11 Cara Promosi di Media Sosial yang Benar dan Menguntungkan

0 473
5/5 (4)

Cara memasarkan produk melalui media sosial itu mudah. Tapi sebuah bisnis tak akan berjalan lancar jika tak ada promosi di dalamnya. Sebab berpromosi telah menjadi satu kesatuan untuk setiap jenis bisnis. Baik itu bisnis di bidang jasa apalagi berupa benda atau produk, tanpa promosi yang menarik konsumen tidak akan tahu bagaimana bisnis kita. Cara promosi di media sosial yang benar bisa membantu anda untuk menjaring banyak target termasuk meraup keuntungan yang melimpah. Sayangnya tak banyak orang yang tahu bagaimana cara berpromosi yang benar karena selama ini hanya sekadar posting di facebook, instagram tanpa memperhatikan beberapa hal penting.

Cara memasarkan produk melalui media sosial itu mudah, tapi promosi online tidak akan menarik jika kita tidak mengemasnya dengan baik. Seperti misalnya menata kalimat ajakan dan tidak hanya sekadar memberi tahu keunggulan produk. Memposting gambar-gambar yang sesuai produk kita atau gambar unik yang bisa menimbulkan rasa penasaran konsumen. Bisa juga dengan cara melakukan endorse di instagram. Banyak hal yang bisa membantu cara berpromosi yang benar untuk mengembangkan bisnis anda.

Mengapa sosmed menjadi ladang untuk berpromosi? Tak lain karena menggunakan tips cara promosi di medsos ini kita bisa lebih mudah menjangkau banyak konsumen. Tak perlu bertatap muka untuk mengenalkan produk atau jasa yang menjadi bisnis kita. Tetapi justru disinilah letak kesulitan dan harus dikemas secara menarik. Cari langkah-langkah tepat untuk meyakinkan konsumen atas bisnis kita ini.

Cara Promosi di Media Sosial yang BenarCara Promosi di Media Sosial yang Benar

1. Kenali Pembaca

Cara promosi di media sosial yang pertama adalah mengenali pembaca. Karena kita tak bisa bertemu langsung dengan ribuan orang yang ada di sosmed, tentu kita harus pandai untuk membaca bagaimana kondisi psikografis target kita. Pahami bagaimana demografi target pembaca atau teman anda di sosial media. Kalaupun anda menggunakan blog maka anda bisa memanfaatkan google analytics untuk menjadi salah satu tools yang bisa membantu kita dalam mengidentifikasi usia, jenis kelamin hingga hal-hal penting lainnya.

Lengkapi data tersebut agar bisa mengetahui bagaimana jenis dan peran media sosial yang tepat bagi bisnis kita. Sebab dari data ini nantinya, kita bisa lebih mudah dalam menentukan jenis media sosial lain yang akan digunakan. Cara ini efektif dalam menentukan sosmed mana yang cocok untuk bisnis kita dan dimana kita harus fokus melakukan promosi.

2. Menentukan Potensi Sosmed

Ada sebuah studi yang dilakukan oleh Simon Kemp yang datang dari We Are Social di tahun 2016 bahwa hasil urutan media sosial yang paling aktif di Indonesia telah diketahui. Urutan tersebut dilihat dari intensitas masyarakat dalam menggunakan sosmed yaitu facebook, google+, twitter, instagram dan pinterest. Hasil ini tentu akan sangat membantu para pebisnis dalam mengembangkan bisnisnya. Tetapi butuh pemikiran lebih dalam agar menyesuaikan dengan siapa target pembaca kita.

Jika bisnis yang anda kelola mengarah kepada para professional, anda bisa mempromosikannya di Google+ dan LinkedIn karena dirasa cocok. Tetapi kalau target pembaca ternyata lebih menyukai visual maka kita bisa memilih instagram, pinterest dan facebook. Ketika satu ataupun dua jenis media sosial sudah dipilih, akan lebih mudah untuk menggunakan analytic agar bisa mengukur efektivitas dan juga tren pembaca terhadap peningkatan pengunjung blog. Langkah ini menjadi salah satu cara promosi di media sosial yang efektif.

3. Repost Konten Blog

Tidak ada salahnya untuk menerbitkan kembali atau reposting sebuah konten blog. Cara ini menjadi sebuah keharusan dalam melakukan blog marketing. Tak perlu takut dianggap spamming karena memang tidak semua target pembaca anda akan melihat postingan setiap hari, setiap malam ataupun di saat anda posting lagi. Tentukan jadwal repost dengan benar karena cara promosi di sosmed ini sangatlah menentukan bagaimana berjalannya bisnis kita.

Tetapi me-repost juga tidak akan optimal jika dilakukan tanpa strategi dan juga langkah-langkah yang jelas. Maka dari itu, cara promosi di media sosial dengan repost konten blog bisa dengan beberapa langkah seperti memilih konten, menulis ulang jika perlu, menghubungi pemilik website lain, menulis ulang dalam bahasa lain dan cara ini sangat dianjurkan. Anda bisa menulis ulang sebuah artikel dan menerbitkannya kembali. Cara ini akan menghindarkan kita dari duplikasi konten. Selain blog, kamu juga bisa mencari konten viral di Instagram untuk repost.

4. Mengaktifkan Sharing Buttons

Banyak yang mengira bahwa konten online yang dipromosikan ini sesederhana menerbitkan post dan juga melakukan sosial media marketing di berbagai sosmed channels. Tetapi perlu juga sebuah strategi promosi melalui sosmed yang terencana dan juga sesuai untuk bisnis kita agar hasilnya bisa lebih efektif. Mengaktifkan sharing buttons merupakan cara mudah untuk menstimulus orang agar mereka juga lebih aktif mempromosikan konten menarik kita.

Ketika satu orang membagikan konten milik anda maka kemungkinan dibaca lebih banyak orang juga lebih besar. Semakin banyak konsumen tahu bagaimana promosi anda, ada kemungkinan besar mereka akan tertarik terutama jika apa yang dibutuhkan mereka juga sesuai dengan apa yang anda tawarkan. Mengaktifkan sharing buttons seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya.

5. Pahami Jenis Sosial Media yang Tepat untuk Bisnis

Cara memasarkan produk melalui media sosial dengan memahami jenisnya. Bagaimana jenis bisnis anda? Apakah bisnis online yang fokus pada bidang fashion kekinian? Anda bisa memilih media sosial facebook karena banyak anak muda yang lebih menggunakan facebook. Sosial media mana yang sesuai dengan untuk meningkatkan pengembangan bisnis kita. Lebih baik menggunakan 2 jenis media sosial untuk mempromosikan bisnis.

Hal ini karena sudah banyak yang mencoba bahwa mempromosikan bisnis melalui beragam sosmed sangatlah menguntungkan. Setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda. Jika anda mampu mengenali mana yang sesuai dengan bisnis yang anda kembangkan tentu sosial media ini akan tepat sasaran.

6. Kenali Jam Prime Time

Jam Prime TimeCara promosi di media sosial dengan mengenali jam prime time. Prime time disini artinya waktu dimana penggunaan sosial media ini sedang ramai-ramainya. Misalnya jam 19.00 penggunaan facebook terbilang tinggi atau di pagi hari. Mengetahui prime time dari sosmed merupakan cara promosi di medsos yang penting. Sebab hal ini akan lebih memudahkan kita untuk membuat promo tepat sasaran.

Anda bisa melakukan survei sederhana untuk membaca perilaku pengguna sosmed. Jam berapakah mereka sering mengakses facebook, instagram, twitter dan sosmed lainnya.Ketika anda sudah mengetahui di jam berapa saja para pengguna aktif maka dengan mudah kita bisa membuat promo tepat guna.

Namun harus dikenali juga bahwa antara facebook, instagram dan twitter biasanya memiliki prime time yang berbeda. Televisi memiliki prime time yang membuat jam tayang iklan lebih mahal, maka dari itu penting untuk tahu kapan prime time dari sosmed dimana kita bisa membuat promo lebih menarik. Mampu menjangkau pengguna lebih banyak dan tepat sasaran.

7. Pilih Konten yang Tepat

Memilih konten yang tepat untuk promosi tentu saja penting. Cara promosi di sosmed yang benar seperti di instagram yang lebih mengunggulkan gambar maka anda bisa memilih konten yang lebih menonjolkan gambar menarik. Sementara di twitter akan berbeda lagi. Sebab sosial media twitter memiliki karakteristik yang terbatas. Disini kita harus mampu menarik konsumen dengan kalimat sesingkat mungkin tetapi semenarik mungkin.

Misalnya saja anda menyertakan link produk agar konsumen bisa menjangkau dan mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai produk atau jasa yang anda tawarkan. Lebih baik menggunakan sosial media yang sudah anda tahu betul bagaimana karakteristiknya. Konten yang tepat tentu sangat mempengaruhi konsumen yang melihat postingan kita.

8. Gunakan Hashtags

Cara promosi di media sosial dengan menggunakan hashtag. Kalau kita salah strategi dalam mempromosikan barang atau bisnis kita maka yang terjadi adalah bisnis tidak bisa berkembang. Menggunakan hashtag bisa sedikit banyak membantu promo menjadi lebih mudah ditemukan. Hashtag akan memudahkan pengguna sosial media dalam menemukan promo yang kita lakukan. menggunakan hashtag dengan benar dan sebaiknya membatasi atau tidak terlalu banyak.

Gunakan hastag sebanyak dua pagar dalam tweet anda. Riset telah membuktikan bahwa tanda pagar bisa digunakan untuk promosi yang membuat promosi lebih optimal. Hasilnya lebih bagus jika dibandingkan tanpa hashtag. Kamu juga bisa menggunakan cara riset hashtag di instagram. Temukan hashtag yang sesuai dengan promo. Jika hashtag ini bisa digunakan dengan baik maka tentu promo lebih mudah ditemukan.

9. Menggunakan Caption yang Tidak Terlalu Panjang

Menggunakan caption yang tidak terlalu panjang merupakan salah satu cara promosi di sosmed yang tepat. Tidak semua orang bisa betah membaca caption yang panjang. Maka dari itu walaupun anda menggunakan caption panjang seringkali kita butuh kata dan cerita yang benar-benar menarik agar mereka membaca hingga tuntas. Tetapi jika yang ditulis panjang tergolong bertele-tele tentu membuat pengguna sosmed bosan. Hal ini membutuhkan kemampuan dari seorang pebisnis yang paham bagaimana konten menarik.

Baik di twitter, facebook ataupun instagram, anda bisa menggunakan caption seperlunya. Caption yang dibutuhkan pengguna sosmed. Misalnya sebuah kutipan atau penggalan tips. Katakanlah produk anda ialah baju wanita maka tips yang bisa dijadikan caption seperti mix and match warna baju untuk pesta. Anda bisa mengkreasikan lagi bagaimana cara promosi di medsos yang benar ini.

10. Konsisten

Memposting segala bentuk promo di sosial media memang membutuhkan sikap konsisten. Jika tidak, branding yang anda lakukan terasa sia-sia. Maka dari itu pastikan bahwa anda melakukan posting produk atau jasa dengan rentang waktu yang konsisten. Menggunakan gambar-gambar yang baru, konten-konten yang anti mainstream serta membuat promo atau potongan harga di momen-momen tertentu.

Jika anda telah menentukan jam posting di pagi hari, lakukan hal tersebut sesering mungkin. Barulah nanti kita bisa membuat sebuah evaluasi dari cara kita berpromosi. Jika cara yang dilakukan selama ini sudah membuahkan hasil yang bagus tak ada salahnya untuk tetap melanjutkan cara tersebut. Tetapi apabila hasilnya tidak memuaskan, anda bisa memilih untuk cara promosi di sosmed yang lain.

11. Menggunakan Gambar

Cara promosi di media sosial yang terakhir ini kita bisa menggunakan gambar. Jika selama ini anda berpromosi hanya menggunakan teks, cobalah menggunakan gambar agar promosi lebih bisa bervariasi. Apalagi gambar yang anda gunakan merupakan gambar asli hasil jepretan sendiri. Edit semenarik mungkin. Baik itu menunjukkan foto produk atau hanya animasi yang memperkaya cara berpromosi anda.

Hati-hati dalam menggunakan gambar yang anda search di google. Sebab, bisa jadi foto atau gambar tersebut memiliki hak cipta orang lain sehingga kita tidak bisa sembarangan dalam menggunakannya. Memang akan lebih baik untuk menggunakan gambar sendiri. Jika memang tidak memiliki kamera professional anda tak perlu khawatir, kamera smartphone bisa menjadi jawabannya. Sekarang ini sudah banyak smartphone yang berkemampuan bagus dalam menghasilkan gambar. Yang dibutuhkan dalam menghasilkan gambar bagus adalah kemampuan kita.

5 Media Sosial Terbaik untuk Promosi Bisnis

Media Sosial Terbaik untuk Promosi Bisnis1. Facebook

Mengapa facebook menjadi yang terbaik? Hampir setiap orang menggunakan facebook untuk berkomunikasi. Dimana hal ini membuat kita lebih mampu untuk menjangkau banyak pengguna. Mereka para pelaku bisnis online yang cukup lama menggunakan media sosial tentu akan merasa bagaimana keampuhan media sosial ini sebagai tempat promosi.

Anda bisa membuat fanpage untuk bisnis. Rajinlah untuk memposting konten ke dalamnya tiap hari. Agar bisa menjangkau lebih banyak orang, biasanya para pebisnis online akan memanfaatkan fitur facebook Ads. Fitur periklanan ini juga diketahui hanya bisa digunakan melalui facebook fan page.

2. Instagram

Sosial media yang telah diakuisisi facebook ini memang menjadi yang terbaik kedua. Instagram ada di posisi kedua sebagai tempat atau cara promosi di medsos yang efektif. Bukan tanpa alasan tetapi media sosial berbasis gambar dan video singkat ini efektif untuk menarik perhatian para pengguna dengan menggunakan gambar-gambar yang unik.

Selain itu, para pengguna Instagram juga lebih tertarik karena di sosmed ini memang mengunggulkan konten foto atau gambar jika dibandingkan dengan facebook dan twitter. Ada efek menarik yang bisa kita gunakan termasuk fitur-fitur canggih seperti IGTV, boomerang dan lain sebagainya. Memaksimalkan fitur Insta Story untuk promosi bisnis anda akan lebih menguntungkan.

3. Twitter

Media sosial terbaik berikutnya adalah twitter. Facebook dan twitter memang sempat berseteru sejak lama untuk menarik perhatian para pengguna. Meski digunakan berjualan online tidak sebanyak yang ada di facebook tetapi twitter masih dipercaya oleh banyak pengguna atau pedagang online agar bisa memasarkan produk mereka.

Karakter yang terbatas dan dimiliki tiwtter memang menjadi ciri khas. Jika anda juga memiliki followers tertarget di twitter maka akan sangat efektif untuk mempromosikan bisnis anda. Cara promosi di sosmed twitter juga berbeda dengan yang ada di facebook. Anda bisa memilih sosial media ini sebagai tempat mengembangkan bisnis dengan keunikannya sendiri.

4. Youtube

Tidak ada yang menyadari bahwa youtube menjadi media sosial penting yang bisa anda manfaatkan. Apalagi sekarang banyak youtuber yang bermunculan dan memungkinkan viewers banyak disana. Jika dulu banyak orang suka membaca artikel sekarang banyak yang menonton video. Pergeseran ini tak lain juga karena munculnya youtuber-youtuber populer.

Tak sedikit brand besar yang beriklan di youtube dan tujuannya memang untuk branding. Tetapi untuk pedagang online kecil-kecilan juga bisa berpromosi disana. Caranya juga tak terlalu sulit. Anda bisa membuat video pendek untuk mempromosikan bisnis. Gunakan kamera smartphone dan edit dengan baik kemudian unggah ke channel youtube anda.

5. Pinterest

Pinterest memang seolah etalase toko dimana pemiliknya bisa menampilkan foto-foto terbaik disana yang ingin dipasarkan. Media sosial ini juga banyak digunakan oleh para fotografer serta para pemilik bisnis agar bisa memamerkan produk mereka.

Cara promosi di media sosial Pinterest memang berbeda dengan sosmed lainnya. Para pengguna pinterest bisa mengoptimalkan konversi penjualan mereka dengan cara mendesain foto produk sebaik mungkin dan semenarik mungkin. Seperti pepatah lama yang mengatakan bahwa sebuah gambar atau foto bisa mewakili seribu kata. Jika anda berhasil menciptakan hal tersebut maka kemungkinan besar promosi yang dilakukan bisa berhasil menarik konsumen.

Pengembangan atau keberhasilan sebuah bisnis tidak akan lepas dari bagaimana kita melakukan sebuah promosi. Dengan cara promosi di medsos yang benar anda akan merasakan bagaimana keuntungan yang ada. Tetapi butuh sikap konsisten dalam berpromosi dan cara-cara kreatif agar menarik banyak konsumen.

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?