Cara Mengatasi Whatsapp Boros Kuota Internet Paling Ampuh - Dosen

Cara Mengatasi Whatsapp Boros Kuota Internet Paling Ampuh

0 2,738

Aplikasi whatsapp merupakan aplikasi chatting yang dapat digunakan secara online. Aplikasi whatsapp saat ini memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak di dunia, termasuk di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi chatting milik facebook ini, baik yang muda hingga yang tua. Tidak hanya dalam bentuk pesan teks saja yang dimiliki whatsapp, bentuk gambar, video, file, voice note juga dapat digunakan di aplikasi tersebut. Bahkan aplikasi ini dapat untuk melakukan telepon dalam bentuk suara biasa dan telepon dalam bentuk video seolah Anda sedang bertatap muka dengan lawan bicara. Untuk itu, perlu bagi Anda untuk mengetahui cara menghemat kuota internet yang akan diulas secara lengkap pada artikel cara mengatasi whatsapp boros kuota internet kali ini.

Aplikasi whatsapp dapat digunakan di platform Android, iOS, Windows Phone, Nokia Series 40, Symbian, dan Blackberry. Namun, whatsapp sudah tidak mengeluarkan update lagi untuk Blackberry sejak tahun 2017. Untuk dapat menggunakan aplikasi whatsapp, Anda harus memiliki jaringan internet yang dapat membuat koneksi antara smartphone dan internet. Apalagi jika Anda ingin mendapatkan uang di internet, sehingga Anda harus lebih menghemat kuota agar tidak boros.

Seiring berjalannya waktu, aplikasi whatsapp terus melakukan update terhadap fitur-fitur yang melengkapi aplikasi tersebut, agar dapat memudahkan pengguna dalam berkomunikasi. Dengan banyaknya fitur-fitur yang tersedia, dan mengingat aplikasi whatsapp dapat mengirim dan menerima pesan dalam bentuk teks, gambar, video, file, serta suara. Maka, kuota internet yang dihabiskan untuk aplikasi ini tidaklah sedikit. Disini kami akan memberikan untuk Anda cara mengatasi whatsapp boros kuota internet dari penyebab whatsapp boros kuota.

Cara Mengatasi Whatsapp Boros Kuota Internet

Dalam aplikasi whatsapp sendiri terdapat pengaturan untuk dapat menghemat penggunaan data. Berikut, kami akan mengulas mengenai cara hemat kuota whatsapp.

  1. Hentikan Download Otomatis dan Gunakan Low Data Usage

Pengaturan default ketika aplikasi whatsapp terinstal pada smartphone adalah dengan secara otomatis mengunduh segala sesuatu yang dikirimkan oleh lawan chatting Anda. Namun jangan khawatir, Anda dapat mengaturnya agar whastapp tidak lagi mengunduh secara otomatis, melainnkan mengunduhnya secara manual. Berikut langkah-langkahnya:Hentikan Download Otomatis dan Gunakan Low Data Usage

  • Pertama, buka aplikasi whatsapp dan tap menu tiga titik vertikal pada pojok kanan atas kemudian pilih Setting.
  • Kedua, tap pada menu Data and storage usage.
  • Ketiga, pada menu Media auto-download Anda hanya perlu melakukan uncheck pada semua pilihan (Photos, Audio, Videos, dan Documents) hingga menjadi No media pada opsi When using mobile data, When connected on Wi-Fi, dan When roaming.

Beberapa poin diatas merupakan cara menghentikan download otomatis ketika pesan masuk dalam bentuk foto, video, suara, dan dokumen. Anda dapat membukanya dengan cara mengunduhnya secara manual. Kemudian cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan centang pada Low data usage. Hal ini ditujukan ketika sedang melakukan panggilan. Maka kualitas panggilan akan turun dengan mengkompresi kualitas suaranya.

Hentikan Download Otomatis dan Gunakan Low Data UsageFitur download otomatis pada whatsapp merupakan salah satu penyebab whatsapp boros kuota internet yang utama. Beberapa poin diatas terbukti dapat dijadikan sebagai Cara menghemat kuota whatsapp. Pastikan untuk menggunakan langkah diatas dengan benar dan tepat agar semakin hemat dalam penggunaan datanya. Dengan menghemat data, tentu menjadi lebih baik dan dapat dimanfaatkan kembali untuk hal yang lebih bermanfaat.

