9 Cara Menentukan Target Market Untuk Bisnis Anda - Dosen

9 Cara Menentukan Target Market Untuk Bisnis Anda

0 70

Bagi seorang entrepreneur kepuasan pelanggan adalah nomor satu dalam sebuah bisnis. Mindset Entreprenenur harus memiliki cara untuk mempertahankan pelanggan agar tetap memiliki kepercayaan. Untuk itu anda harus memiliki strategi pemasaran dan tentunya lebih siap bersaing dengan kompetitor. Dengan memahami pelanggan, Anda akan bisa menjangkau pasar dengan mudah. Nah yuk simak cara menentukan target market yang tepat berikut.

Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Menentukan Target Market

1. Sasaran Produk Anda

Sebagai seorang entreprenenur anda harus bisa menentukan produk atau layanan yang anda tawarkan kepada pelanggan. Untuk mencari tahu hal tersebut, anda harus mencari tahu siapakah pelanggan yang berpotensi untuk membeli produk yang dijual. Memahami target pasaran ini juga penting untuk bisa meningkatkan keberlangsungan bisnis anda.

Penting bagi anda untuk mengetahui siapa sasaran yang tepat untuk produk. Jika sudah ada sasaran market yang tepat, anda harus memberikan inovasi bisnis yang bagus dan apik. Namun, jika produk yang anda jual tidak memiliki sasaran market, anda harus menerima bahwa ide bisnis tersebut belum dapat diterima untuk saat ini.

2. Jangan Bersumsi Sendiri

Ketika sudah berhasil menentukan target pelanggan, sebaiknya jangan berasumsi sendiri. Apa yang ada di fikiran anda tentunya belum tentu ada di fikiran orang lain. Sehingga anda perlu untuk melakukan sharing bersama dengan usia pelanggan yang menjadi sasaran target bisnis. Dengan bertanya langsung kepada pelanggan, anda akan memiliki gambaran bisnis. Apakah bisnis anda sudah tepat sasaran atau ada evaluasi yang harus dilakukan.

3. Survey Pelanggan

Sikap optimis bisa saja menjebak anda untuk melebih lebihkan ukuran target market. Padahal kenyataannya orang yang membutuhkan produk anda tidak sebanyak asumsi yang anda pikirkan. Cara menentukan target market ini bisa dilakukan survey pelanggan dan juga kondisi pasar. Anda bisa langsung mencari tahu dan melakukan survey ke lapangan untuk mencari tahu langsung kondisi pasar.

Riset ini akan memberikan data data yang berguna untuk bisa mencermati kebutuhan pelanggan. Melakukan survey ini juga sangat berguna untuk mengetahui kebutuhan target pasar. Anda bisa membuat acara kecil kecilan seperti bazar untuk melakukan tes produk yang sedang anda jual. Selalu maksimalkan momen ini untuk mencari informasi kebutuhan target pasar bisnis anda.

4. Tanyakan Pada Orang Sekitar

Supaya memiliki kepastian target pasar, anda bisa bertanya kepada orang sekitar yang anda kenal. Cobalah untuk meminta kritik dan saran mengenai produk atau layanan yang hendak anda rintis. Semua masukan dan kritiakan dari orang sekitar ini tentunya bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan target market anda.

Masukan dari orang terdekat ini sangat penting untuk pertimbangan produk yang anda jual. Karena masukan dari orang terdekat adalah masukan dari keinginan pelanggan yang diwakilkan. Cara menentukan target market ini pun sangat efektif dan bisa mempermudah jalanya bisnis. Anda pun tidak perlu repot repot untuk mengeluarkan uang, karena anda bisa langsung bertemu dengan teman anda.

5. Amati Kompetitor

Untuk bisa menentukan target market anda, cobalah untuk melakukan pengamatan kepada kompetitor yang telah memulai menjalankan bisnis lebih dahulu. Anda bisa mempelajari cara penjualan kompetitor ketika melakukan pemasaran, sehingga anda memiliki gambaran bisnis anda kedepanya. Cobalah cari beberapa keunggulan produk yang ditawarkan oleh kompetitor.

Dengan mengetahui keunggulan yang dimiliki oleh kompetitor, anda akan memiliki gambaran yang jelas tentang bisnis anda. tambahkan beberapa modifikasi produk yang kamu jual agar tidak sama dengan milik kompetitor. Selain itu cobalah mencari beberapa kelemahan yang dimiliki oleh kompetitor. Hal ini tentunya untuk memberikan bisnis yang berbeda dan membantu anda untuk bisa menemukan strategi bisnis untuk pelanggan anda.

6. Uji Coba Pemasaran

Sebelum anda meluncurkan produk bisnis secara resmi, ada baiknya anda mulai untuk melakukan uji coba strategi pemasaran.  Cara menentukan target market ini bertujuan untuk mengetahui ketertarikan pelanggan terhadap produk yang sedang dijual. Anda bisa melakukan penawaran produk kepada konsumen. Dengan menawarkan produk yang anda jual, tentunya akan terlihat sasaran target bisnis.

Tentunya bisnis yang anda rilis, memiliki beberapa kalangan yang sangat minat untuk membeli produk atau layanan anda. Nah dengan melakukan uji coba pemasaran anda akan mengetahui siapa saja yang tertarik dengan produk atau layanan anda. Hal ini kemudian memberikan peluang yang sangat besar untuk bisa menentukan target market anda.

7. Menentukan Strategi Pemasaran

Setelah anda mengetahui siapa saja konsumen yang tertarik dengan produk anda, selanjutnya adalah mencari informasi kebutuhan yang akan disasar. Kemudian tentukan strategi bisnis untuk target sasaran anda. Misalnya saja memberikan diskon yang lumayan besar untuk pelanggan pertama. Anda juga bisa memberikan beberapa merchandise untuk produk yang di jual.

Anda juga harus menentukan strategi pemasaran menggunakan sosmed, pamflet, dan lain sebagainya. Dengan memiliki strategi pemasaran yang matang bisnis anda akan tetap bisa berjalan. Pastinya anda harus bisa memberikan informasi yang seluas luasnya tentang produk yang anda jual. Hal ini penting untuk memberikan brand produk dan mudah diingat oleh masyarakat.

8. Evaluasi Target Pasar dan Respon Pasar

Cara menentukan target market selanjutnya adalah melakukan evaluasi kembali mengenai kebutuhan dan ketertarikan pelanggan. Melakukan evaluasi ini sangat penting untuk bisa melanjutkan keberlangsungan bisnis yang anda jalankan. Jika memang kebutuhan target pasar renda, coba lakukan evaluasi kembali mengenai strategi bisnis yang anda lakukan. Jangan sampai memulai bisnis namun target pasar tidak tepat.

Selain evaluasi target pasar, anda juga harus melakukan evaluasi respon pasar terhadap produk yang anda tawarkan. Jika memang respon pasar tidak sesuai dengan harapan, anda bisa melakukan evaluasi tentang strategi pemasaran yang anda gunakan. Evaluasi respon pasar ini bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk yang anda tawarkan.

9. Memperluas Target Pasar

Setelah anda melakukan evaluasi mengenai target pasar dan juga strategi pemasaran, anda bisa melihat peluang lain dalam bisnis anda. Apabila produk yang kamu jual ternyata mendapat respon yang positif oleh pelanggan, anda bisa memperluas bisnis anda. Sebagai seorang Entrepreneur anda harus bisa mencari cara menentukan target market anda.

Dengan memperluas target pasar, bisnis anda akan semakin diminati oleh banyak pelanggan. Anda bisa menentukan penjualan bisnis untuk kedepannya. Cobalah tentukan bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan jika target bisnis berbeda. Anda juga harus memikirkan untuk mulai membuka beberapa cabang di kota lain sebagai salah satu cara memperluas bisnis.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa cara agar anda bisa menentukan target market anda. Dalam menjalankan bisnis, anda perlu tahu bagaimana membuat sebuah laporan keuangan yang baik untuk bisa mensukseskan bisnis anda.

Selain itu anda juga harus mempersiapkan dengan matang strategi bisnis yang anda inginkan. Dengan mengetahui strategi dan sasaran bisnis, anda tidak akan khawatir jika bisnis anda akan terkalahkan oleh kompetitor.

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: