14 Cara Meningkatkan Penghasilan Ad Breaks Fanspage

0 524
5/5 (13)

Mendapatkan penghasilan sekarang ini memang tidak hanya mengandalkan gaji pokok saja. Tetapi banyak orang yang menggunakan usaha sampingan sehari-hari untuk menghasilkan uang jajan tambahan. Apalagi berbisnis memang makin mudah semenjak adanya perkembangan teknologi sekarang ini. Baik tua maupun muda, pelajar ataupun mahasiswa memang sudah bisa membangun bisnis sekarang juga. Online shop makin bermunculan, market place juga menyediakan apa yang kita butuhkan. Sehingga bagi mereka yang tak tahu bagaimana cara memulai bisnis tentu tidak lagi menemui kendala tersebut. Apalagi anda yang memiliki monetisasi fanspage aktif yang bisa kita kelola dengan baik. Cari tahu bagaimana cara meningkatkan penghasilan ad breaks. Sebab, hasilnya benar-benar ampuh untuk fanspage Indonesia yang anda miliki.

Memaksimalkan penghasilan menggunakan cara ini di video yang anda upload melalui halaman fanspage memang bisa dikatakan cukup mudah. Sebab, cara ini juga tidak menggunakan tool tetapi mengandalkan bagaimana kualitas konten, optimasi fanspage dan juga optimasi video yang diupload menggunakan berbagai teknik untuk optimasi ad breaks fanspage. Sebelumnya, jika anda juga belum memulai bagaimana cara menghasilkan uang melalui facebook, ada beberapa langkah yang bisa membantu.

Baru-baru ini memang terdapat fitur baru yang ada di facebook yaitu Ad Breaks. Program ini disebut dengan ad breaks atau jeda iklan. Nantinya, jeda iklan ini merupakan munculnya jeda iklan ketika memutar video yang ada di beranda facebook. Tentu cara mendapatkan penghasilan dari fanspage, kita juga harus mendaftar monetisasi halaman facebook terlebih dahulu. Informasi selengkapnya, simak ulasannya berikut ini.

Macam-Macam Cara Meningkatkan Penghasilan Ad Breaks

Cara Meningkatkan Penghasilan Ad Breaks1. Menggunakan Cara Berpikir Out Of The Box

Gunakanlah cara berpikir di luar kebiasaan agar anda bisa menghasilkan uang dari video facebook yang cukup menarik. Cara ini dilakukan agar bisa ditonton dari awal hingga akhir tayangan. Kemudian, anda bisa membagikannya ke orang-orang hingga video menjadi viral. Ada beberapa video yang paling ramai ditonton di facebook. Beberapa diantaranya seperti video list. Video ini berisi daftar yang menarik ditonton secara visual. List yang dibuat bisa berupa list apapun yang dirangkum dengan judul menarik. Misalnya saja seperti 10 Fakta Menarik tentang Mie Instan. Bisa juga menggunakan pembahasan sesuai dengan bidang bisnis anda.

Ada juga video tutorial yang merupakan panduan untuk membuat atau melakukan sesuatu. Sampai saat ini sudah banyak video tutorial yang bisa anda temukan di internet. Seperti bagaimana cara menggunakan hijab dan lain sebagainya. Berikutnya, video unboxing yang merupakan video mengeluarkan belanjaan dari kemasannya. Seperti unboxing mainan, baju atau benda-benda menarik lainnya. Masih ada video voice over dan video ilustrasi.

2. Memaksimalkan Like dan Komentar Postingan

Agar bisa memaksimalkan jumlah like dan komentar di tiap postingan, ada beberapa kunci atau tips yang bisa anda ikuti. Kamu juga bisa menggunakan SociBooster untuk memaksimalkannya, tools ini juga bisa meningkatkan penghasilan ad breaks, lho! Misalnya saja seperti membuat video yang kreatif dan menarik, semua konten yang anda update harus orisinil. Tidak baik jika ternyata melanggar hak cipta orang lain. Pastikan untuk mengedit konten terlebih dahulu hingga terlihat menarik. Hal ini berguna untuk menaikkan peringkat video pada daftar tontonan yang ada di fitur watch.

Video anda juga harus sesuai dengan terms of service dan community guidelines yang telah dibuat dan ditentukan oleh facebook. Bagikan konten viral yang ada di fanspage anda agar bisa meningkatkan jumlah like dan juga komentar. Cara meningkatkan penghasilan ad breaks anda bisa dengan membagikannya di tiap grup media sosial anda.

Video yang telah anda upload memang harus memiliki kreativitas yang berbeda dari video anda lainnya. Video harus menarik untuk para penonton, usahakan untuk mengupload video terbaru dan yang paling penting adalah orisinil. Upload secara berkala terutama video yang memang sedang viral sehingga orang tidak akan bosan untuk menonton apa yang sudah anda bagikan.

3. Optimasi Halaman Facebook

Maksimalkan info pada halaman facebook anda dengan cara mengisi semua data yang ada pada informasi halaman dengan valid. Informasi yang sesuai kategori fanspage seperti informasi UMUM yakni nama halaman, kategori halaman hingga nama pengguna. Juga tentang cerita, info bisnis, info kontak, info selengkapnya dan lain sebagainya. Cara optimasi fanpage ini juga membantu meningkatkan penghasilan ad breaks.

4. Optimasi Video Facebook

Mengoptimasi konten video yang sudah anda upload merupakan tahapan yang paling penting. Sebab tahap ini adalah dimana kita wajib untuk melakukan optimasi di setiap video yang sudah anda upload. Bagaimana caranya? Buka creator studio halaman anda, klik video facebook yang ingin dioptimasi, sebaiknya mengupload video yang berdurasi sekitar 3 menit atau diatasnya. Klik edit postingan, masukkan detail video seperti informasi penting, judul postingan, hashtag di bagian judul postingan anda, judul video, nama playlist video dan buatlah gambar thumbnail yang menarik.

5. Melakukan Optimasi Penempatan Iklan Ad Breaks

Berikutnya, cara meningkatkan penghasilan Ad breaks adalah dengan melakukan optimasi penempatan iklannya. Pastikan bahwa anda telah melakukan langkah keempat terlebih dahulu. Sebab tahap ini adalah kelanjutannya.

  1. Buka halaman creator studio
  2. Klik video yang ingin dioptimasi dan klik edit postingan.
    Edit Post Fanpage
  3. Klik Ad Breaks di bagian menu sebelah kanan, ubah pengaturan ad breaks dari Automatic Placements menjadi Choose Placements.Edit Penempatan Iklan Ad Breaks
  4. Sisipkan iklan di setiap 2 menit sekali. Jika memang video anda cukup panjang maka bisa lebih banyak iklan yang akan meningkatkan penghasilan ad breaks anda.

Note : Jangan terlalu banyak menyisipkan iklan, karena status monetize video Anda bisa menjadi kuning. Untuk video dibawah 10 menit, cukup sisipkan iklan 1-2 saja.

Tips dan Trik Optimasi Ad Breaks

Jika beberapa cara meningkatkan penghasilan ad breaks video ini berhasil, anda bisa mempertahankan bagaimana strateginya. Tetapi apabila butuh beberapa trik dan tips lainnya, berikut ini beberapa cara yang bisa anda coba.

1. Buatlah Konten yang Memancing Orang Berkomentar

Banyak yang mengatakan bahwa konten dengan banyak komentar tidak berpengaruh pada penghasilan. Namun, konten yang membuat orang lain berkomentar memiliki cpc iklan yang besar. Sebab, pihak facebook memang menganggap fanspage tersebut memiliki reputasi dan juga jangkauan postingan yang lebih tinggi. Sehingga cpc juga bisa lebih besar. Cobalah untuk membuat konten yang memancing orang berkomentar positif.

2. Narrow

Apa itu narrow? Cara meningkatkan penghasilan ad breaks berikutnya adalah dengan membuat trafik audience tertarget. Pada proses ini terbilang cukup penting karena dengan menargetkan suatu audience tentu konten akan terbaca pada peminatnya. Misalnya saja seperti fanspage yang bertema sepak bola dan memasang konten tentang Ronaldo. Maka ketika dipasang iklan video views tentu akan ditargetkan para pemirsanya dengan target Cristiano Ronaldo.

Mereka yang menyukai Ronaldo akan melihat konten yang telah kita upload. Tidak hanya sampai disitu saja tetapi anda bisa klik Narrow untuk melengkapi penargetan pemirsa dan juga menambahkan Juventus. Nanti akan secara otomatis yang suka Juventus juga menyukai atau menonton konten anda. Pihak facebook akan membuat cpc penghasilan lebih besar bahkan bisa lebih dari Rp. 3.

Cara Optimasi Ad Breaks Untuk Pemula

Dari beberapa cara meningkatkan penghasilan Ad breaks video ini, manakah yang telah anda lakukan? Cobalah untuk mengaplikasikan cara tersebut beberapa kali hingga ada hasil yang memuaskan. Namun, apabila anda masih tergolong pemula berikut ini cara untuk memulainya.Cara Optimasi Ad Breaks Untuk Pemula

1. Pilih Niche yang Tidak Melanggar

Ada banyak niche yang bisa anda pilih. Tetapi sebaiknya tidak memilih niche yang menyimpang demi mendapatkan like fanpage yang banyak dari para netizen. Anda harus memilih dan memilah terlebih dahulu niche yang tepat. Jika memang anda sudah melakukan survey, hindari konten yang berbau politik, agama ataupun bola. Sebab, niche ini memang rentan sekali terkena adanya pelanggaran untuk dimonetisasi. Maka dari itu disarankan agar memilih konten yang positif seperti misalnya niche kuliner atau konten tentang anak-anak.

2. Ketahui Target Umur Penikmat

Mengetahui target umur penikmat adalah salah satu cara untuk memulai penghasilan ad breaks. Anda harus tahu video yang nanti akan diupload ini mengacu pada rentang usia berapa. Misalnya saja membuat tutorial makeup dan juga target penikmat anda ialah seorang wanita yang usianya berada di kisaran 12 tahun hingga 25 tahun.

Maka dari itu, sesuaikan konten yang akan dibuat. Carilah konten yang sekiranya bisa masuk dan juga diterima oleh usia yang sudah anda targetkan. Tidak hanya itu, mengetahui bagaimana cara pembawaan yang tepat dan menggunakan bahasa yang biasa digunakan oleh target akan lebih baik.

3. Memiliki Konten yang Menarik dan Bermanfaat

Semakin menarik dan bermanfaat tentu konten anda akan disukai oleh banyak orang. Ada banyak ide untuk membuat video konten yang menarik. Anda bisa cek video-video yang ada di youtube dan buat versi anda sendiri atau edit sebaik mungkin sehingga bisa tersusun menjadi video yang lebih bagus.

4. Upload Video Berdurasi Lebih dari 3 Menit

Kalau mengutip salah satu syarat dari Ad breaks video, syarat monetisasi adalah video yang anda upload memiliki durasi setidaknya paling pendek 3 menit dan harus ditonton setidaknya 1 menit dari video tersebut. Tentu dari hasil ini akan diakumulasi dari keseluruhan total menit video yang sudah ditonton oleh para netizen dalam kurun waktu 60 hari terakhir. Dari waktu ini anda membutuhkan 30.000 tayangan dalam jangka waktu satu bulan.

5. Hindari Reupload

Mau cara meningkatkan penghasilan ad breaks yang simple? Sebaiknya tidak reupload sembarangan. Sebab, jika anda reupload video orang atau video lain sembarangan tentu hasilnya tidaklah baik. Jika dilakukan sembarangan maka akan menimbulkan dampak yang tidak baik. bisa jadi dampaknya sangat serius sehingga fanspage anda tidak layak untuk menampilkan ad breaks. Mengapa?

Alasannya adalah karena apabila video yang anda upload adalah video yang mengandung hak cipta tentu akan mendapat pelanggaran dari pihak facebook. Hal ini bisa membuat kita mendapatkan kartu kuning atau berisiko. Kalau fanspage sudah ada di titik ini maka harus berhati-hati lagi dalam memilih video yang akan diupload. Sebaiknya memilih video yang ori atau bikinan sendiri karena kita bisa bebas mengoperasikannya seperti apa.

6. Promosi ke Grup

Cara agar like bisa banyak dan cepat adalah promosi. Anda bisa menyebar video yang sudah diupload di fanspage tadi ke beberapa grup. Tentu agar tidak menyalahi aturan facebook, anda bisa share sehri 3 kali ke grup yang berbeda. Namun dengan catatan, grupnya harus yang memiliki topik atau minat yang sama dengan video yang anda upload.

