fbpx

12 Merek Laptop yang Bagus, Awet dan Berkualitas

Beserta cara memilih laptop yang bagus

0 39
5/5 (3)

Perkembangan teknologi terasa pesat dan bisa kita lihat bagaimana perubahan yang terjadi. Telepon umum yang sekarang sudah menjadi smartphone. Radio konvensional yang sekarang sudah bisa kita dengarkan dari smartphone, mengetik yang membutuhkan mesin ketik berubah menjadi komputer dan berkembang lagi menjadi laptop. Adanya perubahan-perubahan ini dirasa begitu membantu di setiap segi kehidupan. Terutama dalam hal bisnis dan pekerjaan, sehingga ada aplikasi yang menghasilkan pulsa. Bahkan laptop sendiri sudah mengalami banyak perkembangan. Terutama dari segi fitur, fungsi hingga bentuknya sekalipun. Jika anda ingin mencari merek laptop yang bagus, perbanyak referensi dan sesuaikan dengan kebutuhan anda. Disini Dosen Online juga akan memberikan tips dan cara memilih laptop yang bagus dan berkualitas.

Sudah tahu laptop yang bagus merk apa? Tak semua orang membutuhkan laptop dengan harga diatas 5 juta. Tetapi ada juga yang membutuhkan laptop bahkan diatas 10 juta. Perbedaannya terletak pada fungsi laptop tersebut dan bagaimana kita menggunakannya. Mereka yang menggunakan laptop gaming berarti membutuhkan laptop dengan performa full. Berbeda dengan mereka yang hanya menggunakan laptop yang awet untuk keperluan kantor seperti mengetik. Inilah mengapa merek laptop akan terus bermunculan. Untuk mengetahui yang terbaik juga bisa kita lihat dari komponen yang ada di dalamnya.

Semakin canggih laptop semakin mahal harganya. Hal ini sudah tak bisa dielak lagi. Maka dari itu penting untuk mengetahui manakah laptop yang awet dan sesuai dengan kebutuhan anda selama ini. Dalam menggunakannya pun tak boleh sembarangan tetapi juga harus tahu perawatan seperti apa yang dibutuhkan dan apa yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan laptop. Hal ini penting untuk diketahui agar kita bisa menjaga performa laptop.

Rekomendasi Merek Laptop yang Bagus dan Terbaik

Rekomendasi Merek Laptop yang Bagus dan Terbaik

1. Lenovo

Merek Lenovo sepertinya mempertahankan posisi sebagai brand laptop terbaik dan disukai oleh banyak orang. Hal ini dirasa bertahan dari mulai tahun 2017. Bahkan berdasarkan banyak review, Lenovo dengan produknya laptop mampu mendapatkan bintang 4 ke atas.

Salah satu yang menjadi daya tarik adalah fitur yang diperoleh dengan harga yang juga sebanding. Bahkan bisa dibilang harganya sangat terjangkau. Tetapi Lenovo juga termasuk laptop yang awet dan tergolong rentan rusak. Ada sekitar 21% pengguna yang mengaku bahwa laptop itu bermasalah di tahun ketiga. Sementara 13% mengaku adanya masalah di tahun kedua dalam penggunaannya.

2. HP

Dari 100, merek laptop yang bagus ini mendapatkan nilai 85. HP dikabarkan berbenak dan meluncurkan laptop yang berkualitas tinggi tetapi tetap harga terjangkau. Ada sekitar 35 dari 40 reviewer yang suka. Tetapi, HP juga termasuk laptop yang awet dan lagi-lagi tidak bisa aman dari kerusakan. Laptop ini dikabarkan mengalami kerusakan mencapai 20% di tahun ketiga. Sementara di tahun kedua, ada 15% pengguna HP yang mengalami laptop mereka bermasalah. Apakah anda termasuk pengguna laptop HP?

3. Dell

Laptop Dell ini memiliki series gaming G7 yang dikabarkan kalah skor. Hal ini karena ketidak seimbangan kualitas. Harganya lebih mahal tetapi kualitasnya tidak seimbang dengan merek laptop yang bagus lainnya seperti Lenovo dan HP. Bahkan, ada pengguna juga yang mengabarkan 22% pengguna Dell mengaku laptopnya rusak di tahun ketiga. Sementara di tahun kedua, laptop tersebut masih layak untuk digunakan. Selain performa, sebenarnya daya tarik dari Dell ini adalah segi bentuk yang kekinian.

4. Acer

Peringkat berikutnya dimiliki oleh Acer. Laptop Acer ini sempat naik satu peringkat dari tahun 2017. Brand Acer berani merilis laptop bagus dengan harga yang terbilang terjangkau. Acer mendapatkan skor yang cukup sempurna dalam kategori perbandingan harga dan juga kualitas. Nilai Acer sendiri makin bertambah dari segi ketahanannya. Dari pengguna, sebanyak 23% mengaku bahwa laptop tersebut mulai bermasalah di tahun ketiga dan 14% bermasalah sejak tahun kedua. Namun, tetap saja tak bisa dipungkiri bahwa laptop Acer ini menjadi salah satu merek laptop yang bagus.

5. Asus

Asus ROGMerek besar yang satu ini ternyata kalah dari Acer. Merek ini terbilang minim inovasi. Meski begitu, harga laptop terbagus brand ini juga masih terjangkau sehingga mendapatkan skor dalam urusan harga. Namun, laptop Asus tetaplah tahan lama. Meski dari sekian banyak pengguna, ada 23% yang mengeluh di tahun ketiga. Tentu hal ini bisa dibilang menjadi daya tarik karena untuk merek laptop lainnya sering mengalami masalah di tahun kedua.

6. Microsoft

Sayangnya, meski Microsoft ini menjadi merek laptop yang bagus tetap saja ada kejelekan meski hanya sedikit. Kekurangannya adalah sedikit pilihan. Sistem dan juga desain laptop ini tak perlu lagi ditanya. Harga beli juga terbilang mahal tetapi kualitasnya sangat menawan. Namun ada sekitar 25% pengguna microsoft yang mengaku laptopnya cepat besar karena berbagai faktor. Nama besar Microsoft agaknya tidak bisa membantu menjadi yang pertama.

7. Apple

Apple MacbookBerikutnya, pilihan merek laptop terbaik adalah Apple. Dari segi sistem, desain dan juga ketahanan Apple termasuk juara. Sementara MacBook sendiri di tahun 2010 masih bisa digunakan tanpa lemot atau dipaksa mengedit foto yang ada di Photoshop sampai saat ini. Sayangnya, harga dari semua jenis Macbook ini terbilang sangat tinggi. Mayoritas orang menggunakan windows. Sehingga bisa dibilang jarang ada developer game yang rela untuk menghabiskan waktunya dalam menciptakan game yang ada di Macbook.

8. Razer

Suka dengan laptop yang awet dan berkekuatan tinggi? Artinya, ketahanan dan juga performa dari laptop ini tak lagi perlu diragukan. Anda bisa memilih Razer. Laptop hi-tech yang khusus diciptakan untuk aktivitas gaming dan editing. Harganya sangat mahal tetapi sepadan dengan apa yang anda dapatkan. Brand ini merupakan hasil dari  produsen aksesoris gaming yang mampu menciptakan produk yang bagus dan tahan lama.

9. MSI

MSIBrandnya sudah terbilang besar. Laptop MSI ini memang cukup mahal tetapi termasuk dalam kelas atas. Sayangnya, kekurangan merek laptop yang bagus ini terletak pada service centernya yang langka. Bahkan ada yang mengatakan dalam review bahwa service yang dilakukan kurang cekatan. Jadi, sebagus apapun laptop yang dimiliki tetap saja ada kekurangan yang dimilikinya. Disinilah tantangan MSI untuk kembali mengeluarkan produk yang bersahabat.

10. Samsung

Merek yang satu ini memang terkenal akan smartphone yang dimilikinya. Tetapi siapa sangka bahwa merek laptop yang bagus juga dimiliki oleh Samsung. Pilihan laptop Samsung ini terbilang sedikit dari produknya yang sudah lama. Menjadi PR besar jika memang Samsung ingin meluncurkan laptop terbaru. Ada banyak yang harus dibenahi agar mampu menarik para konsumen.

11. Toshiba

Nama Toshiba menjadi salah satu nama merek laptop andalan. Mottonya adalah leading innovation. Mereka memang dikenal sebagai salah satu yang unik serta unggul dalam bidang desain ataupun spesifikasi yang ada di laptop yang mereka rilis. Meski mungkin, beberapa orang lebih mengenal Toshiba ini sebagai produsen TV dan alat elektronik lain. Tetapi nyatanya memang merek laptop Toshiba juga tak kalah dari merek terkenal lainnya. Apakah anda menggunakan merek Toshiba untuk item laptop? Merek ini masih menjadi andalan karena ketahanannya ketika digunakan.

12. Sony

Berasal dari negara Jepang, merek laptop yang bagus yaitu Sony tak mau ketinggalan. Sony adalah salah satu perusahaan elektronik raksasa yang ada di dunia. Banyak produk teknologi yang dihasilkannya. Jika diingat lagi memang paling terkenal konsol game playstation atau smartphone. Sementara laptop Sony sendiri juga bisa dinilai memiliki kualitas terbaik. Sony memang tidak terlalu fokus pada pembuatan laptop. Namun, laptop merk ini masih menjadi yang terfavorit. Mereka juga mengklaim bahwa penjualannya juga cukup stabil dan masih banyak digunakan

Cara Memilih Laptop yang Bagus dan Berkualitas

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa dalam memilih laptop sebaiknya dicari tahu manakah yang anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Apalagi jika melihat berapa harga laptop yang ditawarkan. Sayang rasanya apabila anda menggunakan laptop tak tepat dengan kebutuhan. Seperti laptop gaming yang hanya digunakan untuk pekerjaan kantor. Bisa juga menggunakan laptop dengan spesifikasi standard untuk bermain game. Pilihan yang keliru bisa mengakibatkan laptop cepat rusak. Selain melihat dari merek laptop yang bagus, berikut ini beberapa cara memilihnya.Cara Memilih Laptop yang Bagus dan Berkualitas

1. Beli Baru atau Bekas

Cara memilih laptop yang bagus pertama yaitu dengan memilih beli baru atau bekas. Pertimbangan dalam membeli laptop adalah melihat apakah harus membeli baru atau bekas. Tentukan terlebih dahulu kondisi yang anda inginkan. Sebab, selama paham bagaimana kondisi laptop yang masih bagus, membeli bekas pun tak masalah.

Tetapi jika anda sudah yakin membelinya tanpa memeriksa sama saja dengan merugi. Perhatikan terlebih dahulu komponen di dalam laptop apakah masih normal atau segel. Karena ketika segel sudah terbuka maka kemungkinan laptop tersebut sudah pernah diservis karena mengalami kerusakan.

2. Mempertimbangkan Sistem Operasi

Cara memilih laptop yang bagus berikutnya adalah mempertimbangkan sistem operasi. Sebelum membeli laptop memang sering dihadapkan dengan kebingungan ketika kita memilih sistem operasi tersebut. Terutama untuk orang awam yang tak begitu mengerti soal teknologi. Sistem operasi memang ada banyak.

Tetapi beberapa sistem operasi harus kita cari tahu apakah membayar atau tidak. Ada menjual laptop include sistem operasi. Ada juga yang hanya menjual laptop saja dan harus membeli lisensi dari sistem operasi yang kita inginkan. Sistem operasi yang ada di pasaran biasanya adalah mac, windows 10 dan chrome OS.

3. Fasilitas Sesuai Kebutuhan

Cara memilih laptop yang bagus dengan melihat fasilitas sesuai kebutuhan. Selain faktor sistem operasi dan merek laptop yang bagus, anda juga harus memperhatikan fasilitas 2 in 1. Banyak laptop yang mampu menjadi tablet atau bentuk lain sesuai kebutuhan. Tetapi biasanya laptop ini juga memiliki masalah di daya tahan baterai.

Sebab daya tahan dari baterai juga kadang memiliki kelemahan. Kebanyakan mereka hanya mampu bertahan screen on time selama kurang lebih 60 sampai 90 menitan. Terutama untuk para editor atau gamer, hal ini akan menjadi masalah yang penting. Sehingga pastikan fasilitas dari laptop yang anda dapatkan sesuai dengan kebutuhan.

4. Memilih Ukuran Laptop

Tiap merek laptop yang bagus memiliki ukuran yang berbeda-beda. Perhatikan ukuran laptop yang akan anda pilih. Ukuran ini memiliki banyak varian mulai dari yang terkecil hingga terbesar. Itu semua juga tergantung sesuai dengan kebutuhan. Sebab, biasanya laptop juga dikategorikan dari ukuran layar yang dimilikinya. Sementara ukuran standar laptop di pasaran adalah 11-12 inchi, 13-14 inchi, 15 inchi hingga 17-18 inchi. Ukuran ini juga akan mempengaruhi berat laptop.

5. Berdasarkan Koreksi Keyboard dan Touchpad

Keyboard dan touchpad ini memiliki peran yang penting dari sebuah laptop. Tanpa adanya kedua hal ini tentu akan sangat sulit digunakan. Keyboard dan touchpad untuk setiap laptop tidaklah sama. Tetapi perbedaan ini juga disesuaikan dengan kebutuhan tiap pengguna. Jika anda merupakan pekerja atau orang yang tiap harinya butuh laptop untuk mengetik maka perhatikan beberapa hal. Pastikan ketika keyboard ditekan dan dilepas, keyboard tersebut kembali pada posisi semula. Pastikan juga jarak antar tombol pada keyboard sesuai dengan kebutuhan kita. Berikutnya, pastikan ketika mengetik, anda merasa nyaman.

Merek laptop yang bagus pasti memiliki touchpad yang bagus, perhatikan beberapa hal. Misalnya saja seperti keakuratan touchpad harus sempurna dan baik. sensitivitas dari touchpad juga harus sempurna. Ketiga, kualitas dan keawetan dari touchpad ini harus baik.

6. Menentukan Spesifikasi

Menentukan SpesifikasiCara memilih laptop yang bagus berikutnya adalah dengan menentukan spesifikasi di dalamnya. Laptop memiliki beberapa bagian seperti prosesor hard drive, RAM, VGA dan lain sebagainya. semua bagian ini merupakan penunjang dari kinerja laptop. Maka dari itu kita harus tahu manakah yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Komponen utama dari laptop adalah prosesor yang merupakan otak dari setiap laptop. Prosesor juga memiliki banyak sekali varian mulai dari yang termurah hingga termahal. Prosesor juga hanya ada dua merk ternama yakni intel corporation dan AMD. Kedua merk ini saling beradu dengan kualitas yang sempurna terutama di bidang hardware.

Kedua prosesor memiliki karakter dan juga harga yang berbeda. Proses intel memang akan lebih mahal dari AMD tetapi performa dari keduanya juga tak jauh berbeda. Kedua merek ini bersaing di bidang RAM dan VGA Card. Tips untuk memilih hardware laptop adalah sesuaikan dengan performa hardware dan kebutuhan kita. Pastikan anda tak salah memilih terutama untuk gamer dan editor. Pastikan pula bahwa anda memilih laptop dengan clock speed yang ada diatas 3.0 Ghz.

7. Memilih Baterai

Jika anda merupakan seorang yang memiliki banyak waktu di depan laptop maka pilihlah yang berbaterai besar. Daya tahan baterai harus bagus dan ada di kisaran lebih dari 2 jam. Sebab, laptop dengan daya tahan baterai yang besar ini kita tak perlu direpotkan melakukan charger lebih lama. Juga untuk para gamer. Mereka akan menghabiskan waktu lebih lama di depan laptop. Anda harus teliti untuk memilih laptop dengan kapasitas yang cocok.

Biasanya ada juga beberapa merk laptop yang menjual baterainya secara terpisah sesuai dengan kebutuhan. Cobalah untuk lebih teliti memilih laptop dengan kapasitas baterai yang anda rasa cocok sesuai kebutuhan.

8. Harga yang Sesuai Kantong

Cara memilih laptop yang bagus pada step terakhir ini kamu harus melihat harga yang sesuai kantong. Sebelum membelinya, pastikan bahwa harga laptop yang anda miliki sesuai dengan kantong anda. Artinya, memilih berdasarkan budget merupakan salah satu cara tepat. Sebagai referensi, kamu bisa membaca artikel bisnis online tanpa modal untuk mengisi kantongmu.

Ada banyak merek laptop yang bagus yang bisa anda miliki dengan variasi harga. Carilah banyak referensi di berbagai sumber seperti majalah, internet ataupun toko elektronik yang ada di sekitar anda. Jika memang dana yang anda miliki tidak cukup untuk membeli laptop yang dibutuhkan, sebaiknya menabung lagi agar mendapatkan laptop sesuai kebutuhan.

Berbagai macam merek laptop yang bagus bisa anda temui di pasaran. Namun, ketahanannya tetap akan tergantung dari bagaimana anda menggunakannya dalam sehari-hari. Pastikan bahwa anda telah memilih laptop sesuai dengan kebutuhan. Karena hal ini juga mempengaruhi kenyamanan anda dalam menggunakannya. Semoga tips dari Dosen Online ini bermanfaat 🙂

Berikan Rating ?

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?