Butuh Dana? Berikut ini 6 Pinjaman Modal Usaha Tanpa Riba

Butuh Dana? Berikut ini 6 Pinjaman Modal Usaha Tanpa Riba

0 67

Untuk memulai sebuah usaha tentu membutuhkan modal usaha yang cukup besar. Tak heran jika banyak orang yang memilih untuk bekerja guna mengumpulkan modal usaha. Tapi, jika masih tidak cukup pinjaman bisa menjadi alternatif untuk memperoleh modal usaha. Saat ini dunia finance soal peminjaman juga mulai beragam. Bagi anda yang berencana untuk mendapatkan modal usaha melalui pinjaman, yuk simak pinjaman modal usaha tanpa riba pada ulasan berikut.

Cara Mendapatkan Pinjaman Untuk Modal Usaha Tanpa Riba

1. Melalui Pegadaian Syariah

Pegadaian Syariah merupakan salah satu lembaga yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan pinjaman tanpa adanya riba. Anda bisa meminjam sejumlah dana namun dengan mengunakan barang sebagai jaminan. Sehingga anda perlu untuk memiliki barang atau aset berharga untuk mengajukan pinjaman modal usaha. Sistem jaminan ini hampir sama dengan pegadaian konvensional yakni sama  sama mengunakan agunan.

Yang membedakan pegadaian syariah dengan konvensional adalah, pegadaian syariah tidak mengambil keuntungan seperti adanya bunga ataupun bagi hasil. Pegadaian syariah hanya menambahkan upah untuk jasa pemeliharaan barang agunan yang anda berikan. Besarnya upah juga ditentukan berdasarkan biaya pemeliharaan dari barang yang anda jadikan agunan. . Biaya pemeliharaan ini tentunya sangat berguna untuk kepentingan anda sendiri

Biasanya biaya pemeliharaan meliputi asuransi, biaya pengantian kehilangan, tempat penyimpanan, penitipan barang dan biaya penjagaan. Barang atau aset yang anda jadikan jaminan terjaga keamanannya. Jangka waktu untuk pinjaman jua tergolong panjang sehingga anda bisa segera  membuka usaha dan menabung untuk melunasi pinjaman. Pegadaian syariah merupakan cara mudah untuk dapatkan pinjaman modal usaha tanpa riba.

2. Kartu Kredit Syariah

Selain pinjaman syariah, anda juga bisa memanfaatkan kartu kredit berbasis syariah. Memang kehadirannya tidak cukup populer, padahal sudah ada sejak tahun 2006 lalu. Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia memang mengeluarkan fatwa jika nama kartu kredit ini dikenal dengan istilah syariah card. Sistemnya memang hampir sama dengan kartu kredit konvensional seperti adanya biaya tahunan, biaya adminitrasi dan biaya keterlambatan.

Kartu kredit syariah, menerapkan sistem akad ijarah atau biaya iuran keanggotaan yang digunakan sebagai imbalan dn harus dibayarkan setiap bulan. Kartu kredit syariah juga mengunakan akad qardh dan akad kafalah. Akad qard dikenakan pada aktifitas penarikan Tunai dari ATM. Sementara akad kafalah dikenakan untuk transaksi mengunakan merchan. Tentunya ini bisa menjadi salah satu cara anda mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa riba.

3. Meminjam Dari Kerabat

Pinjam Modal ke KerabatUntuk menghindari riba, anda juga bisa mengajukan pinjaman modal usaha melalui, keluarga atau kerabat dekat anda. Meskipun beberapa orang mungkin merasa tidak enak atau malu, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Apalagi kebutuhan anda ini menyangkut modal usaha yang nantinya juga bisa dikembangkan. Namun, pastikan usaha yang akan anda rintis merupakan usaha yang pasti dan memiliki peluang yang besar.

Anda bisa meminjam dengan mengunakan jaminan atau tanpa jaminan dengan akad pinjam meminjam yang jelas. Keuntungan jika anda meminjam dana dari keluarga atau sahabat, ketika sedang ada kendala anda bisa membicarakan baik baik tentang kendala tersebut. Jangka waktu peminjaman juga bisa panjang tergantung kesepakatan yang telah anda buat. Ketika terlambat atau tidak bisa membayar juga tidak akan ada denda.

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti putusnya persaudaraan misal, ada baiknya bagi anda untuk selalu transparan pada dana yang diberikan. Tidak ada hal yang ditutup tutupi sehingga pemberi pinjaman bisa percaya kepada anda. Anda juga harus ada itikad baik untuk segera membayar pinjaman yang telah diberikan dalam waktu secepatnya. Maka dari itu kamu juga harus pintar cara mengatur waktu untuk bekerja agar profit yang dihasilkan bisa maksimal.

4. Pinjaman Syariah Online

Pinjaman Syariah Online

Pinjaman modal usaha tanpa riba juga bisa didapatkan melalui pinjaman online yang kini ada yang berbasis syariah. Jenis pinjaman ini ditawarkan oleh lembaga keuangan non bank maupun bank.

Bunga yang biasanya dikenakan digantikan dengan sistem murabahah dan juga ijarah. Sistem murabahah merupakan akad jual beli. Sementara untuk sistem ijarah gunakan akad sewa. Hal ini membuat keuntungan pihak pemberi dana berupa biaya sewa, jasa atau barang.

Namun, ketika anda ingin mengajukan pinjaman untuk syariah online, pastikan sudah terdaftar di OJK. Hal ini akan membuat keamanan dan kenyamanan anda terjamin. Sudah banyak pemberi dana yang terdaftar di OJK dan bisa anda jadikan salah satu alternatif. Tentunya juga mengenakan sistem syariah yang terjamin kehalalannya. Meskipun demikian anda juga harus melihat syarat dan ketentuan untuk peminjaman dana.

5. Kredit Tanpa Agunan atau KTA Syariah

Saat ini banyak bank bank yang menyediakan produk peminjaman modal usaha tanpa agunan dengan berbasis syariah. KTA syariah tidak membebankan bunga seperti halnya KTA Konvensional karena mengunakan sistem kemitraan yang juga sesuai dengan syariah Islam. Namun, peminjaman dana ini harus digunakan untuk kepentingan kepentingan yang halal. Anda tentu saja harus menyertakan pernyataan penggunaan dana secara transparan.

Besaran platform pinjaman modal usaha tanpa riba satu ini juga cukup tinggi, yakni hingga di atas Rp. 100 juta. Keuntungan yang anda dapatkan ketika mengajukan KTA Syariah adalah mendapat jaminan halal oleh Bank Syariah. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi akan kehalalan dana yang anda peroleh. Fasilitas yang anda dapatkan juga sama dengan bank konvensional pada umumnya. Seperti penggunaan internet banking dan lainnya.

Selain itu anda juga bisa beribadah dengan sistem zakat yang diterapkan oleh bank Syariah. Keuntungan yang diperoleh oleh bank 2,5% akan disalurkan untuk zakat. Jangka waktu peminjaman juga bervariasi mulai dari 1 tahun hingga 4 tahun. Meskipun tanpa jaminan anda nantinya tetap harus mematuhi syarat dan prosedur yang diajukan oleh pihak bank. Saat ini sudah banyak yang menawarkan produk pinjaman syariah jenis ini.

6. Meminjam Kantor Tempat Bekerja

Tidak jarang sebuah perusahaan memberikan fasilitas pinjaman untuk para pegawainya. Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk mengajukan pinjaman modal usaha. Hanya saja kekurangannya anda harus tetap bekerja di perusahaan sambil merintis usaha anda. Sehingga dibutuhkan keprofesionalan untuk membagi konsentrasi pekerjaan utama dengan usaha yang sedang anda rintis. Ada baiknya anda menyerahkan kepada istri atau kerabat dekat.

Keuntungan yang bisa anda dapatkan jika memanfaatkannya, anda bisa melakukan pembayaran dengan potong gaji. Selain itu juga tidak ada bunga atau riba yang dikenakan untuk pinjaman anda. Sebelumnya pastikan anda mengkomunikasikan kepada atasan anda, tak jarang beberapa atasan mendukung usaha yang anda rintis. Sehingga anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa riba yang dikenakan dan memberatkan.

Kesimpulan

Meminjam modal usaha memang sah sah saja dilakukan, apalagi dana yang dibutuhkan tidak sedikit. Namun, sebelum anda meminjam uang pastikan untuk melakukan usaha sendiri seperti menabung setiap bulannya. Alangkah lebih mudah apabila anda mengetahui cara memulai usaha dengan modal anda sendiri. Setiap bulan tidak perlu memikirkan cicilan atau jumlah angsuran untuk melunasi pinjaman.

Semoga bermanfaat 🙂

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: