10 Cara Menghemat Baterai HP Agar Tidak Cepat Habis

Jika Anda sudah mengetahui cara mengatasi hp cepat panas. Maka setelah itu Anda dapat melakukan cara menghemat baterai hp yang baik dan benar untuk memperpanjang umur baterai. Baterai hp merupakan jantung dari jadinya sebuah hp. Dengan adanya baterai, maka hp sudah siap bertarung di segala kondisi baik panas, dingin, perjalanan jauh, maupun perjalanan dekat. Tentu Anda sebelum melakukan aktivitas di suatu hari, pada awal hari sudah melakukan proses charging untuk hp agar dapat dibawa ketika melakukan aktivitas pada hari tersebut secara penuh. Sangat disayangkan ketika sedang melakukan aktivitas ditengah jalan hp mati.

Jika Anda sudah merasa bahwa baterai hp Anda sudah menurun dari performa terbaiknya. Maka Anda perlu melakukan sesuatu untuk dapat mencegah penurunan tersebut terus berlanjut agar Anda tetap menjaga kestabilan hp sehingga aktivitas juga tidak ikut terganggu. Penghematan baterai sangat diperlukan untuk hp baik hp baru maupun hp lama agar menjadi tahan lama dan tidak cepat rusak. Artikel ini akan membahas lengkap untuk Anda mengenai bagaimana cara menghemat baterai hp.

Cara Menghemat Baterai Hp Agar Tidak Cepat Habis

Hp android merupakan salah satu sistem operasi yang terkenal akan konsumsi daya yang besar sehingga cukup boros dalam penggunaan baterai. Maka dari itu, artikel ini akan membahas beberapa tips atau cara menghemat baterai hp yang dapat Anda lakukan dan tidak lagi repot – repot menggunakan powerbank atau melakukan charging setiap saat. Berikut ini adalah cara – caranya:

  1. Turunkan Tingkat Kecerahan Pada Layar HP

Turunkan Tingkat Kecerahan Pada Layar HPTingkat kecerahan pada layar sangat mempengaruhi baterai menjadi cepat habis. Dengan tingkat kecerahan yang tinggi maka berbanding lurus dengan tersedotnya daya baterai yang banyak juga. Maka dari itu, cara menghemat baterai hp samsung di lakukan penyesuaian tingkat kecerahan pada hp secara manual ataupun otomatis.

Dengan pengaturan otomatis, Anda tidak akan repot – repot selalu mengganti tingkat kecerahan dari gelap ke terang maupun terang ke gelap. Karena fitur ini sudah secara otomatis diatur oleh sistem dengan kesesuaian cahaya disekitar Anda.

  1. Gunakan Wallpaper yang Gelap

Gunakan Wallpaper yang GelapTentu ketika pertama kali Anda menghidupkan hp yang muncul adalah wallpaper. Wallpaper ini memang tidak ada yang mengaturnya karena secara menyeluruh disesuaikan dengan keinginan dari pengguna hp tersebut.

Namun ada saran bahwa gunakan wallpaper dengan unsur cahaya yang tidak terlalu cerah atau gelap. Hal ini dapat menghemat baterai hp agar tidak cepat habis. Sama seperti tingkat kecerahan yang tinggi, wallpaper hp yang terang akan menguras daya baterai hp Anda dengan cepat.

  1. Gunakan Power Saving Mode

Gunakan Power Saving ModePower Saving Mode ini biasanya sudah tersedia secara bawaan pada hp Anda yang memiliki sistem operasi android lollipop ke atas. Dengan Power Saving Mode ini, baterai hp Anda akan teratasi dalam masalah borosnya baterai. Dengan Anda masuk ke dalam Power Saving Mode, maka segala fungsi hp yang dapat mengonsumsi baterai akan dibatasi mulai dari kecerahan layar, koneksi data, wifi, hingga lokasi.

Cara settingnya juga sangat mudah, Anda tinggal masuk melalui pengaturan lalu ke baterai, kemudian ke baterai saver. Terbukti, cara menghemat baterai hp oppo dengan metode diatas sangat ampuh.

  1. Hentikan Penggunaan Live Wallpaper

Hentikan Penggunaan Live WallpaperJika tadi sudah membahas mengenai tingkat kecerahan pada wallpaper. Live wallpaper juga dapat mempengaruhi tingkat konsumsi hp, bahkan lebih baik live wallpaper yang memiliki desain gelap maupun terang sama saja mengkonsumsi daya baterai yang banyak.

Walaupun dengan adanya live wallpaper akan membuat tampilan awal hp akan tambah hidup dan menarik ini justru membuat ketahanan baterai menjadi tergoyah dan menyebabkan baterai cepat habis. Maka dari itu jangan gunakan live wallpaper, gunakan wallpaper yang sederhana tapi menarik sesuai keinginan Anda.

