4 Fitur WhatsApp Bisnis Ini Bisa Membantu Kamu Jualan Online

0 12

Kalian pasti sudah tahu dengan yang namanya whatsapp, sebuah aplikasi yang digunakan sebagai media chatting ini memang cukup populer di Indonesia. Selain digunakan untuk berkomunikasi biasa, nyatanya whatssapp pun dapat digunakan sebagai bisnis. Fitur terbaru dari aplikasi ini, sudah pasti disambut baik oleh pengusaha. Bagi yang ingin berbisnis, yuk simak cara menggunakan fitur whatsapp bisnis untuk jualan berikut.

Fitur WhatsApp Bisnis Untuk Jualan

Fitur terbaru untuk bisnis dari whatsapp ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat katalog barang maupun jasa. Dengan menggunakan fitur ini, mempermudah penggunanya untuk melakukan promosi. Setelah membuat katalog, maka pengguna dapat menyebarkannya di website atau whatsapp orang lain.

Katalog whatsapp ini memang sangat memudahkan baik pengguna maupun pelanggan, terutama bagi reseller online shop dan juga pemilik usaha, hal ini karena pesan yang diterima oleh pengguna sudah dalam bentuk format pesanan. Pelanggan pun dapat mengetahui bagaimana format yang harus dikirim, untuk memesan suatu produk. Dengan begitu proses pemesanan dapat menjadi lebih mudah, dan cepat.

Saat ini ada banyak pengusaha yang menggunakan whatsapp bisnis ini, dan menyambungkannya dengan website atau sosial media lapak jualan mereka. Dalam fitur whatsapp bisnis untuk jualan ini pun dapat memberikan label pada setiap pelanggan, label ini berfungsi untuk memberikan tanda pada pelanggan lama dan pelanggan baru. Sehingga ketika terdapat produk baru kita dapat, kita dapat  segera menginformasikannya kepada pelanggan lama.

Cara Membuat Katalog WhatsApss Bisnis

Cara untuk menggunakan fitur bisnis di WhatsApp ini pun cukup mudah, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengunduh whatsapp bisnis dari toko di setiap platform, Anda bisa mengunduhnya di play store https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsapp.w4b. Setelah itu sama seperti pendaftaran whatsapp pada umumnya, masukkan nomor yang akan digunakan untuk nomor bisnis.

Akan lebih baik jika kamu menggunakan nomor yang berbeda dari pada nomor anda, hal ini untuk membedakan nomor privasi dan nomor untuk bisnis. Menggunakan nomor khusus bisnis pun, dapat mempermudah proses verifikasi dan tidak perlu menghapus akun yang lama. Proses pelayanan pelanggan pun menjadi lebih fokus, karena tidak terdapat chat pribadi didalamnya.

Cara Membuat Katalog WhatsApss Bisnis

Cara Membuat Katalog di WhatsApp Bisnis

  1. Setelah proses verifikasi telah selesai, klik menu pada pojok kanan atas dan klik setelan.
  2. Pilih setelan bisnis dan klik Katalog.
  3. Klik icon Plus warna hijau di pojok kanan bawah.
  4. Setelah itu akan muncul form untuk memasukkan gambar, nama produk atau layanan dan harga. Anda juga bisa menambahkan deskripsi, tautan produk dan juga kode produk dengan cara klik Tambah bidang.
  5. Ketika sudah di isi jangan lupa klik tombol simpan yang ada di pojok kanan atas. Namun produk yang di posting tidak langsung muncul di katalog Anda, butuh sekitar 1-5 menit untuk produk Anda di konfirmasi oleh tim WhatsApp bisnis.

Jangan lupa juga untuk melengkapi informasi bisnis Anda di profile WA Bisnis. Masuk kedalam menu business setting lalu pilihlah profile, usahakan untuk mencantumkan seluruh informasi yang jelas dan simple pada bio whatsapp bisnis. Hal ini agar pelanggan yang melihat akun bisnis kamu, dapat percaya bahwa nomer tersebut memang toko yang kamu miliki.

Pada fitur bisnis kamu juga dapat menggunakan menu quick replies, yaitu sebuah fitur yang dapat secara langsung memberikan respon kepada pelanggan ketika pemilik usaha belum membalas atau membuka chat tersebut. Pada whatsapp bisnis kamu dapat menggunakan fitur ini pada opsi Away Message, Greeting Message, dan Quick Replies.

Opsi ini pun juga dapat mengatur waktu pengiriman pesan, baik dalam jadwal khusus atau ketika diluar jam operasional. Contohnya saja ketika pelanggan mengirimkan pesan diluar jam operasional, maka pemilik usaha tidak pelu membalasnya sendiri. Hal ini karena fitur whatsapp bisnis untuk jualan akan secara otomatis memberikan informasi kepada pelanggan, melalui sebuah chat balasan yang mengatakan sedang diluar jam operasional.

Pemberian Label Pada WhatsApp Bisnis

Pemberian Label Pada WhatsApp BisnisSetelah mengatur profile pada whatsapp bisnis kamu, keuntungan menggunakan fitur bisnis ini adalah pengusaha dapat mengetahui pelanggan lama dan baru dengan adanya label. Tidak hanya kategori pelanggan lama dan baru, label pun memiliki kategori lainnya yang tentu dapat memudahkan proses bisnis.

Beberapa kategori yang ada pada label whatsapp bisnis ini seperti pelanggan baru, pesanan baru, pending payment, paid, serta order complete. Dengan adanya label tersebut, maka mengatur pesanan menjadi lebih mudah. Pemilik usaha pun mengetahui pesanan mana yang belum melakukan pembayaran, serta pesanan yang belum diterima oleh pelanggan.

Pemberian Fitur Quick Replies

Pemberian Fitur Quick RepliesBalasan cepat ini cukup dibutuhkan oleh pemilik usaha, hal ini untuk memberi kepastian kepada pelanggan. Jika tidak ada quick replies, pelanggan bisa saja kehilangan ketertarikan pada produk yang ditawarkan. Fitur quick replies dapat secara otomatis akan memberikan balasan berupa informasi,atau format pemesanan tanpa harus mengetikannya sendiri.

Pada fitur quick replies ini dapat menjawab pertanyaan berulang seperti nomor rekening, format pemesanan, spesifikasi produk maupun harga untuk setiap produknya. Dengan adanya fitur whatsapp bisnis untuk jualan ini, maka kamu dapat membalas pesanan menjadi lebih mudah. Pemilik usaha tidak perlu membalas dan mengetikkannya kembali pada setiap customer, melainkan jawaban ini akan secara otomatis muncul saat pelanggan baru melakukan pesanan.

Menggunakan WhatsApp Bisnis Dengan Media Lainnya

WhatApp ini juga sangat mudah untuk dihubungkan dengan website atau sosial media, agar memudahkan pelanggan untuk langsung melakukan interaksi dengan pemilik usaha. Tentu kalian pernah melihat sebuah toko, yang menyediakan fitur kontak yang dapat di klik dan langsung terhubung dengan aplikasi whatssapp bukan ?

Untuk menggunakan fitur whatsapp bisnis untuk jualan di website atau pada landing page sebagai link, maka gunakan format wa.me/kodeNegaraDanNomorHp, contoh wa.me/62857489xxxxx. Dengan format tersebut, maka pelanggan dapat langsung men-klik link tersebut untuk terhubung dengan Whatsapp. Tidak hanya pelanggan yang diuntungkan, dengan menghubungkan dengan website maka pemilik bisnis pun mendapatkan potensi keuntungan yang lebih tinggi.

Hal ini karena ketika pelanggan sedang melihat produk yang anda tawarkan dan pada website tersebut langsung terdapat link whatsapp, maka pelanggan akan dengan mudah men-klik link tersebut ketika ada produk yang menarik perhatian. Melihat keuntungan yang tinggi tersebut, tak heran jika banyak pengusaha yang menggunakan metode bisnis link whatsapp ini.

Perbedaan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messenger

Perlu diperhatikan bahwa, kedua jenis ini memiliki fungsi yang berbeda. WhatsApp yang selama ini kita gunakan adalah aplikasi yang memang dikhususkan untuk interaksi atau messenger saja. Sedangkan jika kamu ingin memiliki whatsapp untuk bisnis, maka kamu perlu mendownload terlebuh dahulu.

Tampilan kedua aplikasi ini pun cukup berbeda, bagian yang paling mencolok adalah pada segi logonya. Untuk messenger umumnya logo akan menggunakan gambar telepon yang dikemas dalam warna hijau. Sedangkan untuk fitur whatsapp bisnis untuk jualan, terdapat logo kapital  B dan tidak terdapat logo telepon.

Perbedaan lainnya pun pada whatsapp bisnis, kamu dapat menambah nomor telepon lainnya. Jika pada messenger hanya diwajibkan satu nomor saja, namun tidak dengan aplikasi bisnis. Kamu dapat menambahkan nomor telepon rumah atau kantor sekaligus, kedua nomor ini pun dapat digunakan secara aktif dalam satu perangkat. Tentu dengan keuntungan tersebut, semakin memudahkan pekerjaan pengusaha.

Kesimpulan

Saat ini dunia bisnis semakin berkembang dengan pesat, tidak hanya via offline saja melainkan via online pun cukup diminati. Dalam bertransakasi secara online, whatsapp adalah salah satu aplikasi chat yang sering digunakan. Dengan memiliki whatsapp khusus untuk bisnis, maka pengusaha dapat lebih mudah untuk mengatur pesanan yang masuk setiap harinya.

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: