Pilih SMA atau SMK? Berikut 4 Tips yang Perlu Anda Pertimbangkan

0 11

Menjelang tahun ajaran baru, tentu bagi kalian yang berseragam putih biru mulai mencari sekolah  jenjang selanjutnya yang terbaik dan cocok dengan kemampuanmu. Sebelumnya Dosen Online juga telah membahas tips memilih jurusan kuliah. Bagi sebagian siswa yang duduk di bangku kelas 9, sudah pasti dihadapkan dengan 2 pilihan SMk atau SMA. Memilih sekolah lanjutan memang bukan hal yang mudah, ada banyak hal yang perlu dipertimbahkan mulai dari kesukaan hingga kemampuan. Daripada bingung, yuk simak tips pilih sma atau smk berikut ini.

Tips Memilih Sekolah Menengah Keatas

1. Pelajaran yang diberikan pada SMK dan SMA

Pelajaran yang diberikan pada SMK dan SMAKetika memilih sekolah, tentu kamu harus mengetahui apa yang akan dipelajari di sekolah tersebut. SMA adalah Sekolah Menengah Atas, sedangkan SMK adalah kepanjangan dari Sekolah Menengah Kejuruan. Dari singkatan masing-masing, sudah terlihat perbedaan tujuan yang akan dicapai.

Kurikulum SMA dibuat untuk mempersiapkan siswa menuju perguruan tinggi, sehingga tentu mata pelajarannya jauh lebih kompleks. Lengkapnya pelajaran yang diberikan oleh SMA, membuat siswa menjadi kaya akan ilmu pengetahuan. Tentu dengan banyaknya pengetahuan yang diberikan, maka beban tugas pun cukup lebih banyak.

Sedangkan pada kurikulum SMK, pelajaran yang diberikan hanya terfokus pada satu bidang kejuruan saja. Tujuan utama dari sekolah kejuruan adalah, untuk menghasilkan siswa yang siap di dunia kerja. Kurikulum yang diberikan pun akan lebih banyak kepada praktik daripada teori. Beban tugas yang diberikan mungkin lebih ringan dalam masalah teori, hal ini karena siswa SMK memiliki beban lainnya yaitu tugas pada setiap jurusan.

Dari sisi kurikulum yang dimiliki oleh keduanya, dapat kamu bandingkan dan dijadikan referensi ketika pilih sma atau smk. Memilih sekolah tidak bisa sembarangan, hal ini karena beban serta kemampuan yang dimiliki kedua sekolah ini cukup berbeda. Bagi siswa yang lebih menyukai praktik, tentu akan terasa berat jika diharuskan mempelajari teori  begitu pula sebaliknya.

Oleh karena itu, pastikan untuk melihat apa minat serta kemampuan yang dimiliki masing-masing individu. Apabila kamu belum tahu minat atau bakat yang dimiliki, maka SMA adalah pilihan yang dirasa cukup aman. Namun jika kamu telah mengetahui apa kegemaran serta kemampuanmu, maka memilih SMK adalah pilihan terbaik.

2. Keterampilan yang akan di dapatkan

Keterampilan yang akan di dapatkanDalam masalah keterampilan, tentu keduanya memiliki ciri khas yang berbeda. Jika keterampilan yang dimaksud adalah keterampilan secara praktik dalam bekerja, sudah pasti siswa SMK akan lebih unggul. Namun jika keterampilan yang dimaksud adalah keterampilan intelektual, maka siswa SMA adalah jagonya.

Dalam hal pilih sma atau smk, maka pertimbangkan kemampuan yang kamu miliki. Dalam SMK, memang ditekankan untuk mengembangkan keterampilan praktik dengan cepat. Oleh karena itu beban tugas praktiknya pun menjadi lebih berat. Siswa akan dibimbing untuk memiliki mental yang kuat, serta kemampuan bekerja yang handal. Hal ini karena memang siswa SMK akan diarahkan, untuk terjun pada dunia kerja yang sesungguhnya.

Perlu anda ketahui, bahwa pada SMK terdapat sebuah kurikulum yang mengharuskan siswa untuk melakukan praktik industri. Praktik Industri ini berarti, siswa akan dikirim ke beberapa tempat industri, untuk melakukan praktik secara nyata. Dengan begitu siswa dapat belajar, serta mengembangkan kemampuannya langsung di dunia kerja.

Sedangkan pada siswa SMA, keterampilan yang dimiliki adalah keterampilan dalam hal intelektual. Sudah pasti anak SMA lebih unggul dalam hal pengetahuan. Di dalam SMA sendiri, umumnya terdapat pengelompokkan sesuai dengan kemampuan intelektual mereka. Mulai kelas 2 mereka akan dipindah menjadi kelas IPA , IPS, hingga Bahasa.

Pengetahuan yang dimiliki oleh setiap kelas tentu berbeda, jika kelas IPA sudah pasti lebih menekankan kepada pengetahuan sains. Pada kelas IPS siswa akan diperkaya pengetahuannya, mengenai sosial seperti sejarah hingga ekonomi. Sedangkan pada kelas Bahasa, siswa akan mendapatkan pengetahuan mengenai sastra.

3. Tujuan yang Ingin Dicapai

Tujuan yang Ingin DicapaiMemang kamu saat ini belum terpikir apa yang akan dilakukan ketika lulus SMA atau SMK, namun tidak ada salahnya juga merancang masa depan mulai sekarang. Dalam hal pilih sma atau smk, sama saja dengan menentukan masa depan kamu. Hal ini karena apa yang kamu pelajari di SMK atau SMA, sangat berpengaruh kepada kemampuan selanjutnya.

Jika kamu ingin melanjutkan ke pendidikan perguruan tinggi, maka sebaiknya memiliki jenjang SMA. Pada dasarnya siswa SMA sangat mudah untuk masuk melanjutkan ke dalam perguruan tinggi, hal ini karena mata pelajaran yang diberikan selama 3 tahun adalah materi yang memang dipersiapkan untuk perguruan tinggi.

Selain itu, SMA juga memiliki kuota lebih banyak dalam seleksi yang dilakukan oleh beberapa universitas di Indonesia. Maka tak heran jika banyak siswa SMA yang memasuki perguruan tinggi, dibandingkan dengan SMK. Bukan berarti siswa SMK tidak memiliki peluang untuk lanjut ke perguruan tinggi.

Tentu saja siswa SMK tetap dapat melanjutkan pendidikan, jika mereka ingin memperdalam pengetahuan jurusan mereka. Namun sebelum pilih sma atau smk , sebaiknya kamu mengetahui bahwa kebanyakan siswa SMK lebih memilih bekerja. Artinya jika kamu memang ingin cepat bekerja maka SMK adalah pilihan terbaik, namun jika memilih SMK dan tetap ingin melanjutkan ke perguruan tinggi maka sebaiknya memilih jurusan yang sama.

4. Biaya Sekolah dan Pekerjaan

Biaya Sekolah dan PekerjaanDalam mencari pekerjaan, umumnya memang pelaku usaha lebih membutuhkan lulusan SMK daripada SMA. Hal ini karena siswa SMK telah dibekali dengan keterampilan, atau keahlian yang siap untuk bekerja. Siswa SMK pun memiliki pengalaman magang, sehingga menjadi nilai plus bagi mereka.

Meskipun begitu, adapula perusahaan yang mengutamakan anak SMA. Pengetahuan yang dimiliki oleh siswa SMA pun, dapat menjadi unggulan ketika mencari pekerjaan. Tentu saja ketika kamu mencari pekerjaan, hubungkan dengan kemampuan serta keterampilan yang dimiliki. Potensi diterima tentu cukup rendah, apabila kamu melamah di perusahaan desain sedangkan kamu tidak mengerti apapun tentang program tersebut.

Kesimpulan

Setiap pilih sma atau smk pasti memiliki peluangnya masing-masing, sehingga kemudahan dalam mencari pekerjaan ini pun tergantung dengan keahlian serta usaha kamu. Maka dari itu kamu harus tetap berpikir positif.

Akan lebih baik jika kamu mengetahui pekerjaan apa yang menjadi idamanmu, lalu dibuat rancangannya mulai dari sekarang. Dengan begitu ketika kamu menimba ilmu di SMK atau SMA, kamu dapat lebih mudah untuk melanjutkan pilihan selanjutnya.

Selain masalah kemampuan yang didapat, kamu juga perlu memperhatikan biaya pengeluarannya. Secara umum biaya di SMK lebih mahal daripada SMA, hal ini karena siswa SMK akan mengeluarkan banyak dana untuk praktikum dan uji kompetensinya.

Namun siswa SMK yang kreatif tentu akan menggunakan kreatifitas mereka untuk menghasilkan uang sendiri, melalui prestasi atau kemampuan yang dimiliki.

Memasuki tahap kelas 9, sudah pasti siswa kelas 3  SMP mulai memikirkan masa depan mereka. Kedua pilihan tersebut tentu memiliki kelebihan serta kekurangannya masing – masing. Hal terpenting adalah, bagaimana menentukan masa depan dalam jangka panjang yang kamu ingingkan.

Apapun sekolah yang kamu pilih, tetaplah mengukir prestasi dan mengembangkan kemampuanmu !

Semoga artikel tips memilih SMA atau SMK dari Dosen Online ini bermanfaat 🙂

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: