10 Cara Promosi Online Yang Menarik Untuk Marketing Bisnis - Dosen

10 Cara Promosi Online Yang Menarik Untuk Marketing Bisnis

Dijamin Bisnis Online Anda Semakin Melejit...

0 1,412

Di zaman modern seperti ini, cara promosi produk bisa dilakukan melalui online. Tips jualan online merupakan promosi yang paling efektif. Dengan strategi pemasaran online, kita bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun. Kita hanya perlu memanfaatkan koneksi internet, gadget maupun laptop. Dengan menggunakan cara promosi online yang menarik ini, maka otomatis bisa membuat online shop semakin laris. Semakin kreatif copywritingnya semakin bagus juga untuk promosi marketing bisnis Anda.

Selain mudah dan praktis, strategi pemasaran online juga lebih mudah menarik banyak pengunjung dari pada jualan offline. Karena, di era modern seperti ini semua orang pasti memiliki sosmed dan pastinya membuka sosmed setiap harinya. Oleh karena itu, cara promosi produk secara online merupakan promosi yang paling efektif untuk menarik pelanggan pada zaman sekarang. So, gunakan cara baru ini, buang cara lama Anda.

Dalam melakukan jualan online pasti diperlukan cara-cara yang menarik dan kreatif. Karena tips jualan online yang menarik dapat mempengaruhi bisnis online Anda. Karena semakin kreatif Anda melakukan promosi maka semakin banyak juga yang tertarik dengan apa yang Anda jugal. Namun, banyak diantara pemilik bisnis yang belum mengerti bagaimana cara promosi online yang benar dan menguntungkan. Jika Anda belum tahu tips jualan online yang menarik, penjelasan dibawah dapat membantu kamu. Yuk simak penjelasannya …

Cara Promosi Online yang Menarik

  1. Promosi Melalui Marketplace

Promosi Melalui MarketplaceCara promosi online yang menarik pertama yaitu dengan cara memanfaatkan marketplace. Marketplace merupakan salah satu pasar terbesar dalam mempromosikan produk yang anda jual. Perkembangan marketplace di Indonesia sangat pesat. Banyak sekali orang yang mulai tertarik dengan membeli produk online.

Jika Anda ingin mendapatkan fitur gratis ongkir pada marketplace saya sarankan jualan di shopee. Karena pada shopee terdapat fitur dan promo gratis ongkir setiap harinya dengan cara verifikasi akun menggunakan KTP dan foto selfie. Cara berjualan di shopee pun juga sangat mudah, Anda tinggal daftar ke shopee.co.id -> isi form pendaftaran -> verifikasi akun -> upload produk -> selesai.

Dengan kehadiran marketplace ini Anda dapat melakukan promosi jualan online yang menarik . Dengan biaya pemasangan yang gratis, hal ini sangat menguntungkan bagi biaya operasional usaha akan dapat di tekan. Selain itu, apabila dibandingkan dengan promosi offline yang ada pada hanya di suatu wilayah, maka pangsa pasar yang Anda peroleh juga semakin luas. Karena dengan online produk Anda bisa dilihat siapapun dibandingkan promosi offline.

  1. Memanfaatkan Google Adword

Memanfaatkan Google AdwordBagi Anda pengguna setia internet tentu sudah tidak asing lagi dengan forum pencarian google. Google merupakan mesin pencarian yang banyak digunakan termasuk pencarian produk. Di sini juga Anda akan bisa menemukan semua jenis produk atau barang yang jual di seluruh dunia. Apalagi sekarang google melakukan update algoritma khusus produk jualan. Jika kalian mengetik sepeda murah di pencarian google pasti ada gambar produk beserta harga yang ditampilkan pada google paling atas.

Cara promosi produk yang mudah Anda bisa menggunakan google adword yang membuat produk Anda akan masuk dalam pencarian teratas produk yang dicari konsumen. Walaupun membuat google adword membutuhkan biaya namun manfaat menggunakan google adword sebagai promosi jualan online sangat efektif dan bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Jadi tunggu apalagi?

  1. Cara Promosi Produk Menggunakan Web atau Blog

Cara Promosi Produk Menggunakan Web atau BlogBagi Anda yang memiliki perusahaan yang sudah cukup berkembang, web menjadi salah satu tips jualan online yang wajib dimiliki. Saat usaha telah mengalami kemajuan, profesionalitas pun juga harus di tunjukkan. Salah satunya yaitu dengan mengelola website atau blog untuk usaha bisnis online yang Anda jalankan.