  1. Chat Backup Hanya Menggunakan Wi-Fi

Cara mengatasi whatsapp boros kuota internet yang ke dua yaitu dengan menggunakan WiFi saat melakukan backup. Di dalam aplikasi whatsapp juga Anda dapat mencadangkan pesan agar ketika suatu saat terjadi masalah pada smartphone maupun aplikasi whatsapp itu sendiri, seluruh pesan tidak akan hilang karena sudah dicadangkan. Pencadangan pesan disini dapat dilakukan secara menyeluruh atau satu dua pesan yang menurut Anda perlu untuk dicadangkan, bukan semuanya. Namun, jika Anda mencadangkan pesan secara otomatis melalui data seluler, maka kuota akan cepat terkuras.

Berikut kami berikan Cara agar kuota tidak habis saat menggunakan whatsapp dengan melakukan backup hanya jika menggunakan jaringan Wi-FiChat Backup Hanya Menggunakan Wi-Fi

  • Pertama, pilih menu Setting pada saat sudah melalukan tap pada pojok kanan atas titik tiga vertikal
  • Kedua, pilih menu Chats
  • Ketiga, pilih menu Chat backup. Di sana terdapat pilihan backup melalui Google Drive. Pada Back up to Google Drive pilih sesuai dengan keinginan Anda. Lalu pada Account pilih akun yang akan Anda gunakan untuk melakukan backup. Lalu pada Back up over pilih hanya pada Wi-Fi. Jika Anda ingin melakukan backup pada video, maka centang Include videos.
  1. Batasi Data Background

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk Cara menghemat kuota aplikasi adalah dengan membatasi penggunaan data background. Dalam hal ini aplikasi whatsapp akan dibatasi penggunaan data yang berjalan di background. Berikut langkah-langkahnya:Batasi Data Background

  • Pertama, buka Setting pada smartphone Anda
  • Kedua, pilih data usage
  • Ketiga, pilih cellular data usage
  • Keempat, cari aplikasi whatsapp dan tap. Lalu Anda dapat mengatur aplikasi yang akan menggunakan data di latar belakang. Uncheck saja pada Background data

Dengan membatasi penggunaan data di latar belakang, penyebab whatsapp boros kuota ini akan terhenti dan kuota internet yang Anda miliki akan lebih memiliki kontrol dalam penggunaannya untuk aplikasi-aplikasi yang menurut Anda dapat menguras kuota menjadi lebih boros dari biasanya. Anda dapat mengaktifkan background data pada aplikasi yang menurut Anda penting.

  1. Atur Penggunaan Data Untuk Whatsapp

Salah satu cara kuota menjadi hemat yaitu dengan mengatur penggunaan dari data di smartphone untuk aplikasi yang dituju yaitu dalam hal ini aplikasi whatsapp. Anda dapat mengelola aplikasi mana saja yang ingin digunakan pada data seluler atau pada jaringan Wi-Fi dan yang tidak ingin digunakan. Jika aplikasi whatsapp dirasa mengganggu, untuk itu atur whatsapp agar tidak menggunakan data seluler maupun Wi-Fi agar tidak boros kuota. Berikut langkah-langkahnya:Atur Penggunaan Data Untuk Whatsapp

  • Pertama, masuk pada setting di smartphone.
  • Kedua, cari aplikasi whatsapp lalu di
  • Ketiga, pilih Batasi penggunaan data.
  • Keempat, Anda dapat mencentang yang dipilih atau uncheck jika merasa mengganggu

Di dalam penggunaan data tersebut Anda dapat mengetahui aplikasi yang memakan banyak kuota internet. Ketika penggunaan data melebihi batas wajar, Anda dapat mengaturnya dengan cara menonaktifkan aplikasi yang mengganggu. Dengan ini Anda sudah mengetahui Cara internet hemat dengan baik. Disarankan untuk menggunakan prosedur yang sesuai agar hasilnya pun menjadi lebih tercapai.

Demikian informasi Dosen Online mengenai Cara mengatasi whatsapp boros kuota internet dari beberapa penyebab whatsapp boros kuota. Saat ini semuanya serba online, semuanya serba internet. Pengguna sms dan telepon yang menggunakan pulsa untuk dapat memakainya sudah mulai berkurang dan kalah dengan aplikasi chatting beserta telepon secara online dengan memanfaatkan paket data internet yang sudah tersedia diberbagai provider. Untuk itu, bijak-bijaklah dalam menggunakan paket data tersebut. Kontrol pengeluaran yang dilakukan oleh paket data agar tetap hemat dan tidak terbuang secara sia-sia. Saat ini juga banyak aplikasi yang tidak terpakai namun memakan paket data yang lumayan besar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: