7 Cara Menjadi Freelancer Online Untuk Pemula Agar Sukses

0 41

Profesi pekerjaan bukan hanya seputar dokter, guru dan pekerjaan umum lainnya. Di era digital saat ini banyak profesi pekerjaan yang  juga akan membawa pada gerbang kesuksesan. Internet menjadi salah satu peluang dan ladang bisnis yang bisa dilakukan misalnya menjadi freelancer. Sebelum itu kamu harus tahu bagaimana cara mengatur waktu agar aktivitas kamu lebih produktif dan bermanfaat. Jika anda tertarik untuk melakukan pekerjaan satu ini ada baiknya anda simak ulasan cara menjadi freelancer online berikut.

Cara Menjadi Freelancer Online Bagi Pemula

Secara umum freelance merupakan cara bekerja yang dilakukan secara mandiri, tidak ada perjanjian atau tidak terikat dengan sebuah lembaga atau dengan orang yang membutuhkan jasanya. Freelancer merupakan orang yang memiliki pekerjaan lepas. Freelancer bisa dilakukan secara part time ataupun full time bergantung dari masing-masing individu. Tidak jarang beberapa orang menjadikan sebagai pekerjaan utamanya.

Beberapa pekerjaan yang kerap kali dijadikan pekerjaan freelance adalah membuat atau mengedit video, pembuatan desain grafis atau logo, penerjemah bahasa asing, digital marketing, dan pekerjaan lainnya. Untuk membuat website jualan, kamu bisa menggunakan Theme Tokopress, karena theme wordpress ini sudah lengkap fiturnya mulai whatsapp rotator hingga hitung ongkir otomatis.

Jika anda seorang pemula yang sedang mencoba peruntuntungan di dunia freelancer, maka anda harus menyimak langkah menjadi seorang freelancer online berikut.

1. Kenali Potensi Diri

Kenali Potensi DiriCara menjadi freelancer yang pertama adalah dengan mengetahui kemampuan atau keahlian yang anda miliki. Modal utama untuk menjadi freelancer adalah keahlian yang mumpuni.

Anda bisa mengembangkan dari hobi atau minat anda dan sudah menguasai hal kesukaan tersebut. Dunia freelance sangat luas dan banyak bidang yang bisa anda jadikan sebagai pekerjaan freelancer. Pastikan kemampuan tersebut adalah yang terbaik dari semua hal yang anda kuasai.

2. Tentukan Tujuan Anda

Setelah anda menemukan keahlian yang paling baik, anda juga harus menentukan tujuan sehingga anda bisa mencapai kesuksesan yang anda idamkan. Anda harus menentukan dengan jelas apakah pekerjaan ini sebagai penghasilan utama atau tambahan. Atau justru menjadi freelancer hanya sebagai batu loncatan, sebelum anda memasuki dunia kerja yang anda impikan. Anda wajib menimbang dan menanyakan semua hal tersebut pada diri anda.

Dengan menentukan tujuan di awal nantinya akan memudahkan anda dalam mengatur waktu bekerja serta siapa saja yang akan bekerja dengan anda. Tidak hanya itu tujuan juga sebagai acuan dan tolak ukur untuk mendukung goal yang sudah anda buat. Hanya anda yang bisa membuat tujuan ini. Pertimbangkan juga, baik dan buruk nya pekerjaan yang akan anda mulai ini sehingga kamu bisa menentukan solusi jika terjadi permasalahan.

3. Bangun Personal Branding

Bangun Personal BrandingCara menjadi seorang freelancer sukses yang harus kamu lakukan adalah membangun branding diri anda sendiri. Branding ini berguna untuk membuat anda di lirik oleh calon klien yang nantinya akan mengunakan jasa anda. Personal branding bisa didapatkan dengan menyiapkan portofolio dan membangun citra diri yang baik. Jika anda seorang pemula sebaiknya anda menjadi freelancer part time dahulu.

Hal tersebut dikarenakan anda membutuhkan pengalaman kerja sebagai pertimbangan. Ada baiknya jika anda membuat website khusus untuk portofolio anda. Tidak hanya sebagai media promosi diri juga membuat calon klien tertarik dan percaya terhadap anda.

Pada website sebaiknya anda cantumkan kontak yang bisa dihubungi. Anda juga bisa menampilkan prestasi hingga tingkat pendidikan anda agar semakin terlihat terpercaya. Maka dari itu, kamu harus tahu bagaimana cara membangun personal branding di era digital saat ini.

Tidak jarang beberapa klien justru meminta pekerjaan atau portofolio terbaru anda, sehingga ada baiknya jika web portofolio sering diperbarui. Kelola website dengan baik adalah cara personal branding sederhana yang bisa anda lakukan. Anda bisa mencari informasi dan inspirasi dari freelancer yang sudah handal, dengan begitu anda juga bisa mencari tahu bagaimana memposisikan diri dan membangun mitra kerja mereka.

4. Identifikasi Target Klien

Identifikasi Target KlienMengidentifikasi target klien anda menjadi hal yang penting yang harus anda lakukan untuk menjadi freelancer pemula yang sukses. Ketika anda baru saja masuk ke dunia bisnis freelance, tidak ada salahnya anda melakukan pendekatan kepada klien. Pendekatan ini bisa anda lakukan dengan melakukan pekerjaan namun tidak menerapkan tarif atau memberikan gratisan kepada lebih dari satu klien.

Dengan melakukan cara menjadi freelancer bagi pemula tersebut, anda akan mengetahui dan bisa memberi asumsi klien mana yang akan anda targetkan. Klien seperti apa yang cocok dengan karakter anda. Namun sebelumnya anda juga harus menanyakan kepada diri sendiri seputar cara terhubung dengan klien, jenis bisnis yang butuh keahlian anda dan juga apa bisnis tersebut mampu membayar dengan harga sesuai. Jika sudah mengetahui anda bisa menawarkan keahlian anda.

5. Mencari Lowongan Freenlancer Pada Situs Terpercaya

Mencari Lowongan Freenlancer Pada Situs TerpercayaCara menjadi freelancer selanjutnya yaitu dengan mencari lowongan di Internet. Anda sudah mengenali keahlian hingga target klien anda juga bisa mendaftarkan diri pada situs situs freelancer terpercaya. Salah satu website terpercaya di Indonesia yaitu www.freelancer.co.id.

Sebagai freelancer pemula anda jangan mudah terkecoh dengan website bodong yang kerap tak membayar hasil pekerjaan. Kamu bisa memasukkan lamaran pada website yang sedang membuka lowongan. Pastikan lowongan tersebut sesuai dengan kemampuan anda dan jangan asal menerima.

Apabila anda tidak berniat untuk bergabung dengan sebuah situs, anda bisa memperluas pertemanan. Mungkin dengan mengenal beberapa freelancer mereka akan memberikan informasi lowongan yang sedang membutuhkan keahlian anda. Freelancer adalah pekerjaan yang paling fleksibel anda bisa bergerak sendiri, maupun ikut dari sebuah situs yang saat ini juga sudah banyak di Indonesia. Jadi cari informasi sebanyak-banyak dan jangan malu bertanya.

6. Tekun dan Jangan Patah Semangat

Tekun dan Jangan Patah SemangatTidak jarang beberapa usaha yang telah anda lakukan tidak membuahkan hasil. Klien tidak kunjung datang dan lowongan tidak kunjung ada kabar. Maka cara menjadi freelancer yang harus anda lakukan adalah tekun dan tetap bersabar.

Beberapa situs memang membutuhkan banyak waktu untuk merekrut. Jika kamu bergerak sendiri, kamu bisa kembali mengasah keahlian anda dan membuat portofolio yang menarik dan inovatif.

7. Berusaha Menawarkan Pekerjaan

Mengetahui bagaimana cara menawarkan pekerjaan juga sangat penting untuk pemula seperti anda. Kemampuan menawarkan pekerjaan ini harus dimiliki oleh semua freelancer. Anda harus meningkatkan kemampuan komunikasi sehingga bisa mengubah percakapan menjadi sebuah transaksi. Kamu bisa memulai menyebarkan surat penawaran melalui surat elektronik dan didalamnya sudah memuat informasi tentang diri anda.

Keahlian yang anda harus dijual dengan memberikan kelebihan serta benefit mengunakan jasa anda. Dibutuhkan juga komitmen untuk mengunakan sampel pekerjaan yang sesuai untuk menunjukkan kemampuan anda. Setelah itu anda juga harus selalu menjawab setiap pertanyaan yang masuk dengan sabar. Cara menjadi freelancer ini sangat penting dilakukan agar anda bisa meraih kesuksesan seperti yang anda idamkan.

Kesimpulan

Untuk menjadi freelancer pemula yang sukses tentu saja dibutuhkan kerja keras dan tidak bisa diraih dengan instan. Bila anda menjadikan freelancer sebagai pekerjaan sampingan sebaiknya, jangan sampai mengacau pekerjaan utama anda. Anda juga tidak disarankan melanggar kontrak meskipun pekerjaan ini pekerjaan lepas. Komitmen juga sangat dibutuhkan jangan sampai anda mengecewakan klien yang membuat citra anda buruk.

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?