Email Marketing : Pengertian, Manfaat dan Keuntungan Dalam Bisnis

Terakhir di Update 24 Desember 2019

Pada zaman yang akrab dengan teknologi ini, hampir seluruh masyarakat memiliki email untuk berbagai keperluan. Di dunia marketing sendiri, list email dimanfaatkan secara efektif agar promosi dapat dibaca oleh calon pelanggan. Selain itu, menggunakan email marketing dianggap lebih efektif karena mampu menjangkau calon pelanggan di berbagai daerah dengan mudah.

Kita tinggal kirim kata-kata promosi ke orang yang sudah subscribe ke email list kita. Selain untuk promosi kita juga bisa menggunakannya untuk edukasi tentang bisnis maupun hal lainnya yang bermanfaat. Untuk lebih detailnya, simak ulasan lengkap berikut.

Pengertian Email Marketing Menurut Para Ahli

Apa itu Email Marketing ?Email marketing merupakan cara pemasaran yang dapat dilakukan oleh para pelaku bisnis online yang tengah memanfaatkan media email untuk setiap kegiatan bisnisnya.

Email ini nantinya akan dikirimkan kepada calon pelanggan`yang belum pernah membeli produk, serta kepada pelanggan yang sudah membeli produk perusahaan. Selain mengirimkan email kepada pelanggan untuk menawarkan produk, email dapat digunakan sebagai media untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan.

Dengan menggunakan email ini, seorang pengusaha dapat terhubung dengan mudah dengan para pelanggan maupun calon pelanggannya secara berkala. Selain bisa untuk menawarkan produk, email juga dapat membuat hubungan antar pebisnis dan para pelangan tetap terjaga dalam jangka waktu panjang. Pentingnya penggunaan email untuk kegiatan bisnis, membuat perusahaan ingin memaksimalkan manfaat yang ada dengan lebih baik.

Jenis Pengiriman Email

Jenis Pengiriman EmailAda beberapa tipe email yang dilakukan oleh para pengusaha online, yang terdiri dari direct email, retention email, dan melakukan iklan di email list orang lain.

Setiap tipe email ini memiliki kegunaan masing masing, dimana tujuan utamanya tetap untuk memasarkan produk kepada konsumen maupun calon konsumen. Dengan menggunakan cara ini, perusahaan dapat menjangkau konsumen yang ada di berbagai daerah dengan mudah dan cepat.

  1. Direct Mail

    Direct mail merupakan pesan yang dikirimkan melalui list email pelanggan, dimana email ini berisikan pesan penawaran atau promosi mengenai suatu  produk.

    Tipe direct email hadir dalam bentuk teks atau dalam bentuk HTML, dimana email ini berisikan pesan secara  multimedia yang menarik untuk dilihat. Namun perusahaan hanya perlu mengirimkan pesan tersebut dalam kurun waktu tertentu saja, agar pesan yang dikirimkan tidak dianggap sebagai spam. Selain itu jangan lupa lakukan soft selling, jangan terlalu banyak melakukan promosi dengan cara hard selling.

    Mengirimkan pesan promosi secara bertubi tubi, tentu membuat pelanggan maupun calon pelanggan merasa terganggu. Alih alih pesan dibaca, justru email akan dibiarkan begitu saja atau dianggap sebagai spam. Pendekatan yang kurang benar ini, akan berdampak buruk bagi perusahanan. Hal buruk yang kemungkinan dapat terjadi adalah alamat email perusahaan akan dihapus dari daftar white list atau unsubscribe.

  2. Retention Email

    Retention email merupakan email yang dikirimkan perusahaan kepada pelanggan lama agar tetap terhubung dengan bisnis yang sedang dijalani.

    Isi pesan ini, bertujuan untuk tetap menjaga hubungan baik antar pengusaha dengan para pelanggannya. Hal ini dapat digunakan sebagai salah satu cara berbeda untuk menawarkan produk kepada pelanggan. Dengan cara pendekatan unik ini, pengusaha akan lebih mudah untuk memasarkan produk atau jasa terbarunya.

    Bagi pengusaha yang ingin menjaga hubungan baik sekaligus memasarkan produk secara online, maka pengusaha perlu mengirimkan email secara teratur agar pelanggan tetap ingat dengan produk atau jasa perusahaan. Isi email ini tidak harus selalu berisikan pesan promosi, namun bisa diselipkan dengan tips atau diselingi dengan sajian informasi penting yang harus diketahui para pelanggan.

  3. Iklan Email List

    Salah satu bentuk marketing yang efektif diterapkan untuk pemasaran secara online yaitu beriklan di email orang lain.

    Bagi pengusaha yang belum memiliki banyak email list dan subscriber, tentu cara ini bisa dimanfaatkan dengan membayarkan sejumlah uang kepada mereka, agar mereka mau mengirimkan email kepada list yang berisikan promosi bisnis anda. Dengan cara ini, mereka mampu meraup keuntungan hingga puluhan juta dalam satu hari.

Manfaat Menggunakan Email Marketing

1. Menjangkau Berbagai Konsumen

Perusahaan yang menggunakan email marketing, akan mampu menjangkau berbagai konsumen pada suatu lingkungan yang dirasa belum dipenuhi oleh pesaing.

Hal ini terjadi karena adanya jaringan internet yang membuat siapa saja dapat berselancar di dalamnya. Terutama pada era ini, orang tua hingga anak anak sudah fasih menggunakan layanan global ini, sehingga tidak mengherankan bila anda akan bertemu dengan berbagai macam orang.

2. Mendapat Konsumen dari Berbagai Daerah

Selain itu, menggunakan jaringan internet mampu mempermudah perusahaan untuk merangkul konsumen dari berbagai daerah. Tidak seperti pada zaman dahulu dimana menyampaikan informasi secara cepat masih terkendala oleh media yang belum mumpuni.

Lewat internet, kini perusahaan dapat menjangkau konsumen yang mungkin tidak terfikirkan sebelumnya. Selain itu, menggunakan e-marketing semakin mudah untuk memberikan informasi terkait produk yang dipasarkan.

3. Mudahnya Mencari Target Pemasaran

Target yang ditetapkan oleh perusahaan merupakan konsumen yang dibagi menjadi beberapa kelompok, yang kemudian dikembangkan dialog secara berkelanjutan. Hal ini terjadi lantaran yang menggunakan layanan internet muncul dari berbagai kalangan, usia, hingga gender yang berbeda.

Menentukan sasaran sangat penting untuk perusahaan. karena dengan menentukan target secara spesifik, maka produk akan dapat disampaikan dengan tepat.

Setelah mengetahui targetnya, perusahaan harus mampu mengkomunikasikannya dengan menarik sesuai dengan sasaran yang diinginkan. Misalnya ketika perusahaan membuat sebuah produk yang menyasar segmentasi anak muda, maka perusahaan itu perlu mengkomunikasikannya dengan bahasa gaul atau kekinian agar mudah menarik perhatian para milenial. Oleh karena itu, perusahaan harus lebih rinci dalam menyasar target yang diinginkan.

4. Meraup Banyak Keuntungan

Penggunaan email untuk bisnis memang mendatangkan banyak keuntungan. Hal ini dapat dilihat dari adanya efisiensi waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan untuk memasarkan produk.

Cukup menggunakan teknologi yang ada seperti laptop atau smartphone yang disambungkan ke internet, anda sudah dapat mengakses email dengan mudah. Transaksi bisnis elektonik dengan biaya yang terjangkau ini, menjadi sangat diminati oleh perusahaan.

Dengan menggunakan email, proses menyampaikan informasi dari konsumen kepada produsen dapat dilakukan dengan cepat. Selain itu, perusahaan tidak perlu bingung mencari tempat penyimpanan data dan dokumen konsumen, karena perusahaan cukup menyimpannya dalam teknologi komunikasi yang digunakan.

Bahkan ketika dibutuhkan secara mendadak, file tersebut dapat dicari dengan mudah dan dapat segera dikirimkan dalam beberapa detik kemudian.

5. Minim Modal

Perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk bertemu dengan konsumennya. Hal ini cukup dilakukan lewat email marketing, dimana antara konsumen dan perusahaan dapat melakukan proses penjualan.

Hanya saja, perusahaan hanya bertemu melalui media agar memudahkan proses transaksi. Dengan menggunakan internet, konsumen tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan produk yang diinginkan.

Jika menggunakan cara lama dalam proses penjualan , maka anda memerlukan upaya lebih dalam melakukannya. Misalnya saja konsumen mendatangi toko offline suatu perusahaan, kemudian membeli beberapa produk yang dipasarkan dan kemudian kembali ke rumah. Sesampainya di rumah, konsumen merasa ada produk yang lupa tidak dibeli, sehingga konsumen tersebut harus kembali ke toko tersebut. Untungnya sekarang hal itu dapat di minimalisir.

Selama proses transaksi berjalan, perusahaan dapat memantau atau melacak segala aktivitas yang ada, mulai dari langkah hingga hasil yang didapatkan. Segala bentuk aktivitas penjualan akan meninggalkan jejak digital, dimana sewaktu waktu dapat dijadikan bukti apabila terjadi kesalahan.

Selain itu, email mampu memberikan bukti adanya transaksi dan hasil yang didapatkan oleh kedua belah pihak.

Alasan Menggunakan Email Marketing

1. Tidak Perlu Banyak Modal

Dengan menggunakan e-marketing, perusahaan akan mudah dalam menggapai komsumennya tanpa berinvestasi pada teknologi maupun di software. Hal ini dikarenakan dalam mengakses email, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih.

Tidak seperti sms ataupun pesan tertulis yang ada pada brosur, email dirasa memiliki ruang yang dirasa cukup luas untuk menjabarkan sebuah konten.

2. Lebih Efektif

Selain dengan modal yang minim, email mampu memberikan kemudahan untuk menyampaikan informasi lebih efektif sekaligus untuk menjaga hubungan antar pebisnis dan konsumennya.

Faktanya, konsumen sering mencari email untuk marketing campaign dari suatu produk yang mereka suka. Selain itu, konsumen juga akan mendapatkan voucher tertentu sebagai bentuk layanan khusus. Bahkan email ini dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan konten kepada para konsumennya.

3. Target Market Jelas

Sebagian orang mensubscribe email mengenai merk dari suatu produk yang disukai, karena mereka akan mendapatkan keuntungan tertentu ketika ikut berlangganan e-marketing ini.

Biasanya, perusahaan akan menawarkan berbagai macam potongan harga melalaui suatu kupon yang dikirimkan ke email para subscribernya. Kelebihan ini tentu banyak dicari oleh para konsumen. Selain mudah dilakukan, mereka juga mendapatkan keuntungan hanya dengan sekali klik.

Melakukan pemasaran menggunakan email marketing,  merupakan poin penting bagi para pengusaha. Hal ini juga tergantung dari kemampuan tim pebisnis saat mengolah bagaimana sebuah email dapat digandrungi oleh masyarakat.

Bukan berarti menggunakan e-marketing adalah hal sulit dilakukan, justru kelebihan yang ditawarkan membuat pengusaha bebas mengemas produk sesuai dengan keinginan dan dipasarkan melalui email.

4. Bisa Dijangkau Semua Orang

Email ini dapat dianggap sebagai cara yang sangat terjangkau karena anda dapat megakses email secara gratis. Bagi pemilik small medium business, hal tersebut dapat dikatakan sebagai cara bijak daripada memilih pemasaran melalui media lainnya seperti televisi, radio, koran, dan sebagainya yang dikenakan biaya pengeluaran cukup besar.

Selain gratis, perusahaan yang menggunakan email dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggannya, sehingga komunikasi tetap berlanjut.

Cara Memulai Email Marketing Untuk Pemula

Sejak tahun 2016 lalu, Indonesia telah memiliki lebih dari 130 juta pengguna email yang menyebar di berbagai daerah. Hal ini membuat email dapat dimanfaatkan sebagai area pemasaran yang tidak boleh kelewatan untuk dicoba.

Namun tampaknya, banyak pengusaha yang belum mengetahui bagaimana cara memulai email marketing.  Berikut langkah yang harus dilakukan agar email untuk kegiatan marketing berjalan baik.

1. Membuat / Berlangganan ke Layanan Email Marketing

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai email untuk kegiatan bisnis ini adalah memilih dan mulai berlangganan email khusus marketing tools. Dengan melakukan hal ini, anda tidak perlu lagi mengirimkan pesan satu per satu, namun anda hanya perlu mengirimkan pesan kepada beberapa list yang dapat dilakukan dalam sekali kirim.

Tidak hanya itu saja, nampaknya email ini menawarkan fitur lainnya seperti template, manajemen kontak, dan fitur tracking email.

2. Mengumpulkan Email List

Selain pentingnya dalam pemilihan management tools, anda juga perlu mengumpulkan beberapa kontak yang sekiranya akan dikirimkan melalui email. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan kontak, namun tidak bisa dilakukan secara instan.

Salah satu cara mudah dan cepat untuk mendapatkan daftar kontak yang diinginkan adalah dengan membeli daftar email. Sebenarnya, cara ini tidak dianjurkan sebagai pilihan utama.

Ketika memilih untuk membeli daftar kontak email, anda perlu mengetahui beberapa resiko yang mungkin terjadi. Salah satunya adalah para penerima email akan merasa terganggu, sehingga email anda akan dianggap sebagai spam.

Oleh karena itu, lebih baik anda mengirim email dengan jumlah yang tidak begitu banyak, daripada mengirimkan ke berbagai orang namun tidak mengetahui bisnis yang sedang anda jalankan.

3. Desain Template Email yang Menarik

Anda juga perlu mendesain email marketing semenarik mungkin, misalnya menggunakan template yang sudah disediakan.

Salah satu keuntungan menggunakan Mail Target adalah setiap desain yang dibuat, akan tersimpan dalam template manage, sehingga memungkinkan anda untuk menduplikasikan kapanpun sesuai dengan keinginan anda. Dengan memiliki desain yang menarik, calon pelanggan akan tertarik untuk mengunjungi hingga penasaran dengan produk yang ditawarkan.

Tujuan utama dari pesan email adalah membuat subscriber dapat memahami informais yang dikehendaki. Membuat konten persuasif tidak dapat dilakukan dengan sekali coba, sehingga anda perlu melalui proses latihan untuk membuat konten email menjadi lebih persuasif.

Email akan dibagi menjadi 3 bagia penting, yaitu head line diisi dengan apa yang anda tawarkan, isi email berisi tentang keterangan, dan call to action berisi tentang langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

4. Test Kirim Email

Bagi anda yang telah memiliki email siap kirim, hendaknya tes email terlebih dahulu sebelum mengirimkannya.

Hal ini bertujuan untuk mengecek apakah ada kesalahan atau kekurangan yang ada pada email yang akan dikirimkan. Misalnya seperti apakah email anda akan dianggap sebagai spam atau tidak. Jika sudah melewati tahap tersebut, anda dapat menuju langkah berikutnya.

5. Kirim Email ke Calon Customer

Ketika hendak mengirim email, pastikan anda mengetahui waktu yang tepat untuk mengirimkan pesan tersebut. Sebaiknya lakukan penelitian dahulu untuk menentukan waktu terbaik untuk mengirimkan email tersebut.

Ketika sudah yakin mendapatkan waktu yang tepat, sebaiknya kirim pesan tersebut secara konsisten. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan perhatian calon pelanggan.

Rekomendasi Tools Email Marketing yang Bisa Digunakan

Rekomendasi Tools Email Marketingyang Bisa DigunakanLangkah awal yang yang harus dilakukan adalah memilih tools yang tepat. Hal ini dikareanakan agar lebih efektif saat melakukan pengiriman pesan. Tidak bisa dibayangkan berapa banyak waktu dan tenaga yang diperlukan, jika anda mengirimkan pesan ini kepada banyak email secara manual.

Oleh karena itu, hendaknya memilih tools terbaik agar bisnis berjalan dengan maksimal. Terdapat bebrapa tools yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi, berikut penjelasannya.

1. Hubspot

Hubspot merupakan tools all in one yang dapat memberikan berbagai macam keuntungan bagi penggunanya. Mulai dari peningkatan conversion rate, sosial media, SEO, otomatisasi, blog, dan analisis pemasaran.

Untuk menggunakan tools ini, anda perlu mengeluarkan sedikit biaya. Namun anda akan mendapatkan fasilitas yang berkualitas yang sepadan dengan harga yang anda bayarkan.

2. Mailchimp

Mailchimp merupakan salah satu tools email marketing yang cocok digunakan bagi para pemula. Terutama tools ini sangat populer di kalangan pebisnis online. Ketika menggunakan tools ini, anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

Misalnya, anda yang memiliki 2000 pelanggan, maka tools akan didapatkan secara gratis. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus mengeluarkan biaya lebih.

3. Constant Contact

Constant Contact merupakan tool selanjutnya yang memiliki fungsi untuk memanajemen pelanggan anda. hal menarik lainnya yang bisa didapatkan adalah tools ini memiliki template brevariasi, dimana telah dilengkapi dengan adanya editing tools.

Untuk menggunakannya, anda dapat mengunjungi website resminya langsung dan membeli tools tersebut untuk memaksimalkan manajemen pemasaran anda.

4. ConvertKit

ConvertKit merupakan tools yang memiliki fitur keren dan dapat digunakan untuk membuat form. Hal ini dapat disesuaikan degan plugin yang telah tersedia di wordpress. Selain itu, terdapat firut lainnya yang ditawarkan kepada anda, yaitu fitur segmentasi dan sistem yang telah bekerjasama secara otomatis untuk menanggapi tindakan pelanggan anda.

kelebihan ini dapat memudahkan anda untuk memberikan tanggapan secara cepat ketika ada pelanggan yang ingin bertanya.

5. Kirim Email

Kirim.Email merupakan tools email marketing lokal dari Indonesia. Fiturnya tidak kalah jauh dengan tools yang lainnya, mulai dari template email, integrasi email, fitur email builder, landing page builder hingga pengiriman email tanpa batas.

Selain itu harganya juga cukup murah bagi para UKM di Indonesia sehingga semua orang bisa berlangganan ke layanan kirim.email. Disamping itu kamu juga mendapat edukasi tentang bisnis online dari tim kirim email melalui email.

Kesimpulan

Email marketing bukanlah cara baru yang digunakan sebagai sarana untuk melakukan kegiatan promosi atau pemasaran. Hal ini dikarenakan email memang memiliki peran sebagai pembawa pesan yang berisikan promosi kepada calon konsumen.

Meski demikian, metode ini masih terbukti ampuh sebagai sarana untuk melakukan promosi secara efektif dan efisien. Diharapkan dengan menggunakan email, bisnis anda akan semakin berkembang.

Semoga dengan adanya artikel ini Anda bisa mengetahui seperti apa itu email marketing sehingga bisa membantu bisnis online Anda semakin baju 🙂

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

error: