fbpx

Cara Mendapatkan Access Token Facebook Permanen Tanpa Verifikasi

6 21,562
Belum ada rating.

Cara Mendapatkan Access Token Facebook Permanen Tanpa Verifikasi – Kali ini saya akan membahas cara mendapatkan token facebook permanen yang bisa digunakan selamanya alias Permanen. Tutorial mendapatkan access token ini digunakan untuk custom feed facebook di website maupun aplikasi. Cara ini sangat mudah dibandingkan dengan cara yang lainnya, karena kita tinggal memasukkan App ID dan App Screet dari apps facebook saja Anda akan mendapatkan kode access token facebook yang Anda inginkan.

Sebelum membahas cara mendapatkan tutorial mendapatkan kode akses token fb saya akan membahas dulu mengenai code access token facebook ini. Saat seseorang terhubung dengan aplikasi menggunakan Facebook Login, aplikasi tersebut akan dapat memperoleh token akses yang menyediakan akses aman sementara ke API Facebook.

Cara Mendapatkan Access Token Facebook Permanen Tanpa Verifikasi

Serba Serbi Kode Access Token Facebook

Kode Access Token Facebook adalah string yang sulit dimengerti yang mengidentifikasi pengguna, aplikasi, atau Halaman, dan dapat digunakan oleh aplikasi untuk membuat panggilan API graph. Token akses diperoleh melalui sejumlah metode, yang masing-masing dibahas nanti di dokumen ini. Token tersebut menyertakan informasi tentang saat token akan kedaluwarsa dan aplikasi apa yang menghasilkan token. Karena pemeriksaan privasi, sebagian besar panggilan API di Facebook harus menyertakan token akses.

Terdapat beragam jenis akses token fb yang berbeda untuk mendukung beragam cara penggunaan :

  1. User Access Token adalah jenis token yang paling umum digunakan. Jenis token akses ini diperlukan saat aplikasi memanggil API untuk membaca, mengubah, atau menulis data Facebook orang tertentu atas nama orang tersebut. Token akses pengguna umumnya diperoleh melalui dialog masuk dan mengharuskan seseorang mengizinkan aplikasi Anda untuk mendapatkannya.
  2. App Access Token. Jenis token akses ini diperlukan untuk mengubah dan membaca pengaturan aplikasi. Ini juga dapat digunakan untuk menerbitkan tindakan Graph Terbuka. Token dibuat menggunakan rahasia yang sudah disepakati antara aplikasi dan Facebook, lalu digunakan selama panggilan yang mengubah pengaturan seluruh aplikasi. Anda mendapat token akses aplikasi melalui panggilan server-ke-server.
  3. Page Access Token. Token akses tersebut sama dengan token akses pengguna, kecuali dalam hal penyediaan izin ke API yang membaca, menulis, atau mengubah data milik Halaman Facebook. Untuk mendapatkan token akses halaman, Anda harus memulai dengan mendapatkan token akses pengguna dan meminta izin manage_pages. Setelah Anda memiliki token akses pengguna, Anda kemudian mendapatkan token akses halaman melalui API Graph.
  4. Client Token, yaitu pengidentifikasi yang dapat Anda sematkan ke biner seluler native atau aplikasi desktop untuk mengidentifikasi aplikasi Anda. Token klien tidak dimaksudkan sebagai pengidentifikasi rahasia karena disematkan di aplikasi. Client Token ini digunakan untuk mengakses API level aplikasi, tetapi hanya subset yang sangat terbatas. Token klien ditemukan di dasbor aplikasi Anda.
    Sumber : Facebook Developer

Mendapatkan Access Token untuk Custom Feed Facebook

Pada tutorial ini saya akan membahas cara mendapatkan access token facebook pada nomor 2, yaitu App Access Token yang fungsinya sudah saya jelaskan diatas, yaitu mendapatkan Access Token untuk custom feed facebook, perlu diketahui bahwa tutorial ini bukan untuk mencari access token untuk auto like status teman dan sejenisnya. Saya sendiri biasanya membutuhkan App Access Token ini untuk membuat feed fanspage facebook pada Aplikasi Android saya. Karena saya sendiri menerima jasa pembuatan aplikasi android untuk WebView, WordPress Blog dan Woocommerce / Olshop. Yuk kita lanjut membahas cara mendapatkan token facebook permanen tanpa verifikasi.