Contohnya seperti iCommerce Indonesia, salah satu online shop yang sedang merintis di Indonesia. Untuk membuat web online shop, pastikan situs Anda aman dan nyaman bagi konsumen. Dengan melakukan cara promosi produk di blog atau website yang dikelola, banyak perusahaan besar yang sukses melebarkan pangsa pasar mereka melalui strategi pemasaran online ini.

Dengan membuat promo, diskon dan tampilan web yang bagus merupakan cara promosi produk yang menarik melalui web ataupun blog . Anda pasti akan bisa memperoleh penghasilan apalagi jika anda berhasil melakukan penjualan produk melalui web, pasti keuntungan yang anda peroleh akan bertambah jumlahnya.

  1. Gunakanlah E-mail Marketing

Gunakanlah E-mail MarketingMenggunakan Email merupakan tips jualan online yang menguntungkan. Dampak dari strategi pemasaran online melalui e-mail marketing sangat luar biasa dan dapat mempengaruhi produk anda. Menggunakan email marketing memungkinkan anda untuk mengirimkan berita promosi terbaru dari produk yang anda jual kepada penerima.

Biasanya email marketing ini digunakan para affiliate untuk mempromosikan produk digitalnya. Dengan memiliki database email yang banyak sama halnya dengan memiliki aset yang besar. Karena dengan sekali blast email, maka disitulah transaksi akan bermunculan satu persatu. Meskipun tidak semua email membeli produk Anda, setidaknya ada yang membeli melalui email yang Anda tawarkan kepada konsumen.

Anda juga bisa menawarkan produk terbaru pada konsumen atau langganan anda dengan diskon yang menarik. Dengan cara ini tentu memungkinkan untuk melakukan promosi yang akan kita tawarkan kepada calon customer. Karena email sama halnya seperti sosial media, jadi setiap orang yang memiliki sosmed pasti memiliki email yang aktif juga.

  1. Memanfaatkan Video Promosi dengan Youtube

Memanfaatkan Video Promosi dengan YoutubeHampir semua orang pasti mengenal akun yang satu ini. Sebagai forum broadcaster video terbesar dengan pengguna terbanyak di dunia tentu saja youtube menjadi media strategi pemasaran online yang bisa memikat calon customer Anda. Dengan membuat konten video promosi yang bagus dan unik merupakan cara promosi online yang sangat menguntungkan.

Karena, video promosi yang bagus dapat mengundang banyak viewers sehingga memungkinkan bahwa produk anda akan semakin laris dipesan. Hal ini digunakan sebagai cara mengembangkan bisnis anda. Untuk membuat video promosi produk biasanya menggunakan video animasi sebagai isi videonya. Dan pastinya dibutuhkan skill khusus untuk membuat video. Anda bisa menyewa jasa pembuatan video promosi untuk produk yang Anda jual.

Bukan hanya mengandalkan konten namun judul video yang bagus juga merupakan cara promosi produk yang menarik. Judul harus dibuat dengan keyword yang familiar, dan paling banyak di cari oleh orang. Salah satu faktor penentu dalam menarik minat viewer yaitu dengan memilih kategori video yang tepat.

  1. Memanfaatkan SEO Friendly

Memanfaatkan SEO FriendlySaat ini SEO lebih banyak di gunakan untuk mempromosikan website atau blog perusahaan. Didalam SEO kita akan bersaing dengan web kompetitor yang sejenis dengan website yang kita kelola. Jika ingin web kita muncul pada urutan teratas dalam pencarian google maka kita harus memilih SEO yang paling friendly. Semakin bagus SEO website Anda semakin banyak peluang bisnis Anda masuk di page one google.

Untuk membuat website yang SEO friendly biasanya membutuhkan bantuan marketer online yang sudah profesional, jika Anda sudah faham sudah tidak perlu mencari orang lagi. Anda juga bisa menyewa jasa SEO di tempat rekomendasi lainnya. Walaupun Internet dapat membantu promosi anda tapi tanpa didukung dengan SEO yang friendly maka promosi tidak akan berjalan dengan lancar. Sehingga, memanfaatkan SEO yang friendly merupakan tips jualan online yang paling menguntungkan, karena apabila website Anda sudah SEO maka otomatis calon customer akan mencari Anda dengan sendirinya.

  1. Tips Jualan Online Menggunakan Facebook

Tips Jualan Online Menggunakan FacebookFacebook merupakan sosial media yang paling banyak penggunanya. Hingga saat ini facebook masih tetap eksis dikalangan semua orang. Sarana jualan online di facebook ini cukup efektif untuk mempromosikan produk secara online. Jualan produk di facebook lebih efektif melalui fanspage, apabila menggunakan akun pribadi akan sulit mendapatkan teman karena akan dianggap akun untuk jualan, padahal akun tersebut untuk kebiasaan sehari-harinya.

Melakukan strategi pemasaran online shop di facebook dianggap sebagai cara promosi online paling mudah dan efektif. Sehingga banyak sekali pebisnis yang membuka akun facebook menggunakan nama toko offline untuk memperkenalkan toko yang telah mereka buka terlebih dahulu. Anda juga bisa mengiklankan produk ada pada facebook.

  1. Menggunakan Jasa Endorse di Instagram

Menggunakan Jasa Endorse di InstagramInstagram menjadi sosial media yang sedang hits pada saat ini. Instagram juga merupakan media sosial yang memungkinkan kita berinteraksi melalui foto dan video. Suatu bentuk promosi melalui seseorang yang memiliki banyak follower / pengikut di instagram merupakan istilah dari endorse. Di Indonesia sudah banyak yang menggunakan cara ini.

Orang yang terkenal seperti selebriti dan selebgram biasanya digunakan untuk para endorse. Untuk menyewa endorse mereka kita harus mengeluarkan biaya kepada mereka yang cukup relatif mahal, biasanya tergantung jumlah follower dan engagement atau interaksi mereka kepada followernya. Namun biasanya ada selebgram yang banyak follower namun sedikit interaksinya, Anda bisa cek terlebih dahulu mana selebgram yang banyak interaksinya dan mana yang sedikit interaksinya.

Namun, apabila hal seperti ini sangat berdampak pada penjualan produk. Selain dengan mengupload produk ke akun instagram, tentu anda bisa juga menggunakan endorse sebagai cara promosi online yang sangat menguntungkan ini. Jika Anda ingin menjadi selebgram, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu mempelajari cara menjadi selebgram terkenal di Instagram terlebih dahulu.

  1. Memanfaatkan Akun Twitter

Memanfaatkan Akun TwitterSosial media yang memiliki logo burung biru ini juga cukup menjadi tips jualan online yang sangat menguntungkan. Selain gratis, twitter juga banyak dipilih oleh para pebisnis untuk mempromosikan bisnis .Sehingga memanfaatkan twitter merupakan cara yang menarik dalam promosi online.

Kunci agar promosi melalui twitter efektif adalah dengan meningkatkan jumlah followers, mencuitkan twit secara teratur, mempromosikan web, menyewa buzzer atau bisa dengan saling mempromosikan dengan web bisnis lainnya. Sehingga memungkinkan bisnis anda mendapat keuntungan yang cukup besar.

  1. Menggunakan Line dan WhatsApp

Menggunakan Line dan WhatsAppLine dan WA biasanya digunakan secara personal, dan kontak yang tertera di dalamnya juga biasanya adalah orang-orang terdekat yang dikenal. Hal ini, tentu bisa menjadi cara promosi online paling menguntungkan. Anda bisa mempromosikan produk Anda ke teman-teman dekat terlebih dahulu, baru setelah itu Anda bisa mempromosikannya ke tempat online lainnya seperti yang telah saya ulas diatas.

Karena sebagian besar konsumen akan lebih percaya jika membeli dari orang yang dikenal. Dengan memanfaatkan hal tersebut maka promosi online melalui Line dan WA akan berdampak langsung pada keuntungan usaha Anda. So, jangan ragu untuk mempromosikan produk kepada teman Anda sendiri.

Nah itulah cara promosi online yang menarik untuk marketing bisnis dan bisa kamu lakukan agar bisnis Anda semakin meningkat keuntungannya dari Dosen Online. Jika kamu merasa kesulitan dalam melakukan strategi pemasaran online kamu bisa memanfaatkan jasa yang bisa membantu Anda. Jangan lupa share kepada yang lainnya jika menurut Anda artikel ini bermanfaat 🙂

Salam sukses 🙂

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: