6 Cara Membuat Target Impian Masa Depan Agar Tercapai

Setiap orang pasti memiliki impian yang ingin dicapai. Dalam menetapkan tujuan hidup atau impian, seseorang harus melakukan perencanaan yang baik. Dengan membuat rencana, ia akan tahu apa saja yang harus dipersiapkan agar impian tersebut tercapai. Untuk sampai pada mimpi yang ingin diwujudkan, seseorang harus punya target untuk mengukur sejauh mana ia sudah melangkah. Bingung bagaimana cara membuat target ? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Tips Membuat Target Hidup Agar Lebih Mudah Terealisasikan

1. Menentukan Tujuan dengan Lebih Spesifik

Pada umumnya setiap orang memiliki tujuan hidup yaitu sukses. Namun, ketika ditanyakan mengenai sukses seperti apa yang diinginkan maka kebanyakan orang bingung menjawab. Padahal definisi sukses untuk setiap orang pastinya berbeda-beda. Misalnya jika kamu ingin membuat brand, kamu harus tahu lebih spesifik ke apa brand tersebut.

Kita bisa melihat contoh sebagaimana seorang penyanyi terkenal dan seorang pengusaha yang memiliki usaha dengan omset yang besar. Tentunya kedua orang ini sama-sama sukses bukan?

Tapi keduanya memiliki pekerjaan yang berbeda-beda, cara untuk sampai pada impian merekapun tentunya berbeda juga. Jika seorang penyanyi harus mencapai impiannya dengan cara sering berlatih, banyak mengikuti ajang lomba serta menambah jam terbang dengan mencari job di bidang terkait. Sedangkan bagi para pengusaha, mereka harus berlatih berjualan, mencari tahu produk yang laku di pasaran hingga pandai melakukan promosi.

Maka dari itu mendefinisikan kesuksesan dan menentukan tujuan hidup yang jelas merupakan langkah awal cara membuat target. Dari sini anda akan lebih tahu, tujuan anda mengarah ke mana, sehingga bagaimana langkah untuk sampai pada tujuan tersebut lebih mudah untuk dirumuskan. Namun, dalam hal ini tujuan hidup harus realistis dan bisa diukur dengan kemampuan yang dimiliki.

2. Menulis Tujuan yang Ingin Dicapai

Tujuan seseorang akan lebih mudah dicapai ketika ia menulisnya. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang telah dilakukan di kampus Harvard. Dari penelitian ini, setiap orang yang menjadi obyek penelitian, mereka diberi pertanyaan apakah sudah menulis tujuan hidupnya, atau setidaknya melakukan persiapan untuk mencapai impiannnya. Namun, ternyata jawaban dari setiap mahasiswa beragam.

Dari keseluruhan orang yang diberikan pertanyaan tersebut, 3% darinya mengatakan sudah menulis tujuan hidup, 13% mengatakan memiliki tujuan hidup namun tidak menulisnya. Sedangkan 84% mengatakan tidak punya tujuan sama sekali. Dan setelah selang waktu sekitar 10 tahun, ternyata baru bisa melihat hasil dari penelitian ini? Hasil penelitian yang cukup mencengangkan.

Mereka yang sudah mengetahui cara membuat target dan tujuan ternyata memiliki pendapatan sepuluh kali lipat lebih banyak dibandingkan temannya yang lain. Hal ini menunjukkan mengenai pentingya menulis tujuan hidup. Maka dari itu mulailah mencari tahu dan menulis apa sih tujuan hidup yang ingin dicapai? Sehingga anda lebih mudah menentukan apa yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan hidup tersebut.

3. Menyusun Skala Prioritas

Dalam hal menentukan tujuan hidup, tidak sedikit orang yang memiliki banyak keinginan. Namun, dari beberapa keinginan tersebut anda harus fokus pada tujuan utama. Terlalu banyak pilihan tanpa membuat skala prioritas justru akan membuat anda semakin kebingungan mengenai mana yang harus dikerjakan dulu.

Dengan membuat list tentang gol yang ingin dicapai, anda akan lebih mudah menentukan mana pekerjaan yang harus didahulukan.

Akan lebih mudah untuk mengetahui cara membuat target, maka tujuan-tujuan tersebut lebih baik disusun dalam bentuk pertanyaan. Sebagaimana jika anda mempunyai keinginan untuk membeli rumah, maka pertanyaan mengenai tujuan tersebut adalah bagaimana caranya agar bisa membeli rumah. Atau jika anda ingin mempunyai penghasilan yang banyak, maka bagaimana cara agar bisa mendapatkan penghasilan yang besar.

4.Target yang Lebih Terukur

Tidak hanya spesifik, target yang dibuat juga harus lebih terukur agar anda bisa lebih mengetahui sudah sejauh mana anda menempuh langkah untuk mencapai tujuan. Semakin anda membuat target lebih terukur, maka perubahan yang anda dapatkan akan semakin terlihat, apalagi jika diimbangin dengan perlakuan yang konsisten.

Seperti misalnya anda ingin lebih rajin dalam membaca buku.  Maka ini merupakan target yang belum terukur dengan baik. Cara membuat target yang baik adalah dengan menulis berapa halaman buku yang harus dibaca setiap harinya agar anda bisa mencapai target yang diinginkan. Misalnya jika anda punya target membaca 10 buku dalam satu bulan, maka setidaknya dalam seminggu anda harus menghabiskan buku sebanyak 3.

Semakin jelas waktu yang ditentukan dalam target yang dibuat, maka pencapaian akan semakin baik. Seperti misalnya keinginan untuk liburan ke luar negeri di tahun depan. Dalam hal ini ada banyak yang harus dipersiapkan mulai dari penentuan tempat yang ingin dituju, biaya untuk melakukan perjalanan, paspor, hingga tempat  penginapan. Untuk mengumpulkan biaya ini anda bisa memberikan target yang lebih awal misalnya 5 bulan.

5. Aspek yang Seimbang Dalam Membuat Target

Cara membuat target impian harus mencakup beberapa spek. Diantara aspek-aspek tersebut adalah karier, kesehatan, hubungan dengan keluarga maupun teman, perkembangan diri, kesehatan mental, keuangan serta spiritual.

Jangan sampai dalam membuat target anda mengabaikan salah satu dari aspek di atas karena semuanya  tergolong penting dalam kehidupan seseorang.

Sebagaimana ketika anda lebih mengutamakan karir namun mengabaikan hubungan dengan keluarga. Maka target ini tentunya kurang relevan karena bisa berakibat pada hubungan yang tidak harmonis. Selain itu, ketika anda terlalu fokus pada karier yang akhirnya mengabaikan waktu untuk menyenangkan diri, maka anda akan lebih mudah dihinggapi rasa stess yang berakibat pada kesehatan mental yang tidak baik.

6. Menempelkan Target di Dinding Kamar

Agar lebih terealisasikan dan mudah diingat, maka cara membuat target adalah dengan menaruhnya di tempat-tempat yang mudah dilihat seperti dinding kamar.

Rangkailah semenarik mungkin dan pastikan dinding tersebut mudah dilihat setiap waktu. Dengan begitu,anda akan lebih mudah mengingatnya, sehingga semakin bersemangat untuk mengerjakan target tersebut.

Meskipun target-target tersebut bisa disimpan dalam buku maupun laptop. Namun, hal yang paling efektif adalah dengan menulisnya di kertas. Dengan setiap malam anda menatap dinding kamar, maka secara tidak langsung hal ini akan membentuk maindset agar lebih cepat untuk merealisasikan target-target yang sudah dibuat.

Jika anda bisa mencapai beberapa target yang sudah dibuat tersebut, maka berilah reward terhadap diri sendiri. Hal ini bertujuan agar anda semakin semangat untuk mencapai target-target yang lain. Cara membuat target dengan reward ini,  bertujuan agar anda tidak mudah menyerah ketika menghadapi hambatan untuk mencapai mimpi. Selain itu, bergaul dengan orang-orang yang mendukung mimpi anda bisa membuat anda semakin konsisten mencapai target.

Kesimpulan

Target memang sangat penting dibuat, agar mimpi lebih mudah terealisasikan. Dalam menentukan impian hidup, target yang dibuat harus jelas dan spesifik, terukur, realistis, serta memiliki batas waktu.

Agar lebih mudah mengingat target yang sudah disusun, maka tempelkan di tempat yang mudah dilihat seperti dinding kamar. Selain itu, memberikan reward kepada diri sendiri juga perlu dilakukan ketika berhasil mencapai target tertentu.

Terakhir di Update 4 Februari 2020

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

error: