7 Gaya Hidup Orang Kaya yang Wajib Kita Tiru

0 15

Cita cita? Ingin menjadi orang kaya. Jawaban ini mungkin seringkali anda dengar, entah sebagai jawaban serius atau candaan. Jika dibayangkan menjadi orang kaya sepertinya menyenangkan karena bisa membeli barang tanpa pikir panjang. Pada kenyataan orang kaya justru tidak terlihat seperti orang kaya seperti yang kita bayangkan. Gaya hidup orang kaya berikut bisa kita contoh jika ingin meraih kesuksesan. Sebelum itu kamu harus mengerti bagaimana cara berpikir positif agar bisa lebih sukses. Lebih lengkapnya simak ulasannya.

Kebiasaan Para Miliarder Yang Harus Ditiru

1. Tidak Membeli Fashion Branded

Tidak Membeli Fashion BrandedPara Miliarder tidak membeli fashion mahal, bukan lantaran mereka tidak mampu, tapi bagi mereka pakaian bukan hal yang harus dibeli dengan sering. Rata rata orang kaya memilih membeli item fashion mahal satu hingga dua kali dalam satu tahun.

Bagi mereka pakaian mahal tidak butuh terlalu banyak karena mungkin hanya dipakai dalam acara tertentu saja. Dengan membeli sepatu, tas dan pakaian branded seadanya tentunya bisa menjadi langkah berhemat.

Dari kebiasaan tersebut, bisa dilihat bahwa pola pikir orang kaya adalah membeli barang yang mereka butuhkan saja. Padahal mereka bisa membeli satu butik sekalian juga tidak masalah. Gaya hidup inilah yang patut untuk di tiru, dengan membeli barang sesuai kebutuhan maka banyak sisa uang yang bisa ditabung. Lebih baik tabungan gemuk daripada isi lemari penuh dengan item fashion branded seperti sepatu, tas atau pakaian.

2. Bangun Lebih Awal

Bangun Lebih AwalGaya hidup orang kaya yang harus kita tiru selanjutnya adalah bangun tidur lebih pagi. Orang kaya biasanya akan bangun 3 jam sebelum mereka pergi bekerja. Beginilah cara mengatur waktu mereka agar lebih produktif.

Menurut mereka, bangun lebih awal membuat mereka memiliki banyak waktu luang. Momen sarapan bersama keluarga, membersihkan diri hingga membaca buku sambil menikmati secangkir kopi menjadi aktivitas pagi yang kerap kali dilakukan.

Dengan bangun lebih awal, para orang kaya merasa tidak perlu terburu-buru untuk berangkat bekerja. Kebiasaan ini tentu saja sangat patut untuk di contoh dalam kehidupan kita. Meskipun tidak akan membuat kita berubah langsung menjadi orang kaya, minimal kebiasaan ini bisa membuat anda menghargai waktu. Meskipun sibuk bekerja, masih ada waktu untuk keluarga dan juga untuk diri sendiri tanpa harus mengacau jam bekerja.

3.  Membayar Dengan Uang Tunai

Membayar Dengan Uang TunaiKemudahan teknologi saat ini memang memudahkan banyak hal, termasuk dalam hal transaksi pembelian barang. Mulai dari adanya kredit card hingga banyak sekali dompet digital yang bermunculan.

Memang terkesan praktis pergi berbelanja hanya membawa satu kartu yang bisa digunakan untuk semua hal. Membayar belanjaan hingga makan hanya tinggal gesek dan semua beres. Namun kebiasaan tersebut bukan kebiasaan orang kaya.

Orang kaya lebih sering membayar mengunakan uang tunai daripada kartu debit atau kartu kredit. Gaya hidup orang kaya satu ini ternyata patut ditiru lho. Bukan tanpa sebab, setiap kali bertransaksi tentu ada pajak atau biaya administrasi yang harus kita bayar. Memang bukan nominal yang besar, namun jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang tentu saja akan banyak.

Tidak hanya itu saja, dengan membawa uang tunai yang anda ambil satu minggu sekali di ATM, akan membuat anda bisa mengatur keuangan dengan baik. Perencanaan anggaran yang tepat dan juga bisa menjadi cara untuk lebih menghargai uang receh. Lebih baik uang di ATM tidak diambil sama sekali dan anda berhemat dengan uang tunai yang sudah anda ambil. Membayar dengan debit akan membuat anda tidak sadar jika sudah banyak pengeluaran.

4. Berani Mengambil Resiko Dalam Bekerja

Berani Mengambil Resiko Dalam BekerjaPara miliarder masih memegang prinsip ekonomi yakni high risk, high return. Mengambil resiko yang besar maka akan semakin tinggi yang akan mereka dapatkan.

Dengan memegang prinsip ini, mereka akan lebih berhati hati ketika bekerja karena jika gagal kerugian yang mereka tanggung akan semakin besar. Tidak jarang, mereka akan bekerja sangat keras bahkan mereka lebih menghargai materi dibandingkan dengan karyawan.

Meskipun terkesan tega namun hal ini juga bisa jadi cara untuk menilai kinerja dari karyawannya. Para miliarder akan mempekerjakan orang orang profesional dan memiliki resiko rendah membuat kerugian untuk perusahaan. Gaya hidup orang kaya ini bisa kita terapkan dengan meningkatkan etos kerja yang tinggi. Tidak takut mengambil resiko dan selalu berhati hati dalam bekerja serta menjadi orang yang profesional.

5. Menghemat Sama Dengan Menambah Penghasilan

Nilai Kebutuhan ModalJangan anda kira jika orang kaya akan membeli semua yang berharga mahal. Memesan penerbangan kelas terbaik dengan harga puluhan juta. Mereka tidak melakukannya, karena menurut mereka tidak menghabiskan uang sama dengan menambah penghasilan.

Uang yang tidak dibelanjakan akan mereka tabung sehingga penghasilan mereka bertambah. Tentu saja kebiasaan ini harus diterapkan, lebih baik mendahulukan prioritas kebutuhan.

Anda juga lebih baik membeli barang dengan harga murah tetapi memiliki fungsi yang sama. Tidak semua barang murah memiliki kualitas yang buruk. Ada banyak barang yang diproduksi rumahan justru memiliki harga rendah namun juga menawarkan kualitas yang bagus. Jika anda melakukan hal ini terus menerus akan membuat anda memiliki banyak sisa uang untuk ditabung. Menggemukkan tabungan adalah salah satu cara menjadi orang kaya.

6. Berpergian Dengan Transportasi Umum

Berpergian Dengan Transportasi UmumOrang kaya pasti membeli kendaraan mewah yang bahkan bisa memenuhi garasi. Namun, mereka akan memilih mengunakan kendaraan umum daripada mengunakan kendaraan pribadi. Apalagi orang kaya sejati tidak akan berperilaku sombong sehingga mereka lebih memilih mengunakan kendaraan umum, bersepeda atau berjalan kaki. Gaya hidup orang kaya satu ini tentunya patut untuk kita ikuti.

Bukti nyatanya adalah walikota New York, Bill De Blasio yang lebih banyak mengunakan kendaraan umum daripada kendaraan pribadi. Para Miliarder juga akan membeli mobil dengan kualitas terbaik dan bukan sebagai ajang pamer.

Bahkan mereka biasanya akan menganti mobil bisa dalam waktu 10 tahun sekali. Mereka sangat memperhitungkan segala sesuatu hal dengan detail. Hal ini terjadi kepada Leonardo DiCaprio yang masih gunakan Toyota Prius.

7. Kebiasaan Membaca Buku

Kebiasaan Membaca BukuSeorang Miliarder tentunya memiliki waktu yang sibuk, mereka tidak akan berhenti bekerja meskipun memiliki kekayaan yang bahkan tidak akan pernah habis. Namun di sela kesibukannya, mereka akan gunakan untuk membaca buku.

Bukan sebagai hobi atau agar memiliki kegiatan tapi sebagai salah satu cara untuk terus memperkaya diri dengan ilmu. Beberapa bacaan yang sering mereka baca adalah biografi orang terkenal hingga sejarah.

Kebiasaan ini bisa kita lihat dari Bon Jovi yang menjadi salah satu orang kaya yang gemar membaca. Dengan meniru gaya hidup orang kaya satu ini tentunya akan membawa banyak manfaat untuk anda. Wawasan yang bertambah akan membuat kita tidak miskin ilmu sehingga bisa bergaul dengan semua kalangan. Relasi tentu saja menjadi hal yang sangat penting, apalagi jika anda adalah seorang pengusaha muda yang baru saja merintis.

Menjadi orang kaya tidak lantas membuat beberapa orang terkaya di dunia tersebut menjadi seenaknya. Mereka tetap berhemat dan juga melakukan kebiasaan yang membuat mereka menjadi orang kaya sejati. Terus menambah ilmu, tetap bekerja keras dan tidak membuang waktu secara percuma menjadi kebiasaan yang bisa diterapkan dalam kehidupan kita.

Semoga dengan adanya artikel tentang gaya hidup orang kaya dari Dosen Online ini bisa memotivasi Anda. Semoga bermanfaat 🙂

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?