8 Cara Menghemat Kuota Internet di Android Terbaru Gratis

0 279
Belum ada rating.

Pada zaman serba modern seperti saat ini, penggunaan internet sudah semakin besar di seluruh dunia. Bahkan hampir tidak ada yang tidak bersentuhan dengan internet, baik dari yang muda hingga yang tua. Berbagai macam kegiatan dapat dilakukan ketika Anda menggunakan internet, baik untuk aplikasi chatting, games, sosial media, streaming musik, streaming video, dan masing banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan ketika Anda berada pada dunia internet. Cara jualan pulsa hanya bermodalkan internet pun juga mudah. Hanya saja, cara menghemat data seluler sangat diperlukan untuk mengontrol pengeluaran yang dihasilkan akibat kuota yang boros. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan informasi lengkap mengenai Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru.

Saat ini keberadaan internet sudah menjadi barang wajib yang harus ada pada kehidupan sehari-hari. bahkan sehari saja tidak ada internet, maka hari-hari akan terasa kurang lengkap. Internet digunakan walau hanya untuk sekedar browsing, bermain games, hingga hanya untuk bermain sosial media yang merupakan pengguna terbesar saat ini. Semua hal tersebut dapat dijalankan jika Anda memiliki paket data atau kuota untuk internet. Selain paket data, Anda juga dapat memanfaatkan kehadiran Wi-Fi untuk dapat sedikit menghemat pengeluaran paket data seluler dari smartphone. Baca selengkapnya ulasan tentang Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru.

Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru

Tinggalkan kebiasaan membuang-buang kuota secara percuma, kami akan memberikan cara agar Anda dapat lebih hemat dengan kuota yang dimiliki. Berikut cara agar kuota menjadi hemat.

  1. Batasi Pemakaian Data Internet

Batasi Pemakaian Data InternetCara menghemat kuota internet yang pertama yaitu dengan membatasi pemakaian data internet. Saat ini platform-platform yang tersedia pada masing-masing smartphone sudah dibekali dengan fitur yang dapat digunakan untuk membatasi pemakaian kuota. Misalnya pada Android, Anda dapat memanfaatkan Set mobile data limit untuk memberikan peringatan pada saat smartphone sudah memakai data dengan melebihi batas wajar yang telah diset. Dengan begitu, Cara hemat kuota android akan tercapai. Anda dapat melakukan kontrol penuh terhadap paket data yang dimiliki.

  1. Mengaktifkan Fitur Data Saver

Mengaktifkan Fitur Data SaverTips menghemat paket data yang kedua yaitu dengan mengaktifkan fitur data saver. Jika Anda merupakan pengguna platform Android 7.0 atau biasa disebut dengan Android versi Nougat atau Android N dan versi android yang lebih tinggi lainnya. Anda dapat memanfaatkan fitur data saver yang dapat digunakan untuk menghemat pengeluaran data yang keluar akibat aplikasi yang berjalan di latar belakang maupun yang sedang tidak digunakan. Jadi dengan adanya data saver, Anda dapat dengan mudah mengetahui Cara menghemat data internet dengan menonakifkan aplikasi-aplikasi yang memakan kuota yang berjalan di background smartphone.

  1. Mengganti Aplikasi Boros Kuota dan Boros Penyimpanan

 

Mengganti Aplikasi Boros Kuota dan Boros Penyimpanan

Mengganti Aplikasi Boros Kuota dan Boros Penyimpanan

Seperti yang sudah diketahui, smartphone tidak akan sempurna fungsinya jika tidak ada aplikasi-aplikasi pendukung di dalamnya. Anda dapat mengunjungi toko aplikasi yang tersedia pada setiap platform. Misalnya Android yang memiliki Google Play Store, terdapat banyak aplikasi dengan berbagai kegunaan yang berbeda bahkan yang kegunaannya sama sekalipun.

Maka dari itu, Anda wajib mengetahui Cara menghemat data seluler dengan memilih aplikasi yang lebih efektif dan efisien saat digunakan. Misalnya mengganti aplikasi Facebook dengan Facebook Lite yang lebih ringan. Walau fitur-fitur di dalamnya berbeda, tapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga dengan menggunakan tips menghemat paket data internet ini lebih optimal.

  1. Mematikan Auto-update apps Pada Google Play Store

Mematikan Auto-update apps Pada Google Play StoreToko aplikasi bawaan yang dimiliki oleh platform Android adalah Google Play Store. Di dalam toko aplikasi tersebut, Anda dapat mengunduh aplikasi yang dicari, dan melakukan uninstall terhadap aplikasi yang tidak dibutuhkan serta melakukan update aplikasi ke versi terbaru. Di Google Play Store sendiri memiliki pengaturan secara default dengan melakukan update aplikasi secara otomatis jika terdapat pembaruan yang telah tersedia. Namun, Anda dapat mengaturnya sesuai dengan kehendak, dengan cara menonaktifkan auto-update, melakukan update otomatis, dan mengatur agar update otomatis hanya dilakukan ketika dalam keadaan Wi-Fi only.

  1. Matikan Sinkronisasi Akun dan GPS

 

Matikan Sinkronisasi Akun dan GPS

Matikan Sinkronisasi Akun dan GPS

Bagi Anda yang selalu mengaktifkan sinkronisasi akun secara otomatis dan selalu menyalakan GPS. Kedua hal tersebut merupakan salah satu alasan mengapa kuota Anda cepat habis. Jika Anda membutuhkan sinkronisasi akun, maka dapat dilakukan secara manual saat Anda membutuhkan. Begitu juga dengan GPS, nyalakan GPS hanya pada saat dibutuhkan untuk mencari lokasi, dan matikan kembali jika sudah tidak diperlukan.

Anda perlu memerhatikan hal ini karena dapat membantu menghemat paket data tetap terkontrol dan dalam keadaan hemat karena sinkronisasi akun secara otomatis dan menyalakan GPS saat tidak digunakan dapat menyedot paket data internet Anda.

  1. Mematikan ­Auto-download Pada Aplikasi Whatsapp

Mematikan ­Auto-download Pada Aplikasi WhatsappWhatsapp merupakan aplikasi chatting online dengan memanfaatkan paket data internet untuk dapat menggunakannya. Aplikasi ini dapat mengirim dan menerima pesan baik dalam bentuk teks, gambar, video, suara, maupun dokumen. Aplikasi chatting milik facebook ini juga dapat melakukan panggilan biasa maupun panggilan video dengan lawan bicara. Maka dari itu, banyak kuota yang akan dimakan ketika Anda mengaktifkan ­download otomatis untuk mengunduh semua medianya. Anda dapat mematikan download otomatis pada whatsapp dengan cara: Setting > Data and storage usage > Media auto-download. Serta aktifkan Low data usage.

  1. Gunakan Browser Hemat Data dan Mendukung Fitur Data Saver

Gunakan Browser Hemat Data dan Mendukung Fitur Data SaverKetika Anda berselancar dalam dunia maya dengan menggunakan koneksi internet. Tentu Anda membutuhkan browser. Terdapat banyak aplikasi browser yang tersedia di Google Play Store pada platform android. Namun, Anda dapat memilih dengan browser yang dapat menghemat data dan mendukung adanya fitur data saverBrowser yang memilikinya adalah Google Chrome.

Cara menghemat kuota di google chrome android dapat menjadi salah satu yang dilakukan untuk menghemat paket data. Aplikasi besutan google tersebut dapat melakukan penghematan data ketika sedang berselancar dan telah mendukung fitur data saver yang ada di pengaturan. Dan salah satu aplikasi pemboros kuota yaitu instagram, jangan terlalu optimasi instagram supaya tidak boros kuota.

  1. Matikan Paket Data Jika Sedang Tidak Digunakan

Matikan Paket Data Jika Sedang Tidak DigunakanCara menghemat kuota internet yang terakhir yaitu dengan mematikan paket data jika sudahtidak dibutuhkan. Sebagai langkah terakhir cara menghemat paket data internet hp yaitu dengan mematikan data ketika sudah tidak lagi digunakan. Hal tersebut memiliki pengaruh yang besar terhadap paket internet Anda agar tidak boros. Salah satu contoh ketika Anda akan tidur, matikan data internet karena ketika tidur, jika data tetap nyala maka aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang tetap akan memakan kuota Anda. Untuk itu, untuk mengamankan paket data yang terbuang secara sia-sia, matikan data ketika sudah tidak lagi digunakan.

Artikel diatas telah dibahas Dosen Online tentang Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru secara lengkap. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi bagi Anda yang memiliki masalah pada paket data yang mengalami pemborosan.

Sejatinya, cara-cara diatas dan banyak cara lainnya dapat dilakukan dengan mudah, hanya saja semua kembali kepada Anda sebagai pengguna saat sedang menggunakan smartphone yang tersambung dengan koneksi internet. Anda dapat dengan mudah memilih apakah akan berhemat atau tetap boros dalam kuota internet. Anda juga dapat melakukan pilihan terakhir yaitu dengan hanya menggunakan Wi-Fi saja ketika sedang berinternet. Semoga artikel ini bermanfaat!

Berikan Rating ?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?