Misalnya saja seperti fanpage anda adalah tentang masakan maka share ke grup ibu-ibu yang suka memasak. Cara ini lebih efektif untuk membuat mereka memberikan like dan menontonnya. Share ke berbagai grup memang sah sah saja tetapi sebaiknya tidak terlalu banyak karena nanti akun kita bisa terkena verifikasi karena dianggap sebagai akun yang khusus spam.

7. Beriklan di Facebook

Cara diterima ad breaks dengan cepat adalah beriklan di facebook. Karena trik ini merupakan cara memperbanyak like dan follower fanpage dengan cepat. Jika cara ini sudah berhasil maka kita bisa melangkah pada mendaftar dan cara meningkatkan penghasilan ad breaks. Cobalah untuk menyisihkan sedikit budget atau uang untuk beriklan. Hal ini dilakukan agar fanspage anda bisa banyak dilihat oleh orang tanpa harus bersusah payah untuk promosi sana sini. Jika memang anda yakin bahwa video tersebut disukai oleh target maka tak ada salahnya untuk mengeluarkan uang untuk beriklan di facebook. Pilihan beriklan di facebook adalah salah satu langkah tepat yang patut dicoba.

Apa saja kelebihan beriklan di facebook? Anda tidak perlu lagi repot untuk promosi sana-sini. Target penonton bisa tepat sasaran. Murah dan juga mudah, hasilnya akan lebih optimal. Beriklan di facebook ini bisa menghindari share spam dan lebih cepat untuk mendapatkan like.

Standard Kelayakan Monetisasi Facebook Ad Breaks

1. Ketersediaan Negara dan Bahasa

Jeda iklan atau ad breaks ini merupakan program yang masih terus diperluas. Anda bisa melihat daftar negara yang didukung saat ini dalam ad breaks. Ketersediaan bahasa sekarang ini seperti apa. Indonesia sudah termasuk di dalamnya.

2. Tayangan 1 Menit untuk Video 3 Menit

Dalam 60 hari terakhir, anda harus bisa menghasilkan sedikitnya 30.000 tayangan dalam satu menit di video yang berdurasi 3 menit. Inilah mengapa kita harus membuat konten yang menarik dan bermanfaat. Cara meningkatkan penghasilan ad breaks video juga akan lebih mudah.

3. Fanspage dengan 10.000 Pengikut

Jika anda memiliki fanspage maka sebaiknya isi kontennya semenarik mungkin. Sebab, yang dimonetisasi itu adalah konten video bukanlah foto atau tautan. Hal ini mirip dengan youtube, ya! Video juga harus diterbitkan dari halaman fanspage bukanlah profil atau beranda facebook. Paling sedikit memiliki 10.000 pengikut atau lebih banyak juga akan lebih bagus. Sebenarnya juga tidak terlalu sulit untuk mencapai standard dari kelayakan monetisasi Ad breaks ini. Cukup untuk konsisten dan juga percaya diri.

Kesimpulan

Berapa persen uang bisa didapatkan dari facebook ad breaks ini? Memang kita tidak bisa mendapatkan 100% uang hasil dari iklan di video facebook. Sebab, facebook juga masih meminta imbalan dari uang yang kita dapatkan. Rinciannya seperti 55% hasil untuk pribadi atau anda dapatkan. Sementara 45% adalah hasil untuk facebook. Sebelum kita mendapatkan penghasilan dari ad breaks, kita harus memiliki fanpage atau halaman facebook terlebih dahulu. Sebab, iklan video facebook tentu tidak bisa ditampilkan di akun personal facebook kita.

Buatlah terlebih dahulu fanspage, dapatkan banyak pengikut. Kreasikan konten video semenarik mungkin dan mulailah untuk mendaftar Ad breaks. Jika sudah lolos, maka langkah berikutnya adalah mencari tahu bagaimana cara meningkatkan penghasilan ad breaks. Mendapatkan penghasilan tambahan dari facebook tidaklah sulit. Anda bisa mulai melakukannya sekarang juga. Terutama untuk yang memiliki fanspage lebih dari 10.000 pengikut, cari tahu bagaimana cara daftar Ad breaks dan gunakan beberapa tips ini untuk meningkatkan penghasilan dan optimasi ad breaks.

Pahami bagaimana sistem yang berjalan termasuk berapa persen yang bisa anda dapatkan. Semoga artikel dari Dosen Online ini bermanfaat 🙂

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?