bulan adalah Rp. 100.000. Sementara saldo ditahan Rp. 50.000. Biaya administrasi bulanan sesuai dengan kartu paspor BCA yang anda miliki.

2. Tahapan Xpresi

Meski jenis rekening BCA ini banyak tetapi cara membuat rekening BCA online tidak akan jauh berbeda. Tahapan xpresi ini merupakan rekening tabungan BCA yang diperuntukkan bagi mereka yang berusia muda. Tabungan ini memang dikelompokkan pada tiga rentang usia yaitu kurang dari 12 tahun, 12 hingga 17 tahun dan diatas 17 tahun. Memang berbeda dengan tabungan tahapan yang syaratnya adalah pembukaan rekening minimal Rp. 500.000. membuka tahapan xpresi ini cukup membayar setoran awal Rp. 50.000.

Cara membuka rekening BCA tanpa NPWP juga bisa pada jenis ini. Syaratnya adalah menyertakan NPWP kurang dari usia 17 tahun menggunakan NPWP orang tua. Atau mengisi form pernyataan tanpa adanya NPWP. Setoran awal Rp. 50.000 dan setoran minimum selanjutnya adalah Rp. 50.000. Jenis rekening ini untuk nasabah perorangan dan tidak bisa digunakan untuk join account. Bawa fotocopy identitas, fotocopy NPWP jika ada.

Perorangan belum dewasa membawa fotocopy akta kelahiran atau kartu keluarga, fotocopy kartu pelajar atau surat keterangan dari sekolah. Membawa NPWP orang tua dan surat persetujuan salah satu orang tua untuk membuka rekening tersebut. Melengkapi formulir data nasabah perorangan. Ada baiknya anda membawa dokumen asli agar nanti ketika diminta menunjukkan pada CS tidak kesulitan.

3. Tahapan Berjangka

Tahapan BerjangkaJenis rekening BCA berikutnya adalah tahapan berjangka. Bagi anda yang memiliki tabungan dan juga investasi serta bisa memberikan perlindungan asuransi jiwa maka Tahapan Berjangka yang dimiliki bank BCA ini bisa menjadi salah satu pilihan. Produk yang memungkinkan anda untuk membuat tabungan dengan jangka waktu tertentu. Mulai dari 12 bulan dan maksimalnya adalah 240 bulan. Selama jangka waktu setoran bulanan ini belum selesai, anda tidak diperkenankan untuk menarik dana.

Syarat untuk membuka tahapan berjangka adalah WNI dengan usia minimal 12 hingga 60 tahun. Jangka waktu menabung adalah maksimal sampai dengan usia ulang tahun 65 tahun. Memiliki produk tahapan, tahapan gold, tahapan Xpresi dan juga tapres BCA. Anda mengisi formulir pembukaan tahapan berjangka. Menyetujui syarat dan juga ketentuan pembukaan rekening serta syarat dan ketentuan dari produk asuransi jiwa. Nasabah tidak diperbolehkan membuka rekening joint account baik itu dan juga atau.

4. Tahapan Gold

Tahapan GoldJenis tabungan BCA berikutnya akan memberi anda kemudahan. Salah satunya adalah bisa mencetak buku tabungan sendiri tanpa harus antri di CSO. Selain itu, tahapan gold ini juga memiliki layanan yang berupa Automatic Transfer System atau ATS online dan juga info mutasi rekening yang lebih lengkap. Beberapa syarat harus dipenuhi terlebih dahulu. Baik itu nasabah baru ataupun nasabah tahapan, ada perbedaan.

Untuk nasabah baru, penabung merupakan perorangan atau yayasan. Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembukaan untuk rekening. Membawa identitas diri yang masih berlaku dan juga NPWP. Adanya setoran awal minimal Rp. 10.000.000 serta saldo minimum ditahan sebesar Rp. 50.000. Sementara nasabah tahapan yang ingin mengganti ke tahapan gold, datang ke cabang tempat membuka rekening dengan membawa buku tahapan lama, NPWP dan juga identitas diri.

5. Tapres

BCA TapresCara membuat rekening BCA online baik tahapan gold ataupun tapres tidak akan jauh berbeda. Tapres sendiri merupakan bentuk tabungan BCA yang memberi kemudahan berupa suku bunga yang menarik dan anda bisa memiliki tabungan tanpa perlu memiliki buku tabungan. Selain itu, nasabah Tapres ini juga akan diberikan rekening koran sebagai bentuk laporan keuangan yang lebih pribadi.

Syarat membuka tapres BCA ini berlaku untuk nasabah perorangan yang sudah berusia 17 tahun ataupun lebih. Mengisi dan menandatangani formulir permohonan pembukaan rekening. Sementara bagi WNI, anda wajib membawa identitas diri asli KTP/ SIM/ Paspor dan juga NPWP. Sementara untuk WNA diwajibkan untuk membawa dokumen asli paspor/ KIMS/ KITAs/ KITAP dan juga NPWP.

6. Simpanan Pelajar

Simpanan PelajarUntuk produk tabungan BCA kali ini memang diperuntukkan bagi pelajar PAUD, SD, SMP dan juga SMA yang berusia kurang dari 17 tahun. Juga belum memiliki KTP. Keuntungan yang bisa anda dapatkan dari rekening ini adalah bebas biaya administrasi dan juga setoran awal yang hanya Rp. 5000 saja. Untuk setoran selanjutnya, jumlah minimum Rp. 1000. Batas penarikan tunai di ATM adalah Rp. 7.000.000/hari. Sementara transfer ke rekening BCA di ATM adalah Rp. 25.000.000/hari.

Untuk anda yang ingin menutup rekening dikenakan biaya Rp. 5000 atau sebesar sisa saldo jika memang berada di bawah Rp. 5000 dan juga dormant. Biaya pasif untuk rekening dormant yang dibebankan sejak bulan ke 13 yaitu Rp. 1000/ bulan. Biaya transaksi debit ke 5 dan seterusnya dalam satu bulan yang bersangkutan dikenakan biaya Rp. 2500/ transaksi. Untuk cetak mutasi dan juga penggantian kartu tidak dikenakan biaya.

7. Tabunganku

BCA TabungankuJika anda ingin melakukan cara membuat rekening BCA online ini, jenis tabunganku juga tak kan jauh berbeda. Tabunganku merupakan produk BCA yang memang dikhususkan untuk perorangan dengan persyaratan yang cukup mudah. Produk tabunganku ini memiliki beberapa kelebihan. Misalnya saja seperti bebas biaya administrasi bulanan, setoran awal pembukaan yang hanya Rp. 20.000. Sementara untuk setoran selanjutnya adalah minimum Rp. 10.000. transfer antar BCA maksimum Rp. 25.000 per hari.

Syarat untuk membuka rekening tabunganku dengan jenis nasabah perorangan dewasa lebih dari 17 tahun membawa kartu identitas yang berupa KTP/SIM/ Paspor. Juga membawa NPWP jika ada. jenis nasabah perorangan belum dewasa yang tidak diwakili dengan usia 12 hingga 17 tahun maka dokumen yang dibawa adalah kartu pelajar/ surat keterangan dari sekolah. KTP salah satu orang tua, membawa NPWP salah satu orang tua jika ada. Membuat surat persetujuan orang tua untuk membuka rekening.

Mengisi formulir data nasabah perorangan untuk data salah satu orang tua. Sementara perorangan yang belum dewasa yang diwakili, membawa akta kelahiran anak atau KK, KTP orang tua dan NPWP orang tua jika ada.

8. Laku

BCA LakuBerikutnya, LAKU adalah produk tabungan yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi tanpa harus ke bank. Nasabah LAKU ini juga tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. Keamanan yang diberikan adalah penggunaan PIN atau password sekali pakai. Cara daftar produk Laku adalah datang ke agen LAKU, isi formulir, lengkapi identitas diri dan anda bisa mendapatkan kartu LAKU. Anda akan menerima struk yang berupa transaksi dan SMS informasi berupa nomor rekening dan juga PIN. Nantinya setelah mendapatkan persetujuan, anda akan menerima adanya SMS persetujuan.

9. BCA Dollar

BCA DollarBerbeda lagi dengan cara membuat rekening BCA online yang satu ini. Jenis simpanan BCA yang memungkinkan anda untuk melakukan transaksi dengan mata uang dollar. Baik itu untuk keperluan bisnis online tanpa modal, wisata ataupun investasi.

Syaratnya adalah nasabah merupakan perorangan yang sudah berusia 21 tahun atau telah menikah. Mengisi dan juga menandatangani formulir permohonan di atas materai. Membawa dan menyerahkan fotocopy dokumen identitas diri seperti KTP/ SIM/ Paspor serta memperlihatkan identitas diri yang asli dan NPWP. Untuk WNA wajib membawa paspor/ Kitas dan juga NPWP. Setoran minimum di awal adalah USD100 atau SGD200. Biaya adminstrasi bulanan besarannya adalah USD1 atau SGD2.

10. Deposito Berjangka

Deposito BerjangkaJika anda berminat memilih deposito berjangka, anda bisa memenuhi persyaratannya terlebih dahulu. Seperti misalnya melengkapi dan menandatangani formulir permohonan. Membawa dan menyerahkan fotocopy identitas diri yang masih berlaku. Juga memenuhi setoran awal minimum.

Ketahui kebutuhan anda dan pilih mana yang paling sesuai. Untuk setoran awal minimum penempatan deposito untuk seluruh jangka waktu yakni 1, 3, 6 dan 12 bulan. Sementara deposito rupiah adalah Rp. 8.000.000.

Salah satu langkah yang dibutuhkan ketika membuat rekening BCA online adalah dengan memahami apa jenis rekening yang anda pilih. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum. Karena bagaimanapun juga, memiliki rekening sesuai dengan apa yang kita butuhkan akan terasa lebih maksimal. Baik dari fitur yang disediakan hingga akses yang ada. Cara membuat rekening BCA online memberi anda kenyamanan untuk bertransaksi dimanapun dan kapanpun. Meski memang proses akhir tetap harus mengunjungi BCA cabang terdekat namun anda tak perlu mengantri.

Ikuti langkah-langkah dan cara membuat rekening BCA online seperti pada ulasan tersebut. Lakukan secara perlahan asalkan langkah yang anda buat memang sesuai dengan petunjuk. Cara ini tergolong mudah, dimana anda bisa mendapat nomor referensi setelah mengisi formulir dan mengikuti langkah-langkah dengan lengkap. Semoga artikel Dosen Online ini bisa menjadi referensi yang baik, Selamat mencoba!

Berikan Rating ?

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?