4 Cara Menjadi Enterpreneur Yang Sukses

Terakhir di Update 25 Agustus 2020

Menjadi pebisnis yang sukses menjadi salah satu cita-cita banyak orang. Tetapi dalam dunia bisnis, tidak ada cara menjadi enterpreneur yang sukses secara instan, Kamu harus melalui langkah panjang dan menjalaninya dengan tekun. Enterpreneur yang sukses, haruslah memiliki banyak wawasan dan punya sudut pandang yang luas terhadap suatu hal dan juga telah melewati banyak rintangan.

Harus kamu pahami bahwa mereka yang sukses membangun semuanya dari nol dan membutuhkan kerja ekstra. Tetapi kamu tidak perlu khawatir dan kebingungan, karena kebanyakan enterpreneur yang sukses melalui banyak hal yang hampir sama. Ada beberapa langkah atau cara yang harus kamu lakukan untuk menjadi enterpreneur yang sukses. Berikut ulasannya buat kamu.

Cintai Apa Yang Kamu Lakukan

Sebelum  memikirkan kesuksesan di masa depan, cara menjadi enterpreneur yang sukses dimulai dari hal sederhana. Orang-orang atau enterpreneur sukses di luar sana mencintai apa yang mereka lakukan. Mereka menemukan ide bisnis, menemukan usaha, dan menjalankannya dengan senang hati tanpa paksaan. Mereka juga membangun partner bisnis untuk bekerja sama, jika kamu tidak nyaman dengan apa yang kamu lakukan kamu tidak akan bisa bertahan lama dengan keadaan itu, maka dari itu lah kamu membutuhkan partner.

Dalam dunia bisnis, penolakan adalah hal yang wajar. Ketika bisnismu ditolak oleh beberapa pihak atau bahkan banyak pihak. Jangan berhenti berbisnis karena kamu pasti akan jatuh dan bangkit lagi. Disaat krusial tersebut, passion atau hal yang kamu cintai lah yang bisa membangkitkan kamu. Sebagai contohnya pendiri KFC yang dulunya resep ayamnya ditolak oleh segala restoran.

Tetapi dengan passion dan rasa senang hatinya terhadap masakannya, beliau bisa jauh lebih sukses bahkan daripada orang yang menolaknya. Kata orang tentang mencintai sebuah pekerjaan atau bisnis memanglah benar. Karena kesuksesan bukan berarti kamu menjadi kaya, tetapi kamu bisa memaknai dengan baik bagaimana kondisi sendiri dan juga kondisi orang sekitar. Kalau kata kaum milenials “passion adalah koentji”

Mampu Mengambil Pelajaran Dari Segala Hal

Mampu Mengambil Pelajaran Dari Segala HalCara Menjadi Enterpreneur yang sukses satu ini sangat penting. Seiring berjalannya waktu, kamu pasti mempunyai pengalaman baru dan itu akan membuatmu belajar. Di setiap momen pasti ada suatu hal yang bisa kamu pelajari dan ambil positifnya. Orang sukses diluar sanatidak pernah berhenti untuk berfikiran positif. Ketika mereka merasa dirundung oleh banyak masalah, mereka selalu mengambil hal positifnya dan lebih fokus memperbaiki diri.

Sebagai contoh, beberapa orang sukses diluar sana bekerja dulu dari orang lain atau perusahaan lain sebelum mereka memulai bisnis mereka.  Dengan bekerja terlebih dahulu, kamu bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan serta pengalaman yang mungkin tidak akan kamu dapatkan di tempat lain. Pengalaman tersebut juga nantinya akan berguna ketika bisnismu mengalami masalah, kamu bisa lebih tenang dan mengerti bagaimana solusi yang baik untuk menghadapinya.

Selain belajar dari orang lain dengan bekerja. Kamu juga harus belajar untuk bisa mengerti bagaimana mempromosikan diri kamu dengan baik kepada orang lain. Cara menjadi Enterpreneur yang baik adalah dengan mempromosikan diri dan melatih diri untuk jadi lebih percaya diri lagi.

Kamu bisa melatih skill kepercayaan diri ini dengan sering-sering bertukar ide atau sharing dengan orang yang lebih berpengalaman. Selain itu, kamu juga harus bisa mengambil atau menanyakan bagaimana cara promosi yang baik dan membuat klien menjadi tertarik. Karena pada saat ini sudah banyak cara promosi yang terkadang sepele tetapi hal itu bisa membuat klien lebih tertarik.

Selain itu, kamu juga harus belajar bersikap dari pengalaman yang dulunya telah kamu dapatkan. Seorang founder dari sebuah bisnis  yang baik tidak memiliki siat malas dan acuh terhadap rekan kerja atau timnya bahkan ke pelanggan. Seseorang yang terbiasa dan senang mendengarkan kritik serta saran pasti mampu untuk berkembang lebih dan juga akan meningkatkan persentase keberhasilan dari sebuah usaha. Tanamkan dalam-dalam di benak kamu bahwa belajar adalah hal utama.

Berani Merencanakan dan Merealisasikan

Sebelum langsung merealisasikan sebuah ide bisnis, kamu harus merancangnya terlebih dahulu. Memperhatikan konsep dan segala detail dari bisnis yang kamu jalankan.  Kamu bisa merencanakan dengan baik jika kamu mau belajar dan mengetahui banyak hal tentang bisnis yang akan kamu geluti nantinya.

Mencari informasi saat ini sangatlah mudah. Kamu bisa melakukan survey melalui media sosial, bisa juga melalui banyak-banyak membaca artikel tentang bisnis yang akan kamu jalankan. Dengan bertambahnya informasi, kamu bisa lebih akurat memprediksi apa saja yang akan terjadi dengan bisnismu di kemudian hari. Bukan berarti dengan adanya informassi tersebut kamutidak akan menemukan masalah dalam bisnismu.

Setelah merencanakan dengan baik dan secara detail atau rinci tentang apa saja yang dibutuhkan dan apa saja masalah yang akan dihadapi. Cara menjadi enterpreneur yang sukses adalah Berani dalam bertindak dan merealisasikannya. Sangat sayang jika kamu sudah merencanakannya secara matang tetapi tidak berani merealisasikannya. Kebanyakan orang saat akan memulai bisnis adalah kekurangan modal.

Saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal dengan mudah. Salah satu cara yang baik adalah dengan mengikuti pitching investor yang biasanya di mediasi oleh inkubator wiarusaha di kota kamu. Kamu bisa mencari seorang investor yang baik yang mau membantu usahamu. Ketika ide usaha kamu di approve oleh investor, Jangan lupa untuk menggunakan modal tersebut dengan sebaik-baiknya dan transparan kepada Investor tersebut agar tetap percaya.

Konsisten Menjaga Bisnis Tetap Berjalan

Konsisten Menjaga Bisnis Tetap BerjalanKamu juga harus bermain atau berbisnis dengan jujur. Karena hal ini akan mempengaruhi reputasi usahamu. Jujur bisa dilakukan dengan transparansi kepada pihak luar. Tetapi tidak semuanya harus di transparansi.karena transparansi yang kamu lakukan sangat berpengaruh terhadap citra atau image ataupun reputasi dari bisnis yang kamu jalankan.

Cara menjadi enterpreneur yang sukses ini tidak hanya harus kamu terapkan kepada pihak investor, tetapi juga kepada pihak terkait yang melakukan kerjasama dengan bisnis kamu. Jika terjadi kesalahpahaman, datangi dan sampaikan dengan baik dan jangan lupa untuk memohon maaf. Jujur kepada karyawan dan tim yang terlibat dalam perusahaan juga sangat perlu.

Ketika kamu menjadi seorang pemimpin di sebuah bisnis yang kamu jalankan, jujur kepada karyawan dan tim terhadap kondisi perusahaan sangat perlu. Hal ini dapat meningkatkan solidaritas dan juga rasa memiliki terhadap suatu perusahaan. Ketika semua lini tetap bersatu dan menjalankan tugas dengan sepenuh hati meskipun perusahaan mengalami kesusahan, perusahaan akan tetap bisa eksis. Karena kinerja perusahaan pun juga bis dilihat dari kinerja tim dan karyawannya.

Itu adalah beberapa cara menjadi enterpreneur yang sukses yang harus kamu tanamkan dalam diri kamu bahwa menjadi enterpreneur yang sukses tidak bisa kamu dapatkan secara instan dan membutuhkan perjalanan yang panjang. Ketika kamu merasa lelah, berhentilah untuk istirahat sebentar tetapi jangan menyerah. Juga tidak ada kata terlambat bagi siapapun untuk meraih mimpinya menjadi enterpreneur yang sukses. Umur bukan batasan karena umur hanyalah angka.

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

error: