Cara Schedule Post Instagram Menggunakan Creator Studio Facebook

Terakhir di Update 24 Agustus 2020

Sekarang postingan instagram bisa dijadwalkan gratis tanpa tool berbayar. Pada tahun sebelumnya untuk jadwal post ig harus berlangganan ke tool premium terlebih dahulu untuk mendapatkan fitur tersebut, contohnya seperti later. Tools gratis ini bernama creator studio dari facebook. Lalu bagaimana cara schedule post instagram menggunakan creator studio facebook?

Pada artikel ini kita akan mempelajari apa itu creator studio, cara menghubungkan instagram ke creator studio, cara posting dan schedule post di instagram menggunakan creator studio facebook.

Apa itu Creator Studio ?

Creator Studio merupakan aplikasi yang dibuat facebook untuk posting, mengelola, menganalisa dan memonetisasi konten kamu di Facebook Page atau Akun Instagram yang sudah dihubungkan.

Mungkin saat ini kamu baru pertama kalinya dengar Facebook Creator Studio, padahal aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2017 akhir untuk membantu usernya mengelola fanspage.

Tidak lama kemudian sekitar pada bulan Agustus 2019 facebook meluncurkan Instagram Creator Studio. Fungsinya kurang lebih hampir sama seperti facebook, yang paling utama yaitu mengelola akun instagram.

Dulu update fitur ini cukup menghebohkan dikalangan marketer di instagram, terutama yang berlangganan aplikasi untuk schedule post instagram menggunakan aplikasi pihak ketiga. Bagi mereka aplikasi ini sangat membantu, akan tetapi bisa menurunkan omset bagi pemilik tools pihak ke tiga yang menggunakan API Instagram.

Fitur Creator Studio

Berikut ini fitur yang bisa kamu gunakan di aplikasi ini untuk Instagram :

  1. Galeri Konten
    Pada fitur ini kamu bisa mengelola semua konten kamu di Instagram. Mulai dari posting gambar, carousel, video dan IGTV, bahkan kamu juga bisa schedule post.
  2. Insight
    Insight Creator Studio Instagram Sama seperti di fitur insight pada aplikasi instagram. Kamu bisa melihat aktivitas mulai dari interaksi, temuan, usia pengikut, jenis kelamin, negara, kota dan masih banyak lagi.
  3. Monetisasi
    Monetisasi InstagramSaat ini instagram sudah bisa dimonetisasi, akan tetapi negara yang tersedia masih di Amerika saja. Semoga di Indonesia segera hadir, Aamiin.

Kelebihan Creator Studio

Dengan hadirnya aplikasi ini banyak sekali manfaat atau kelebihan untuk marketer, influencer, blogger, pengusaha dan pemilik toko online yang berjualan di instagram.

Berikut ini kelebihannya  :

  1. Posting Instagram lebih mudah
    Jika kamu lebih suka menggunakan laptop / pc untuk bermain Instagram, aplikasi ini sangat membantu. Karena kamu bisa posting semua jenis konten, mulai dari gambar, video, carousel dan IGTV. Selain itu kamu juga bisa schedule post instagram gratis lho, tanpa berlangganan ke aplikasi premium. Akan tetapi belum bisa post langsung ke story.
  2. Mengelola akun Instagram lebih mudah
    Dengan menggunakan aplikasi creator studio instagram kamu bisa menghubungkan semua akun instagrammu ke aplikasi ini. Setelah itu kamu bisa mengelola kontan lebih mudah dalam satu dashboard.
  3. Bisa melihat semua story yang sudah lebih dari 24 jam
    Disini kamu bisa melihat semua story / cerita yang pernah kamu posting. Kamu juga bisa melihat insight dan bisa download ulang story tersebut.
  4. Akun Aman 100%
    Tidak perlu diragukan lagi untuk masalah keamanan, karena creator studio ini milik official facebook, sehingga kamu bebas menggunakan aplikasi ini. Beda dengan aplikasi pihak ke tiga yang belum memakai API Official, terkadang akun kita bisa error dan tidak bisa posting, jadinya mau tidak mauharus menunggu pelanggaran tersebut kelar.

Kelemahan Creator Studio

Semua aplikasi pasti ada kelebihan dan kelemahan, berikut ini kelamahan pada aplikasi ini :

  1. Tidak bisa riset konten viral
    Pada aplikasi ini kita belum bisa riset konten viral, kamu hanya bisa posting dan melihat insight saja.
  2. Tidak bisa repost
    Tidak sama seperti aplikasi premium lainnya yang berbayar, untuk melakukan repost kamu harus melakukan dengan cara manual. Pertama kamu harus download gambar / video yang ingin kamu repost, kemudian tinggal posting.

Catatan !

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi yang bisa riset konten viral, repost dan schedule post, kamu bisa menggunakan Virol.

Info selengkapnya klik -> https://dosenonline.id/virol/

Cara Menghubungkan Akun Instagram ke Creator Studio

Sebelum kamu menggunakan aplikasi ini untuk posting dan melihat insight, kamu harus menghubungkan akun instagram kamu ke creator studio instagram terlebih dahulu. Berikut ini caranya :

  1. Buka creator studio di website, kemudian klik icon instagram pada bagian atas halaman.
    Icon Instagram Pada Creator Studio
    Atau kamu bisa langsung masuk kesini -> https://business.facebook.com/creatorstudio/?tab=instagram_content_posts
  2. Masuk ke menu Akun Instagram, kemudian klik Tambahkan Akun Instagram
    Cara Menghubungkan Instagram ke Creator Studio
  3. Saat muncul pop up seperti ini tinggal klik Oke
    Pop Up Login
  4. Login ke akun instagram, jika akun kamu terhubung ke facebook tinggal klik Masuk dengan Facebook supaya loginnya lebih mudah.
    Login Instagram
  5. Selesai.
    Akun Instagram Berhasil ditambahkan ke Creator Studio

Sekarang kamu sudah bisa schedule post instagram pada fitur di creator studio ini.

Catatan

• Jangan lupa ubah akun instagram kamu menjadi Akun Bisnis atau Kreator terlebih dahulu.
• Pastikan akun Instagram kamu sudah terhubung ke fanspage.
• Akun facebook yang digunakan merupakan Admin dari fanspage yang sudah kamu hubungkan di instagram.

Cara Schedule Post Instagram Menggunakan Creator Studio

  1. Klik Buat Postingan pada bagian pojok kiri atas, kemudian pilih jenis konten yang ingin Anda posting
    Cara Schedule Post Instagram
  2. Pilih akun Instagram
  3. Sekarang kamu tinggal mengisi caption dan upload gambar / video.
  4. Kemudian klik icon segitiga terbalik disebelah tombol terbitkan dan pilih Jadwal. Atur waktu posting yang kamu inginkan.
    Jadwal Instagram
  5. Jika sudah semuanya tinggal klik tombol Jadwal
    Posting Schedule Post Instagram
  6. Selesai. Sekarang kamu bisa melihat postingan yang sedang dijadwalkan di Galeri Konten
    Schedule Post Instagram Berhasil

Sangat mudah kan? Apabila masih belum faham tentang cara schedule post instagram ini kamu bisa tanya di komentar.

Kesimpulan

Creator Studio Instagram ini sangat cocok untuk kreator. Dengan fitur yang sederhana ini kamu bisa memaksimalkan pc / laptop kamu untuk desain sekaligus langsung posting, tanpa konten harus dipindah ke hp terlebih dahulu kemudian posting melalui hp. Sehingga fitur ini bisa membantu kamu masalah posting dan jadwal posting konten di instagram.

Semoga artikel cara schedule post di instagram menggunakan creator studio ini bermanfaat ^_^

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

error: