6 Mindset Entrepreneur Dan Cara Membangunnya

0 35

Pernahkah anda merasa ingin menyerah dengan bisnis yang anda jalankan ? Keadaan ini tentu pernah dialami hampir seluruh Entrepreneur, karena menjadi seorang pengusaha memang tidak semudah yang dibayangkan. Salah satu faktor yang dapat membantu kesuksesan entrepreneur adalah mindset atau pola pikir, selain itu kamu juga harus pintar cara mengatur waktu agar lebih produktif. Lantas apa yang harus dilakukan untuk membangun mindset Entrepreneur ?

Inilah Mindset Entrepreneur Dan Cara Membangunnya

1.  Pola Pikir Merupakan Hal Terpenting dalam Membangun Usaha

Pola pikir atau mindset yang positif, adalah modal untuk meraih kesuksesan, cara berfikir anda adalah faktor yang menentukan tujuan serta pilihan selanjutnya. Membangun pola berfikir yang positif merupakan sebuah cara untuk menumbuhkan motivasi hidup yang lebih kuat dan kekal, dengan mindset yang positif maka seseorang akan terus melihat peluang dan menyemangati diri sendiri untuk terus berusaha.

Pada media sosial seorang entrepreneur kebanyakan bio instagram keren akan motivasi dan menunjukkan passion yang sedang dijalankan.

Sama halnya ketika seseorang sedang membangun sebuah usaha, cara berfikir untuk terus mengembangkan usahanya tentu menjadi kunci utama kesuksesan. Seperti yang dikatakan oleh Thomas W Zimmerer, entrepreneur merupakan penerapan kreativitas serta inovasi untuk memecahkan suatu masalah dengan memanfaatkan peluang.

Apabila seseorang terus memiliki pola pikir negatif, peluang yang dapat diambil bisa jadi tidak terpikirkan sama sekali.  Oleh karena itu, mindset entrepreneur haruslah selalu positif berani. Pola berfikir yang positif akan mendukung seseorang untuk berani mengambil risiko, hal ini karena apapun risikonya entrepreneur akan terus berusaha bahwa ada cara untuk segala situasi.

Memiliki pola berfikir yang selalu positif, memang sangat tidak mudah. Apalagi dengan banyaknya rintangan yang harus dihadapi oleh seorang entrepreneur. Ketika pertama kali membangun atau memulai sebuah usaha memang mudah, namun untuk mempertahankannya diperlukan banyak usaha dan pengorbanan. Lantas sebelum memulai usaha anda harus memiliki beberapa mindset tertentu.

2. Sebagai Seorang Entrepreneur, Hindari Berfikir Instan

Dalam mencapai kesuksesan bisnis, tidak ada yang namanya berhasil dengan cepat atau instan. Pasti seluruh usaha membutuhkan proses, baik itu bisnis online maupun offline.

Ada istilah yang mengatakan “sesuatu yang diibuat secara instan, maka jatuhnya pun instan pula”.  Dari istilah tersebut kita sudah bisa mengartikan jika anda tergiur membangun sebuah bisnis karena hasil yang cepat, maka bisnis tersebut pun dapat roboh dalam sekejap.

Oleh karena itu, nikmati proses ketika memulai usaha dan jangan menyerah. Lihat saja seluruh penemu yang telah terkenal namanya, percobaan tidak dilakukan sekali dua kali. Bahkan beberapa juga harus mencoba hingga ribuan kali untuk mencapai kesuksesan. Namun seluruh rintangan tersebut tidak membuat mereka menyerah, Hal ini lah yang patut untuk anda contoh.

3. Selalu Berusaha dan Tidak Mudah untuk Menyerah

Selalu Berusaha dan Tidak Mudah untuk MenyerahCara selanjutnya yang dapat membuat pola pikir positif adalah, dengan tidak mudah untuk menyerah.  Ketika mengalami sebuah permasalahan dalam bisnis, teruslah untuk berusaha memecahkan permasalahan tersebut. Apabila anda terbiasa untuk tidak menyerah, maka sifat terus berusaha menyelesaikan permasalahan akan tumbuh dengan sendirinya dalam diri anda.

Cara membangun mindset entrepreneur adalah dengan memperkuat alasan untuk membuat usaha tersebut. Apabila anda terus mengingat alasan memulai usaha tersebut, anda akan terus berusaha untuk terus melanjutkan bisnis. Tanyakan kepada diri anda, apakah rela untuk melepaskan mimpi tersebut dan menyerah begitu saja.

Salah satu tokoh entrepreneur yang dapat kamu contoh adalah seorang pendiri Alibaba, yaitu Jack Ma.  Kita semua pasti mengetahui cerita proses Jack Ma untuk mencapai kesuksesan, berbagai kegagalan telah dialami dan beberapa diantaranya dapat dikatakan sangat memalukan hingga dapat mematahkan semangat.

Meskipun begitu Jack Ma tidak pernah patah semangat, dan terus mempercayai dengan apa yang dia lakukan.  Semangat yang tinggi untuk tidak menyerah tersebut telah mengantarkan Jack Ma menuju kesuksesan menjadi salah satu tokoh entrepreneur sukses di dunia. Cerita ini tentu dapat diambil sisi positifnya.

4. Bertanggung Jawab Dengan Setiap Keputusan yang Diambil

Seorang entrepreneur harus mampu untuk mengambil pilihan, atau keputusan yang sesuai dengan visi dan misi bisnis, apalagi terhadap bisnis jangka panjang. Entrepreneur juga harus mampu, untuk bertanggung jawab dengan risiko dari pilihan keputusan yang dipilih. Mindset entrepreneur harus dibangun dengan membiasakan untuk mengambil keputusan yang dapat meningkatkan kualitas anda dan perusahaan.

Entrepreneur atau pengusaha, adalah salah satu profesi yang memiliki banyak risiko. Namun meski memiliki banyak risiko, hasil yang didapatkan pun tidak kalah tingginya. Ketika mengalami sebuah masalah, tentu entrepreneur akan dihadapkan dengan berbagai pilihan. Setiap pilihan tentu memiliki risikonya masing-masing.

Setiap keputusan tersebut pun, anda harus mengetahui risiko apa yang akan ditimbulkan. Sebagai seorang entrepreneur, pola pikir yang siap untuk bertanggung jawab atas seluruh keputusan harus dimiliki. Oleh karena itu, sebelum memilih sebuah keputusan, ada baiknya anda mengetahui akibatatau risiko dari setiap pilihan.

5. Bangkit dan Belajar dari Kegagalan

Memang, untuk mencapai keberhasilan tidaklah semudah itu. Beberapa entrepreneur bahkan harus merasakan pahitnya kegagalan. Tetapi seorang entrepreneur yang sukses memiliki sebuah pola pikir atau mindset pengusaha yang mampu mendorong diri sendiri untuk bangkit dari kegagalan.

Dalam mindset entrepreneur ketika menghadapi kegagalan, yang terpikirkan adalah bagaimana belajar dari kesalahan tersebut serta memperbaiki diri untuk tidak mengulanginya kembali. Sesungguhnya melalui sebuah kegagalan, kita akan mengetahui mana yang salah dan perlu diperbaiki. Melalui kegagalan pula seorang entrepreneur akan semakin mahir dalam mengelola usahanya, serta cerdas dalam mengambil keputusan.

Sama seperti kita belajar sepeda, ketika terjatuh kita akan berusha untuk lebih menyeimbangkan diri pada percobaan selanjutnya. Melalui kesalahan tersebut, kita akan mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menghentikan sepeda, mengarahkan sepeda, serta bagaimana cara menyeimbangkan diri.

Cara untuk membangun mindset pengusaha agar terus bangkit dari kegagalan, adalah dengan membiasakan diri untuk memperhatikan atau mereview penyebab kegagalan tersebut. Setelah menemukan penyebabnya entrepreneur dapat memikirkan seharusnya solusi apa yang diberikan. Dengan memperhatikan kesalahan serta kegagalan sebelumnya, memudahkan pengusaha untuk menyelesaikan masalah serupa yang ditemui kedepannya.

6. Fokus dalam Bidang Usahanya Sendiri

Fokus dalam Bidang Usahanya SendiriSaat ini banyak entrepreneur yang telah terkenal dan sukses, melihat para pengusaha tersebut membuat entrepreneur muda semakin ingin ikut mencapai kesuksesan. Menjadikan mereka sebagai motivasi memang hal yang bagus, namun jangan terus berpaku pada usaha orang lain. Cukup hanya mencontoh mindset entrepreneur cara pengelolaan usahanya yang bagus, dan diterapkan pada usaha sendiri.

Sebagai seorang pengusaha, yang perlu diperhatikan adalah untuk terus fokus pada usaha yang dimilikinya sendiri. Mark Zuckerberg dapat menjadi seorang pengusaha sukses karena ia fokus pada bisnis sosial media, Amancio Ortega pun sukses karena ia sukses dalam bisnis retail fashion.

Melihat tokoh-tokoh entrepreneur tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa mereka sukses karena fokus dalam satu bidang bisnis. Ada kalanya kelihatan seorang entrepreneur ingin mengganti bidang bisnis karena dianggap lebih menguntungkan. Namun pola pikir yang terus berganti ini, justru membuat anda semakin jauh dari kesuksesan.

Sebagai seorang pengusaha, berfikir yang positif merupakan salah satu faktor penunjang untuk kesuksesan. Hal ini karena pola berfikir yang positif akan mempengaruhi bagaimana seorang entrepreneur melihat sebuah peristiwa, serta sikap yang diambil terhadap sebuah masalah.

Cara untuk membangun mindset entrepreneur ini, tentu dengan membiasakan diri untuk terus berusaha dan bangkit untuk mencapai kesuksesan. Dari beberapa pola pikir tersebut, sudahkah anda memilikinya ?

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?