14 Cara Mengatur Waktu Agar Lebih Produktif Bekerja dan Belajar

Baca yang ikhlas supaya kamu jadi orang yang tidak pemalas :)

0 42

Waktu tidak bisa diputar kembali, sehingga jika tidak ingin tertinggal waktu ada baiknya untuk memanfaatkan waktu dengan baik. Manajemen waktu sangat dibutuhkan agar dapat memaksimalkan waktu serta tingkatkan produktivitas terutama dalam pekerjaan, terutama jika Anda seorang affiliate marketing. Memang hal ini tidak mudah karena membutuhkan paksaan agar kita terbiasa. Ulasan berikut ini akan memberikan informasi cara mengatur waktu & tips manajemen waktu yang harus anda tahu.

Cara Mengatur Waktu Agar Produktif Dalam Bekerja

1. Membuat Jadwal Harian

Tips mengatur waktu yang pertama yaitu dengan membuat jadwal harian. Agar anda bisa memanajemen waktu dengan baik, tidak ada salahnya untuk membuat jadwal harian yang sudah disesuaikan dengan prioritas anda.

Dengan begitu anda bisa menyelesaikan pekerjaan yang memiliki deadline paling dekat atau pekerjaan yang lebih urgent. Jadwal sebaiknya anda susun berdasarkan tingkat urgent yang lebih tinggi hingga pekerjaan yang memiliki deadline lebih longgar.

Penting bagi anda untuk mengukur skala prioritas  agar pekerjaan tidak terbengkelai juga waktu anda efektif. Anda juga harus memahami dengan jelas tugas dan pekerjaan yang harus anda lakukan. Jika anda ingin tetap produktif jangan sekali sekali melanggar jadwal yang sudah anda buat sendiri. Yang mengetahui skala prioritas adalah anda sendiri, sehingga akan percuma jika jadwal dibuat namun pekerjaan tetap tidak selesai.

2. Membuat Daftar To do List

Cara Mengatur Waktu dengan Membuat Daftar To do ListCara mengatur waktu agar lebih produktif yang bisa anda lakukan saat malam hari sebelum tidur adalah membuat daftar apa yang akan anda lakukan. To do list tidak hanya menyangkut pekerjaan anda, melainkan kegiatan lain seperti jam berapa anda akan bangun juga bisa anda masukkan daftar. Tujuannya adalah agar anda bisa mengetahui kegiatan apa saja yang harus dikerjakan, dan hal apa yang bisa ditunda di kemudian hari.

Ada baiknya anda membuat daftar ini setiap hari jika anda ingin tetap produktif setiap harinya. Keteraturan juga akan tercipta jika anda memang berniat memiliki manajemen yang baik.

Pastikan anda membuat komitmen dengan diri anda sehingga tidak merusak to do list yang telah anda siapkan. Jika anda tidak terbiasa mencatat atau membuat daftar lebih baik dibiasakan agar, anda tidak lupa atau terlewat dengan kegiatan penting yang harus dilakukan.

3. Terapkan Konsistensi

Tips mengatur waktu dengan menerapkan konsisten. Setelah anda membuat jadwal dan daftar yang harus dikerjakan setiap hari maka anda harus bertekad untuk konsisten.

Jika dibayangkan memang terlihat mudah untuk konsisten dengan jadwal yang telah anda buat. Nyatanya jika dilakukan tentu saja tidak mudah, tidak jarang kita memberi kelonggaran pada diri sendiri seperti tidak bekerja sesuai jadwal atau bahkan tidak lagi membuat daftar.

Meski tidak mudah, namun konsistensi bisa didapatkan jika dilakukan setiap hari. Anda harus bekerja keras memaksa diri anda untuk mengerjakan sesuai jadwal. Ketika anda sudah berhasil maka memanajemen waktu untuk menjadi lebih produktif bisa anda dapatkan. Tekad yang kuat sangat dibutuhkan dalam mengerjakan pekerjaan sesuai dengan jadwal. Bahkan mungkin tubuh akan secara otomatis mengikuti jadwal harian yang sudah di buat.

4. Jangan Menunda Pekerjaan

Larangan ini adalah larangan yang harus anda lakukan jika anda inginkan produktif dalam bekerja dengan mengatur waktu yang baik. Menunda pekerjaan sering kali dilakukan dan dianggap sepele. Yang kemudian membuat anda kewalahan karena pekerjaan menumpuk, merusak jadwal anda hingga membuat anda stress karena ternyata deadline sudah dekat. Tidak hanya itu anda juga akan kesulitan membagi waktu hingga akhirnya lembur.

Menunda pekerjaan boleh dilakukan jika pekerjaan yang ditunda tidak memiliki poin prioritas yang tinggi. Artinya pekerjaan tersebut memilki jangka waktu deadline yang panjang. Cara mengatur waktu yang harus anda terapkan adalah, mengerjakan pekerjaan yang memiliki prioritas tinggi terlebih dahulu. Penumpukan tugas tidak hanya mempengaruhi diri anda yang lelah namun juga bisa merusak kredibilitas anda.

5. Membuat Tenggat Waktu

Membuat Tenggat WaktuJika pekerjaan yang anda miliki memiliki deadline yang panjang, tidak ada salahnya anda menentukan tenggat waktu sendiri. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas serta menghindari lembur atau bekerja berlebihan. Ada baiknya anda memberi tengat waktu dan kemudian memberikan jeda sebelum mengerjakan tugas yang berikutnya. Sehingga anda memiliki kesempatan untuk evaluasi dan melakukan pengecekan.

Hal ini tidak hanya sebagai cara tingkatkan produktivitas, tapi juga sebagai salah satu cara untuk membuat pekerjaan anda memiliki kualitas yang baik. Tidak hanya berguna untuk perusahaan, kualitas baik yang anda miliki juga bisa menentukan jenjang karir anda. Pekerjaan yang tuntas dan tepat waktu menjadi nilai plus yang mungkin, membuat anda dilirik oleh dewan sehingga bisa mendapat promosi untuk naik jabatan.

Apabila jabatan anda sudah tinggi, anda juga bisa memberikan contoh yang baik untuk orang lain. Ketika anda membuat tenggat waktu jangan pernah untuk melewatinya atau tidak mematuhinya. Kualitas dan kredibilitas yang sudah anda susun bisa saja rusak dan yang paling penting pekerjaan anda tidak berjalan lancar. Tujuan anda untuk memanajemen waktu yang baik dan meningkatkan produktivitas akan semakin menjauh.

6. Jangan Mencoba Multitasking

Seseorang dengan kemampuan multitasking memang terkesan hebat dan juga luar biasa. Padahal multitasking tidak selalu keren karena, dalam kegiatannya membutuhkan fokus yang baik. Mengejar kuantitas belum tentu pekerjaan tersebut memiliki kualitas yang baik. Justru dengan multitasking akan membagi pikiran anda dengan banyak hal, yang bisa saja membuat pekerjaan yang harusnya cepat selesai menjadi tidak kunjung selesai.

Multitasking hanya akan membuat otak anda bekerja lebih keras dari biasanya. Sehingga mempengaruhi kondisi tubuh yang mudah lelah dan anda juga akan mudah stress. Tidak hanya itu, kemampuan otak dalam menyimpan memori juga akan turun terutama memori jangka pendek. Tentu saja hal ini tidak menguntung anda tapi justru merugikan diri anda sendiri. Terutama dari segi kesehatan jangka panjang.

Penelitian menunjukkan seseorang yang mengerjakan dengan berpindah dari tugas satu ke tugas lainnya, melebihi  10 kali selama sehari akan mampu membuat kinerja otak menurun. Jika anda tidak menginginkan pekerjaan jauh dari kata tuntas dan efektif sebaiknya anda mengikuti cara mengatur waktu agar lebih produktif. Lebih baik jika anda mengerjakan satu terlebih dahulu baru kemudian berpindah ke tugas selanjutnya.

7. Jangan Takut Mengatakan Tidak

Tidak jarang kita merasa tidak enak atau sungkan menolak permintaan orang lain, apalagi jika orang tersebut memiliki kedekatan dengan kita. Padahal permintaan tersebut membebani kita sendiri. Apabila anda ingin menjadi pekerja yang pandai mengatur waktu sekaligus memiliki produktivitas tinggi maka, anda harus bisa mengatakan tidak atau menolak ketika anda memiliki pekerjaan yang tidak kalah banyak.

Tidak masalah membantu, apabila pekerjaan tersebut memiliki tenggat waktu yang panjang dan bisa dikerjakan di hari kemudian. Namun, bila harus dikerjakan saat itu juga ada baiknya, anda menolak dan lebih memprioritaskan pekerjaan anda sendiri. Selain itu anda juga tidak perlu takut saat menolak ajakan teman berpergian jika hal tersebut menganggu pekerjaan anda. Anda menolak dengan halus agar tidak saling menyinggung perasaan.

Memang tidak mudah awalnya, namun jika hal ini menjadi kebiasaan maka anda bisa mengatur jadwal dan miliki manajemen waktu yang baik. Anda juga bisa memberi bantuan juga mengikuti ajakan teman teman ketika anda memiliki banyak waktu luang. Penting untuk anda mengingat, lebih baik menolong diri sendiri dahulu sebelum menolong orang lain ketika anda tidak mampu bahkan tidak bisa.

8. Menghindari Hal Yang Membuat Tidak Fokus

Menghindari Hal Yang Membuat Tidak FokusCara mengatur waktu agar lebih produktif dalam bekerja yang ke delapan yaitu dengan menghindari hal yang membuat Anda tidak fokus. Ketika sudah bekerja ada baiknya anda meninggalkan permasalahan atau hal lain di rumah. Dengan begitu kamu bisa fokus terhadap pekerjaan yang sedang anda jalankan.

Bukan hanya itu, jadwal yang telah anda susun juga bisa berantakan dan bisa membuat pekerjaan anda tidak berjalan baik. Oleh karena itu penting bagi anda untuk menghindari hal yang bisa membuat pikiran anda terbagi dan tidak fokus.

Ada baiknya sebelum memulai pekerjaan anda menata tempat kerja anda dengan baik. Agar suasana nyaman tercipta dan anda juga bisa fokus terhadap pekerjaan. Jauhkan ponsel dari genggaman anda untuk sementara waktu, jangan sampai anda keasikan bermain ponsel dan melupakan tugas yang seharusnya anda kerjakan. Fokus bisa dilakukan oleh diri anda sendiri sehingga anda bisa memaksimalkan waktu anda untuk mengerjakan semua pekerjaan anda.

9. Mengenali Waktu Paling Produktif

Dalam waktu 24 jam, terdapat waktu waktu tertentu dimana otak anda akan bekerja lebih dari biasa atau waktu produktif. Masing masing orang tentu saja memiliki waktu produktif yang berbeda.

Misalnya waktu produktif anda adalah pagi hati, maka anda bisa memaksimalkan waktu produktif untuk menyelesaikan tugas berat. Sehingga saat waktu berjalan anda bisa menyelesaikan pekerjaan yang lain dengan tetap maksimal.

Bisa juga bagi anda yang memiliki waktu produktif pada malam hari untuk lebih mengoptimalkan pekerjaan di malam hari. Langkah ini merupakan cara mengatur waktu untuk tingkatkan produktivitas dalam bekerja. Mengetahui waktu produktif penting untuk dilakukan agar kamu bisa menyelesaikan dan memaksimalkan waktu tersebut dengan tugas tugas pekerjaan sehingga cepat selesai tapi kualitasnya tetap baik.

10. Menyediakan Waktu Untuk Istirahat

Menyediakan Waktu Untuk IstirahatTips mengatur waktu yang baik tidak serta merta hanya mengatur waktu bekerja saja. Anda tetap tidak boleh mengesampingkan kebutuhan lain pada diri anda. Ketika anda sudah bisa mengatur jadwal dan waktu dengan baik tentunya anda tidak akan pernah kelelahan.

Karena anda pasti memiliki jadwal istirahat disela sela pekerjaan anda. Istirahat tentu saja sangat dibutuhkan untuk mengistirahatkan otak dan tubuh sehingga tetap bugar.

Apabila selama ini anda hanya terus bekerja dan tidak memiliki jadwal istirahat yang baik, kemungkinan manajemen waktu anda tidak berhasil. Anda harus mengevaluasi ulang hal apa yang anda tidak lakukan hingga membuat anda tidak memiliki waktu istirahat. Tubuh yang bugar membuat anda mudah untuk melakukan pekerjaan dengan optimal. Dan agar tubuh tetap bugar anda harus memiliki waktu istirahat dalam jadwal harian anda.

11. Memulai Pekerjaan Lebih Awal

Cara mengatur waktu dengan bangun lebih pagi dan memulai pekerjaan lebih awal akan membuat anda memiliki banyak waktu dan bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa tergesa. Anda juga bisa menghindari hal tak terduga yang bisa saja muncul dan mengganggu pekerjaan anda.

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dengan memulai pekerjaan lebih awal adalah anda bisa menyelesaikan pekerjaan lebih awal dan tidak ada lembur. Sehingga anda memiliki waktu bersantai lebih banyak.

Jika kamu seorang influencer instagram, kamu harus bangun pagi-pagi untuk menyiapkan kontenmu yang akan di posting pada pagi hari pada jam tertentu. Karena biasanya seorang influencer posting konten minimal 3x sehari, mulai dari pagi, siang dan malam.

Pada dasarnya memulai pekerjaan lebih awal tidak akan merugikan anda. Datang 30 menit lebih awal di kantor, akan membuat anda memiliki waktu lebih awal menyiapkan diri untuk bekerja. Apalagi bagi anda yang memiliki waktu produktif di pagi hari. Tentu saja anda bisa memaksimalkan waktu produktif anda untuk menyelesaikan draft jadwal yang sudah anda siapkan. Untuk itu ada baiknya anda juga bangun lebih awal.

12. Menyediakan Waktu Tak Terduga

Jika anda ingin memanajemen waktu dengan baik tidak ada salahnya anda menyiapkan waktu khusus untuk hal yang tak terduga. Hal tak terduga tersebut bisa saja seperti macet di jalan sehingga anda datang terlambat atau karena suatu hal anda tidak menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Sehingga anda masih memiliki waktu untuk mengerjakan tanpa harus menganggu jadwal yang sudah anda susun.

Penyediaan waktu ini hanya bisa dipahami oleh anda sendiri karena anda yang membuat jadwal anda sendiri dan mengetahui kemampuan anda. Hanya anda yang bisa memahami dan juga bisa memperkirakannya. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah jika anda memahami dengan baik tugas yang akan anda kerjakan. Luangkan beberapa waktu untuk memahaminya sehingga anda sudah tahu apa yang akan dikerjakan ketika tiba di kantor.

13. Meletakkan Jam Di Dekat Anda

Meletakkan jam di depan anda merupakan cara mengatur waktu yang bisa anda terapkan. Hal ini bertujuan agar anda bisa mengatur waktu dan mengerjakan tugas sesuai dengan jadwal yang sudah anda buat.

Anda bisa menganggap jam tersebut adalah supervisor yang bertugas mengawasi anda. Sehingga ketika jam sudah mendekati jadwal yang selanjutnya anda harus segera menambah kecepatan anda dalam bekerja.

Cara ini terbukti cukup efektif karena mampu mengingatkan anda dalam menyelesaikan tugas sesuai dengan jadwal. Jam yang berada di depan anda akan memacu dan membuat anda bergegas untuk menyelesaikan dalam waktu yang telah anda tetapkan. Namun anda harus memastikan jika jam yang anda setel sudah sesuai dengan waktu yang sebenarnya. Ada baiknya anda untuk melebihi 5 menit agar anda memiliki waktu untuk evaluasi.

14. Jangan Lupa Berlibur

Jangan Lupa BerliburMeskipun anda banyak menghabiskan waktu untuk bekerja sebaiknya anda tetap menyediakan waktu untuk berlibur. Berlibur memiliki banyak manfaat yang salah satunya juga meningkatkan produktivitas anda dalam bekerja. Manajemen waktu yang baik akan membuat anda memiliki waktu libur dan tidak perlu bekerja di akhir pekan. Manfaatkan akhir pekan anda untuk merefresh otak anda dengan menikmati keindahan semesta.

Anda bisa melakukan liburan yang dekat dengan tempat tinggal anda. Jika memiliki banyak cuti anda bisa memanfaatkan untuk pergi ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Berlibur yang paling menyenangkan adalah kembali kepada alam. Udara segar dan hawa yang asri sangat ampuh untuk melepas penat. Apalagi banyak objek wisata alam yang memiliki harga tiket terjangkau.

Mampu mengatur waktu dengan baik tidak hanya akan membuat anda produktif dalam bekerja saja. Namun, anda akan memiliki banyak waktu luang untuk meningkatkan hidup anda menjadi pribadi yang lebih bahagia. Manajemen waktu yang buruk akan membuat anda terus-terusan berkutat dengan pekerjaan dan membuat anda tidak bisa menikmati waktu untuk kegiatan yang lainnya.

Semoga artikel cara mengatur waktu supaya lebih produktif dalam bekerja atau belajar ini bermanfaat untuk Anda 🙂

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?