fbpx

Cara Membuat Rekening BRI Online Beserta Syarat dan Biaya Admin

0 37
5/5 (4)

Jika dulu menggunakan cara konvensional untuk menabung, kali ini anda bisa menggunakan sistem perbankan. Sistem yang mempermudah kita dalam hal mengatur keuangan. Tidak hanya menabung tetapi juga melakukan aktivitas keuangan lainnya seperti transfer ke rekening yang sama atau transfer ke bank lainnya, dengan ini sangat bermanfaat bagi bisnis dropship. Ada banyak bank swasta maupun bank plat merah yang bisa anda gunakan. Seperti BNI, BRI, CIMB Niaga hingga Mandiri. Kali ini anda bisa memilih bank BRI yang menguntungkan dan memudahkan kita untuk mengatur keuangan. Bagaimana cara membuat rekening BRI Online? Berikut ini akan saya jelaskan cara bikin atm bri yang lengkap beserta syarat pendaftaran, jenis tabungan dan biaya administrasi.

Satu lagi sistem yang sekarang ini banyak membantu yakni sistem online. Apapun sudah terintegrasi secara online sehingga memudahkan kita dalam satu kali klik. Jika sebelumnya harus datang ke bank atau ATM untuk melakukan transaksi, dalam satu genggaman anda bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun. Inilah salah satu kelebihan sistem online. Hanya saja kita butuh akses internet untuk menggunakannya. Membuat rekening bank melalui online juga dirasa lebih hemat waktu dan tenaga, lho! Apalagi cara membuat rekening BRI untuk pelajar sekarang juga tersedia di BRI.

Bank BRI merupakan salah satu bank terbesar yang ada di Indonesia. Dengan adanya jumlah kantor layanan paling banyak tentu diharapkan bisa memberi pelayanan terbaik kepada konsumen. Di sebuah kabupaten kota ada 1 kantor cabang dan juga KCP atau kantor cabang pembantu. Tidak lupa juga di berbagai pelosok daerah ada kantor unit yang bisa melayani masyarakat hingga pedalaman sekalipun.  Berikut ini berbagai cara buka rekening BRI online yang bisa kamu coba.

Syarat Buka Rekening BRI Online

Cara Membuat Rekening BRI Online

  1. Memiliki KTP elektronik dan NPWP
  2. Berusia minimal 17 tahun
  3. Membawa uang yang nantinya akan disetor minimal senilai 250 ribu rupiah.
  4. Mengisi formulir pengajuan. Kalaupun merasa kesulitan, anda bisa menyerahkan ke CS. Biasanya mereka akan membantu untuk mengisi biodata anda dengan benar.
  5. Tanda tangan di beberapa bagian yang membutuhkan persetujuan anda.

Setidaknya, beberapa syarat ini mudah untuk dipenuhi. Kalaupun nominal untuk membuka rekening terasa berat, anda bisa menyetorkannya terlebih dahulu kemudian nanti bisa mengambilnya lagi jika memang rekening BRI online sudah bisa digunakan. Selain beberapa syarat tersebut, sebelum anda menggunakan cara membuat rekening BRI online, ada juga hal-hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebagai calon nasabah bank BRI.

Setoran awal pembukaan rekening adalah 250 ribu rupiah. Sementara setoran selanjutnya adalah 10 ribu rupiah. Biaya administrasi dibebankan tiap bulannya. Jika saldo yang anda miliki kurang dari 10 juta maka biayanya adalah 11 ribu rupiah. Jika ada diatas 1- juta maka biayanya adalah 12 ribu rupiah. Sementara biaya kartu ATM juga nanti dibebankan tiap bulan. Biasanya untuk jenis classic 2 ribu rupiah dan 6500 untuk jenis gold.

Adanya suku bunga simpanan, juga yang perlu anda perhatikan adalah jumlah saldo mengendap atau saldo yang tidak bisa ditarik adalah sebesar 50 ribu rupiah. Jika saldo sama dengan 50 ribu rupiah atau di bawahnya serta rekening juga tidak melakukan transaksi selama 541 hari maka nantinya akan dinonaktifkan oleh sistem. BRI juga mengenakan maksimum transaksi per hari di setiap cabang sebesar 300 juta rupiah. Jika anda ingin menutup rekening maka dikenakan biaya sebesar 50 ribu rupiah. Sementara ganti buku juga dikenakan biaya jika rusak atau hilang kecuali kalau buku sudah penuh maka biayanya gratis.

Tabel Syarat Pembukaan dan Biaya Administrasi Bank BRI

Dokumen WNI : Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan NPWP *
WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS
Usia Minimum 17 tahun
Setoran Awal Kartu Classic : Min. Rp 250.000,-
Kartu Gold : Min Rp 500.000,-
Setoran Selanjutnya Min. Rp 10.000,-
Biaya Administrasi Bulanan ≤ Rp 10 Juta : Rp 11.000,-
> Rp 10 Juta : Rp 12.000,-
Jenis Kartu Classic, Gold
Biaya Kartu Bulanan Classic : Rp 2.000,-
Gold : Rp 6.500,-
Suku Bunga < Rp. 1.000.000,- : 0 %
Rp. 1.000.000,- < Rp. 50.000.000,- : 0.70 %
Rp. 50.000.000,- < Rp. 500.000.000,- : 0.85 %
Rp. 500.000.000,- < Rp. 1.000.000.000,- : 1.10 %
> Rp. 1.000.000.000,- : 1.90 %
Administrasi Penarikan Di Teller ≤ Rp. 2.500.000,- : Rp. 10.000,-
> Rp. 2.500.000,- s.d Rp. 5.000.000,- : Rp. 10.000,-
Saldo Minimum Yang Mengendap Rp. 50.000
Denda Dibawah Saldo Minimum Per bulan Gratis
Maks Transaksi Antar Cabang Per hari Rp. 300.000.000
Biaya Tutup Rekening Rp. 50.000
Biaya Penggantian Buku Tabungan Karena Penuh Gratis
Biaya Penggantian Buku Tabungan Karena Rusak Rp. 25.000

Jenis Tabungan BRI Lengkap

1. Simpedes

SimpedesSalah satu yang harus anda pahami terlebih dahulu sebelum tahu bagaimana cara membuat rekening BRI online adalah tahu apa saja jenis tabungan yang dimiliki BRI. Simpedes merupakan tabungan BRI yang lebih menyasar ke masyarakat di daerah-daerah atau desa melalui layanan di kantor cabang, kantor cabang pembantu, BRI unit, kantor kas hingga teras BRI. Keunggulannya adalah anda bisa membuka rekening di unit terkecil BRI di daerah, tidak ada batas setoran, bisa ikut dalam undian dan dilengkapi dengan BRI card.

2. Simpedes TKI

Simpedes TKICara buka rekening bri jenis simpedes TKI juga sangat mudah. Jenis tabungan BRI yang kedua adalah Simpedes TKI. Tabungan ini dikhususkan untuk para tenaga kerja Indonesia yang ada di luar negeri. Keunggulan dari tabungan ini adalah tidak ada batas setoran, dilengkapi BRI card, bisa ikut dalam undian dan bisa bukan rekening di unit terkecil BRI yang ada di daerah.

3. Britama

BritamaTabungan yang satu ini mirip dengan simpedes, tetapi ada di kota-kota besar dengan keunggulan: transaksi online langsung di lebih dari 10.000 unit kerja BRI. juga 23.000 ATM BRI di seluruh Indonesia. Ada jaminan asuransi kecelakaan diri dengan nilai pertanggungan mencapai 250 persen dengan saldo terakhir atau maksimum adalah Rp. 150.000.000. Cara membuat rekening BRI online jenis ini juga tak jauh berbeda dengan jenis tabungan lainnya.

4. Britama Bisnis

Britama BisnisTabungan Britama Bisnis memang sejenis dengan Britama tetapi khusus untuk pebisnis yang membutuhkan keleluasaan dan juga kejelasan lebih dalam bertransaksi. Keunggulan dari tabungan ini adalah pencatatan transaksi bisa lebih detail, adanya SMS notifikasi, limit transaksi mencapai Rp. 1 milyar dengan saldo minimum Rp. 500.000, ada jaminan asuransi kecelakaan diri dan nilai pertanggungan mencapai 250 persen dari saldo terakhir atau maksimum Rp. 150.000.000.

5. Britama X

Britama XProduk atau jenis tabunganku ini menampilkan desain kartu debit yang seru untuk anak muda. Fiturnya juga kurang lebih sama dengan BRI Britama. Keunggulan dari jenis ini beberapa diantaranya adalah transaksi online langsung di lebih dari 10.000 unit kerja BRI serta 23.000 ATM BRI di seluruh Indonesia. Adanya tambahan manfaat asuransi untuk nasabah yang meninggal karena kecelakaan. Adanya santunan pendapatan 100 persen dari saldo terakhir atau maksimal 12 juta rupiah.

6. Britama Rencana

Britama RencanaSalah satu cara membuat rekening BRI online adalah paham manakah jenis tabungan yang akan anda pilih. Britama Rencana ini berbeda dengan jenis britama reguler. Tabungan ini juga seperti investasi dengan setoran tetap bulanan. Keunggulan yang dimilikinya adalah suku bunga lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa. Bisa memberikan setoran tambahan kapanpun. Setoran juga diteruskan perusahaan asuransi jika nasabah meninggal dunia. Ada laporan mutasi rekening koran yang dikirim melalui e-mail.

7. Britama Valas

Britama ValasJenis berikutnya adalah Britama Valas. Untuk anda yang memiliki mata uang asing, anda bisa menggunakan tabungan BRI jenis ini. Cara bikin atm BRI jenis Britama juga tidak sulit. Ada sekitar 10 macam pilihan valuta asing yaitu USD, AUD< CNY, SGD, AED, JPY dan lain sebagainya. Keunggulan dari Britama Valas adalah nilai tukar kompetitif, penyetoran dan penarikan bisa dalam mata uang rupiah atau valas sesuai dengan ketersediaannya. Adanya fitur installment.

8. Tabungan Haji

Tabungan HajiTabungan BRI ini memiliki banyak fitur seperti bank syariah. Pada tabungan haji ini juga tersedia untuk membantu anda mempersiapkan biaya penyelenggaraan ibadah haji. Keunggulan yang dimilikinya adalah gratis biaya administrasi, terintegrasi dengan siskohat kementerian agama, penarikan tidak dibatasi sepanjang sesuai dengan aturan saldo minimum, adanya souvenir perlengkapan haji, adanya bantuan untuk data calon jemaah haji guna mendapat nomor validasi pendaftaran haji.

9. Tabungan BRI Junio

Tabungan BRI JunioSeperti namanya, tabungan ini khusus untuk anak-anak. Cara bikin atm BRI online jenis ini juga tak sulit. Tabungan BRI dikhususkan untuk anak-anak yang mana harus ada pendamping orang tua agar bisa membuka rekening tabungan BRI Junio. Supaya mereka juga bisa mengubah hobi menjadi peluang bisnis.

Keunggulan dari tabungan ini adalah adanya fasilitas e-banking, adanya saldo minimum Rp. 500.000 dengan jaminan asuransi kecelakaan diri serta nilai pertanggungan mencapai 250 persen dari saldo terakhir atau maksimum Rp. 150.000.000. Tetapi, pastikan anda mengetahui apa saja syarat jika anak berusia kurang dari 12 tahun dan anak berusia 12 tahun tetapi kurang dari 17 tahun.

10. BRI Simpel

Tabungan BRI SimpleCara membuat rekening BRI untuk pelajar Anda bisa memilih tabungan BRI Simple. Untuk meningkatkan nasabah usia muda, tabungan BRI Simpel ini juga disediakan dengan syarat yang mudah. Biayanya juga minim sehingga diharapkan bisa menarik kalangan pelajar. Tabungan ini juga sudah difasilitasi oleh OJK atau otoritas jasa keuangan. Keunggulan dari jenis tabungan ini adalah adanya kerjasama dengan pihak sekolah, tidak ada biaya administrasi dan orang tua atau wali juga tidak perlu punya rekening BRI.

11. BRI Tabunganku

BRI TabungankuJenis tabungan berikutnya adalah bagian dari program pemerintah tepatnya Bank Indonesia. Tujuannya adalah untuk menggalakkan gerakan Indonesia Menabung. Hanya saja, bedanya tabungan ini ditujukan untuk orang dewasa. Keunggulan dari BRI Tabunganku adalah tidak ada biaya administrasi, cara bikin atm BRI online juga mudah.

Cara Membuat Rekening BRI Online Cepat dan Mudah

Sistem online memang memudahkan kita untuk melakukan banyak hal termasuk membuka rekening bank.

  1. Cara pertama untuk memulainya adalah dengan klik alamat https://eform.bri.co.id, pilih Pembukaan Rekening yang paling atas.Masuk ke E-Form BRI
  2. Cari menu pendaftaran widget yang ada di sebelah kiri. Ada beberapa produk rekening tabungan bank BRI. Klik salah satu sesuai dengan jenis tabungan yang anda pilih atau inginkan. Baik itu tabungan Britama, Junio, Simpedes dan lain sebagainya.Jika sudah anda pilih salah satunya maka nanti kita akan dialihkan ke halaman informasi tentang syarat buka rekening BRI. Cara buka rekening BRI online berikutnya adalah perhatikan di bagian paling bawah yang terdapat tombol registrasi yang harus kita klik
  3. Setelah itu kita perlu untuk membaca ketentuan pembukaan rekening. Apabila anda sudah setuju maka centang kotak kecil yang ada di bawahnya, klik tulisan Buka Rekening.
  4. Isi semua formulir sesuai dengan data KTP / Paspor yang Anda miliki.Formulir Pendaftaran BRI Online

Ikuti langkah selanjutnya dengan tekan menu lanjut. Nantinya permohonan akan diproses, jika berhasil maka anda bisa menerima halaman konfirmasi serta sebuah nomor referensi. Barulah dari nomor ini, anda bisa menyimpan dan print halaman tersebut. Meski cara membuat rekening BRI online ini bisa dilakukan dimana saja tetapi pada akhirnya anda tetap harus mengunjungi banK BRI terdekat untuk menyelesaikan proses pendaftarannya.

Cara selanjutnya adalah datang ke kantor cabang Bank BRI terdekat, bawa print out dan nomor referensi anda. Siapkan KTP dan fotocopy KTP. Siapkan juga NPWP dan uang setoran awal minimal Rp. 250.000 untuk jenis Britama. Apabila syarat-syarat ini telah anda penuhi, prosesnya tidak akan berlangsung lama. Sebab, anda tak membutuhkan nomor antrian lagi. Pihak Bank BRI hanya akan mencocokkan nomor referensi yang sudah ada di server bank BRI.

Setelah nomor referensi anda diterima, anda juga akan diminta untuk menyiapkan nomor PIN ATM yang diisikan langsung di perangkat yang ada di meja customer service. Siapkan 6 digit angka yang mudah untuk diingat tetapi sulit untuk ditebak orang. Apabila semua tahapan ini sudah selesai, anda akan menerima sebuah buku tabungan dan juga kartu ATM. Dua item ini menjadi bukti bahwa anda telah berhasil membuka rekening baru di bank BRI.

Keuntungan Memilih Bank BRI

Keuntungan Memilih Bank BRISetiap bank memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi untuk bank BRI dirasa sudah sangat sesuai dengan kebutuhan tiap masyarakat. Baik tua maupun muda, bank BRI menjamin banyaknya keuntungan yang bisa anda dapatkan. Selain cara membuat rekening BRI online yang mudah, berikut ini keuntungan lain yang akan anda temukan.

  1. Jumlah ATM BRI yang bisa diakses oleh pemegang BRI Card adalah sebanyak 6300 ATM BRI. Ada 18.500 ATM Link, 22.000 ATM Bersama, 17.427 ATM Prima, ada 2.075 ATM Meps serat adanya 800.000 ATM dengan logo cirrus di seluruh dunia.
  2. Adanya fasilitas yang cukup lengkap yaitu registrasi e-banking, info saldo, penarikan tunai maksimal dalam 1 hari saja. Untuk pemegang BRI Card Classic senilai 5 juta rupiah. Pemegang BRI Card Gold senilai 10 juta rupiah, pemegang card platinum sebesar 25 juta rupiah. Anda bisa mengganti pin, transfer antar rekening BRI dengan maksimal transaksi dalam 1 hari masing-masing kartu berbeda.
  3. Anda bisa membayar tagihan kartu kredit BRI, kartu kredit dan KTA RBS, kartu kredit dan personal loan HSBC, kartu kredit NAZ, kartu kredit dan KTA SCB hingga Indovision/ top TV/ Oke Vision.
  4. Bisa juga untuk pembayaran universitas SPP Unpad, SPP Unej, SPP UM, SPP dan pembelian paket UT. Anda bisa menggunakannya untuk melakukan pembayaran SIM dan STNK, pembayaran zakat dan infaq, pembayaran tiket pesawat dan kereta api Garuda, Sriwijaya Air dan Lion.

Untuk memaksimalkan pelayanan bank BRI, ada beberapa tips dalam bertransaksi. Hal ini untuk membuat anda tetap aman dan nyaman dalam menggunakannya. Beberapa diantaranya seperti

  1. Ikuti cara membuat rekening BRI online di situs resminya.
  2. Jangan memberikan kartu ATM dan pin kepada orang lain.
  3. Ganti pin anda dengan pin yang belum pernah digunakan secara berkala.
  4. Sebaiknya tetap menjaga kerahasiaan PIN. Hafalkan pin dengan tidak menuliskannya pada dompet, handphone atau tempat-tempat lain yang mudah terbaca.
  5. ATM merupakan one stop services. Sehingga anda bisa memanfaatkan fitur-fitur ATM untuk memudahkan dalam melakukan transaksi perbankan.

Kesimpulan

Seiring perkembangan zaman, memang sistem perbankan di Indonesia membantu banyak orang untuk melakukan transaksi keuangan dengan lebih mudah dan aman. Seperti halnya cara membuat rekening BRI online yang diketahui efisien waktu. Hanya dari akses internet, anda bisa membuat rekening BRI. Meski begitu, kita juga tetap harus mendatangi Bank BRI terdekat untuk melakukan proses akhir pendaftaran. Tetapi tak perlu mengantri lagi karena telah ada nomor referensi yang tinggal dicocokkan saja.

Berhati-hatilah dalam menggunakan kartu ATM yang anda miliki setelah membuka rekening. Pastikan untuk tidak memberikan pin pada siapapun. Termasuk pada petugas sekalipun. Sebab, petugas tidak diperkenankan meminta pin ATM untuk alasan apapun. Jaga kerahasiaan pin atm anda agar bertransaksi juga lebih aman. Ikuti langkah-langkah bagaimana cara membuat rekening BRI online dan temukan kemudahannya. Semoga artikel dari Dosen Online ini bermanfaat 🙂

Berikan Rating ?

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?