Cara Mendapatkan Access Token Facebook Permanen Tanpa Verifikasi

  1. Buka developers.facebook.com dan klik Log In di pojok kanan atas. Masuk menggunakan akun Facebook pribadi Anda.
    Masuk ke facebook developer
    NB: Akun Facebook pribadi yang Anda gunakan untuk mendaftar sebagai pengembang tidak perlu dikaitkan sama sekali dengan halaman atau grup yang posisinya ingin Anda tampilkan. Anda dapat menggunakan Token Akses yang Anda terima untuk menampilkan tulisan dari halaman Facebook umum atau grup terbuka.
    NB: Anda tidak dapat masuk ke situs Pengembang menggunakan akun Facebook Page atau Business. Anda harus menggunakan username dan password dari profil Facebook pribadi Anda. Facebook tidak mengizinkan perusahaan untuk mendaftar sebagai pengembang, hanya individu.
  2. Jika ini adalah pertama kalinya Anda masuk ke website Developer Facebook, lalu klik Register. Pendaftaran ini membutuhkan proses yang mudah dan cepat yang akan memakan waktu kurang dari beberapa menit. Jika sudah terdaftar maka anda bisa langsung menuju ke langkah 7 dibawah.
    Daftar ke facebook developer
  3. Terima Facebook Terms dan klik Next.
    Konfirmasi pendaftaran
  4. Masukkan nomor telepon Anda untuk mengonfirmasi akun pendaftaran.
    Mengisi form pendaftaran facebook developer
  5. Facebook akan mengirimkan pesan teks otomatis berisi kode konfirmasi. Masukkan di dalam kotak dan klik Register jika sudah menerima code dari facebook.
    Konfirmasi kode facebook developer
  6. Sekarang Anda sudah berhasil terdaftar sebagai Developer Facebook. Klik Done
    Pendaftaran berhasil
  7. Klik My Apps pada pojok kanan atas dan kemudian klik Add a New App.
    Menambah aplikasi di facebook developer
  8. Jika muncul pop up seperti ini, klik pada Basic Setup.
    Beralih ke basic setting
    NB : ini tidak selalu ditampilkan jadi, jika tidak, maka Anda bisa meloncat ke langkah selanjutnya.
  9. Masukkan Nama Tampilan aplikasi Anda. Nama tampilan ini terserah yang Anda suka. Masukkan alamat email dan klik Create App ID.
    Mengisi form App ID
  10. Jangan lupa lengkapi Security Check dan kemudian klik Submit.
    Konfirmasi membuat aplikasi di facebook developer
  11. Aplikasi Anda sekarang sudah siap digunakan, Klik Setelan untuk menemukan informasi aplikasi Anda.
    Masuk ke setting
    NB: Tidak perlu mengirimkan aplikasi Anda untuk ditinjau atau diisi dengan kebijakan privasi. Anda dapat menggunakan aplikasi dalam mode pengembangan.
  12. Copy App ID dan App Secret pada dasboard setting, kemudian pastekan pada form dibawah ini untuk mengambil kode Access Token Anda.
    Copy App ID dan App Secret
    NB: Pastikan Anda sudah klik Show pada App Secret sebelum menyalin.
  13. Copy dan paste App ID dan App Secret Anda pada kolom di bawah ini dan klik Get my Access Token.

[panel type=”info” heading=”Dapatkan Kode Access Token DISINI” footer=”© By DosenOnline.ID”]

:
:


[/panel]

Setelah Anda mengisi form diatas Anda akan otomatis membuka tab baru dan mendapatkan Kode Access Tokennya.

Begitu Anda memiliki Facebook Access Token, Anda dapat menyalin dan menempelkannya ke kolom Facebook Access Token di halaman Pengaturan plugin, atau bisa Anda gunakan untuk custom feed facebook untuk website atau projek Android Anda. Kalau saya sendiri biasanya saya pakai untuk custom feed facebook pada aplikasi saya yang saya sediakan jasa pembuatan aplikasi webview dan blog pada DosenOnline.ID.

Kesimpulan

Cara mendapatkan access token facebook permanen tanpa verifikasi untuk custom feed facebook ini sangatlah mudah. Tutorial ini hanya digunakan untuk mendapatkan access token pada App Access Token yang salah satu fungsinya digunakan untuk custom feed facebook, token ini bisa Anda gunakan untuk meletakkan pada plugin, website dan projek Aplikasi Android Anda. Inti dari tutorial ini yaitu Anda tinggal copy paste App ID dan APP Secret pada akun developer facebook Anda pada form yang sudah saya sediakan diatas.
Sumber lainnya : smashballoon.com

Cara Mendapatkan Access Token Facebook Permanen Tanpa Verifikasi

Jika Anda masih belum mengerti dan ingin bertanya-tanya silahkan komentar dibawah 🙂

Berikan Rating ?

Artikel Lainnya
6 Comments
  1. IDM Free Download says

    It’s hard to find well-informed people about this subject, however, you seem like you
    know what you’re talking about! Thanks

  2. http://a1149861.sites.myregisteredsite.com says

    Heya! I understand this is kind of off-topic however I had to ask.
    Does running a well-established blog such as yours require a large amount of work?
    I’m completely new to writing a blog but I do write in my diary daily.
    I’d like to start a blog so I can easily share my personal experience and feelings online.

    Please let me know if you have any suggestions or
    tips for new aspiring bloggers. Thankyou!

  3. Sinon says

    Aman g nih?

    1. DosenOnline says

      Aman gan 😀

  4. prediksi bola says

    Admin, bisa lebih sering update artikel gak?
    kadang lama banget nunggu update-nya. Padahal konten-kontenmu selalu bagus loh

    1. DosenOnline says

      siap kakak, kedepannya kami akan lebih sering update 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?