Cara Membuat Thumbnail YouTube yang Baik untuk Meningkatkan Traffic

Terakhir di Update 9 September 2020

Thumbnail, tentu anda mengenalnya sebagai gambar yang pertama muncul dalam video. Gambar ini tampil di awal sebelum video di putar. Penggunaan thumbnail di youtube sebenarnya dapat dipilih langsung berdasarkan beberapa hasil. Karena, di youtube menyediakan pemilihan thumbnail yang dapat digunakan. Namun, untuk thumbnail yang tersedia kurang sesuai dalam memikat pemirsa. Karena itu, anda perlu tahu bagaimana cara membuat thumbnail video youtube dan blog yang berkualitas.

Saat ini, youtube masih menjadi pilihan bagi banyak orang dalam menemukan konten video. Karenanya, tidak heran jika popularitas youtube dan youtuber juga kian meningkat. Karena itu, creator harus bersaing dengan cara yang baik. Meningkatkan view dengan menggunakan thumbnail nyatanya cukup ampuh. Namun, anda harus bikin thumbnail yang menarik dan membuat pemirsa klik video. Bagaimana caranya? Sangat mudah ! Temukan lebih jelasnya cara membuat thumbnail youtube agar banyak di klik.

Pengertian Thumbnail

Apa itu thumbnail? Jadi, thumbnail adalah gambar preview dimana mewakili dari sebuah konten. Biasanya, untuk thumbnail sendiri di ambil secara otomatis. Terlebih, jika anda menggunakan youtube maka akan muncul saat selesai melakukan upload video. Terdapat setidaknya beberapa gambar yang dapat anda pilih untuk mewakili pilihan dari video tersebut.

Jadi, thumbnail inilah yang nantinya akan memiliki peran dalam menarik pemirsa. Thumbnail yang unik dan menarik akan menghasilkan banyak klik. Namun, dalam menggunakan thumbnail setidaknya harus sesuai pada isi kontennya. Kesesuaian thumbnail dan isi konten memungkinkan pengguna lebih mengenal akun youtube anda.

Manfaat Thumbnail

Menarik Pemirsa

Menarik PemirsaSiapa yang tidak ingin memiliki banyak pemirsa youtube? Sudah pasti semua orang menginginkannya. Untuk itu, thumbnail merupakan salah satu cara terbaik yang dapat anda gunakan. Dengan menggunakan thumbnail yang menarik, maka dapat memastikan bahwa pemirsa akan datang lebih banyak lagi. Jadi, tidak heran jika para youtuber berlomba-lomba membuat thumbnail unik.

Karena, pemirsa cenderung lebih banyak melihat hal yang utama. Dibandingkan, dengan isi dari kontennya. Hal ini merupakan strategi terbaik dalam menarik pemirsa. Thumbnail yang menarik akan lebih dipilih oleh pemeriksa. Karena terlihat sangat unik dan dirasa lebih tepat. Untuk itu, anda juga harus menguasai cara membuat thumbnail di youtube yang unik agar banyak menarik pemirsa.

Membuat Orang Penasaran

Membuat Orang PenasaranSalah satu manfaat dari penggunaan thumbnail yaitu membuat orang menjadi penasaran. Saat orang penasaran, sudah pasti melakukan klik terhadap video anda bukan? YA ! Inilah yang dilakukan oleh para youtuber ternama. Mereka membuat thumbnail sangat menarik agar orang menjadi penasaran.

Jadi, tidak heran jika banyak orang yang melakukan klik terhadap video tersebut. Dimana sebuah thumbnail memiliki pengaruh yang sangat tinggi dalam membuat orang penasaran. Dengan begitu, bukan tidak mungkin jika viewers anda akan melesat tajam. Bahkan, lebih dari biasanya !

Meningkatkan Waktu Tonton

Meningkatkan Waktu TontonSiapa sangka, ternyata dengan menggunakan thumbnail yang tepat akan mendapatkan waktu tonton banyak. Dimana, sebagai seorang youtuber membutuhkan jumlah waktu tonton yang banyak. Terlebih, jika anda merupakan youtuber baru maka sangat membutuhkan jam tayang.

Perlu anda ketahui,bahwa untuk melakukan monetize setidaknya membutuhkan 4.000 jam tayang. Hal ini harus di imbangi pula denan subscribe yang mencapai 1.000. Penggunaan thumbnail terbukti dapat meningkatkan waktu tonton menjadi lebih banyak. Tanpa di sadari, pemirsa akan mencari sesuatu yang berkaitan dengan thumbnail. Trick seperti inilah yang saat ini cukup ampuh dan memberikan manfaat melimpah.

Meningkatkan Penghasilan

Meningkatkan PenghasilanYang ditunggu-tunggu oleh para youtuber sudah pasti menghasilkan. Bagaimana mungkin thumbnail dapat meningkatkan penghasilan? Perlu anda ketahui, saat youtube anda sudah di monetize maka anda akan memperoleh penghasilan melalui iklan. Semakin banyak iklan tayang, penghasilan juga semakin tinggi. Karena itu, thumbnail yang unik dan menarik akan menaikan tampilan halaman.

Setidaknya, thumbnail dapat mengajak pemirsa agar dapat melakukan klik terhadap video anda. Dengan begitu, video akan semakin lebih dikenal oleh pemirsa. Bukan tidak mungkin, penghasilan adsense menjadi lebih bertambah. Terlebih, jika memang kesesuaian iklan dan konten menjadi prioritas. Dapat dipastikan penghasilan meningkat 2x lipat !

Menambah Subscriber, Like dan Follower

Menambah Subscriber, Like dan FollowerApakah anda tidak menginginkan subscriber bertambah? Semua youtuber sudah pasti menginginkannya. Langkah mencari subscriber memang bukanlah hal yang sepele. Kebanyakan orang melakukan subscribe terhadap akun youtube yang memang berkualitas. Jadi, tidak heran jika banyak para youtuber yang mengatakan bahwa pemirsa memilih-milih. Karena, memang seharusnya youtuber yang mengajak pemirsa agar dapat berlangganan secara gratis.

Hal ini masih kurang di mengerti oleh para youtuber. Lalu, bagaimana caranya? Sangat mudah ! Pahami bahwa anda harus menggunakan thumbnail yang menarik. Awali dengan hal tersebut agar pemirsa dapat melihat konten yang anda miliki. Dengan begitu, pemirsa akan lebih tertarik untuk berlangganan terhadap akun anda. Hal ini terbukti jauh lebih baik dibandingkan dengan cara lainnya. Selain aman, cara ini juga sangat murah dan mudah dalam penerapannya. Sudah banyak yang membuktikan, dan hasilnya sangat mengejutkan !

Pada video fanpage facebook juga bisa menggunakan custom thumbnail untuk videonya. Kamu bisa menggunakannya untuk memikat pemirsa sehingga bisa mendapatkan peluang untuk like dan follow pada fanspage Anda. Dengan ini cara monetize fanspage lebih cepat, karena kontennya bisa viral dengan thumbnailnya yang sangat keren.

Cara Memasang Thumbnail YouTube

Gambar Thumbnail YouTube memungkinkan pengunjung melihat cuplikan cepat saat sedang menjelajahi video. Setelah konten selesai diunggah, kita bisa memilih thumbnail dari opsi yang dibuat secara otomatis oleh YouTube atau menciptakan versi tersendiri.

Sesuai penjelasan Google Support, begini cara memasang thumbnail YouTube:

  1. Tambahkan atau ubah thumbnail video
  2. Masuk ke YouTube Studio.
  3. Dari menu sebelah kiri, pilih Video.
  4. Pilih video dengan mengklik judul atau thumbnail-nya.
    cara edit thumbnail youtube
  5. Pilih thumbnail yang dibuat secara otomatis dan pilih Simpan.

Pemasangan thumbnail secara prosedur, memang mudah. Sekarang, tugas kita adalah membuat logo dengan tampilan menarik sesuai keinginan pribadi. Begini caranya!

Cara Membuat Gambar Thumbnail YouTube

Memilih Aplikasi yang Sesuai

Cara pertama membuat thumbnail YouTube adalah memilih aplikasi yang sesuai. Sebagai referensi, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Canva.

Jika memilih aplikasi dengan tepat, Anda akan terbantu untuk menyesuaikan dalam menciptakan gambar thumbnail. Platform desain yang baik, dapat memberikan fasilitas untuk memasang foto, teks, dan elemen desain lainnya.

Anda mesti menyesuaikan diri dengan antarmuka aplikasi yang mudah dinavigasi. Semakin nyaman, semakin kita memiliki keleluasaan dalam mengeksplorasi pembuatan thumbnail.

Masukkan Elemen Desain Berdasarkan Kebutuhan

Pilih template dari pustaka gambar yang tersedia dalam aplikasi tersebut. Gunakan berbagai macam elemen desain untuk dipilih demi memudahkan proses sesuatu berdasarkan selera.

Pilih dari pustaka elemen desain grafis profesional kami seperti spanduk, ikon, bingkai, dan lainnya. Selain pustaka bawaan, biasanya Anda dapat mengunggah foto sendiri.

YouTube mengizinkan unggahan gambar apa pun dari komputer sebagai thumbnail video. Lewat kebebasan tersebut, Anda dapat menciptakan berbagai macam kreasi berdasarkan imajinasi liar.

Memilih Ukuran Thumbnail

ukuran gambar thumbnail youtubeSesuai pedoman YouTube, ukuran logo thumbnail harus berukuran 1280 x 720 piksel, dengan lebar minimum 640 piksel. Rasio aspek paling ideal adalah 16: 9.

Gambar mini yang terlalu kecil, bisa jadi kesalahan besar. Meski gambar thumbnail muncul relatif kecil di hasil penelusuran, jangan lupa bahwa video YouTube juga bisa disematkan.

Selain itu, Anda perlu menyimpan dalam format gambar JPG, GIF, BMP, atau PNG, dan menjaga ukuran file di bawah batas 2MB.

Pakai Font Terbaik

Cara terbaik untuk memperkuat branding logo adalah menjaga agar gambar mini Anda konsisten dengan font gaya yang sama, warna mudah diingat, dan desain yang kuat.

Jika belum melakukan hal ini, pilih font judul yang bagus dan bersih. Pastikan kepribadian font mengekspresikan merek bisnis serta karakter channel YouTube tersebut.

Font sans serif atau gothic, bisa jadi pilihan menarik. Bold atau Heavy weight juga mampu menjadi pilihan. Apapun itu, sesuaikan dengan identitas diri kita.

***

Seperti itulah cara memasang dan membuat channel YouTube. Ciptakan desain terbaik, tingkatkan traffic Anda dalam waktu cepat. Selamat mencoba!

Begitulah ulasan lengkap cara membuat thumbnail youtube dan blog dari Dosen Online. Sangat mudah bukan? Kini, video anda menjadi lebih cantik dan menarik menggunakan thumbnail tersebut. Konsep yang dibuat sangat jelas dan sesuai pada konten anda tentunya. So, tunggu apa lagi? Buat thumbnail anda sekarang juga ! Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

error: