7 Contoh Strategi Pemasaran Online Shop Untuk Pebisnis

0 80
5/5 (4)

Dalam berbisnis butuh sebuah strategi untuk menjalankannya. Bukan tanpa alasan tetapi memang strategi ini dibutuhkan agar bisa menjadi sebuah jalan sukses. Termasuk ketika anda melakukan promosi online pasti ada strategi yang harus diterapkan, terutama bisnis dropship. Strategi pemasaran online ini mencakup waktu yang tepat, cara yang efektif hingga bagaimana cara melakukannya. Tanpa strategi dan tanpa pemasaran tentu bisnis tidak bisa berjalan lancar. Mengingat setiap pebisnis akan mengambil seribu langkah yang memungkinkannya menjadi yang terdepan.

Strategi untuk pemasaran dalam berbisnis haruslah dilakukan dengan baik dan cermat. Apalagi memasarkan sebuah produk tentu diperlukan cara yang kreatif dan baik. Jika barang atau produk tradisional anda menggunakan cara yang konvensional tentu bisa sulit dalam memasarkannya. Konsumen tidak akan tertarik dan tentu membuat bisnis kita macet. Maka dari itu mengenal dan memahami strategi pemasaran produk adalah hal penting yang harus diketahui oleh seorang penjual ataupun manajer pemasaran.

Strategi pemasaran toko online bisa juga diartikan sebagai cara atau metode untuk bisa meningkatkan jumlah pembeli. Strategi marketing setiap bisnis ini bisa berbeda antara satu dengan yang lainnya. ada yang suka dengan cara berjualan online. Ada juga yang suka hanya berjualan secara langsung. Memang semua ini bukanlah masalah kalau akhirnya bisa tercapai. Tetapi harus tahu bagaimana strategi yang tepat dan efektif.

Contoh Strategi Pemasaran Online yang Efektif

Contoh Strategi Pemasaran Online yang Efektif1. Content Marketing

Jenis strategi pemasaran Content Marketing adalah pemasaran yang mengandalkan website untuk menampilkan konten. Baik dalam bentuk foto, video ataupun tulisan dan bentuk lainnya. tujuannya adalah agar calon konsumen ini bisa mengenal lebih jauh bagaimana produk atau jasa yang kita miliki. Salah satu kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh konsumen ialah mencari tahu produk yang akan dibeli terlebih dahulu. Maka dari itu, strategi pemasaran toko online dengan model ini memang cocok untuk diterapkan.

Alasannya adalah calon konsumen memang cenderung untuk mencari informasi tentang suatu produk langsung dari sebuah website yang bersangkutan. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih leluasa dalam membentuk perspektif konsumen sesuai dengan yang kita inginkan. Content marketing bisa anda pilih yang sesuai dengan keinginan anda. Sebaiknya dalam content marketing memang tidak terang-terangan melakukan iklan karena konsumen juga cenderung menghindari hal tersebut. Lalu bagaimana caranya?

Anda bisa membuat konten semi advertorial. Contoh strategi pemasaran online ini tergolong lebih efektif jika diterapkan untuk konten jenis tulisan. Misalnya saja ketika anda menjual produk tentang kecantikan maka anda juga bisa membuat sebuah tips agar bisa tampil cantik ataupun tips menggunakan eyeshadow. Buatlah macam-macam tampilan eyeshadow dengan sumber yang terpercaya. Misalnya seperti mix and match warna eyeshadow untuk pesta atau untuk acara kantor.

Cara ini akan membuat orang lain lebih peduli dan suka dengan informasi di dalamnya. Content marketing ini erat kaitannya dengan website marketing yang mana mengharuskan kita untuk memperhatikan SEO atau Search Engine Optimization. Juga harus memperhatikan SEM atau Search Engine Marketing yang tujuannya adalah untuk membuat website kamu mampu menempati posisi teratas dari halaman pencarian. Hal ini akan memudahkan pengunjung untuk mengklik alamat website anda.

Perbedaan dari keduanya adalah metode yang digunakan. SEO memerlukan sebuah optimasi keyword sehingga membutuhkan waktu lama agar website bisa berada di yang paling atas. Kamu juga bisa menggunakan adsense atau safelink blogger untuk monetisasinya. Sementara kalau SEM sendiri cocok untuk mereka yang ingin cara instan. Tetapi membutuhkan biaya yang lebih besar.

2. Mobile Marketing

Berikutnya, contoh strategi pemasaran mobile marketing ini adalah salah satu jenis strategi pemasaran toko online yang bisa memanfaatkan perangkat mobile misalnya saja seperti smartphone atau tablet. Kalau dulu model ini seringkali digunakan melalui SMS tetapi sekarang tentu bisa berubah dan sangat berkembang. Pemberian online yang dilakukan melalui perangkat mobile ternyata memang sudah lebih dari 60% dari total transaksi. Seorang pebisnis harus memberi perhatian khusus di sektor ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan misalnya saja dengan mendesain ulang tampilan website sehingga menjadi lebih user friendly ketika website tersebut diakses dari perangkat mobile kita. Cara ini akan membuat konsumen lebih nyaman dalam berselancar di dunia maya.

Bisa juga dengan cara lain yaitu mengembangkan mobile app untuk smartphone kita. Cara ini juga tergolong cukup efektif diterapkan jika anda sudah memiliki banyak produk dan basis konsumen yang kuat. Mobile marketing mungkin terdengar jadul tetapi jika cara yang anda pilih tepat dan tergolong baru tentu bisa lebih menguntungkan.

3. Social Media Marketing

Strategi pemasaran produk online selanjutnya dengan social media marketing. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh We Are Social dimana sebuah perusahaan media asal Inggris ini bekerja sama dengan Hootsuite. Mereka menemukan ada sekitar 130 juta masyarakat Indonesia yang aktif dalam menggunakan media sosial. Rata-rata durasi penggunaan mencapai 3 jam 23 menit di setiap harinya. Hal ini membuat banyak orang berpikir bahwa media sosial memang terbukti efektif untuk digunakan sebagai tempat pemasaran produk kita di internet seperti facebook misalnya.

Para pengguna aktif di facebook dan mereka juga tidak berjumlah sedikit. Tidak heran jika facebook menjadi ladang subur untuk memasarkan produk mereka. Selain facebook, media sosial lainnya seperti instagram dan twitter juga tidak kalah populer. Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Menggunakan strategi yang tepat tentu akan berguna untuk melipat gandakan keuntungan. Setelah proses marketing ini berjalan dengan baik, anda perlu mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Misalnya saja dengan memanfaatkan layanan payment gateway untuk website.

4. Endorse

Kata endorse akhir-akhir ini memang ramai diperbincangkan. Banyak yang menggunakan jasa endorse / influencer instagram untuk memasarkan produknya. Menjadi salah satu strategi pemasaran produk secara online yang kekinian, terutama di Instagram. Ada banyak selebgram yang sekarang ini menerima jasa endorse. Caranya adalah mencari selebgram yang sesuai dengan kriteria produk anda. Katakanlah jika produk yang ingin anda pasarkan adalah baju-baju anak maka selebgram yang bisa anda pilih adalah sosok ibu muda dan cantik yang memiliki anak menggemaskan. Tentu dengan pengikut yang banyak.

Mereka akan memasarkan produk yang anda kirim. Memberikan testimoni dan secara tidak sadar akan mengajak konsumen untuk membelinya karena sudah terbukti digunakan langsung oleh sosok selebgram. Menggunakan strategi pemasaran online seperti endorse juga akan membantu pengembangan bisnis anda lebih baik. Kenali potensi instagram menjadi ladang subur untuk memasarkan produk atau jasa dalam bisnis anda.

5. Menggunakan Buzzword

Buzzword adalah sebuah isu ataupun topik yang sedang trending atau happening. Terutama di tengah masyarakat memang masih begitu hangat untuk dibicarakan. Dalam hal strategi pemasaran online, buzzword ini ternyata bisa memberi efek yang positif ataupun negatif untuk bisnis kita. Menggunakan buzzword harus bisa dengan lebih bijaksana.

6. Menggunakan Konten Visual

Menggunakan Konten VisualTak bisa dipungkiri bahwa ternyata banyak orang yang lebih menyukai konten visual. Konsumen tidak memiliki cukup waktu untuk membaca sebuah tulisan yang panjang. Mereka juga lebih menyukai konten dengan gambar yang lebih banyak. Bahkan ada juga sosial media yang lebih banyak menampilkan gambar dan sudah jarang juga untuk ditemui blog dengan artikel tanpa adanya gambar. Ada sebuah fakta juga yang menyebut bahwa otak manusia 60 ribu kali lebih cepat dalam memproses tampilan visual.

Maka dari itu untuk memaksimalkan strategi pemasaran online, anda bisa menggunakan konten visual yang mana hal ini agar lebih menguntungkan. Ubah strategi pemasaran toko online anda dengan sajian konten visual. Beberapa orang juga mengatakan bahwa setiap 300 kata tulisan memang harus disertai dengan satu gambar. Tetapi tetap perhatikan juga relevansi antara gambar dan juga tulisan.

7. Membuat Konten yang Bersambung

Konten yang bersambung artinya adalah sebuah konten yang akan menimbulkan rasa penasaran dan juga keingin tahuan yang lebih untuk para calon konsumen atau pembaca. Kalau dibandingkan dengan konten biasa, maka konten bersambung ini juga dapat memberi efek jangka panjang terhadap ingatan konsumen. Kalau kamu bisa menciptakan konten yang bersambung maka laman sosial media yang kamu kelola bisa makin viral dan banyak dikunjungi. Tak lain karena banyak orang yang penasaran dengan kelanjutan konten tersebut.

Konten ini bisa jadi yang terbaik ketika anda tahu bagaimana mengolahnya. Terutama jika seseorang bisa menentukan timing yang tepat di setiap episode konten yang akan dibuat maka hasilnya bisa sangat maksimal. Anda bisa mencari konten yang cocok sebagai strategi pemasaran online untuk mendapat respon yang positif.

Keuntungan Menggunakan Strategi Pemasaran Online yang Tepat

Keuntungan Menggunakan Strategi Pemasaran Online yang Tepat1. Tidak Ada Batas Waktu

Salah satu keuntungan ketika anda memasarkan produk atau jasa dengan cara online adalah anda tak perlu khawatir dalam menentukan waktu karena selama 24 jam dalam sehari dan juga 7 hari dalam seminggu, pasar online juga tetap ada. Ketika anda melakukan cara promosi online dan memasang iklan pasti akan terlihat setiap saat.

2. Tidak Ada Batas Tempat

Strategi pemasaran produk dengan online juga bisa memberi anda sebuah pemasaran yang tak membutuhkan batas tempat. Kamu bisa menggunakannya dimanapun dan kapanpun. Yang terpenting adalah karena koneksi internet, perangkat komputer dan juga smartphone. Anda juga bisa bertatap muka dengan pelanggan secara langsung, korespondensi juga hanya melalui email dan internet sehingga anda bisa melakukan semua kegiatan pemasaran dengan lebih mudah.

3. Biaya Operasional Lebih Efisien

Beriklan di situs online dan juga melalui penyedia iklan online memang lebih murah kalau dibandingkan dengan menggunakan iklan secara offline. Hal ini juga jelas terlihat dari biaya yang kita butuhkan serta perlengkapan pendukung yang bisa terjangkau bahkan relatif lebih murah. Dengan biaya operasional yang lebih efisien, bisnis kita bisa lebih mudah untuk berkembang.

4. Mudah dalam Strategi Pemasaran dan Manajemen

Jika anda sudah menentukan produk dengan segmentasi pasar tertentu maka akan memudahkan kita untuk membidik target market. Misalnya saja ketika anda memiliki produk elektronik, anda bisa memanfaatkan forum elektronik ataupun grup di media sosial. Misalnya saja seperti facebook, membuka toko online di market place dan lain sebagainya.

5. Mudah Mengelola SDM

Seringkali ketika melakukan pemasaran secara konvensional kita membutuhkan SDM yang lebih banyak dan biaya yang lebih besar. Tetapi dengan strategi pemasaran produk secara online ini anda bisa memperkecil biaya yang dibutuhkan karena SDM pun bisa kita efisiensi. Ketika menjalankan pemasaran via online, anda tak perlu lagi menggunakan banyak karyawan. Sebab anda hanya melakukan administrasi penjualan sampai menyiapkan proses pengiriman barang. Juga melayani ketika ada pelanggan yang mengalami kesulitan dalam pemesanan barang.

6. Produktivitas Lebih Meningkat

Peningkatan produktivitas memang bisa lebih meningkat karena jam operasional pemasaran online tidaklah terbatas. Anda bisa memaksimalkan keuntungan dan juga produktivitas karena semakin meningkatnya para pengguna internet dimana sekarang ini semua transaksi bisa dilakukan hanya dari smartphone saja.

7. Memudahkan dalam Melakukan Riset Pemasaran

Tak bisa dipungkiri bahwa website sekarang ini berkembang pesat. Anda bisa melacak pengunjung website dari mana mengakses toko online. Hal ini juga akan membantu anda dalam melakukan analisa pasar bahkan memberi promo di saat-saat tertentu. Strategi pemasaran online ini akan memudahkan anda dalam melakukan riset pemasaran.

8. Mudah dalam Pengawasan

Agar bisa mengontrol dan juga melakukan pengawasan kepada seluruh transaksi toko online, anda bisa juga melakukan kapanpun dan dimanapun. Hal ini bisa memberi kemudahan dan manfaat untuk penjual dan juga pembeli serta bagi pengusaha barang ataupun jasa. Kemudahan dalam manajemen ini memang hanya ada di pemasaran online saja.

9. Memberi Keuntungan yang Tak Terbatas

Keuntungan dari bisnis online ini memang bisa dibilang tak terbatas sebab jumlah konsumen juga tak terbatas. Kalau anda menggunakan pemasaran online memang akan besar kemungkinannya agar bisa melebarkan sayang seluas mungkin dengan meraih keuntungan yang semaksimal mungkin juga. Strategi pemasaran online akan memudahkan anda mendapat keuntungan lebih besar dan mudah.

10. Mudah dalam Mengontrol Persediaan

Jika anda menjual barang secara online, anda bisa juga memanfaatkan supplier pertama agar bisa menampung barang anda sebelum adanya pesanan. Kita tidak lagi perlu melakukan pemindahan barang setiap saat. Dengan cara ini akan lebih mudah untuk mengontrol persediaan barang atau produk kita.

Sebuah bisnis memang dibutuhkan pemasaran untuk mengenalkan produk atau jasa yang kita miliki. Karena zaman yang terus berubah seperti era digital sekarang ini maka sebagai pebisnis juga harusnya tahu adaptasi apa yang harus dilakukan. Menggunakan strategi seperti apa yang cocok untuk mengembangkan bisnis. Jika bertahan pada cara lama dengan banyak sistem baru yang lebih fleksibel tentu hanya membuat bisnis kita jadi tertinggal. Banyak kerugian seperti boros waktu dan boros tenaga. Bisa juga membuat bisnis kita jadi lambat untuk bersaing dengan para kompetitor.

Kesimpulan

Adanya strategi pemasaran online ini semoga membantu anda untuk mengambil langkah paling benar dan cocok dengan jenis usaha yang dilakukan. Baik itu berupa produk atau jasa, pemasaran online dimana bisa membantu anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Pastikan untuk menemukan media sosial yang bisa anda fokuskan untuk pemasaran.

Mulailah untuk menentukan Content Marketing, Mobile Marketing, Social Media Marketing, Endorse, Menggunakan Buzzword hingga Menggunakan Konten Visual agar pemasaran online anda tepat sasaran. Karena bisnis yang baik memang disertai pemasaran yang tepat. Lakukan sebuah survei kecil-kecilan yang bisa memantapkan pilihan anda tentang sosial media untuk menjadi ladang pemasaran online terbaik.

Dengan menerapkan strategi pemasaran toko online yang konsisten tentu kita bisa mengembangkan bisnis lebih cepat dan mudah. Strategi yang tepat akan membuat pemasaran lebih mudah. Selain lebih efisien waktu, pemasaran via online ini juga akan lebih hemat tenaga. Bisa kita lakukan dimana saja dan kapan saja untuk memperkenalkan bisnis kita kepada banyak konsumen.

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?