Cara Memulai Usaha Dari Awal Agar Sukses Jangka Panjang

0 55
Belum ada rating.

Dari tahun ke tahun tentu kebutuhan akan sesuatu baik kebutuhan untuk barang pokok hingga kebutuhan yang lainnya akan meningkat. Maka dari itu kita membutuhkan usaha sampingan yang menguntungkan. Naiknya harga barang-barang untuk keperluan hidup juga akan berdampak pada naiknya Upah Minimum Regional (UMR) untuk setiap daerah. Namun jangan salah, penghasilan dari setiap pekerjaan yang telah disesuaikan oleh UMR tersebut masih saja kurang. Untuk itu, Anda akan mulai berpikir untuk mencari usaha lain. Bagaimana cara memulai usaha dari awal agar sukses jangka panjang?

Anda bisa memulai cara membuka usaha kecil-kecilan untuk mengawali bisnis supaya bisa menjadi usaha menjanjikan untuk pemula. Usaha sampingan dengan modal yang kecil namun memiliki keuntungan banyak merupakan impian bagi setiap pebisnis. Cara memulai usaha dari awal agar sukses jangka panjang perlu diperhatikan agar tujuan dari pebisnis dalam memulai bisnisnya bisa mendapatkan penghasilan tambahan dan bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bersama keluarganya. Biasanya bisnis ini dilakukan di waktu yang fleksibel dan dimana saja.

Cara Memulai Usaha Dari Awal Agar Sukses Jangka Panjang 2019

Jika Anda mencari cara memulai usaha dari awal agar sukses jangka panjang, Anda tepat telah menemukan artikel ini. Merintis sebuah usaha tentunya bukan hal yang mudah, apalagi bagi mereka yang masih pemula. Cara memulai usaha dengan modal kecil memerlukan ide cemerlang agar tidak menghambat jalannya usaha yang akan dilaksanakan. Bagi Anda seorang pemula yang ingin memulai bisnis dari nol, di bawah ini akan dibahas apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk memulai bisnis:

1. Menentukan Ide Usaha

Cara Memulai Usaha Dari Awal dengan Menentukan Ide UsahaIde menjadi langkah atau tahap awal yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai usaha. Anda bisa menentukan jenis usaha apa yang bisa dikembangkan menjadi sebuah bisnis menghasilkan dan memiliki potensi jangka panjang tentunya. Pikirkan ide dan konsep tersebut secara matang karena ide akan menjadi pondasi berdirinya suatu bisnis yang akan dijalankan nantinya agar memiliki prospek bagus ke depannya. Ide bisa datang dari mana saja bahkan dari lingkungan sekitar Anda.

Jika dirasa masih sulit mengenali ide, Anda bisa memulai usaha dari hal yang disukai atau berdasarkan dengan minat dan keahlian Anda. Dengan menjalankan bisnis sesuai dengan kegemaran, maka Anda akan mencintai usaha yang dibangun. Jika Anda sudah mencintai usaha tersebut, maka bukan tidak mungkin usaha itu akan terus dikembangkan dan tidak akan menyerah untuk menjalankan usaha walau sedang terpuruk. Sesuatu jika dilaksanakan dengan senang hati maka hasilnya akan baik juga.

2. Tentukan Visi, Misi, dan Tujuan Usaha

Tentukan Visi, Misi, dan Tujuan UsahaCara memulai usaha dari awal selanjutnya yaitu dengan menentukan visi, misi dan tujuan usaha. Jika ide mengenai jenis usaha apa yang akan dilaksanakan sudah terpenuhi dan sudah ditentukan. Kemudian Anda bisa menentukan visi, misi dan tujuan dari usaha tersebut. Dengan begitu, usaha yang akan dibangun memiliki visi misi jelas dan terarah untuk sebuah usaha agar nantinya bisa terfokus kepada visi, misi, dan tujuan tersebut. Kebanyakan para pemula gagal karena mereka tidak mempunyai tujuan yang jelas di awal dan pada akhirnya mereka akan menyerah dengan percuma.

Dengan menentukan visi, misi, dan tujuan di awal. Kegagalan-kegagalan yang mendasar tersebut akan diminimalisir karena akan menimbulkan banyak kerugian yang bisa berdampak buruk pada bisnis. Misalnya jika Anda memilih untuk menjalankan usaha pakaian, maka Anda perlu menerapkan visi, misi dan tujuan agar cara memulai usaha pakaian berjalan dengan lancar dan memiliki prospek yang baik ke depannya. Konsisten terhadap tujuan awal adalah kunci dari kesuksesan menjalankan usaha.

3. Survey Kompetitor

Cara Memulai Usaha Dari Awal dengan Survey KompetitorSurvey kompetitor ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami persaingan di sektor yang sama. Dengan survey ini akan memberikan gambaran seberapa efektif usaha yang akan dijalankan nantinya dan seberapa besar peluang keberhasilannya. Teliti lapangan untuk usaha dengan jenis serupa agar bisa menentukan perbedaan walaupun produk yang dijual sama. Perbedaan-perbedaan tersebut bisa berasal dari ciri khas produk, pelayanan yang ditawarkan maupun fasilitas lainnya.

Survey informasi-informasi terkait produk hingga harga yang mereka tawarkan sebagai pembelajaran agar bisa bersaing dan menentukan strategi bagus untuk masuk ke dalam persaingan tersebut. Dari sini, Anda bisa memikirkan strategi agar usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan baik.

4. Nilai Kebutuhan Modal

Nilai Kebutuhan ModalKemudian cara memulai usaha dari awal selanjutnya dengan menentukan nilai kebutuhan modal. Tidak selamanya salah dengan memulai bisnis harus memiliki modal, namun analisislah seberapa besar modal yang mungkin dikeluarkan untuk memulai usaha tersebut. Analisis kebutuhan pendanaan Anda untuk memulai bisnis agar tidak mendapati risiko penilaian yang tidak realistis dari usaha itu.

5. Buat Business Plan

Cara Memulai Usaha Dari Awal dengan Buat Business PlanKetika memulai usaha efektif harus memiliki business plan atau rencana yang akan dicapai dari usaha. Cara membuat business plan tidaklah sulit, Anda hanya perlu menentukan apa saja yang ingin dikerjakan, berapa lama pekerjaan tersebut harus selesai, berapa biaya yang mungkin dikeluarkan, dan siapa saja potensi pasar yang ingin diincar untuk bisnis.

6. Pilih Waktu yang Tepat

Pilih Waktu yang TepatBangunlah bisnis yang tepat dan tidak terkesan asal-asalan. Bisnis membutuhkan perhitungan yang cermat agar tidak menimbulkan kerugian. Waktu adalah salah satu komponen penting dalam memulai bisnis, pilih waktu yang tepat ketika ingin berbisnis. Misal ketika mendekati bulan Ramadhan, bisnis yang tepat dijalankan pada bulan tersebut adalah bisnis busana muslim dan kue lebaran.

7. Model Pemasaran

Carilah model pemasaran yang paling tepat untuk bisnis Anda. Perlu perhatian khusus pada tahap ini karena Anda harus mengatur bagaimana caranya melakukan manajemen pemasaran agar bisnis tersebut bisa lebih mudah dikenal secara luas oleh target pasar Anda. Model pemasaran yang paling tepat dilaksanakan saat ini adalah dengan memanfaatkan sosial media. Sosial media menjadi cara pemasaran yang paling efektif untuk memasarkan segala jenis usaha.

Anda bisa memasarkan usaha yang dijalankan dengan menggunakan sosial media seperti blog, Instagram, twitter, line, facebook, atau sosial media lain yang berhubungan dengan internet. Dengan ini kamu bisa analisa bagaimana promosi yang benar sebagai usaha menjanjikan untuk pemula.

8. Tentukan Keunikan Produk

Menentukan produk merupakan salah satu cara memulai usaha dari awal. Persaingan dari sektor usaha memang sedang ketat, maka dari itu Anda perlu menganalisis kompetitor dan mulai menyiapkan strategi yang tepat untuk hadir di tengah persaingan tersebut. Salah satu caranya yaitu memberikan keunikan pada produk Anda yang membedakan dengan produk sejenis lainnya. Dengan perbedaan tersebut, maka produk yang dipasarkan dapat memikat dan menarik perhatian dari calon pelanggan atau dengan menerapkan brand yang bisa lebih mudah diingat.

Misal ketika Anda ingin memulai usaha makanan atau kuliner. Dengan Anda mengetahui cara memulai usaha kuliner dari masing-masing kompetitor, maka Anda bisa menerapkan strategi yang baik untuk masuk ke dalam persaingan tersebut. Cari keunikan kuliner Anda dari kuliner yang lainnya agar pelanggan bisa tertarik dan lebih memilih untuk membeli dagangan yang dijajakan oleh usaha milik Anda.

9. Lakukan Promosi yang Tepat

Promosi menjadi hal wajib yang perlu dilakukan oleh bisnis Anda untuk mengenalkan produk kepada masyarakat umum. Maka dari itu kamu harus tahu cara promosi online marketing yang baik dan benar. Semakin sering Anda promosi, maka semakin banyak juga orang yang mengetahui tentang produk Anda. Namun perlu diperhatikan mengenai waktu yang tepat untuk promosi, jangan sampai niat melakukan promosi Anda malah dicap sebagai spam yang mengganggu pengguna lain di sosial media maupun di platform lain tempat Anda berpromosi.

10. Berikan yang Terbaik

Tips memulai usaha menjanjikan untuk pemula yaitu dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Pembeli adalah raja, sudah sepantasnya mereka diberikan fasilitas dan pelayanan yang terbaik agar puas dan kembali membeli produk Anda lagi di kemudian hari, bahkan mereka bisa mengajak teman-temannya untuk berbelanja di tempat Anda.

Contoh usaha mulai dari nol bisa Anda lakukan kapan saja dan dimana saja sesuai dengan keinginan dan ketepatan waktu yang ada. Berikan segala sesuatu yang terbaik untuk usaha Anda agar memberikan profit maksimal.

11. Perbanyak Jaringan dengan Orang atau Bisnis Lain

Ketika Anda tidak memiliki modal untuk memulai bisnis, Anda bisa menemukan orang-orang yang tepat agar bisa membantu dalam menemukan calon investor. Anda bisa bergabung dengan forum online dimana bisa menemukan sumber daya yang berguna untuk menghidupkan bisnis Anda. Sebagian besar dari pemodal ventura dan investor ini cukup aktif di sosial media.

Buatlah kagum mereka dengan ide-ide yang Anda rencanakan, karena hal ini akan berdampak bagus bagi usaha Anda dengan menarik para investor yang bisa memberikan usaha menjadi lebih memiliki potensi yang baik.

12. Lakukan Pemantauan dan Evaluasi

Hal yang satu ini tidak kalah pentingnya, jika Anda memulai suatu usaha tentu perlu melakukan pemantauan terhadap usaha Anda setiap bulannya dan menganalisis tingkat penghasilan. Evaluasi hal-hal yang dirasa perlu. Anda bisa memantau kondisi lapangan, lakukan hal-hal fleksibel dalam perubahan karena tidak ada guru yang lebih baik selain pengalaman.

Dengan ini kamu bisa menjadikan semangat dalam usaha menjanjikan untuk pemula. Cermati usaha Anda dan lakukan evaluasi setiap bulan agar menghasilkan usaha yang lebih baik lagi untuk ke depannya.

13. Hadapi Kegagalan

Hadapi KegagalanUsaha tentu ada yang lancar dan tidak, ada kalanya usaha yang dijalankan memiliki perkembangan yang baik dan sebaliknya. Pasang surut pasti ada, maka dari itu Anda wajib memiliki mental yang kuat untuk menghadapi itu semua. Perlu adanya kemauan untuk terus berusaha dan pantang menyerah. Berusaha dan menerima kegagalan akan menjadi hal yang positif agar titik balik usaha Anda bisa segera didapatkan. Bangkitlah dari setiap kegagalan dan jadikan pembelajaran agar lebih baik ke depannya.

14. Kumpulkan Umpan Balik (Feedback)

Kumpulkan Umpan Balik (Feedback)Umpan balik atau feedback ini penting agar bisa membantu Anda mendapatkan pendapat dari seseorang yang mengetahui pasar dan tantangan yang terlibat. Selain itu, Anda juga bisa membuat umpan balik untuk para konsumen yang sudah berbelanja di tempat Anda agar bisa dijadikan sebagai evaluasi yang terbukti berhasil membuat usaha menjadi lebih baik karena evaluasi positif dari pelanggan tersebut.

Sekian ulasan mengenai cara memulai usaha dari awal agar sukses jangka panjang dari Dosen Online. Semoga dengan mengetahui cara memulai usaha tanpa modal atau dengan modal namun sedikit bisa menjadikan bisnis Anda berkembang sesuai dengan rencana dan bisa memiliki potensi jangka panjang yang baik. Jalankan bisnis dengan serius karena bukan tidak mungkin bisnis tersebut yang bisa memberikan Anda kehidupan yang lebih baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat !

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?