fbpx

Cara Monetize Video Fanpage Facebook Untuk Publisher

4.93/5 (14)

Siapa yang tidak mengenal facebook? Jika belum, berarti Anda perlu mengikuti kelas mentoring bisnis online. Semua orang tentu mengenalnya. Facebook merupakan media sosial yang memiliki banyak sekali peminatnya. Mulai dari kalangan muda sampai tua semua dapat menggunakannya. Kemudahan dalam mengakses facebook menjadi salah satu pilihan masyarakat. Selain itu, facebook juga menyediakan fans page untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Tahukah anda bahwa fanspage yang memenuhi syarat dapat menghasilkan uang? Tentu dengan melakukan monetize pada fanspage. Inilah cara monetize video fanpage facebook yang perlu dipahami.

Saat ini, fb bukan hanya sekedar untuk update status ataupun berdiskusi di grup saja. Melainkan, juga dapat memperoleh penghasilan jika dilakukan dengan benar. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan memanfaatkan fanpage yang anda miliki. Fans page yang telah memenuhi syarat serta ketentuan dapat dilakukan monetize agar dapat disisipi iklan. Iklan ditampilkan pada video yang terdapat pada fanspage tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut, saya akan mengulas tuntas cara monetize video fanpage facebook dengan lengkap.

Apa Itu Ad Breaks ?

Pengertian Ad BreaksUntuk para publisher, sangat penting memahami bisnis internet digital. Salah satunya yaitu Ad Breaks yang disematkan pada video fanspage. Ad breaks sendiri memiliki artian sebagai jeda iklan. Merupakan iklan pendek yang disematkan dalam video dengan ketentuan dan syarat tertentu.. Video yang bagus dan sesuai pada target audiens bisa disetujui facebook menggunakan jeda iklan / ad break ini.

Jeda iklan membantu para creator video ataupun penerbit untuk mendapatkan uang dalam menyertakan iklan pendek. Hal ini memang sama seperti di youtube, namun sekarang sudah ada di fb. Facebook sangat baik dengan memulai hal ini karena saat ini media sosial terus mengalami peningkatan drastis. Kuota yang begitu murah juga memungkinkan pengguna lebih sering bermain facebook dan menonton video kegemarannya.

Namun, jeda iklan hanya ditempatkan pada beberapa video saja yang sesuai dengan ketentuan. Selain itu, fanspage juga harus melakukan pengajuan terhadap monetize untuk kemudian ditinjau oleh tim facebook. Jika disetujui, maka dapat memulai iklan tersebut dan mendapatkan uang setiap orang yang melihatnya. Cara mendapatkan uang dari halaman facebook ini cukup mudah. Ingin mencobanya juga ?

Cara Monetize Video Fanpage Facebook

Dalam melakukan monetize dari fanpage, sangat diperlukan beberapa syarat dan cara yang harus dilakukan. Utamanya, persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan uang dari facebook dengan monetize video fanpage adalah dibagian proses monetize. Kita harus paham betul bagaimana syarat dan cara supaya fanpage kita bisa diterima oleh facebook.

  1. Syarat Monetize Fanpage

Sebelum melanjutkan pada proses cara monetize, maka Anda harus paham syarat yang perlu dipenuhi terlebih dahulu, berikut ini syaratnya :

Syarat Cara Monetize Fanpage Facebook

  • 10.000 Pengikut

    Facebook membuka monetize video pada fans page tentu bukan tanpa tujuan. Tujuan awalnya sudah jelas untuk membuat iklan menjadi lebih tampil dan diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat. Karena itu, syarat pertama yang perlu dipenuhi yaitu halaman facebook harus memiliki minimal 10.000 pengikut. Jika belum maka lakukan pengembangan secara berkala sampai dengan menyentuh syarat tersebut.

  • Tayangan 1 Menit Untuk Video 3 menit

    Sangat penting, facebook memberikan syarat kedua yang harus dipenuhi oleh calon publishernya. Yaitu dengan tayangan video pada fanspage harus memiliki 30.000 tayangan 1 menit untuk video berdurasi 3 menit. Artinya, pada video minimal 3 menit maka harus memiliki penonton mencapai 30.000 dan ditonton minimal 1 menit. Terasa cukup sulit dilakukan ya? Namun, jika video tersebut disukai pengguna tentu akan lebih dari tayangan tersebut.

  • Standart Kelayakan Monetize

    Perhatikan betul ! Bahwa standart monetize harus dipenuhi oleh fanpage anda. Konten yang tidak memenuhi standart tentu tidak akan disetujui oleh pihak fb. Facebook telah memuat hal tersebut dalam banyak kategori. Termasuk tidak melanggar standart komunitas, patuh terhadap ketentuan pembayaran dan ketentuan halaman, serta konten mapan untuk di tonton.

    Jika semua hal tersebut dipenuhi, sudah pasti fanspage menjadi lebih mudah diterima. Untuk belajar lebih jauh tentang standar komunitas ini kamu bisa melihatnya di https://www.facebook.com/communitystandards/

  • Country Availability

    Salah satu syarat yang satu ini juga penting yaitu country availability. Sudah ada banyak negara yang sudah tersedia fitur ad break ini. Salah satunya yaitu Indonesia yang sudah terdaftar dan dapat dilakukan monetize pada video jika beberapa syarat di atas terpenuhi. Setahu saya di Indonesia baru ada sejak bulan desember 2018, karena fanpage saya ada notif monetize pada bulan desember.

    Facebook ads dengan target Indonesia memang cukup banyak peminatnya. Sehingga sudah pasti ada banyak iklan juga yang muncul di beranda facebook kita. Dengan ini kamu bisa memanfaatkannya dengan memasukkan iklan dari facebook ke dalam konten video fanpage. Dengan begitu, anda akan memperoleh penghasilan juga !

  1. Cara Daftar Ad Breaks

Bagi anda yang tertarik untuk mendaftar publisher facebook, sekarang bisa dilakukan dengan mudah. Bagaimana cara mendapatkan uang dari facebook melalui monetize fanpage facebook ? Simak selengkapnya dengan jelas dibawah ini.

 

  • Cek Kelayakan Fanspage

    Cek Kelayakan FanspageLangkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mengecek kelayakan dari fanpage. Anda dapat melakukan pengecekan lebih mudah dengan mengunjungi laman https://www.facebook.com/business/m/join-ad-breaks/ . Tunggu sampai proses loading selesai, maka akan terdapat informasi mengenai fanspage anda apakah sudah bisa di monetize. Cek kelayakan dengan benar dan pastikan semua syarat serta ketentuan fanspage terpenuhi dengan lengkap.

  • Buka Creator Studio Facebook

    Creator Studio FacebookUntuk memulai memasang iklan, kamu bisa mengunjungi link facebook creator berikut https://www.facebook.com/creator/studio. Buka dan pilih fanpage yang sudah memenuhi persyaratan untuk monetize. Salah satu tools yang paling berguna di facebook yang akan membantu Anda membuat dan mengelola video Anda adalah Creator Studio. Fitur ini akan menjadi sahabat Anda dalam membuat dan mengelola semua konten di Facebook.

  • Klik Insight

    InsightKemudian, alangkah baiknya untuk memahami konten apa saja yang lebih diminati oleh pengikut fanspage. Bagaimana cara mengetahuinya? Cukup dengan klik insight pada dashboard facebook for creator tersebut. Maka akan tampil video yang telah di unggah. Karena, dalam hal ini akan melakukan monetize video. Anda akan diberikan informasi lengkap mengenai video yang telah di unggah. Seberapa banyak tayangan tersebut di tonton semakin di rekomendasikan untuk dapat di monetize.

  • Edit Video di Perpustakaan Konten

    Setelah anda membuka laman tersebut, maka akan tampil seperti dashboard yang menyediakan berbagai macam fitur. Fitur yang ada membantu para publisher untuk menangani fanspage dengan lebih mudah. Pengelolaan halaman ini memungkinkan anda untuk memahami bagaimana dan apa saja konten yang lebih diminati oleh masyarakat. Dengan begitu, anda bisa membaca data yang tersedia dengan lebih tepat.

  • Aktifkan Monetisasi Video

    Cara Mengaktifkan Monetize Video FanpageCara monetize fanpage facebook yang terakhir kamu hanya perlu melakukan mengaktifkan fitur Ad Breaks yang ada pada editor video pada step sebelumnya. Tentu, untuk fanspage yang diajukan harus telah sesuai pada syarat dan ketentuan di atas. Tapi jangan kaget kalau monetize di fanpage sangat berbeda jauh dengan youtube. Karena di fanpage semua video tidak otomatis muncul iklannya, akan tetapi kita harus mengaktifkannya satu per satu pada setiap video.

Keuntungan Menjadi Publisher Facebook

Tentu, menjadi publisher di facebook memiliki banyak sekali keuntungannya. Apa saja keuntungan tersebut? Berikut saya bahas dengan lengkap.

  1. Prosesnya Mudah

Facebook sudah memiliki banyak sekali peminatnya dan hampir dari seluruh dunia. Bukan tidak lain banyak orang yang memilih menggunakan facebook karena kemudahannya. Kemudahan inilah yang memberikan semangat dan niat dari para publisher. Terlebih, untuk menjadi publisher di facebook dengan memanfaatkan monetize fanpage facebook. Faktanya, proses yang mudah memang memiliki keuntungan melimpah.

Bahkan, tidak jarang seseorang justru lebih memilih menjadi publisher facebook dibandingkan dengan blog. Karena, facebook berdiri dengan server yang tinggi serta sangat jarang down. Jika dibandingkan dengan blog, tentu akan sangat berbeda. Belum lagi untuk biaya yang dikeluarkan di blog jelas lebih banyak. Kemudahan inilah yang merupakan keuntungan bagi seorang publisher facebook. Tertarik mencobanya?

  1. Mendapatkan Uang dari Facebook

Siapa yang tidak ingin mendapatkan uang dari facebook begitu mudah? Hampir semua orang menginginkannya. Nampaknya, salah satu keuntungan yang begitu jelas yaitu mendapatkan uang dengan mudah. Monetize video facebook memungkinkan anda untuk memperoleh penghasilan lebih cepat serta mudah. Cukup dengan memberikan ads breaks pada video maka uang akan mengalir dengan sendirinya.

Namun, untuk mendapatkan uang ini harus dilakukan secara rutin dan kreatif. Artinya, semua konten yang disajikan harus original serta memiliki manfaat jelas. Memang, anda bisa mendapatkan dari upload video di youtube. Namun, saat ini youtube sudah memiliki persyaratan yang tinggi agar videonya bisa di monetize. Jadi, alternatif terbaiknya yaitu dengan mencoba menggunakan ads breaks ini !

  1. Iklan Bermanfaat

Manfaat mendapatkan uang dari facebookSalah satu manfaat yang baik yaitu iklan yang ditampilkan sangat bermanfaat. Artinya, memang ada keterkaitan iklan dengan konten. Berbeda dengan media sosial lainnya yang menyajikan iklan tidak sesuai pada kebutuhannya. Iklan yang bermanfaat tentu jauh lebih baik dan tidak hanya untuk kepentingan pribadi saja, melainkan memiliki tujuan bersama.

Facebook juga memberikan keamanan yang baik dalam iklan ini. Tidak ada iklan nyeleneh yang ditampilkan dari pengiklan. Akan terjalin suatu hal baik untuk kedepannya. Tidak hanya mengedepankan kepentingan pribadi saja, melainkan memiliki tujuan baik dan jauh lebih bermanfaat. Selain membagikan ilmu, anda juga memperoleh pahala !

  1. Bom Klik Iklan Sangat Minim

Berbeda dengan blog ataupun iklan lainnya, facebook ads memiliki keamanan yang cukup tinggi. Termasuk dalam iklan yang diberikan. Biasanya, di blog sendiri akan terdapat beberapa masalah seperti bom iklan. Berbeda dengan hal tersebut, facebook ads membantu untuk publisher untuk tetap mendapatkan penghasilan tanpa tergantung banyak masalah.

Tentu, iklan yang menempel di video tidak mungkin dilakukan bom iklan. Dengan begitu, sudah sangat jelas bahwa penghasilan akan tetap aman dan terjamin selama masih aktif. Jadi, pastikan untuk selalu membuat fanspage lebih diminati oleh semua pengikut. Tentu, banyak sekali cara yang dapat dilakukan dan anda sudah pasti mengetahuinya. Terlebih, pastikan agar video yang di monetize menarik perhatian pengguna.

  1. Kemudahan Pembayaran

Tidak perlu diragukan lagi, facebook sangat membantu partnernya dalam segala hal termasuk untuk pembayarannya. Karena, pembayaran dilakukan dengan mudah dan transfer langsung menuju bank lokal Indonesia. Hal ini sangat memudahkan proses pembayaran agar lebih cepat di jangkau oleh para publisher. Semua publisher sangat membutuhkan hal ini untuk mendapatkan penghasilannya.

Menariknya, anda dapat melakukan penarikan sesuai pada keinginannya. Namun, tetap ada minimal payout tentunya. Selain itu,anda juga bisa memanfaatkan penghasilan ini untuk kemudian digunakan kembali dalam meningkatkan branding fanspage di facebook. Selalu ada hal yang baik jika dimulai dengan tepat !

Tips Trik Supaya Fans Page Cepat Monetize

Berikut ini, akan kami berikan informasi lengkap mengenai tips serta trik dalam mempercepat monetize fanspage anda. Simak caranya ada dibawah ini.

  1. Meningkatkan Follower dan Like Fanpage

Salah satu syarat fanpage dapat dilakukan monetize yaitu dengan adanya sekitar 10.000 pengikut. Tentu, beberapa orang merasakan jika hal ini cukup sulit. Ternyata, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan follower. Bisa dimulai dari mengajak teman agar menyukai page anda secara langsung atau melalui private message.

Selain itu, terdapat beberapa teknik lainya seperti mengajak dengan kreatifitas. Seseorang yang melihat harus tertarik kepada laman yang anda buat. Dengan begitu, bukan tidak mungkin bahwa fanspage akan memperoleh lebih banyak pengikut. Setidaknya, anda harus memiliki lebih dari 10.000 pengikut agar dapat lolos syarat tersebut. Anda juga bisa melihat cara meningkatkan like dan follower fanpage pada artikel saya sebelumnya.

  1. Meningkatkan Tayangan Dengan Kreativitas

Di era saat ini, teknologi memberikan kemudahan dalam berbagai macam hal. Salah satunya untuk membuat video yang lebih berkualitas. Konten yang berkualitas dan memiliki sisi kreatifitas tinggi tentu akan lebih disukai oleh pengguna. Hal ini semakin memberikan peluang untuk dapat lolos dalam video monetize. Dimana, membutuhkan setidaknya 30.000 tayangan dari pengguna facebook.

Kreatifitas dalam pengolahan video begitu menentukan kedepannya. Anda dapat melihat berbagai macam referensi yang ada di internet sebelum membuat konten. Selain itu, lakukan research terhadap apa yang sedang berkembang viral saat ini. Biasanya, orang lebih banyak yang melihat dari sisi. Namun, jangan sampai melupakan thumbnail unik. Karena, beberapa orang lebih cepat menanggapi dengan thumbnail yang unik serta menarik untuk di lihat.

Selain thumbnail, kamu juga bisa menggunakan kata kata promosi atau copywriting yang menarik supaya banyak yang mau melihat video yang kamu share di fanpage. Apalagi jika konten yang menurut kamu paling bagus itu dipromosikan pakai fb ads, dijamin pasti konten Anda bakalan viral.

  1. Update secara berkala

Mengapa penting untuk melakukan update konten? Karena, tim facebook akan memberikan tanggapan mengenai akun yang memang masih aktif. Umumnya, akun fanspage yang sudah tidak aktif namun ingin mendaftarkan monetize banyak ditolak. Hal ini tentu sangat jelas bahwa kun fanspage lama belum tentu memiliki pengikut yang selalu on setiap harinya.

Untuk itu, setidaknya lakukan update konten 1 hari sekali serta menggunakan informasi jelas. Jangan sebarkan berita hoax karena bisa menimbulkan efek negatif pada para publisher. Karena itu, mulailah dengan berbagi hal yang baik kedepannya. Dengan begitu, sudah pasti akan lebih disukai oleh pengikut fanspage anda.

  1. Patuhi Semua Ketentuan

Dalam melakukan monetize tentu membutuhkan banyak hal. Salah satunya dengan mematuhi semua ketentuan yang ada. Ketentuan ini diberlakukan untuk memberikan informasi konten yang jelas kepada pengikut fanspage. Tentu, bagi beberapa fanspage yang tidak mematuhi maka tidak akan mendapatkan rekomendasi untuk melakukan monetize. Hasilnya akan sangat sia-sia jika ternyata fanspage tersebut sudah memiliki banyak pengikut.

Dengan mematuhi ketentuan, berarti anda ikut serta dalam menjunjung tinggi nilai keaslian. Jangan sampai. Fanspage yang di monetize justru berbahaya bagi masyarakat. Lantas bagaimana jika ketentuan ada yang belum terpenuhi? Selama ketentuan belum terpenuhi maka tetap saja tidak bisa dilakukan monetize. Langkah terbaiknya dengan menunggu kabar yang akan diberikan selanjutnya.

Perbedaan Monetize Fanpage dengan Youtube

  1. Perbedaan dari Segi Monetize

    Ketika channel youtube sudah diterima untuk menayangkan iklan, semua video otomatis bisa di monetize / bisa di isi dengan iklan semuanya tanpa request ulang

    Pada saat Fanpage sudah memenuhi syarat untuk monetize, kita harus mengajukan ulang video yang akan di monetize, sehingga semua video tidak otomatis ada iklannya langsung. Melainkan kita harus request videonya satu per satu kepada facebook supaya monetizenya diterima.

  2. Perbedaan dari Segi Penayangan Iklan

    Di youtube terdapat iklan yang bisa di skip dan tidak bisa di skip

    Penayangan iklan di fanpage tidak dapat di skip

Note : Perbedaan monetize ini saya tahu karena melihatnya sendiri, mungkin saja di fanpage juga ada penayangan iklan yang bisa di skip. Nanti akan saya update ketika sudah menemukan sumbernya.

Jumlah Minimal Payout dari Pendapatan Fanpage

Menurut sumber ketentuan monetisasi konten dari facebook, jumlah minimal payout fanpage yaitu sebesar $100. Jumlah ini sama dengan Adsense, karena minimal payout Adsense juga sebesar $100 jika memiliki dashboard dollar. Apabila adsense dengan dashboard rupiah minimal payout yaitu Rp 1.300.000.

Opsi Pembayaran Monetize Fanpage

Opsi Pembayaran MonetizeOpsi pembayaran dari pendapatan uang dari facebook ada 2, yaitu bank transfer dan paypal. Di pengaturan pembayaran ini kamu harus melengkapi semua formulir pembayaran.

Pembayaran via Bank TransferUntuk menggunakan rekening bank, Anda harus memverifikasikan nomor routing, nomor rekening, dan nama pemegang rekening bank tersebut.

Pembayaran via PaypalSedangkan untuk verifikasi akun Paypal, Anda membutuhkan informasi negara akun, email terkait, dan nama depan serta nama belakang akun paypal Anda.

Kesimpulan Cara Mendapatkan Uang dari Facebook dengan Cara Monetize Fanpage Facebook

Kesimpulan dari menghasilkan uang di facebook dengan cara monetize fanpage ini sangat simple. Ketika akan upload video baru gunakan fitur di creator studio untuk unggah videonya. Disini kamu tidak perlu edit postingan lagi untuk mengaktifkan videonya. Karena dari fitur ini otomatis monetisasi video akan aktif. Sehingga kamu hanya menunggu videonya untuk disetujui, setelah itu kamu bisa share videomu yang telah disetujui ke grup yang banyak anggotanya dan sesuai dengan konten video yang akan kamu share.

Begitulah pembahasan lengkap cara monetize video fanpage facebook versi Dosen Online dengan begitu mudah. Sampai disini, anda sudah memahami bahwa fanspage yang lolos kriteria maka dapat di monetize untuk menghasilkan uang. Bagi para publisher, hal ini merupakan salah satu cara yang cukup direkomendasikan. Selain mudah, penghasilannya juga lumayan. Jadi, jangan sampai tidak mencobanya !

UPDATE

Update 17 Februari 2019

Cara Monetisasi Fanpage Tidak Wajib Pakai NPWP

Kabar gembira buat kamu yang belum punya NPWP. Karena di fanpage facebook masih bisa verifikasi pakai No KTP untuk daftar. Saya sendiri desember 2018 lalu mengisi form pendaftaran masih belum mempunyai NPWP. Saat itu KTP saya juga masih belum jadi, sehingga belum bisa membuat NPWP. Sekarang saya verifikasi pakai No KTP pun bisa cair sampai $500 lebih.

Fanpage Cair Tanpa NPWPPada gambar diatas saya monetisasi fanpage mulai tanggal 25 Desember 2018 sampai Januari 2019 masih aman tanpa NPWP. Sekarang saya sudah punya sih, tapi di form pembayarannya sudah tidak bisa di edit. Berarti biarkan saja tetap pakai ktp. Apabila suatu saat sudah di wajibkan pakai npwp tinggal kita turuti saja persyaratannya. Semoga update cara mendapatkan uang dari facebook ini bisa bermanfaat 🙂

Berikan Rating ?

Artikel Lainnya
145 Comments
  1. Diah Iniresepcom says

    Fanspage belum memenuhi kriteria itu bagaimana solusinya ya gan.. padahal udah lebih dr 10000 follower, tp page masih centang merah.

    1. DosenOnline says

      yang belum memenuhi di bagian apa gan?

  2. hepi says

    mas boleh minta nmr wa x gk .saya maw sharing. punya saya jeda iklan udah memenuhi syarat. klayakan udah memenuhi syarat. pengikut udah 28rb. menit tonton udah 1jt lebih. tp kok blum keluar dollarx ya. saya cek di perpustakaan udah saya klik on adbreak nya sperti ptunjuk pean. tp tetep logo koin monetasix warna biru gk bsa brubah hijau .knapa ya mas

    1. DosenOnline says

      Silahkan masuk grupnya aja mas
      >> https://chat.whatsapp.com/BjGO3qws0ED1U0OlnwcA8B

      1. hendri says

        saya juga sama mas udah memenuhi semua syarat, tpi kok dolar masih ijo ya.. gmn ya mas? bisa di bantu gak?

        1. DosenOnline says

          kalau udah ijo kan udah berhasil mas?

      2. Kris Andieka says

        udah penuh yah mas grup nya? nggak bisa join

  3. Noname says

    Reupload boleh gak?saya pernah dikasih tau orang boleh reupload

    1. DosenOnline says

      boleh gan, tapi jangan reupload musik, bola, film
      biasanya rawan copyright

  4. Iswanda Maulana Tarigan says

    Thanks gan infonya, lengkap 😀 mudah di pahami untuk saya yang sangat pemula ini.

    1. DosenOnline says

      sama sama gan, semoga bermanfaat 🙂

  5. Jhoni says

    Terimakasih karena tulisan sangat membantu saya yg ingin mencoba monetize fanpage fb karena saya punya fp FB like sudah 11k bingung mau diapakan 🙂

    Mau tanya, apakah bisa mengambil video2 dari YouTube?
    Apakah jika ada watermark dr creator YouTube video masih dibolehkan?
    Menurut pengalaman, cara biar dapat 100$ sebulan harus upload brapa video /hari?

    Mohon kesediaan untuk sharing.

    Terimakasih 🙂

    1. DosenOnline says

      1. Bisa, saya juga biasanya ambil dari youtube. Tapi jangan ambil yg ada musiknya, nanti bisa” kena CR.
      2. Boleh
      3. Kalau saya cuma 1 video per hari, soalnya FP sudah lumayan besar, kalau buat pemula bisa upload 2-3 dulu. Dan rajin share” ke grup yang se nice.

      Semoga Membantu 🙂

  6. Dwi Susilo Nur Wibowo says

    fp saya sudah memenuhi syarat monetize, tapi kok masih biru2 dan ga ada tombol pilihan buat review videoya kaya temen2 yang lain, kalo ada tombol reviewnya katanya video yg mau di upload di review dlu nah maksimal 24 jam udah jadi ijo, kok punya saya ga ada ya gan.

    1. DosenOnline says

      Belum semua fanpage mempunyai tombol review itu.

    2. Seni adalah hidup says

      Tetap upload saya, itu review kadang bisa sampai 2 bulan

  7. Purwanto says

    Mas mau tanya kalo setatus kelayakan oke tpi untuk folowwer blum apakah bisa di monet

    1. DosenOnline says

      Belum lah gan, harus tuntas dulu semua syaratnya

  8. Hendra Gunawan says

    mudah di cerna kata2 nya. makasih atas ilmu nya mas.. salam sukses

    1. DosenOnline says

      Aamiin…
      Terimakasih Mas 🙂

  9. Hendra Gunawan says

    kalo video dari youtube kemudian di share di fanpage apakah aman pak?

    1. DosenOnline says

      Bisa, jangan reupload konten musik, film, trailler.
      Rawan kena CR

  10. Mazain Mahdales says

    Bang bagi FPnya sampean..

    Pengen liat

  11. alkamar says

    Bang fp saya kenapa tidak bisa mengupload lagi yah?? Karna melanggar komunitas. Padahal baru 1 kali upload

    1. DosenOnline says

      Hbis kena copyright?

  12. Ivan says

    Bang, untuk menambah follower fp boleh gak pake bantuan promosikan halaman berbayar?

  13. Ivan says

    Bang, untuk menambah follower boleh gak kita promosikan fp kita pakai iklan halaman berbayar?

    1. DosenOnline says

      Boleh banget bang…

  14. fuat muhamad says

    Bang kenapa yaga status kelayakan saya merah tapi punya temen yang satu niche ijo

    1. DosenOnline says

      Umur blognya sudah berapa lama?

  15. Slamet Riyadi says

    Sangat bermanfaat tutorialnya …. semoga fans fb nya lancarr jaya ….

    1. DosenOnline says

      Aamiin…
      Terimakasih Bang…
      Semoga sukses selalu 🙂

  16. Ferros says

    Baru bikin fp nih, buat ke status ijo butuh brapa lama nih?

    1. DosenOnline says

      kurang lebih 3 bulan

  17. zaidan says

    mas bisa ga kita ganti rekening sama no KTP yang digunain waktu daftar ad breaks?,,, soalnya saya mau beli FP dan FP nya udah monet, itu nanti nomor rekening dan no KTP bisa ganti apa ga?

    1. DosenOnline says

      Bisa mas

  18. Masari says

    tanya dong kak, saya baru aktifkan lagi page saya, syarat follower sudah 30rb dan sudah hijau, Monetization Eligibility Standards juga sudah hijau, tapi kenapa ya 1-Minute views for 3-Minute Videos saya masih 1%, padahal ada video baru di page saya yang sudah dengan durasi 4 menit sudah dilihat sebanyak 139.000 kali dengan rata rata tonton 1.47 menit, kenapa tidak hijau ya, apakah harus menunggu sampai 60 hari untuk update?

    1. DosenOnline says

      Sudah dilihat sebanyak 139.000 kali itu dalam waktu berapa hari mas?
      Di adbreak dihitung dari 60 hari terakhir

  19. danz says

    kalo nambah viewer diiklanin pake fbads boleh gk gan?

    1. DosenOnline says

      Boleh gan…

  20. Farid says

    Video yg udah ijo bisa diiklankan?

    1. DosenOnline says

      Ada yg bilang bisa dan ada yg bilang rawan banned. Saya tidak menyarankan untuk mengiklankan video yg sudah hijau.

  21. Purwanto says

    Gan ada yang bilang kalo, flower dari fbads tidak masuksyarat untuk adsbreak, yang masuk syrat folowr harus organik apakah bneer??

  22. Kadir kamal says

    kalau video bola yg di reupload dan dikompilasi boleh gak?

    1. DosenOnline says

      Reupload dari youtube atau dimana?

  23. masur says

    Kalo jalankan ik;an pakai PPE apa video views yang betul?

  24. zonk says

    punyaku kok harus ngisi id pajak hu
    solusinya gimna

    1. DosenOnline says

      Meskipun di isi no ktp juga bisa gajian om, sperti saya.

  25. Arif says

    Kalau reupload dr youtube boleh gk ya?

    1. DosenOnline says

      Saya biasanya juga reupload dari youtube

  26. abdul basith says

    bang tanya kalau mau menghijaukan dolarnya gimana ya bang? soalnya punya saya statusnya pending terus padahal udah saya banding

  27. Rekal says

    Mau gabungan d group WA ny sudah penuh gan,,ngak buat group wa lgi,atau telegram biar bisa banyak anggota ny,, pingin belajar ini fanpage FB

    1. DosenOnline says

      Silahkan chat ke fb saya fb,com/dosenonline

      1. Indah permata sari says

        Mas saya mau join ke grup wa tp sudah full , gimana ya ?

        1. DosenOnline says

          iya grupnya full

  28. Duta says

    kang, mau nanya, kan biar uang bisa cair harus verif ktp, nah kalo kita pake fb klonengan yang namanya tidak sesuai ktp kita gimana?? ini saya pk fb baru buat ngiklanin fanspage, soalnya yg lama kena AME.

    1. DosenOnline says

      Tidak masalah, yang penting waktu isi form pembayaran sesuai dengan nama ktpnya.

  29. Jajang says

    bang kalo untuk pencairan dana kan pk verif ktp, nah untuk yang Fbnya pake akun yg nama nya tidak sesuai ktp apa bisa dicairkan?? soalnya ane pake akun baru ini buat ngiklanin fp. akun yg lama kena AME

    1. DosenOnline says

      Tidak masalah, yang penting waktu isi form pembayaran sesuai dengan nama ktpnya.

  30. aqsal says

    gan ada jasa benerin kelayakan ngak ? fp ane like folower sudah 10k
    + penayangan sudah ijo tinggal kelayakakan

    1. DosenOnline says

      hbis kena CR atau gimana gan?

  31. Hendra blonk says

    Jadi gini dosen online, ane udah wa dan dm fb lu gk balas2 ane ngakak waktu lu isi data eh teryata ktp gk ada wkwkwk,, (blum jadi) skip jadi gini saya punya FP sampe 10 buah dan itu semua udah ada yg ratusan (wow auto sultan ne) dan ane coba sdh memenuhi syarat ada 4 buah, kk sya pkek dalam kaitan bank itu sya ambilnya dri nama stiap org di kk, dan mkek atm sodara.saya dan kk sya, saya baru tau yg fp ini karna dia bru liris di indonesia thun mren bulan 11 , dan sya cuekan saja, karna saya juga punya chanel, youtube udah 350 rbu sub,tpi replouder wkkwkw gk masalah, awalnya iseng2 eh teryata duit, ane buat banyak2 akun teryata.skrg membuah hasil walaupun kadang sya harus beli atm online di internet, dan jdi masalahnya sekarang atm sya ada untuk 3 akun msuk dgn fp ini apakah itu bermasalah? biasanya ank SMK pro karna ilmunya ke It lebih yahut, maklum ane jg seorang proggram, oh.ya 1 lagi Di fp ini menunggu dolar menjadi ijo, apakah menunggu di acc lgi.ya? oleh marzukeber nya itu ,tman ane tu cuy, silakan beri masukan dolar saya yg fp 1 juta kurang ini dolarnya msih gelap blOm ijo tpi dah kemonet gimana tu ada saran? ini fp pling besar ane, tentang artis luar negeri karna ane fans dia dulu, aktor trailer dia, dtnggu solusinya ya

    1. DosenOnline says

      Halo Mas
      1 akun pembayaran bisa dibuat untuk banyak fanspage, ngk perlu cari banyak” atm
      Setiap upload video memang harus perlu menunggu acc dulu dari mark biar ijo dolarnya…

  32. phono says

    Gan numpang tanya klu bikin FP sebanyak2 banyaknya apa boleh? dan apa bisa di monet semuanya? dan misalkan Fp yg sudah banyak itu dan sudah monetize semua, pembayaranya ke satu orang bisa?

    1. DosenOnline says

      Bisa gan

  33. Didi says

    Dosen Online…bagus seklai urainnya … mau nanya nih.. ane punya channel youtube juga … apakah video yg sudah di upload di channel youtube ane, juga bisa di upload lagi di Fanpage ya ? jadi 1 video di upload di YouTube .. trus di upload di Fanpage juga .. dengan video yang sama.. boleh gak ya ? thx ..

    1. DosenOnline says

      boleh gan

      1. Didi says

        Apakah tidak melanggar copyright atau dianggap re-uplaod dari masing2 pihak yakni YouTube n Facebook gan?

        1. DosenOnline says

          Tidak gan, itu kan video punya agan sendiri
          Terus nanti siapa emangnya yg mau claim ? 😀

  34. Arsul Ansar says

    Bang buat grup telegram dong. Grup di wa udah full.

    1. DosenOnline says

      Saya sudah buat juga di telegram 🙂

  35. Anggi says

    Mau tanya sama dosenonline
    Knapa ya mas kok di fb creator saya tidak ada lambang $ dan tulisan monetisasi nya?di kolom kanan Hanya ada kolom isight aja? Apa karena syarat blom terpenuhi yaa

    1. DosenOnline says

      Iya bisa jadi syaratnya belum terpenuhi gan. 3 Syaratnya sudah terpenuhi belum?

  36. Jaya says

    Mas info dong nama template yang di pake mas apa

    1. DosenOnline says

      Pakai template ini mas -> https://dosenonline.id/publisher/

  37. Mubaraq says

    berapa lama proses pencairannya mas?

    1. DosenOnline says

      Sama seperti adsense, skitar tgl 22 ke atas
      Dengan syarat sudah ada saldo minimal $100

      1. Mubaraq says

        itu langsung masuk ke rekening?

        1. DosenOnline says

          iya gan

  38. Rijal says

    Sudah layak, tapi dollar susah ijo, review terus, hiks… Kenapa yah gan?????

    1. DosenOnline says

      Memang banyak yg sperti itu gan, kurang tau kenapa…

  39. Septiyan says

    Mas saya baru build fan page 3 hari yang lalu dan saya upload 3 video dan 1 video ada yang viral mengundang banyak like fanpage and share, tapi kok pas di cek kelayakan tidak ada tanda merah atau ijo ya mas ?
    Biasanya butuh waktu berapa lama supaya ada merah dan ijo itu

    Terima kasih

    1. DosenOnline says

      Ada kok, cek kelayakannya dimana ?

  40. saoki says

    bang mau nanya kok saya ngk ada tulisan adbreak waktu saya masuk ke editan vidio ?? mau masukin kode iklan padahal

    1. DosenOnline says

      Fanpagenya sudah diterima monetizenya ?

  41. adhy says

    Kalo standar kelayakan monetisasi merah apakah ada jalan bisa dihijaukan? Tiga syarat lainnya sudah hijau (follower, tayangan video, dan negara).

    1. DosenOnline says

      Merahnya karena apa?

  42. Maharaj Koul says

    Mas untuk usia FP ada minimum kah?
    saya cek kok masih Tidak Tersedia untuk Insight Monetisasi
    usia FP saya 6 hari

    1. DosenOnline says

      Sudah upload video berapa?

      1. Maharaj Koul says

        Sudah 3 Video, masing2 durasi 10 menit. Thruplaynya juga udah tinggi

      2. Maharaj Koul says

        ohh sudah solved gan
        Kreator dan penerbit harus memiliki eksistensi di Facebook yang autentik dan stabil. Agar memenuhi syarat untuk semua fitur monetisasi, Halaman Anda harus berusia setidaknya 90 hari.

        1. DosenOnline says

          Iya gan, usia fanpage minim 90 hari

          1. Maharaj Koul says

            Oh iya mas, kalo fb masalah copyright ketat kah? soalnya saya niche nya 70% reupload

  43. Rozak says

    Gan kalo pake fanpage bekas fb ads apa bisa ya..di pindah ke adbreaks…maafkl nanyanya lucu😁😁😁😅😅

    1. DosenOnline says

      Semua fanpage bisa gan 😀

  44. Ukuy says

    Kalau di main kan di android bisakah gan.??

    1. DosenOnline says

      Bisa banget gan

  45. Adiaja says

    assalamualaikum bg saya sudah baca artikel abg ini sangat bagus menarik. Tapi saya mau tanya berapa lama peninjauan monites adbreak nya untuk berubah dolar nya jadi hijau.
    Soal nya punya saya sudah lebih dari sebulan..?
    Mohon jawaban nya. Terima kasih

    1. DosenOnline says

      tergantung pihak fbnya ngereview gan, tidak ada ketentuan pasti berapa lamanya
      kadang ada yang cepat dan ada juga yang lama…

  46. gita says

    sedih mau join grup WA tp FULL. bang sy ud lolos AD BREAK sesuai ketentuan. Sdh ada yng berlogo dolar hijau, dan disertakan ad break, tp kenapa sy coba cek tonton di akun fb teman kok iklan nya belum muncul.

    untuk pembayaran biasanya hitungan nya untuk viewer brp menit per dolar?tks

    1. DosenOnline says

      Iklan didalam video tidak selalu muncul kak

  47. EM_ TEJA says

    @dosenonline mw tnya min.kalo fp kita lewat dari 60 hari apa masih bisa d monetize

    1. DosenOnline says

      60 hari apanya gan? umurnya?
      semua fp bisa di monetisasi kok

  48. Ali Imron says

    Jika fp kita udah lewt 60 hari apa masih bisa di monetize min??

    1. DosenOnline says

      maksudnya 60 hari lewat apa ya?
      semua fp bisa di monetize

  49. Hate me! says

    gan gimana sih caranya agar dolarnya cpt ijo, padahal video udah viral? terkadan malah jika sudah udah gak lagi viral alis view nya jadi dikit baru tuh $ ijo,

    1. DosenOnline says

      sudah coba banding mas?

  50. vincz says

    Mas mau nanya di fanpage kalau belum 10.000 follower dan 30.000 tayangan kan belum bisa monetize . nah tetapi saya pernah lihat beberapa fanpage yang belum 10.000 follower dan 30.000 tayangan tetapi status kelayakan monetize sudah hijau .
    itu cara manage nya gimana ya ? kebetulan fanpage saya masih baru . apakah memang di review dlu dr pihak facebook atau gimana ?

    1. DosenOnline says

      status kelayakan monetize hijau tidak harus 10k follower dan 30k tayangan

  51. MediaManfaat says

    Kalo reuload video tapi kita edit videonya bisa di monetize gak hu?

    1. DosenOnline says

      bisa hu

  52. Faris Amal says

    Maaf hu, boleh infokan software edit video untuk menambahkan tulisan dibagian abwah video?
    makasih

    1. DosenOnline says

      Saya pakai camtasia hu
      Bisa pakai filmora juga untuk editing

  53. Ahmad Sahudi says

    Pak kalau standar kelayakan berubah jadi merah, bagaimana cara mengatasinya biar cepat berubah jadi hijau ?

    1. DosenOnline says

      Kalau merahnya kena CR biasanya butuh waktu 90 hari untuk hijau lagi

  54. adi says

    Bang grup WA nya penuh ane mau gabung dong…

  55. FADIL ARIA says

    Selamat Sore mas,,,mau tanya kalau FP isi nya hasil rekaman pribadi di smule bisa gak nanti nya jadi dollar ya mas..??saya baru aktif kan FP beberapa bulan bulan ini ..terima kasih. .

    1. DosenOnline says

      Saya ngk pernah upload video smule, bisa buat dulu fanpage khusus tester untuk upload. Kalau aman berarti bisa

  56. Juragan says

    Bos mau tanya kalau potongan lagu video clip yg tidk ad copyright nya bisa di muat juga ko..trus memasang link youtubenya atau IG apakah aman ko..misalnya bagian reffnya saja yg dimuat..mohon pencerahannya bos..

    1. DosenOnline says

      kalau yang tidak ada copyrightnya ya aman aman aja mas

  57. FADIL ARIA says

    Terima kasih ulasannya sangat bermanfaat akan sy usahakabmn memenuhi syarat2 nya sayang Group WA sdh penuh ya mas…apa kah ada group Telegram mas ..??

  58. rjf says

    minta kontak yang bisa di hubungi, tolong,
    uang di adbreak saya udah $40 an

    tapi statusnya pending, harus gimana biar bisa di bayarkan?

    1. DosenOnline says

      Pembayaran ad break minim $100 mas

  59. anggi says

    Bang mau tanya. Fp saya tadinya berwarna ijo dan sekarang berwarna kuning penyebabnya karena saya terlalu banyak bagikan video dari fp saya dengan akun fb yg sya cantumkan admin di akun fp.
    Cara agar fp bisa ijo lagi gmna ya bang

    1. DosenOnline says

      Maksudnya di status kelayakannya?
      Biasanya nunggu 90 hari untuk jadi hijau lagi mas

  60. Mohammad Jailani says

    Grup FB Creatornya sudah penuh ya bang? Adakah grup lagi?

    1. DosenOnline says

      iya bang sudah penuh

  61. Okik says

    Mas fanspage saya udah memenuhi syarat jeda iklan.
    Tetapi video saya sedang di tinjau terus.
    kira2 berapa lama ya di tinjau nya.

    1. DosenOnline says

      Tidak ada kepastian yg jelas dari fbnya berapa lamanya mas. kadang cepat dan kadang lama juga, kadang malah ditinjau terus ngk hijau hijau

  62. Nana says

    Kak mau tanya
    sekarang harus pake NPWP atau gak perlu?

    1. DosenOnline says

      Harus / tidaknya kurang tau, saya sampai sekarang pakai ktp masih aman

  63. Eghi says

    Kalau kita upload video anime di FP apakah boleh

    1. DosenOnline says

      Hati hati kena copyright

  64. Yusuf says

    Bang dosen online sata mau tanya knapa ya Monetiasi video dolar sudah hijau tapi pnghasilanya tdak masuk. Itu knapa ya?

    1. DosenOnline says

      kalau ada tayangan iklan ya pasti masuk mas

  65. Rezha says

    Kalo untuk Bank Transfer ada nomor routing itu maksudnya apa ya? Dapat nomor routing nya dari mana?

    1. DosenOnline says

      Nomor routing banknya mas. Search aja di google nomor routingnya

  66. Rezha says

    Kalo mau setting pembayarannya seperti di screenshoot terakhir itu masuk ke menu apa ya, Mas?

    1. DosenOnline says

      Masuk ke creator Studio
      Klik menu monetisasi -> pengaturan pembayaran

  67. emink says

    Mau nanya mas Kalau standar kelayakan Monitisasi Warna Merah Dengan Keterangan Mungkin ada beberapa alasan mengapa halaman anda tidak memenuhi standar ini, termasuk jika halaman menerbitkan konten yang halaman tidak memiliki izin untuk membagikannya, atau jika konten tidak dibagikan dengan cara autentik, Itu harus Bagaimana ya Mas? Terimakasih

    1. DosenOnline says

      FPnya sudah memenuhi standar kelayakan belum mas?

  68. Rini says

    Gan gabung grup wa donk, sayang banget grupnya sudah penuh
    Cara share ke grup orang lain Itu gmna ya?

    1. DosenOnline says

      Sudah penuh mas…
      Di tombol share pilih share ke grup.

  69. Hartono says

    Bang, artikelnya bagus sekali dan sangat mudah dipahami..
    Saya mau tanya bg.. Saya baru jalankan fanpage FB 1 minggu dan kemarin saya kena copyright tayangan motogp, tetapi sampai sekarang saya masih bisa upload video.. Pertanyaan saya, apakah fanpage yg pernah melanggar / terkena copyright masih bisa memenuhi standar kelayakan monetisasi fanpage kedepannya..? Atau fanpage sudah tidak akan bisa lagi memenuhi standar kelayakan monetisasi..?

    1. DosenOnline says

      Bisa mas, biasanya nunggu 90 hari lagi baru bisa hijau.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?