Cara Membuat Rekening BNI Online Lengkap dengan Syaratnya 2019

0 2,431
5/5 (4)

Sistem perbankan diketahui bisa membantu kita untuk mengatur keuangan menjadi lebih mudah. Mengirim uang ke rekening lain via ATM, menabung di bank dan transaksi lainnya. Di Indonesia sendiri ada banyak bank yang bisa dipilih. Mulai dari bank BRI, CIMB, BCA dan Bank BNI. Masing-masing bank memiliki kelebihannya sendiri-sendiri. Termasuk dengan bagaimana sistem yang dimilikinya. Pada artikel sebelumnya saya telah membahas cara membuat rekening BCA online. Kali ini penjelasan mengenai bagaimana cara membuat rekening BNI online lengkap dengan berbagai jenis tabungan yang tersedia hingga syarat-syarat yang harus dipenuhi, dan juga cara mengecek nomor rekening BNI.

Memiliki rekening di bank memang menguntungkan. Karena dengan begitu, dalam melakukan transaksi keuangan di bank juga lebih cepat. BNI, Bank Negara Indonesia ini pilihan bank yang juga cocok untuk segala usia. Baik itu muda ataupun tua, untuk berbisnis ataupun menabung, BNI memiliki jenis rekening yang lengkap. Cara membuat atm BNI pun tidak menguras waktu dan tenaga, anda bisa mempersiapkan persyaratan sebelum datang ke bank BNI terdekat. Berikut ini merupakan cara bagaimana membuat rekening BNI.

Jenis Tabungan Bank BNI

Ada banyak jenis tabungan dari bank BNI jika anda ingin membuka rekening. Masing-masing tabungan ini memiliki kelebihan dan fiturnya. Cara membuat rekening BNI online dengan jenis tabungan yang juga harus anda pilih. Anda bisa memilih manakah fitur terbaik yang bisa dimaksimalkan. Mengingat Bank BNI sendiri juga tak lain adalah bank yang berplat murah dengan mengedepankan pelayanan kepada konsumen.

1. BNI SimPel

BNI SimPelJenis tabungan yang pertama adalah BNI Simpel. Tabungan ini merupakan tabungan pelajar BNI yang bisa digunakan untuk pelajar PAUD, TK, SD hingga SMA. Tabungan yang bisa dibuat secara kolektif melalui sekolah karena mereka telah bekerja sama dengan BNI agar memudahkan siswa dalam membuat tabungan simpel.

BNI Simpel ini dilengkapi dengan adanya kartu debit, tetapi hanya untuk nasabah di tahap SMP dan SMA. Sementara nasabah SD ke bawah belum diperbolehkan untuk memiliki kartu debit tersebut. Tabungan ini juga bebas dari biaya administrasi seperti halnya tabunganku BNI.

2. BNI Taplus Anak

BNI Taplus AnakBerikutnya adalah BNI taplus anak. Cara membuat rekening BNI online dengan syarat dan ketentuannya memang tak jauh berbeda. Seperti jenis tabungan yang satu ini. Tabungan ini untuk anak usia kurang dari 17 tahun dan ditujukan agar anak bisa belajar menabung sejak kecil.

BNI taplus anak merupakan salah satu dari 2 jenis tabungan yang bisa diubah menjadi taplus muda BNI. Caranya bisa dilakukan setelah anak berusia 17 tahun. Nasabah dari BNI taplus anak juga akan mendapatkan kartu debit BNI.

3. BNI Taplus Muda

BNI Taplus MudaBNI taplus muda adalah tabungan perorangan yang diperuntukkan bagi nasabah dengan usia 15 sampai 25 tahun. Tabungan ini dilengkapi dengan kartu debit BNI dan memiliki tarif administrasi yang lebih murah dari BNI taplus. Sementara biaya administrasi tabungan BNI taplus muda adalah Rp. 5000. Bagi anda yang tercatat sebagai nasabah BNI taplus muda dan sudah berusia lebih dari 25 tahun bisa mengganti tabungan taplus muda menjadi Taplus di kantor cabang BNI. Syaratnya adalah membawa KTP, kartu ATM dan buku tabungan taplus muda. Kemudian, ganti tabungan dari taplus muda ini ke BNI taplus gratis atau tidak perlu adanya setoran awal.

Selama nasabah Taplus Muda yang berusia kurang dari 25 tahun tidak mengganti tabungannya maka saldo tidak bisa dipindahkan atau ditarik. Jika memang tidak ingin melanjutkan ke BNI taplus, anda bisa segera memindahkan saldo atau tutup tabungan BNI taplus muda.

4. BNI Taplus Mahasiswa atau Taplus Muda Co-Brand

Cara membuat atm BNI untuk mahasiswa bisa menggunakan tabungan jenis ini. BNI Taplus Mahasiswa adalah tabungan BNI untuk mahasiswa yang ada di perguruan tinggi dan bekerja sama dengan BNI.

Tabungan ini juga dilengkapi dengan adanya kartu debit BNI. Biaya admin di BNI dan bunga dari tabungan ini nanti disesuaikan dengan perjanjian kerja sama antara BNI dan juga perguruan tinggi. Cara membuat rekening BNI tidak akan memakan waktu lama terutama anda yang sudah mengerti berbagai jenis tabungan yang bisa anda pilih ini.

5. BNI Taplus

Berikutnya, BNI taplus ini merupakan tabungan perorangan untuk simpanan dan juga transaksi harian. Taplus BNI ini dilengkapi dengan kartu debit BNI Silver atau Gold atau Platinum. Sementara biaya administrasi BNI taplus adalah Rp. 11.000. Biaya ini merupakan yang termahal jika dilihat dari banyaknya jenis tabungan yang ada di BNI. Cara membuat rekening BNI online jenis ini biasanya memiliki perbedaan pada syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Anda bisa menanyakannya saat mendaftar.

6. BNI Taplus Bisnis

BNI Taplus BisnisBNI taplus bisnis merupakan tabungan untuk simpanan dan juga transaksi bisnis perorangan atau badan usaha. Nasabah perorangan yang dimaksud ialah wiraswasta, pegawai ataupun perorangan lainnya. Terutama yang memiliki aktivitas transaksi yang tinggi. Tabungan bisnis BNI ini dilengkapi dengan adanya kartu debit BNI gold atau platinum. Dengan ini kamu bisa jualan di facebook, instagram dan olshop dengan mudah.

7. BNI Tappa

Salah satu cara membuat rekening BNI adalah dengan memahami apa jenis tabungan yang anda pilih. BNI Tappa atau BNI taplus Pegawai ini khusus ditujukan untuk para pegawai yang ada di sebuah perusahaan. Terutama mereka yang telah bekerja sama dengan BNI. Sementara BNI Tappa sendiri juga sudah dilengkapi dengan adanya kartu debit BNI. Biaya admin BNI dan bunga tabungan BNI Taplus Pegawai telah disesuaikan dengan perjanjian kerja sama antara BNI dan juga perusahaan.

8. Tabunganku BNI

Tabunganku BNIBNI Tabunganku merupakan tabungan tanpa biaya administrasi BNI yang dibuat sesuai dengan program Gerakan Indonesia Menabung. Sayangnya, kekurangan dari tabungan ini adalah tidak ada kartu ATM sehingga tidak bisa menggunakan akses ATM. Pengambilan dana harus melalui teller dan hanya gratis 2x per bulannya. Transaksi via teller ke 3 dan seterusnya dikenakan biaya Rp. 1000.

9. BNI Pandai

Tabungan ini merupakan tabungan nasabah perorangan yang sulit dalam mengakses layanan perbankan karena mereka tinggal jauh dari kantor cabang bank ataupun mesin ATM bank. Anda bisa memilih tabungan Pandai BNI dan lakukan transaksi di agen Laku Pandai BNI.

Tetapi jika ingin memiliki kartu debit maka nasabah harus mengurusnya terlebih dahulu ke kantor cabang BNI. Jenis tabungan ini merupakan tabungan BNI yang bebas biaya administrasi untuk bisa mewujudkan program branchless banking atau kegiatan perbankan tanpa harus ke bank.

10. BNI Dollar

Tahukah anda bahwa BNI Dollar ini merupakan tabungan BNI dalam mata uang asing SGD/USD? Tabungan BNI Dollar dilengkapi dengan kartu ATM BNI Valas untuk memudahkan anda dalam bertransaksi tetapi tidak bisa debit di EDC dan tidak bisa melakukan akses e-banking.

11. BNI Tapenas – Tabungan Perencanaan Masa Depan

BNI TapenasTapenas BNI ini merupakan jenis tabungan yang berjangka BNI dalam mata uang rupiah atau dollar. Terutama dalam perencanaan masa depan. Jangka waktu dalam menabung ini 2-18 tahun. Dimana dana tabungan tersebut memang disetor rutin bulanan melalui auto-debit dari BNI taplus atau BNI Taplus Bisnis atau BNI giro rupiah perorangan.

Sementara dana Tapenas BNI juga bisa dari setoran tambahan yang disebutkan bahwa nominalnya tidak dibatasi. Pengambilan dana sebelum jatuh tempo memang bisa dilakukan 1x per tahunnya dengan nominal pengambilan dana maksimal di 30% dari total setoran tambahan. BNI Tapenas dilengkapi juga dengan manfaat pertanggungan asuransi jiwa dan juga kesehatan hingga 1.5 miliar dan gratis premi asuransi. Cara membuat rekening BNI online ini semoga bisa membantu anda.

12. BNI Haji

Cara membuat rekening BNI Haji juga tidak memakan waktu lama. Tabungan ini merupakan tabungan yang digunakan untuk persiapan haji yang terhubung langsung dengan SISKOHAT atau sistem komputerisasi haji terpadu Kementerian Agama kalau saldo kurang dari Rp. 25 juta.

Dana BNI tabungan haji ini disetor rutin bulanan melalui auto debit dari BNI taplus atau BNI Taplus bisnis ataupun BNI Giro rupiah perorangan. Sementara untuk pengambilan dana tabungan haji BNI bisa dilakukan 1x per tahunnya dengan syarat sisa saldo di rekening minimal Rp. 500.000.

Syarat Membuat Rekening BNI

  1. Untuk WNI, persyaratan yang harus disiapkan adalah KTP/SIM/ Paspor. Baik itu berdomisili se Kab/Kodya dengan cabang BNI tempat anda membuka rekening. Bisa juga dibuktikan dengan surat keterangan domisili atau kerja apabila tidak sama.
  2. Siapkan NPWP
  3. Untuk WNA atau warga negara asing, anda bisa menyertakan paspor. Lengkapi dengan KITAS/ KIM/ KITAP/ Referensi dan NPWP.
  4. Setoran awal yang dibutuhkan adalah Rp. 500.000 untuk jabodetabek. Bisa juga untuk Rp. 250.000 untuk luar jabodetabek. Saldo minimal Rp. 150.000.

Secara resmi, setoran awal memang Rp. 500.000 untuk wilayah Jabodetabek. Tetapi ada juga di Malang yang hanya Rp. 400.000 tanpa perlu NPWP. Sehingga untuk memastikan syarat dan ketentuan yang berlaku ini, anda bisa menghubungi BNI terdekat dimana tempat anda akan membuka rekening. Sebab, cara membuat rekening BNI online dengan syaratnya sangatlah mudah.

Untuk setoran dan saldo minimal biasanya masing-masing jenis tabungan akan berbeda. Anda bisa menanyakannya saat proses pembuatan rekening. Syarat buka rekening BNI ini tidak jauh beda juga dengan syarat membuat rekening BRI.

Cara Membuat Rekening BNI Online

  1. Masuk ke website pendaftaran online di https://eform.bni.co.id/BNI_eForm/pembukaansimpanan
  2. Pilih jenis tabungan BNI yang anda buat, sekarang yang tersedia yaitu Taplus, Giro dan Taplus Bisnis.
  3. Isi formulir pendaftaran rekening BNI online yang sudah disediakan sesuai dengan data KTP yang Anda miliki. Setelah itu isi captcha dan kemudian klik submit.Cara Membuat Rekening BNI Online Formulir
  4. Catat nomor referensi yang Anda dapatkan. Kalau perlu silahkan di print.
  5. Kunjungi cabang bank BNI terdekat dari rumah Anda dengan membawa nomor referensi, syarat dokumen dan juga uang untuk setoran awal tabungan.

Cara Membuat Rekening BNI Offline

Cara Membuat Rekening BRI Online Beserta Syarat dan Biaya Admin

  1. Datangi bank BNI terdekat yang ada di tempat anda. Sampaikan bahwa anda ingin membuat rekening BNI. Nantinya satpam akan mengarahkan anda untuk mengambil nomor antrian. Pastikan bahwa persyaratan yang dibutuhkan telah anda bawa.
  2. Tunggu hingga nomor antrian anda dipanggil. Petugas atau CS akan menanyakan keperluan anda untuk membuat rekening BNI. Sebab, ada berbagai macam jenis rekening yang memiliki fungsi berbeda-beda. Simak penjelasan petugas tentang berbagai macam jenis rekening. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Perhatikan jenis rekening termasuk jumlah setor minimal, biaya per bulan dan administrasi lainnya.
  3. Isi formulir dengan baik dan benar. Berikan data yang valid agar proses registrasi tidak terkendala.
  4. Jika data sudah terisi, anda akan menandatangani beberapa dokumen yang ada. Setor sejumlah uang sebagai setoran awal pada petugas. Tunggu input data sampai selesai.
  5. Beberapa saat setelah pengisian berkas dan setoran awal, anda akan mendapat buku tabungan dan kartu ATM. Tanyalah apa saja fasilitas dan fitur yang bisa anda dapatkan. Selesai.

Keuntungan Memiliki Rekening BNI

1. Mengontrol Keuangan Lebih Mudah

Tak semua orang bisa mengontrol keuangan dengan mudah. Tetapi dengan memiliki rekening di Bank BNI ini, anda bisa mengontrol dengan lebih detail dan juga jelas tentang pemasukan dari uang yang telah anda simpan. Sementara pengelolaan keuangan juga menjadi lebih mudah untuk tahu keluar masuknya uang. Dengan cara ini, kondisi keuangan anda bisa menjadi lebih sehat.

2. Penyimpanan Aman

Selain cara membuat rekening BNI online dengan syarat yang mudah ini, anda juga bisa mendapat keuntungan lain seperti penyimpanan yang aman. Tentu karena adanya sistem yang sudah terintegrasi dengan baik. Jika menyimpan uang di rumah masih ada resiko kebanjiran, kebakaran, kerampokan dan lain sebagainya. Dengan membuka rekening tabungan di bank, uang yang anda simpan tentu akan aman terjaga dan terjamin.

3. Bisa Digunakan Sewaktu-Waktu Diperlukan

Sewaktu-waktu anda membutuhkan uang tentu uang yang anda simpan ii bisa diambil kapan saja ketika membutuhkannya. Tetapi perhatikan jenis tabungan yang anda pilih. Hampir semua orang memiliki rekening tabungan di bank. Bahkan kebanyakan dari mereka menggunakannya untuk berbisnis. Maka dari itu, dengan adanya rekening di bank BNI, anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan sesuai jenis rekening.

4. Belanja Lebih Mudah dan Nyaman

Memiliki rekening di bank BNI tidak hanya karena lebih aman. Tetapi, anda juga bisa lebih mudah dalam berbelanja. Mengapa? Kita tidak lagi perlu membawa uang tunai ketika berbelanja. Sebab, adanya ATM memudahkan kita untuk menggunakannya sebagai alat transaksi. Kita bisa menggunakan EDC yang ada di tiap kasir di berbagai swalayan atau supermarket.

5. Transfer Lebih Mudah

Baik mengirim atau menerima uang akan lebih mudah jika anda memiliki rekening BNI. Apalagi mesin ATM BNI juga mudah untuk ditemukan di berbagai wilayah. Dengan memiliki rekening, anda bisa lebih mudah dalam melakukan transfer uang ataupun menerima uang dari orang lain. Transfer dan menerima uang selain mudah tetapi juga aman. Uang yang anda terima akan masuk pada rekening sehingga tidak ada perantara lain selain sistem perbankan yang membantu.

6. Bisa Mengikuti Program Berhadiah dari Bank

Tak sedikit bank yang melakukan pengundian dengan program tertentu dan anda bisa menjadi bagian di dalamnya. Ikuti program berhadiah dari bank. Pada tata cara membuat atm BNI lengkap dengan informasi mengenai rekening yang anda pilih, bank tersebut akan memberitahukan bahwa adanya program berhadiah yang bisa anda ikuti.

Terutama mereka yang memiliki rekening dengan jumlah saldo tabungan banyak. Nasabah tersebut bisa berkesempatan mendapat dan membawa pulang hadiah menarik dari program yang ditawarkan bank. Tak ketinggalan dari bank BNI, ada banyak kejutan yang bisa anda dapatkan.

Cara Mengecek Nomor Rekening BNI

Cara mengecek nomor rekening BNISelain anda mendapatkan informasi tentang bagaimana cara membuat rekening BNI online dengan keuntungannya, berikut ini merupakan beberapa cara mengecek nomor rekening BNI yang anda miliki. Terutama jika anda kehilangan buku tabungan atau tidak menyimpan dan mengingat dengan baik nomor rekening ini.

1. Melalui ATM

Cara mengecek nomor rekening BNI yang pertama adalah melalui ATM. Caranya, masukkan kartu ATM ke dalam mesin seperti biasanya. Ketik PIN, pilih bahasa dan layanan dan sebagainya. Nantinya, layar akan menampilkan beberapa menu. Seperti nominal rupiah yang akan ditarik, mutasi rekening hingga menu lain.

Pilih mutasi rekening, tunggu beberapa saat dan layar akan menampilkan keterangan “tampilkan pada layar” yang juga diikuti oleh tanda panah ke samping. Tekan beberapa kali hingga muncul menu rekening giro dan rekening tabungan. Dari mutasi ini, anda bisa menemukan nomor rekening yang anda miliki.

2. E-Banking

Tak ada salahnya ketika anda melakukan cara membuat rekening BNI online lengkap dengan cara bagaimana cek nomor rekening yang anda miliki. BNI sendiri merupakan salah satu bank besar di tanah air yang memiliki sistem transaksi canggih seperti E-Banking. Anda tak perlu lagi untuk repot-repot mencari mesin ATM agar bisa mentransfer uang.

E-Banking ini menjawab kebutuhan anda. Apabila anda sudah berhasil log in, di halaman awal ini akan ditampilkan informasi pribadi tentang pemilik rekening. Disinilah nanti anda bisa mengecek nomor rekening BNI yang biasanya terdiri dari 1 digit.

3. M-Banking

Cara mengecek nomor rekening BNI berikutnya adalah menggunakan M-Banking. Meski sama-sama menggunakan internet, tetapi dalam menggunakan m-banking anda harus menginstall terlebih dahulu aplikasinya yang ada di playstore. Untuk masuk di m-banking, pastikan anda telah memiliki ID dan password yang didapatkan dari CS BNI.

Jika berhasil login, layar ponsel akan menampilkan menu-menu perbankan secara lengkap. Klik menu informasi akun dan disana nanti anda bisa melihat nama dan data diri serta adanya nomor rekening. Cara mudah ini bisa anda lakukan sekarang juga jika memang sudah memiliki akun M-Banking dari rekening BNI.

Ikuti tahapan tentang bagaimana cara membuat rekening BNI online lengkap dengan persyaratan, keuntungan dan juga kelebihan yang dimilikinya. Anda bisa berkonsultasi dengan CS mengenai kebutuhan dan jenis tabungan yang sesuai. Sebab, masing-masing jenis tabungan memiliki peruntukan yang spesifik. Pilihlah yang benar-benar cocok agar memudahkan anda untuk bertransaksi keuangan dimanapun dan kapanpun.

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?