  1. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Widget

Jangan Terlalu Banyak Menggunakan WidgetMemang kehadiran widget akan mempermudah aktivitas kita dalam melakukan suatu hal tanpa perlu membuka aplikasi secara langsung. Tapi tahukah Anda bahwa dengan terlalu banyak widget justru akan menyebabkan baterai menjadi cepat habis dan tidak hemat ?

Hal ini terbukti adanya karena semakin banyak widget maka semakin cepat juga baterai hp habis. Karena widget tersebut selalu melakukan sinkronisasi dan terus diperbaharui seperti cuaca, gmail, dan sosial media.

  1. Nonaktifkan Fungsi Sinkronisasi Otomatis Kepada Akun yang Tidak Dibutuhkan

Nonaktifkan Fungsi Sinkronisasi Otomatis Kepada Akun yang Tidak DibutuhkanDengan Anda menginstall aplikasi yang membutuhkan untuk login akun, maka Anda juga membuka peluang kepada hp untuk melakukan sinkronisasi terutama pada google apps. Google apps ini akan melakukan sinkronisasi pada latar belakang dan tidak semua membutuhkan sinkronisasi.

Maka dari itu, nonaktifkan fungsi sinkronisasi otomatis untuk aplikasi yang tidak dibutuhkan. Caranya dengan masuk pengaturan hp dan pilih akun, di situ Anda dapat mematikan sinkronisasi otomatisnya.

  1. Nonaktifkan Fungsi GPS, Wifi dan Bluetooth Jika Sudah Tidak Diperlukan

Nonaktifkan Fungsi GPS, Wifi dan Bluetooth Jika Sudah Tidak DiperlukanTanpa di sadari dengan aktifnya fungsi – fungsi seperti GPS, wifi, dan Bluetooth ini dapat mengonsumsi baterai lebih karena pada dasarnya mereka melakukan pencarian terhadap lokasi, jaringan wifi, dan koneksi Bluetooth terdekat.

Maka dari itu, sangat disayangkan jika Anda masih mengaktifkan fungsi – fungsi tersebut padahal sudah tidak lagi digunakan. Nonaktifkan semuanya dan Anda telah melakukan penghematan terhadap baterai hp Anda untuk jangka yang panjang.

  1. Matikan Fungsi Tethering / Hotspot Jika Sudah Tidak Diperlukan

Matikan Fungsi Tethering / Hotspot Jika Sudah Tidak DiperlukanSalah satu cara menghemat baterai hp advan atau android lainnya yaitu dengan mematikan tethering atau hotspot. Fungsi tethering atau hotspot wifi portable ini dibutuhkan jika Anda ingin menggunakan koneksi internet yang ada di hp Anda dengan perangkat lain. Fungsi ini diperlukan jika dalam kondisi tertentu dan biasanya tidak lama.

Maka dari itu, akhiri tethering secepatnya karena selain paket data akan terkuras habis, daya baterai juga dapat terkuras habis oleh fungsi tersebut. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan tips ini Anda juga bisa menghemat kuota Internet hp. Sehingga kuota Anda juga tidak akan boros.

  1. Gunakan Mode Pesawat Jika Hp Sedang Tidak Digunakan

Gunakan Mode Pesawat Jika Hp Sedang Tidak DigunakanCara menghemat baterai smartfren yaitu dengan menggunakan mode pesawat. Mode pesawat ini dapat berguna untuk menghemat baterai karena dengan mengaktifkan mode tersebut maka fungsi – fungsi yang lain akan nonaktif seperti paket data, dan lain – lain.

Hal ini juga dapat Anda lakukan ketika sedang berada di perjalanan dan membutuhkan hp tetap stabil untuk performa baterainya. Sering orang – orang melakukan perjalanan dan membiarkan paket data tetap aktif selama perjalanan, hal tersebut bisa sangat menguras baterai dan menyebabkan suhu panas.

  1. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Gunakan Aplikasi Penghemat BateraiAplikasi penghemat baterai ini merupakan aplikasi ketiga yang dapat Anda manfaatkan untuk dapat menghemat baterai. Tidak jarang orang – orang yang menggunakan ini untuk meningkatkan performa dari hpnya. Aplikasi ini bisa dengan mudah Anda dapatkan secara gratis di toko aplikasi yang banyak tersebar di google atau toko aplikasi bawaan dari hp android yaitu google playstore. Banyak macam dan variasi aplikasi baterai tahan lama dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Penjelasan singkat di atas dari Dosen Online telah membahas tentang cara menghemat baterai hp yang baik dan benar. Merawat baterai tentu sangat penting untuk memberikan performa terbaik pada hp dan juga menjaga agar hp tahan lama dan tidak cepat rusak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda !

Terakhir di Update 24 Desember 2018

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

error: