16 Tips Jualan di Shopee Supaya Bisnis Olshop Lebih Laris

5/5 - (1 vote)

Shopee merupakan salah satu marketplace yang banyak digunakan untuk berjualan online. Indonesia sendiri memiliki marketplace yang besar seperti tokopedia, lazada, bukalapak, elevenia, dan lain – lain. Ada juga cara jualan di instagram pada artikel sebelumnya. Shopee hadir dengan dominan warna orange yang menjadi keunikan tersendiri dari marketplace yang satu ini. Banyak orang yang melakukan transaksi jual beli di sini karena memang caranya yang mudah. Ternyata, terdapat rahasia jualan laris di shopee yang mungkin belum anda ketahui. Selengkapnya mengenai tips jualan di shopee yang perlu anda pahami.

Tumbuhnya teknologi yang semakin canggih, membuat banyak hal berubah. Tidak hanya kebiasaan untuk mencari hiburan dengan instan tetapi juga bagaimana geliat bisnis online yang kian subur. Ada banyak pebisnis yang tidak hanya melakukan pekerjaan di kantor saja tetapi juga bisa menggunakan kecanggihan teknologi seperti sekarang untuk berjualan online. Apalagi marketplace juga sudah muncul dengan ragamnya. Salah satunya adalah Shoppe, tempat berbelanja dengan tagline yang selalu mereka gaungkan yakni gratis ongkir. Lalu bagaimana cara jualan di Shopee agar bisnis online makin lancar?

Shopee memiliki kelebihan sendiri dan berbeda dengan marketplace lainnya. Anda juga bisa menggunakan Shopee sebagai marketplace favorit karena kemudahan dalam penggunaannya. Namun selain itu, tetap ada tips and trik yang bisa anda gunakan untuk membantu jualan di Shopee jadi lebih lancar.

Baik membeli atau menjual di shopee memiliki keuntungan yang sama – sama mengingat marketplace ini merupakan yang raksasa di Indonesia. Jadi, jika Anda ingin berjualan produk di sini maka tidak mungkin tidak ada yang membelinya selagi produk yang shopee seller jual dapat bermanfaat di masyarakat. Lalu, bagaimana tips jualan di shopee yang baik dan benar ? Baca terus ulasannya di artikel ini !

Tips Jualan Di Shopee Untuk Pemula Hingga Sukses

Beberapa tips jualan di shopee yang akan diulas berikut ini dapat Anda perhatikan sehingga ketika melakukannya sendiri, Anda sudah tidak lagi merasa kebingungan dan akan secara gamblang melakukan strategi penjualannya sendiri. Di bawah ini merupakan tips – tips yang dapat Anda lakukan:

Membuat Akun di Shopee

Tentu cara jualan di shopee yang pertama adalah Anda wajib mempunyai akun shopee terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, Anda langsung saja membuka browser dan menuju ke toko online shopee atau langsung bisa menuju link ini shopee.co.id, lalu lakukan sign up atau daftar untuk dapat membuat akun di shopee. Setelah itu, lengkapi data diri Anda yang valid mulai dari nomor hp, username, password dan lain – lain dan kemudian klik daftar.

Isikan semua yang ada untuk dapat mendaftar di shopee. Perlu diingat bahwa lakukan pengisian dengan valid agar sewaktu verifikasi akun, Anda dapat langsung melakukan verifikasi dengan mudah dan tidak menjadi suatu hal yang bingung karena tidak secara valid ketika mengisi datanya. Jika sudah mendaftar, langsung saja klik Penjualanku di bagian kanan atas. Untuk pengaturan toko, menambah produk, dan yang lainnya dapat juga untuk Anda lakukan.

Tambahkan Produk di Shopee

Tambahkan Produk di ShopeeCara jualan di shopee yang kedua ini merupakan hal yang umum dilakukan karena ketika ingin berjualan maka Anda harus melakukan upload produk yang akan dijual. Cara menambahkan produk di shopee, Anda hanya dapatkan tombol tambah produk, lalu klik da nisi keterangan yang kosong mulai dari 5 foto terbaik, judul yang menarik, deskripsi yang menggambarkan produk, hingga harga yang akan di publish. Produk ini dapat disesuaikan tema dari akun Anda, jika sepatu maka produk semua berhubungan dengan itu.

Tips Jualan di Shopee dengan Promosi

Tips Jualan di Shopee dengan PromosiCara jualan di shopee selanjutnya yaitu dengan mempromosikan produk. Apabila Anda sudah menambahkan semua produk yang ingin di jual di shopee, maka selanjutnya Anda dapat melakukan kegiatan promosi yang dapat menjangkau masyarakat luas mengenai produk yang ditawarkan tersebut. Promosi di shopee ini sangat mudah dilakukan, pertama yaitu gunakan fitur Naikkan Produk yang berada di bawah gambar produk. Anda dapat melakukan kegiatan ini maksimal 5 item selama kurun 4 jam.

Kegiatan promosi selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Iklan. Iklan di sini memang berbayar, jadi Anda nantinya akan memasukkan kata kunci untuk produk yang akan diiklankan. Jangan lupa membuat kata-kata promosi shopee yang bagus supaya banyak menarik pelanggan. Promosi yang selanjutnya adalah dengan mempromosikan lewat sosial media yang Anda miliki untuk dapat menjangkau orang – orang sekitar Anda dan masyarakat luas. Cara promosi di shopee harus dilakukan dengan tepat dan sesuai sasaran.

Buatlah Foto Produk Lebih Menarik

Tips selanjutnya yang harus benar-benar diperhatikan adalah anda memiliki foto produk yang bagus. Buatlah foto produk semenarik mungkin. Sebab anda mungkin sering mendengar dari mat turun ke hati, dalam jual beli online, hal ini juga terjadi. Foto produk memang ibaratkan produk-produk yang sedang anda pajang di toko. Tips jualan di Shopee yang ini bisa anda mulai lakukan. Berikan foto yang bagus tetapi tidak banyak editan karena membantu pembeli untuk memperkirakan warna yang akan dipilih. Terutama soal barang kosmetik, warna akan sangat dibutuhkan dalam mempertimbangkan produk yang akan dibeli.

Jangan Lupa dengan Membuat Foto Produk yang MenarikKetika Anda melakukan trik berjualan yang sukses di shopee. Anda tidak boleh melewatkan hal yang satu ini karena orang akan pertama kali melihat foto terlebih dahulu setelah judul produk.

  • Gunakan foto latar belakang berwarna putih agar orang – orang dapat terfokus kepada produk yang kita berikan.
  • Cari tempat dengan tingkat penerangan yang cukup ketika mengambil foto produk dan usahakan mengambil foto di tempat yang terbuka pada siang hari dan atur cahayanya.
  • Lalu cara ketiga yang dapat Anda lakukan untuk bisa menghasilkan foto yang menarik yaitu dengan melakukan pengambilan foto dengan detail depan, belakang, samping, dan juga atas. Fungsinya yaitu agar orang yang akan membeli ini dapat yakin dengan melihat foto produk dari sisi demi sisi yang menjadi detail.
  • Kemudian yang terakhir yaitu tampilkan warna dan model yang berbeda di dalam produk Anda dan shopee memberikan kemudahan tersebut dengan memanfaatkan 9 foto.

Kamu juga bisa melihat artikel cara supaya foto di instagram lebih keren pada artikel sebelumnya. Karena cara ini juga bisa kamu gunakan pada shopee.

Cantumkan Deskripsi Produk yang Jelas

Tips jualan di shopee yang selanjutnya yaitu dengan memberikan deskripsi produk yang sejelas – jelasnya baik dari bahan baku, ukuran warna, kelebihan atau kekurangan, dan lain – lain. Hal ini berguna untuk meyakinkan calon pembeli yang akan membeli produk kita. Cari deskripsi dengan jelas, buat copywriting agar pembeli dapat mengambil keputusan untuk segera membeli produk yang kita jual. Namun jangan berlebihan dan terkesan bohong karena akan merugikan kita sendiri.

Konsumen jelas lebih suka terhadap toko yang memberi keterangan tentang produknya. Setelah melihat foto produk para pembeli biasanya akan melihat bagaimana deskripsi produk yang juga menentukan aktivitas berjualan. Deskripsi produk dalam dunia marketing biasa disebut copywriting penjelasan tentang produk dan juga ajak agar pembeli bisa tertarik. Bahkan banyak juga internet marketer yang menawarkan pelatihan copywriting dengan harga yang cukup tinggi. Hal ini menunjukkan bagaimana copywriting sangat penting untuk menjalankan bisnis berjualan.

Gunakan Tag atau Kata Kunci yang Sesuai

Hal kecil seperti ini jangan sampai terlewat. Karena biasanya mereka calon pembeli yang ingin membeli barang melakukan pencarian barang dengan menggunakan tag atau kata kunci yang menurut mereka relevan dengan barang yang akan dicari. Maka dari itu, lakukan penambahan tag atau kata kunci produk Anda yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Supaya barang yang Anda jual dapat diraih dengan mudah oleh calon pembeli.

Tag atau kata kunci ini dapat dilakukan dengan hashtag. Misalnya produk yang Anda jual adalah sepatu. Jadi tag yang perlu ditambahkan adalah #sepatupria, #sepatucasual, dan tag – tag lainnya yang dapat mendeskripsikan produk yang Anda jual.

Tips Jualan di Shopee dengan Memberikan Penawaran Harga yang Terbaik

Tips Jualan di Shopee dengan Memberikan Penawaran Harga yang TerbaikBerbicara mengenai harga memang salah satu hal yang sensitif dan jangan sampai salah memasang harga karena akan berakibat fatal. Cara menentukan harga terbaik yaitu Anda dapat melakukan survey terhadap harga dari produk kompetitor di shopee. Jika sudah melakukan hal tersebut dan sudah menemukan harga yang sekiranya cocok, maka mulai perhitungkan harga yang kompetitif. Cara jualan di shopee free ongkir juga termasuk dalam penawaran yang dapat dilakukan

Ketika membeli sebuah produk, pertimbangan utama para konsumen adalah harga. Sebaiknya anda memberikan harga yang terbaik. Harga yang bersaing dengan penjual lainnya. Penawaran harga memang menjadi salah satu tips jualan di Shopee agar menguntungkan. Lakukan survei kecil-kecilan tentang berapa rentang harga yang ada di pasaran. Di berbagai market place termasuk Shopee, para pembeli tentu akan dengan mudah untuk membandingkan harga. Pastikan bahwa harga dan kualitas yang anda berikan telah sepadan.

Promosikan Secara Berkala

Tips jualan di Shopee berikutnya adalah mempromosikan secara berkala. Jika anda memiliki produk tetapi tidak pernah dilihat orang tentu akan sangat sulit untuk berkembang. Jangan lupa untuk selalu mempromosikan bisnis anda secara berkala. Ada fitur promosi dalam jangka waktu 4 jam yang disediakan Shopee dimana dalam waktu ini anda bisa mempromosikan produk anda agar bisa semakin dikenal oleh konsumen.

Tidak hanya menggunakan fitur naikkan produk, anda juga bisa menggunakan akun sosial media yang sekarang ini terbukti mampu menjangkau lebih banyak konsumen. Gunakan facebook Ads atau website yang bisa mengoptimasi dan mendatangkan banyak trafik. Arahkan pada toko anda yang ada di Shopee.

Perbarui Produk

Setiap konsumen aka tertarik dengan produk-produk baru di berbagai toko yang ada di Shopee. Apakah itu produk kosmetik, baju, makanan dan lainnya. Jika produk yang anda jual adalah baju dan aksesoris maka usahakan untuk selalu memperbarui koleksi anda. Sebab pilihan baru ini jelas akan menarik konsumen. Warna-warna baru, model baru hingga size yang lengkap juga akan mempengaruhi suka tidaknya konsumen pada toko online anda di Shopee.

Kelebihan Shopee Dibanding Market Place Lainnya

Kelebihan Shopee

Bisa Melakukan Tawar Menawar

Salah satu kelebihan Shopee dibandingkan market place lainnya adalah kesempatan anda untuk melakukan tawar menawar. Shopee memberi fitur tawar menawar kepada para konsumen. Sebagai penjual tentu anda berkesempatan untuk dapat perhatian dari konsumen. Fitur ini akan memanjakan konsumen.

Beragam Pilihan Jasa Pengiriman

Shopee memberikan 8 jasa pengiriman yang bisa anda pilih. Misalnya saja seperti JNE, JNT, Go-Send, POS Kilat bahkan ada juga kirim dari luar negeri tidak hanya itu, masing-masing jasa pengiriman juga menawarkan harga yang berbeda. Anda bisa memilih manakah yang terbaik dan pas untuk digunakan.

Banyaknya Pilihan

Selain banyak pilihan jasa pengiriman, Shopee juga memberi banyak pilihan kategori yang ditawarkan. Mulai dari pakaian, make up hingga souvenir pesta. Anda tidak lagi peru bingung jika ingin mencari berbagai kebutuhan, berbelanja online di Shopee adalah salah satu cara terbaik. Hal ini tentu memudahkan penjual karena mereka bisa berjualan beragam jenis produk.

Mudah dan Simple

Mau tahu tips jualan di Shopee? Gencarkan promosi dan perbarui produk anda. Apalagi Shopee juga terkenal sebagai market place yang mudah dan simple dalam penggunaannya. Terkadang situs online shop lain memang menawarkan pilihan proses pembayaran yang cukup membingungkan. User juga jadi malas untuk menggunakan atau berbelanja di tempat tersebut. Shopee menawarkan kemudahan dan memberi pengalaman belanja online yang mudah dan simple.

Ada Banyak Promo

Ada satu lagi yang spesial dari Shopee! Market place ini memiliki banyak promo. Bahkan ada juga program cashback sampai 100 ribu rupiah, ada juga diskon 90% dan masih banyak lagi. Shopee juga memberi promo setiap hari yang sayang untuk dilewatkan. Semakin banyak berbelanja maka semakin banyak juga promo yang bisa didapatkan.

Aplikasi Mudah Diinstal

Anda bisa menggunakan aplikasi Shopee baik di android ataupun di iOS. Aplikasi ini tidak memakan tempat atau ruang penyimpanan pada smartphone anda. Mudahnya penggunaan juga menjadi salah satu faktor mengapa Shopee ini menjadi market place yang unggul.

Di Shopee juga terdapat fitur khusus yang disebut barang diblokir. Fitur ini memudahkan pengguna ketika ada masalah pada produk yang dijual di Shopee. Juga, adanya fitur varian produk yang bisa mempermudah dan sangat cocok untuk penjualan produk yang memiliki ragam warna, motif ataupun ukuran.

Penginputan 9 Gambar

Jika tips jualan di Shopee ini adalah memperbanyak foto bagus, Shopee memang menggunakan fitur input 9 gambar. Berbagai gambar ini juga diupload secara bersamaan di Shopee yang mana akan menguntungkan penjual. Sebab kita bisa menarik konsumen dari gambar-gambar yang beragam ini. Sementara di bagian penjualan, ada juga fitur yang akan mempermudah penjual sat menanti pembayaran. Produk yang harus dikirim hingga pada status transaksi yang sudah selesai.

Ketahui dan lakukan dengan baik bagaimana cara jualan di Shopee. Dapatkan keuntungan yang besar jika anda melakukan promosi secara rutin serta melakukan tips-tips lainnya agr membantu bisnis online anda lebih lancar. Mulailah mengetahui target pasar anda, daftar di Shopee dan manfaatkan market place terbaik ini sebagai bisnis utama ataupun bisnis sampingan anda.

Ulasan di atas telah dibahas mengenai bagaimana cara atau tips jualan di shopee yang mudah dan cepat sukses untuk pemula. Beberapa langkah dan cara promosi online di atas dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Perlu diingat bahwa kegiatan berbisnis dengan berjualan ini perlu adanya keuletan dari penjualnya dan kesabaran untuk dapat menjangkau konsumen yang luas. Ketika pertama kali berjualan jangan langsung terpaku terhadap keuntungan saja, hal tersebut justru dapat menjadi penghambat bisnis yang Anda jalankan.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *