23 Contoh Project IoT / Internet of Things Paling Keren

0 565

Teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu yang mana hal ini tidak bisa dihindari. Kalau dulu kita hanya berimajinasi untuk bisa berkomunikasi tiap hari tanpa melalui surat, hal ini sudah bisa kita rasakan seperti sekarang. Ada banyak peralatan yang juga sudah dilengkapi dengan kecanggihan teknologi agar bisa mempermudah berbagai pekerjaan kita sehari-hari. IOT atau Internet of Things yang sekarang berkembang pesat menjadi salah satu bukti bagaimana internet memang menjadi kebutuhan tiap orang. Sudahkah anda tahu apa itu IoT? Bagaimana contoh project IoT ini?

Internet of Things ini adalah konsep yang banyak diperbincangkan. Nantinya  objek tertentu memiliki kemampuan dalam mentransfer data melalui jaringan. Cara ini tidak membutuhkan adanya interaksi dari manusia ke manusia atau dari manusia ke perangkat komputer. IOT ini memang dikatakan berkembang pesat mulai dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems atau MEMS dan internet.

Sebenarnya IoT sendiri bekerja dengan memanfaatkan suatu argumentasi pemrogaman yang mana tiap-tiap perintah argumen ini bisa menghasilkan suatu interaksi antar mesin yang sudah terhubung secara otomatis tanpa membutuhkan campur tangan manusia dan tidak terbatas oleh jarak. Berikut beberapa contoh dari Project Internet Of Things.

Macam-Macam Contoh Project IoT

1. Smart Garage Door

Smart Garage DoorContoh project internet of things yang pertama adalah Smart Garage Door, yang merupakan project IoT terbilang keren. Project ini merupakan cara untuk memonitor status pintu garasi sekaligus membukanya hanya dengan sistem atau fitur scanner sidik jari.

Jika sudah menerapkan project ini maka anda bisa memonitor garasi hanya dari ponsel dan dimanapun berada. Untuk akses pembukanya juga lebih aman karena menggunakan scan sidik jari yang ada di smartphone. Cara ini nantinya akan menginformasikan jika ada akses paksa dari pihak yang berusaha masuk garasi.

2. Kulkas Pintar

Salah satu alat elektronik yang dibutuhkan untuk menyimpan makanan di rumah. Kulkas pintar ini terbilang menjadi project IoT yang menarik. Biasanya jika ingin melihat persediaan makanan kita harus melihat secara langsung di dalam kulkas. Tetapi dengan contoh project IoT/ IOT ini akan memudahkan anda untuk memantau kesediaan bahan makanan.Kulkas Pintar

Anda bisa melacak apa saja bahan yang menipis dan masih tersedia. Dengan melihat notifikasi ini, kamu bisa berbelanja untuk mensuplai lagi persediaan di rumah. Sangat efisien, bukan?

3. Sistem Peringatan Bahaya

Dengan latar belakang rasa khawatir dan was-was tiap orang ketika meninggalkan rumah maka muncullah ide ini. Ada beberapa kalangan yang menciptakan sistem peringatan bahaya yang bisa langsung tersambung dengan smartphonenya. Sehingga ada notifikasi yang masuk apabila terjadi sesuatu di rumah.

Contoh project IoT sistem peringatan bahaya ini menjawab kekhawatiran mereka yang sering bepergian jauh dari rumah. Nantinya anda perlu memasang sensor seperti sensor suhu dan gerakan yang terhubung ke alat peringatan bahaya.

4. Colokan Listrik Pintar

Contoh project iot selanjutnya adalah colokan listrik pintar. Colokan listrik ini memang memiliki dikoneksikan dengan Wifi dan disambungkan dengan barang-barang elektronik seperti misalnya lampu atau oven. Sehingga nanti anda bisa menghidupkan atau mematikan sambungan listrik dengan bermodalkan jangkauan internet pada ponsel yang terkoneksi ke colokan listrik.

Dengan cara seperti ini saat berada di luar rumah dan lupa mematikan lampu, anda hanya butuh menggunakan smartphone saja untuk mematikan lampu.

5. Smart Trash Can

Smart Trash CanAda juga project yang bernama Smart Trash Can. Project ini merupakan bentuk inovasi lain yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Melalui alat ini, kamu bisa mengoptimalkan pengumpulan sampah dan meminimalisir konsumsi bahan bakar. Sistem pada tempat sampah sendiri juga akan memberi notifikasi tentang jumlah dalam bak tersebut dan bagaimana suhu di dalamnya.

Inovasi ini dirasa sangat berguna untuk mereka yang bekerja dalam mengumpulkan sampah dan semua warga karena membuat lingkungan menjadi bersih.

6. Payung Florabrella yang Menginformasikan Perkiraan Cuaca

Terkadang memang seseorang merasa ragu untuk membawa payung ketika keluar rumah. Padahal cuaca tentu tak tertebak yang bisa jadi beberapa saat kemudian turun hujan atau terik yang begitu panas. Maka dari itu muncul contoh project iot ini. Project yang menggabungkan teknologi perkiraan cuaca dengan payung.

Dengan aplikasi yang terhubung pada payung, anda juga bisa lebih yakin lagi untuk membawa payung atau tidak. Aplikasnya terhubung dengan payung yang akan memberitahu perkiraan cuaca saat itu. Anda tak lagi repot menyimak berita perkiraan cuaca.

7. Alarm Anti Lupa

Manusia tempatnya khilaf dan lupa. Begitulah kiranya yang sering kita dengarkan. Tetapi sifat lupa hanya akan membuat kita rugi karena mengganggu aktivitas. Lupa terhadap janji, lupa jadwal bekerja dan hal-hal penting lainnya. Maka dari itu ide alarm anti lupa ini akan sangat membantu.

Alarm anti lupa akan mengingatkan anda melalui ponsel sehingga tahu pekerjaan apa yang belum diselesaikan. Misalnya saja lupa memberi makan hewan peliharaan, lupa untuk mengunci semua pintu hingga hal penting lainnya. Ide project IoT ini akan sangat membantu anda dalam mengantisipasi sifat lupa.

8. IoT Botol Pil

Tidak hanya di bidang rumah tangga tetapi contoh project iot ini juga merambah ke bidang kesehatan juga. Misalnya saja seperti IoT botol pil yang bisa membantu pasien dan juga dokternya. Pada botol obat yang dimiliki pasien ini akan dilengkapi dengan tombol khusus di bagian tutupnya. Tombol terebut bisa mendeteksi pola waktu pengambilan pil oleh si peminum. Dokter nantinya juga bisa mendapatkan notifikasi tentang bagaimana status ketersediaan pil dalam botol tersebut karena adanya sensor IR.

9. Sistem Monitor untuk Anak Sekolah

Penerapan IoT berikutnya adalah pada kalangan orang tua di berbagai negara dengan sistem monitor anak-anak sekolah. Beberapa sudah mengenalnya dengan sebutan MABO. Sistem ini bekerja dengan cara men-tag beberapa jenis sensor yang ada pada anak-anak sekolah. Melalui sistem ini sebagai orang tua, anda dapat memonitor lokasi anak-anak ketika berada di sekolah dan mendapatkan notifikasinya melalui internet.

10. IoT Dompet Pintar

contoh project IoT Dompet PintarSeperti namanya, dompet pintar ini akan membantu anda untuk mengamankan keuangan. Project IoT ini sangat berguna untuk mereka yang seringkali lalai dalam meletakkan dompetnya. Ada alat yang terpasang di dalam dompet yang bisa menghubungkan anda melalui internet ke smartphone. Nantinya si pemilik dompet bisa tahu jika ia lupa dalam meletakkan dompetnya. Tak hanya itu, dompet pintar ini juga membantu dalam mengamankan dompet.

11. Smart Bike dengan Saran Rute

Apakah anda suka bersepeda? Contoh project IoT berikutnya adalah Smart Bike yang bisa menyarankan rute. Smart bike ini dilengkapi dengan teknologi IoT sedemikian rupa sehingga bisa memonitor rute yang dilalui. Sementara sekarang ini inovasi pada sepeda ini memang dirintis oleh perusahaan yang berasal dari Kanada.

Sepedanya dilengkapi dengan fitur WiFi dan juga bluetooth connector dan GPS yang bisa berkomunikasi dengan ponsel untuk membuat pengendara lebih nyaman dalam berolahraga sepeda. Selain bisa menyarankan pemilihan rute yang aman dan nyaman, kendaraan ini juga bisa meminimalisir kecelakaan karena ada fitur deteksi kendaraan lain. Canggih, bukan?

12. Kimono Cerdas

Bagaimana project Kimono Cerdas ini? Project IoT ini disebutkan adalah model pakaian bayi biasa yang dilengkapi dengan hiasan seperti kura-kura di sekitar bagian perut. Nantinya dengan implementasi ide project untuk IoT ini anda bisa memonitor segala aspek terkait si buah hati misalnya seperti temperature kulit, posisi tubuh, aktivitas bernapas hingga saat akan tidur.

Tak hanya itu, anda juga bisa mengetahui suara di sekitar bayi karena hiasan kura-kura yang ada di pakaian ini memiliki mikrofon yang ada di dalamnya. Segala bentuk suara atau deteksi ini bisa anda hubungkan dengan aplikasi yang ada di ponsel.

13. Mesin Penyiram Tanaman Otomatis

Mesin Penyiram Tanaman OtomatisContoh project IoT yang ke 13 adalah mesin penyiram tanaman otomatis. Inovasi ini bisa membantu anda yang suka berkebun. Melalui alat ini, kamu bisa menentukan jadwal penyiraman agar mesin nantinya secara otomatis melakukan penyiraman. Alatnya dikembangkan oleh Chris Anderson dan juga Rui Wang yang juga dibuat sendiri dengan menghubungkannya ke jaringan WiFi. Bisa juga dengan menggunakan alat yang sudah siap pakai.

14. IoT untuk Monitor dan Manajemen Kesehatan

IOT yang satu ini memang banyak diimplementasikan dalam bidang kesehatan. Bahkan beberapa orang membuat inovasi di bidang kesehatan dengan membuat alat yang bisa memantau kesehatan pasien tetapi dari jarak jauh. Nantinya data dari sensor yang terpasang di pasien ini akan ditransfer pada operator melalui internet. Dengan begitu, dokter bisa melakukan analisis tentang kesehatan pasien. Juga bisa menyarankan praktik klinis saat terjadi hal yang tak diinginkan.

15. IoT Doorbell

Seperti namanya, teknologi internet ini bisa dihubungkan pada ponsel anda. Nantinya juga terhubung pada perangkat bel pintu di rumah. Dengan adanya project ini, anda dapat memantau siapa yang datang bertamu ke rumah ketika anda bepergian. Notifikasi ini akan dikirimkan ke ponsel yang bisa jadi berupa sms atau email.

16. Pendeteksi Lokasi Motor

Apakah anda salah satu yang sering parkir sembarangan? Kebiasaan ini tentu mengkhawatirkan karena bisa jadi motor anda menjadi incaran dari para pencuri. Terutama jika kebiasaan tersebut sudah menjadi hal yang digambar oleh para pencuri. Selain menghilangkan kebiasaan jelek itu, kamu dapat menggunakan contoh project internet of things ini.

Ada pendeteksi lokasi pada motor anda. Ketika motor dalam keadaan mati ataupun menyala, motor bisa dideteksi melalui smartphone. Cara ini sangat memudahkan kita untuk mengetahui dimana motor kita berada. Terutama jika memang motor tersebut dicuri. Anda bisa meletakkan sebuah benda atau partikel kecil dari IoT sebagai alat serupa GPS.

17. Kompor Pintar

Jika ada dompet pintar, maka ada juga kompor pintar yang diketahui bisa memberikan anda kenyamanan dalam memasak. Nantinya pada kompor ini ada alat yang bisa mematikan nyala api secara otomatis jika memang api terlalu besar. Bisa juga dengan munculnya bunyi sebagai peringatan pada kompor. Teknologi bisa menjawab kebutuhan anda bahkan untuk urusan dapur sekalipun.

Itulah 17 contoh projek internet of things / iot. Jika Anda bisa menguasai skill ini, kamu bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis jangka panjang loh. Karena pasti banyak yang butuh alat yang serba otomatis seperti contoh diatas. Gak bakal rugi kalau kamu mau jadikan projek ini sebagai bisnis.

Contest Internet Of Things

Apa yang disebutkan pada daftar ide ini hanya beberapa dari sekian banyak ide yang masih bisa dikembangkan. Seperti yang pernah digelar pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia atau Fasilkom UI dengan nama acara Compfest. Acara ini dulunya digelar pertama kali pada tahun 2009.

Waktu itu Ide Internet Of Things diangkat pertama kali di Indonesia dengan tema Smart City. Dibukalah IoT Academy di tahun 2016 dan ternyata memiliki 22 pendaftar dimana setelah melalui proses pemilihan dan penyaringan, ada 11 grup peserta dan satu individu yang lolos pada tahap selanjutnya yakni pembekalan. Berikut beberapa contoh project IoT/ IOT dari peserta.

1. Kiendi

Grup yang pertama datang dari kolaborasi antara mahasiswa Institut Teknologi Nasional Malang dan juga STIKI Malang. Mereka hadir dengan ide tentang tempat minum pintar untuk seorang programmer. Implementasi dari ide ini adalah alat yang memiliki sensor untuk memperingatkan kita kapan harus meminum dan berapa banyak air yang juga harus diminum. Hal ini juga berguna untuk bisa mendeteksi suhu pada sebuah ruangan dan tubuh kita agar tahu berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh.

2. NISS

Berikutnya datang dari grup Surabaya yang membawa sebuah solusi di sebuah permasalahan yang sering terjadi pada kota besar yakni mencari tempat parkir. Mereka memberinya sebuah solusi dengan nama SmartParking.

Solusi ini membuat anda bisa memesan sebuah tempat parkir dari sebelum berangkat ke lokasi yang ingin dituju. Anda juga bisa memilih di lantai mana dan blok berapa ingin memarkirkan kendaraan. Manfaat dari ide ini adalah memudahkan anda untuk memarkirkan mobil jika dirasa tempat tujuan berpotensi ramai.

3. Anak Bawang

Contoh project IoT berikutnya dari tiga mahasiswa dari STMIK teknokrat Lampung yang membawa ide dengan nama Penanggulangan Kecelakaan. Ide ini tercetus karena rasa keprihatinan mereka terhadap akibat kecelakaan di jalan raya yang sering terjadi karena memang para pengendara dihantui rasa kantuk dan juga dampak dari minum alkohol.

Mereka membuat ide ini dengan fungsi memperingatkan pengendara ketika badan lelah. Ada alarm bagi pengendara yang dipengaruhi minuman beralkohol dan melarang anda berkendara jika dalam emosi yang tak terkendali.

4. Expand

Ide berikutnya dari mahasiswa Universitas Brawijaya. Mereka membawa ide yang mirip dengan parkir pintar. Tetapi solusi yang ditawarkan masih berbeda yakni dengan mencari tempat parkir terdekat sesuai radius posisi pemesan berada. Juga ketika anda salah dalam memarkirkan kendaraan pada tempat yang dipesan maka ada alarm peringatan yang berbunyi terus di tempat anda parkir.

5. Bteam

Btema merupakan grup yang berisi tiga mahasiswa dari Institut teknologi Sepuluh November. Mereka membuat inovasi dengan nama SIKAT atau sistem informasi keadaan alam terbaru. SIKAT ini berfungsi untuk memberi informasi terbaru tentang kondisi alam yang ada di sekitar anda.

Misalnya saja memberi info tentang kondisi cuaca secara real time dan terhubung pada smartphone. Hal ini sangat berguna untuk masyarakat pedesaan untuk bisa meminimalisir kerugian dari hasil tanam mereka karena cuaca yang berubah-ubah.

6. Blumble B

Ada juga grup dari Universitas Gunadarma yang hadir dengan sebuah ide bernama pendeteksi kondisi bayi. Mereka membuatnya karena prihatin akan seorang ibu yang terjaga tiap malam karena bayi yang sering menangis. Dari Bumble B mengatakan bahwa alat ini bekerja dengan alarm yang berbunyi jika bayi dalam kondisi lembap, bagaimana suhu bayi hingga pakaian yang digunakan apakah nyaman atau mengganggu aktivitas tidurnya.

Ada banyak contoh project IoT yang menunjukkan bagaimana berkembangnya sebuah teknologi. Anda bisa menemukan hal-hal ini disekitar anda jika memang beberapa diantaranya sudah tercipta. Manakah ide yang paling brilian versi anda?

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?