12 Cara Mengatasi Laptop Hang di Semua Windows 7 8 10

0 51
Belum ada rating.

Laptop memang sudah menjadi salah satu perangkat keras yang banyak digunakan oleh umum, mulai dari anak kecil, remaja, hingga dewasa untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka agar lebih mudah dan cepat. Jika kamu sedang mencari cara mengatasi laptop blank saat dinyalakan silahkan baca artikel sebelumnya. Evolusi telah terjadi dari komputer PC di rumah yang tidak bisa di bawa kemana – mana berubah menjadi laptop yang lebih ringan dan telah membawa pengaruh yang signifikan kepada pola kehidupan kita. Simak cara mengatasi laptop hang yang akan kami sampaikan secara lengkap.

Ketika laptop yang menjadi perangkat keras esensial di dalam dunia kerja, sekolah, dan lainnya harus hang. Di situ akan mengalami keterhambatan dalam melakukan pekerjaan. Oleh karena laptop ini digunakan oleh semua kalangan, maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop macet total agar ketika sewaktu – waktu hal tersebut terjadi akan dapat terselesaikan dengan mudah.

Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Cepat

Berikut ini akan dibahas mengenai cara mengatasi laptop hang atau not responding agar Anda dapat melakukannya di rumah sehingga semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan semestinya tanpa ada hambatan. Tapi jika ada kendala baterai hp habis, kamu bisa menghematnya dengan aplikasi penghemat baterai yang ada di Play Store. Beberapa cara yang dapat digunakan antara lain:

  1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Hapus Aplikasi yang Tidak DigunakanCara mengatasi laptop hang saat baru dinyalakan yaitu dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak lagi diperlukan. Tentu semakin banyak aplikasi yang terinstal akan menjadi masalah karena akan memakan ruang penyimpanan dan resource yang ada pada laptop.

Oleh karena itu, jika Anda sering menemukan laptop yang hang, sebaiknya Anda melakukan pengecekan terhadap program manager untuk dapat melihat aplikasi mana saja yang dapat dihapus untuk meringankan laptop. Ketika sudah menghapus aplikasi berjalan yang sudah tidak digunakan cobalah untuk menggunakannya kembali dan bedakan sensasinya.

  1. Ubah Tampilan Layar Menjadi Lebih Simple

Ubah Tampilan Layar Menjadi Lebih SimpleKetika Anda menggunakan tampilan layar atau desktop yang kompleks, seperti banyak menggunakan widget, shortcut, aplikasi kalender dan yang lainnya ini akan membuat banyak resource tersedot untuk menjalankan aplikasi tersebut. Hal ini dapat menyebabkan laptop Anda menjadi hang.

Maka dari itu, bersihkan desktop dari hal – hal yang tidak diperlukan. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan task manager jika ingin menggunakan windows. Alangkah baiknya yang ada di desktop hanyalah isi yang penting saja. Yang tidak penting bisa kamu hapus supaya laptop berjalan dengan lancar.

  1. Kurangi Aktifitas Multitasking

Kurangi Aktifitas MultitaskingMengatasi laptop hang tidak bergerak yang ke 3 yaitu dengan mengurangi aktifitas multitasking. Terutama ketika menjalankan program – program yang berat akan membuat laptop rentan terhadap error. Laptop memiliki kapasitas maksimal yang dimilikinya, dengan melakukan multitasking ini akan berpengaruh kepada space untuk RAM.

Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan multitasking maka batasi pada program – program yang hanya memakan porsi RAM kecil dan tidak membutuhkan pemrosesan CPU tinggi akan menanggulangi laptop hang. Terbukti, cara mengatasi laptop blank atau hang ini cukup ampuh.

  1. Hentikan Aplikasi yang Berjalan Di Latar Belakang

Hentikan Aplikasi yang Berjalan Di Latar BelakangAplikasi yang banyak berjalan di latar belakang ini tidak baik untuk kesegaran laptop. Hal ini terjadi karena aplikasi yang berada di latar belakang akan menyedot resource laptop. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang akan menyebabkan resiko hang semakin besar.

Cara mengatasi laptop not responding dengan menghentikan aplikasi sangatlah tepat. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk Anda menghentikan aplikasi – aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut. Karena dengan menghapusnya, laptop kamu tidak akan menjalankan banyak aplikasi sehingga penggunaan laptop menjadi ringan.

  1. Hapus Aplikasi yang Tidak Kompatibel dengan Sistem Operasi

Hapus Aplikasi yang Tidak Kompatibel dengan Sistem OperasiCara mengatasi laptop hang yang selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak kompatibel dengan sistem operasi yang digunakan. Aplikasi yang tidak kompatibel dengan sistem operasi ternyata salah satu penyebab dari laptop hang.

Maka dari itu, dianjurkan bagi Anda untuk segera menghapus aplikasi – aplikasi tersebut. Perlu dilihat jika Anda ingin memasang aplikasi, perhatikan aplikasi tersebut kompatibel untuk sistem operasi apa saja agar tidak crash.

  1. Hapus Semua Virus dan Malware

Hapus Semua Virus dan MalwareCara mengatasi laptop ngeblank hang dapat mencoba scan dan bersihkan virus pada laptop. Adanya virus ini juga dapat menyebabkan terjadinya laptop yang hang karena mereka membuat resource pada RAM, CPU, dan yang lainnya menjadi terpakai dengan besar.

Dengan adanya virus tersebut, laptop Anda juga tidak dapat untuk melakukan aktifitas apapun selain mengikuti segala perintah yang disarankan oleh virus tersebut. Maka dari itu, Anda dapat menghapus semua virus dan malware yang bersarang di laptop sebelum semuanya terlambat.

  1. Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Ganti RAM Laptop

Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Ganti RAM LaptopTerjadinya laptop yang hang juga dapat disebabkan karena adanya blok memori dari RAM yang mengalami kerusakan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda perlu mengganti RAM yang ada di dalam laptop. Sebelum itu, Anda juga dapat melakukan pengecekan terhadap RAM untuk memastikan apakah ada blok yang error atau tidak dengan aplikasi untuk pengecekan yang banyak beredar di internet.

  1. Cara Mengatasi Laptop Macet Total dengan Menambah Memori RAM

Cara Mengatasi Laptop Macet Total dengan Menambah Memori RAMSelain pada blok memori RAM yang rusak sehingga menyebabkan laptop menjadi hang, hal ini juga dapat disebabkan karena jumlah Random Access Memory yang dimiliki tidak tersedia untuk menjalankan aplikasi – aplikasi yang membutuhkan memori di RAM dengan besar. Solusi dari cara mengatasi laptop macet total ini bisa dilakukan dengan menambah RAM di laptop agar ruang memori yang tersedia tersebut dapat lebih banyak untuk slotnya dan menjalankan aplikasi – aplikasi yang banyak membutuhkan space RAM yang besar.

  1. Ganti Harddisk Laptop

Ganti Harddisk LaptopCara mengatasi laptop hang yang ke 9 ini yaitu dengan cara mengganti harddisk laptop. Selain permasalahan yang ada pada RAM, salah satu perangkat lainnya yang dapat menyebabkan laptop menjadi hang adalah karena blok pada harddisk yang rusak. Akibat dari hal ini adalah data yang dimiliki tidak bisa terbaca dengan baik dan akan sering mengalami not responding. Untuk mengatasi hal tersebut, maka tindakan yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengganti harddisk laptop yang baru.

  1. Ganti Storage ke SSD

Ganti Storage ke SSDSelain mengganti RAM, menambah space RAM, dan mengganti hardisk laptop. Anda juga dapat mengganti HDD ke SSD untuk dapat memberikan akses yang lebih cepat. Sehingga hang atau not responding tersebut tidak akan menghampiri dan terjadinya error dalam masalah read atau write dapat diperkecil.

Dengan mengganti SSD ini sama saja dengan upgrade laptop. Karena kelancaran dari SSD ini sama seperti kita mengganti RAM, jadi kalau kamu mau memaksimalkan kinerja laptop. Selain menambah RAM kamu bisa juga upgrade SSD kamu dengan type yang lebih tinggi yaitu SSD.

  1. Pasang Aplikasi yang Sudah Versi Final

Pasang Aplikasi yang Sudah Versi FinalAplikasi – aplikasi tentu banyak yang masih berada pada versi beta atau alpha. Terkadang versi – versi tersebut memiliki ­bug yang dapat menyebabkan laptop menjadi sering mengalami error hang. Oleh karena itu, Anda dapat mengatasi hal ini dengan cara memilih dan menginstall aplikasi yang sudah pada versi finalnya saja untuk dapat menanggulangi terjadinya hang di laptop.

  1. Cara Mengatasi Laptop Macet Total dengan Install Ulang Laptop

Cara Mengatasi Laptop Macet Total dengan Install Ulang LaptopCara mengatasi laptop macet total yang terakhir yaitu dengan cara install ulang laptop. Install ulang laptop ini menjadi salah satu hal yang banyak dihindari oleh orang karena akan mengulang segala yang ada di laptop. Namun hal ini perlu dilakukan untuk mengatasi laptop yang sering mengalami hang.

Demikianlah ulasan yang membahas mengenai cara mengatasi laptop hang dengan cepat dan mudah versi Dosen Online. Semoga artikel ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi Anda yang membutuhkan cara mengatasi laptop yang sering mengalami hang atau nor responding yang disebabkan oleh suatu hal. Semoga berhasil !

Berikan Rating ?

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?