10 Penyebab Baterai HP Cepat Habis Dan Cara Mengatasinya

Pertanyaan yang sering Anda pertanyakan pada hp Anda yang mengalami cepatnya baterai habis secara tiba – tiba adalah apa saja penyebab baterai hp cepat habis. Permasalahan tersebut tentu ada penyebabnya yang mengakibatkan habisnya baterai, salah satunya karena hp tersebut telah digunakan selama berjam – jam tanpa henti dan dalam kondisi yang panas atau suhu hp tidak stabil sehingga menyebabkan efek kepada baterai di hp Anda. Hindari, dan lakukan pencegahannya menggunakan cara menghemat baterai hp.

Memang baterai yang habis tidak perlu repot – repot memikirkan penyebabnya, Anda hanya perlu powerbank atau melakukan charging hp atau menggunakan aplikasi penghemat baterai dan semua permasalahan selesai. Namun, akan sampai kapan hal tersebut akan dilakukan ? alangkah lebih baiknya dengan mengetahui apa saja yang menjadi penyebab baterai hp cepat habis. Artikel ini akan membantu Anda menemukan jawaban dari penyebab borosnya baterai hp yang cepat habis.

Beberapa Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

Baterai Anda cepat habis walaupun sedang baru saja penuh ketika di charge ? mungkin salah satu penyebabnya karena human error atau penyebab internal dari dalam hp itu sendiri. Dengan Anda terlebih dahulu mengetahui penyebabnya, maka Anda akan segera dapat mengatasi akibat borosnya baterai hp Anda. Hal – hal berikut ini adalah penyebab baterai hp cepat habis:

  1. Tingkat Kecerahan Layar Tinggi

Tingkat Kecerahan Layar TinggiSalah satu penyebab baterai cepat habis adalah ketika menggunakan tingkat kecerahan atau brightness dengan ukuran yang tinggi. Hal ini dapat memakan daya baterai yang banyak untuk dapat mensupportnya.

Gunakan kecerahan layar sebesar 30% ketika berada di dalam ruangan dan sesuaikan cahaya yang ada. Kesesuaian cahaya ini hanya pemilik yang mengetahuinya, atau Anda juga dapat menggunakan fungsi auto brightness yang dapat menaikan dan menurunkan cahaya secara otomatis.

  1. Wallpaper yang Terlalu Cerah

Wallpaper yang Terlalu CerahWallpaper hp begitu banyak tersedia di google maupun di aplikasi penyedia layanan download wallpaper secara gratis. Banyak variasi yang diberikan dengan kategori yang diberikan entah binatang, abstrak, sports, dan lain – lain.

Wallpaper juga ada yang memiliki tingkat kecerahannya masing – masing. Dengan Anda menggunakan wallpaper yang cerah atau menyala, maka Anda secara tidak langsung telah memberikan baterai lebih tersedot banyak karena wallpaper tersebut.

  1. Tidak Menggunakan Charger Asli

Tidak Menggunakan Charger AsliPenyebab baterai hp cepat habis padahal baterai baru selanjutnya yaitu tidak memakai charger ori. Hp biasanya ketika di beli pada awal pembelian selalu diberikan charger asli atau bawaan yang digunakan untuk memberikan daya kepada baterai hp. Tentu jika digunakan secara bijak, charger dan baterai akan menjadi stabil dan tidak cepat rusak.

Lalu bagaimana jika charger rusak dan menggantinya dengan charger palsu yang tidak sesuai dengan kriteria yang baterai butuhkan ? Hal ini dapat mempengaruhi daya tahan dari baterai tersebut dan mengakibatkan borosnya baterai. Solusinya yaitu dengan membeli charger baterai yang original dari HPnya.

  1. Sinyal Tidak Bagus

Sinyal Tidak BagusSalah satu penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan yaitu sinyal tidak bagus. Tidak perlu dijelaskan kembali bahwa hp tidak akan berguna jika tidak ada provider kartu di dalamnya yang menyokong paket data dalam mendukung aktivitas di dalamnya.

Lalu bagaimana jika di suatu daerah yang Anda tempati tidak menerima baik sinyal pada hp Anda ? dengan begitu sinyal di hp Anda akan secara otomatis selalu mencari jaringan dan menangkapnya. Dalam pencarian tersebut, baterai akan terkuras secara sendirinya dan menyebabkan borosnya baterai.

  1. Tidak Mengatur Suhu Hp

Tidak Mengatur Suhu HpSuhu hp sangat berperan penting dalam boros tidaknya baterai. Dengan suhu yang stabil maka baterai akan tetap stabil juga, namun jika suhu hp tidak stabil bahkan cenderung panas maka dapat mempengaruhi kinerja dari baterai dan menyebabkan baterai menjadi cepat habis.

Suhu panas hp dapat dihasilkan dari berbagai macam cara, salah satunya dengan selalu menggenggam hp di tangan atau menaruhnya di tempat yang tidak cukup ruang yang mengakibatkan hp menjadi panas. Anda bisa menggunakan cara mengatasi hp cepat panas pada link tersebut, supaya HP Anda terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

  1. Selalu Mengaktifkan Fungsi GPS

Selalu Mengaktifkan Fungsi GPSGPS adalah salah satu fungsi yang hp berikan untuk dapat melacak lokasi. Tidak dipungkiri dengan pelacakan tersebut maka kinerja hp akan semakin bertambah. Hal ini merupakan wajar jika memang dibutuhkan pada kondisi tertentu.

Lalu bagaimana akibatnya jika fungsi GPS tidak dinonaktifkan ketika sudah tidak lagi digunakan ? hal ini yang dapat menjadikan baterai cepat habis karena hp akan selalu mencari lokasi yang dilewati. Matikan GPS jika sudah tidak diperlukan.

  1. Selalu Mengaktifkan Fungsi Wifi dan Bluetooth

Selalu Mengaktifkan Fungsi Wifi dan BluetoothSelalu mengaktifkan fungsi wifi dan Bluetooth ini dapat menyebabkan baterai menjadi cepat habis. Hal ini karena wifi akan selalu mencari sinyal wifi terdekat dengan keberadaan hp, dengan pencarian ini akan membutuhkan daya baterai yang lebih untuk dapat mendukungnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Bluetooth. Jika Anda mengaktifkannya, maka Bluetooth akan selalu mencari koneksi Bluetooth lain yang menyala. Kedua hal ini adalah penyebab baterai cepat habis.

  1. Selalu Menggunakan Fungsi Getar atau Vibrate

Selalu Menggunakan Fungsi Getar atau VibrateTidak banyak yang mengetahui bahwa fungsi getar atau vibrate ini akan menyebabkan baterai menjadi cepat habis dan boros karena fungsi ini memakan daya yang cukup tinggi. Dengan setiap notifikasi yang masuk maka fungsi vibrate akan menyala dan menjadikan hp bergetar.

Getaran ini yang akan mengakibatkan borosnya baterai dan bukan tidak mungkin baterai akan menjadi rusak. Bukan hanya hp, bahkan komponen dalam hp juga akan terganggu. Gunakan hanya ketika penting

  1. Aplikasi Terus Berjalan di Background

Aplikasi Terus Berjalan di BackgroundMemiliki masalah baterai hp berkurang padahal tidak dipakai? Kenali bahwa aplikasi bisa saja berjalan tanpa diketahui. Hal ini masih banyak yang belum menyadarinya. Masih banyak para pengguna hp yang ketika sudah selesai menggunakan aplikasi hanya langsung menekan tombol home dengan meninggalkan proses di dalamnya.

Proses yang berjalan ini menjadi proses latar belakang, hal ini yang menyebabkan baterai cepat habis karena selalu mendukung proses di latar belakang tersebut padahal sedang tidak digunakan. Masalah utama yang sering terjadi kepada borosnya baterai adalah hal ini.

  1. Kondisi Baterai yang Sudah Tua

Kondisi Baterai yang Sudah TuaPenyebab terakhir terjadinya baterai cepat habis adalah karena kondisi dari umur baterai itu sendiri. Dengan lamanya umur baterai maka akan mempengaruhi kinerja dari baterai itu sendiri. Hal ini merupakan salah satu penyebab baterai cepat habis yang disebabkan oleh keadaan alami atau ilmiah dan tidak bisa kita cegah. Semakin tua umur baterai maka tingkat ketahanan dayanya juga akan semakin lemah. Anda juga bisa menggunakan aplikasi penghemat baterai supaya lebih tahan lama.

Penyebab baterai hp cepat habis versi Dosen Online di atas adalah hal – hal yang perlu Anda perhatikan ketika sedang menggunakan hp. Hp pintar ini akan menjadi pintar jika digunakan oleh orang yang pintar dan bijak juga dalam menggunakannya. Ketahui penyebab – penyebab permasalahan yang ada di hp dan lakukan pencegahan akan hal tersebut. Umur hp dan baterai ada di tangan pengguna yang menjaganya dengan baik dan benar.

Terakhir di Update 25 Desember 2018

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124

error: