Strategi Marketing Mix 4p – 7p dan Contohnya

5/5 - (11 votes)

Marketing mix merupakan salah satu dari strategi pemasaran yang berusaha menggabungkan beberapa variabel marketing untuk menjalankan bisnis. Baca pengertian marketing mix lebih lengkapnya pada artikel sebelumnya. Strategi bauran pemasaran ini harus berjalan seiringan atau saling topang dan tidak bisa berjalan sendiri agar lebih padu. Jika variabel-variabel yang dibutuhkan dalam marketing mix bisa dibangun secara bersamaan, maka akan mengembangkan hingga memenangi persaingan pasar bisnis yang terjadi.

Marketing mix atau bauran pemasaran menjadi istilah yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis. Mereka menerapkan strategi pemasaran ini agar bisa menghasilkan manfaat bagi bisnis dengan tingkat kontinuitas pelaksanaan yang bagus. Jadi, akan ada terus evaluasi yang nantinya akan menjadi peningkatan terhadap kualitas dari bisnis tersebut. Setelah membahas strategi, kamu bisa merencanakan untuk membuat brand untuk bisnis yang akan kamu jalankan.

Marketing mix tergolong ke dalam strategi pemasaran untuk dilakukan oleh perusahaan sebagai pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan beli tidaknya produk yang Anda tawarkan. Adapun marketing mix 9p yang akan kami update pada beberapa hari kedepan.

Penjelasan Strategi Marketing Mix 4p – 7p

Penjelasan Strategi Marketing Mix 4p - 7pUntuk menjalankan bisnis dengan baik, terdapat teknik pemasaran yang harus dipelajari agar bisa memberikan penawaran sesuai kepada calon konsumen sehingga mereka ingin membelinya. Penawaran inilah yang biasa disebut dengan strategi bauran pemasaran. Agar bisa lebih mudah dalam memahaminya, adapun marketing mix 4p yang sudah ada terlebih dahulu dan terus berkembang sehingga pada saat ini telah digunakan strategi 7p. Di bawah ini akan dibahas lengkap mengenai strategi marketing mix 7p:

Product

ProdukProduk menjadi wujud dari barang atau jasa yang dikelola sedemikian rupa oleh perusahaan produsen untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat luas dalam bidang-bidang tertentu. Barang atau jasa yang ditawarkan tersebut tidak hanya sekedar produknya saja, melainkan kualitas dari pelayanannya juga. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat produk antara lain: desain produk, kualitas produk, kemasan dan label produk, merek produk, layanan yang diberikan, garansi, dan lain-lain.

Unsur yang harus dilakukan seperti perencanaan jasa yang sesuai, pengembangan terhadap program jasa yang baru atau yang lama agar lebih baik, serta pengambilan tindakan terhadap produk agar lebih mudah dikenal konsumen. Produk yang dihasilkan harus mempunyai kualitas serta keunikan agar bisa meningkatkan daya saing produk di pasaran. Konsumen akan lebih tertarik apabila terdapat produk yang bisa bermanfaat bagi mereka dengan kualitas dan harga terjangkau.

Contoh strategi pemasaran pada produk:

Produk harus benar-benar diperhatikan kualitasnya. Jika Anda sebagai produsen smartphone, tentu berikan pelayanan yang terbaik juga untuk para konsumen seperti membuat service center mudah dijangkau. Ambil contoh produk Samsung yang menciptakan produk terbaik dan terbukti mereka merajai pasar ponsel dunia.

Price

PriceHarga juga menjadi salah satu teknik pemasaran dengan menekankan permainan harga. Permainan harga ini bisa membuat calon konsumen mendapatkan persepsi bahwa harga tersebut setara dengan manfaat yang didapatkan. Perusahaan akan menetapkan harga dengan penuh pertimbangan karena akan mempengaruhi pendapatan total dan biaya yang dikeluarkan. Harga menjadi faktor utama penentu posisi yang harus diputuskan sesuai dengan sasaran dari pasar, produk, serta pelayanan.

Dengan sistem manajemen harga yang dinilai tepat dengan kondisi pasar, maka bisa mengatur strategi tentang harga. Hal tersebut bisa meliputi potongan harga atau diskon, biaya ongkos kirim, ongkos produksi, atau sangkutan lainnya yang berkaitan dengan harga. Jadi, Anda perlu fokus terhadap bagaimana cara bisa membuat calon konsumen merasa ketika mereka mengeluarkan uang untuk membeli produk tawaran kita akan sesuai dengan apa yang didapatkan. Hal ini akan membuat kedua belah pihak merasakan manfaatnya masing-masing dan tidak ada istilah “ada yang dirugikan”.

Contoh strategi marketing mix untuk price yaitu :

Besarnya harga di tempat satu dengan tempat yang lainnya biasanya berbeda. Hal ini bisa disebabkan karena pengaruh dari proses pendistribusian produk, ada biaya tambahan lain, transportasi, kurir, dan pengaruh lainnya. Contohnya ketika membeli handphone di India dan di Indonesia memiliki harga yang berbeda walaupun produknya sama.

Place

PlaceStrategi marketing mix yang ke 3 yaitu place. Jangkauan dari lokasi usaha menjadi sesuatu yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Perlu adanya konsep matang untuk menentukan tempat mana saja supaya strategis dan memiliki peluang akses publik yang meluas. Penempatan lokasi ini bisa berarti secara online maupun secara offline agar mudah dijangkau oleh calon konsumen. Pilihan tempat ini juga menentukan berhasil atau tidaknya strategi marketing yang Anda jalankan karena hal ini menjadi salah satu hal krusial dalam marketing.

Place atau tempat bisa disebut juga dengan distribusi bisnis. Dimana hal ini menjadi tempat meletakkan bisnis yang strategis dalam mengembangkan bisnis dan bisa berkaitan juga dengan penentuan dari harga barang. Semakin jauh tempatnya, maka akan semakin mahal juga marangnya. Jadi, Anda harus bisa mengefisiensikan segala sesuatu untuk mencakup pasar yang akan dimasuki. Anda juga bisa memikirkan pilihan sistem distribusi jika diperlukan seperti pengiriman yang terbaik.

Contoh strategi pemasaran place:

Tempat akan mempengaruhi produk di mata konsumen. Misal Anda menjual sandal jepit di pinggir jalan atau di sebuah pameran tentu akan laku, berbeda dengan ketika Anda menjual jam tangan merk Rolex di pinggir jalan. Tentu hal tersebut bisa mempengaruhi calon konsumen yang bertanya-tanya mengenai keaslian dari produk tersebut.

Promotion

PromotionPromosi menjadi aktivitas yang pengaplikasiannya menggunakan teknik dengan pengendalian produsen. Mereka bisa mengkomunikasikan informasi secara persuasif dengan kemasan yang menarik mengenai tawaran produk oleh produsen baik secara langsung maupun tidak. Dengan melakukan kegiatan promosi, biasanya akan ada penawaran khusus kepada calon konsumen agar mereka merasa bahwa mereka harus segera membeli produk yang ditawarkan karena akan menguntungkan.

Untuk promosi, terdapat tiga elemen yang bisa perusahaan optimalkan. Ketiga elemen tersebut yaitu salesperson, public relation, dan periklanan. Kamu juga bisa melihat tutorial cara promosi bisnis online yang bisa kamu pelajari pada artikel sebelumnya. Berikut penjelasannya:

  1. Salesperson merupakan orang-orang yang akan melakukan penawaran terhadap produk dari perusahaan kepada target pasar.
  2. Public relation merupakan orang-orang yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga nama baik perusahaan dan menjalankan fungsi branding bagi perusahaan. Hal ini berguna agar brand dari perusahaan menjadi lebih dikenal masyarakat luas dengan hal yang positif.
  3. Periklanan menjadi salah satu metode promosi yang dipublikasikan melalui saluran media. Di sini, Anda bisa menentukan ingin menggunakan saluran media yang seperti apa agar tepat sasaran dan sesuai dengan target pasar.

Contoh strategi marketing mix 7p untuk promotion yaitu :

Mengadakan diskon atau potongan harga kepada para konsumen agar mereka tertarik untuk membeli produk kita. Seperti, beli 1 gratis 1 hingga masa berlaku tertentu.

People

People7p dalam marketing mix berikutnya yaitu people atau strategi yang menyangkut semua orang dalam kegiatan bauran pemasaran. People menjadi objek utama dalam bisnis karena mereka akan memainkan peranannya masing-masing di dalam penyajian pelayanan. Orang-orang ini nantinya yang akan berinteraksi terhadap pelanggan. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan rekrutmen dan pelatihan, seragam, cara berkomunikasi yang baik dengan pelanggan, dan cara menghadapi komplain.

Dengan memperhatikan sumber daya manusia yang ada pada perusahaan. Maka akan menjadikan perusahaan tersebut menjadi kuat dalam hal kerjasama dan mendapatkan citra yang baik di mata masyarakat. Selain itu juga dengan memberikan kerjasama yang baik antar karyawan, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon karyawan yang akan mendaftar lainnya.

Contoh untuk people:

Anda bisa memasukkan karyawan yang penyabar dan memiliki komunikasi baik di posisi customer service, karena mereka akan bersenggolan langsung terhadap komplain dari konsumen.

Process

Strategi bauran pemasaran yang ke 6 yaitu process. Proses menjadi tindakan yang perlu diambil dengan kurun waktu tertentu untuk mencapai suatu tujuan seperti sesuai rencana awal. Proses ini juga bisa mengenai prosedur, mekanisme atau aliran aktivitas di dalam bisnis. Hal ini berlaku pada penyampaian produk ke pasar atau pada proses bisnis yang lainnya. Jadi, ketika Anda memiliki proses baik maka akan membantu konsumen dan ketika Anda menerapkan proses yang buruk maka akan ditinggalkan oleh konsumen.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dari proses meliputi standarisasi proses, monitor dari peforma pelayanan yang diberikan kepada konsumen, analisa dan pengelolaan sumber daya, dan melakukan proses yang sesuai dengan standar terbaik kepada konsumen. Serta satu elemen lain yang tak kalah pentingnya yaitu pembuatan SOP bagi sistem kerja di perusahaan. Dengan pembuatan SOP ini, maka akan ada tata cara yang perlu pegawai lakukan untuk mencapai tujuan bersama dengan baik dan benar

Contoh strategi bauran pemasaran untuk process yaitu :

Proses ini akan menjadi tumpuan utama bagi pengusaha yang berangkat dari bidang jasa. Misal pemberian proses pembayaran yang instan tentu akan memudahkan masyarakat untuk bisa membeli produk kita dan akan meningkatkan penjualan. Selanjutnya bisa digunakan pembayaran secara online dan tidak perlu bertatap muka secara langsung untuk mempermudah proses pembayaran, dan proses-proses yang lainnya.

Physical Evidence

Physical EvidenceStrategi bauran pemasaran terakhir ini yaitu physical evidence. Physical Evidence ikut serta dalam mempengaruhi keputusan konsumen yang akan membeli dan menggunakan produk kita dalam menjalankan aktivitasnya. Terdapat unsur yang perlu diketahui seperti kondisi geografis, demografis, bangunan fisik, peralatan sosial, dan lain sebagainya. Lingkungan layanan yang diberikan perlu memperhatikan fasilitas, layout ruangan, papan nama, desain interior, dan kondisi lingkungan tentang suhu dan tingkat kebisingan serta elemen-elemen lainnya.

Jadi, dengan memaksimalkan hal yang satu ini maka bisa mengacu kepada kantor Anda seperti ruang tunggu, brosur, koresponden, elemen visual layaknya logo, dan lain-lain yang akan mempengaruhi tingkat kepercayaan dan keyakinan kepada konsumen bahwa mereka akan diberikan pelayanan terbaik di kantor tersebut. Bukan tidak mungkin, hal ini juga akan berpengaruh terhadap tingkat penjualan produk dari perusahaan Anda.

Contoh strategi marketing mix untuk Physical Evidence yaitu:

Masyarakat di daerah dataran rendah atau daerah pertanian akan lebih membutuhkan barang pertanian. Perhatikan juga desain interior dari perusahaan Anda yang meliputi perlengkapan bangunan, tata ruang, dan pencahayaan karena hal ini akan menjadi perhatian penting yang bisa mempengaruhi pengunjung.

Demikian ulasan strategi marketing mix 7p dan contohnya dari Dosen Online. Dengan menggabungkan 7p seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka perusahaan akan memperoleh tanggapan sesuai dengan keinginan mereka ke dalam pasar. Dan bisa mempengaruhi permintaan terhadap produk (barang atau jasa) yang akan dijual nantinya. Selain itu, Anda juga wajib memperhatikan produk dari segi kualitas, rancangan, bentuk, dan lain-lain.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *