9 Tips Lolos SNMPTN dan SBMPTN Agar Masuk Kuliah Idaman

0 20

Melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi menjadi banyak idaman para pelajar yang akan lulus dari sekolah menengah. Hanya saja untuk masuk perguruan tinggi favorit dibutuhkan usaha yang keras dan selalu berpikir positif bahwa kamu bisa. Tak heran jika sebelum ujian SNMPTN  banyak tempat bimbel yang menyediakan les agar bisa lolos ujian. Bagi kamu yang akan segera meninggalkan bangku abu abu putih dan ingin melanjutkan pendidikan simak tips lolos SNMPTN dan SBMPTN berikut.

Tips dan Trik Ampuh Takhlukkan Ujian SNMPTN/SBMPTN

1. Pahami Ketentuan SNMPTN / SBMPTN

Tips Lolos SNMPTN dengan Memahami Ketentuan SNMPTN dan SBMPTNKetika kamu sudah memutuskan untuk melanjutkan pendidikan melalui jalur SNMPTN maka, kamu juga sudah pasti tahu apa saja yang harus disiapkan. Ketentuan ini bisa kamu intip jauh jauh hari dengan mengakses beberapa berita. Salah satu hal yang harus kamu siapkan bahkan, saat kamu mulai duduk di bangku sekolah menengah adalah nilai rapor. Kamu pasti sudah tahu nilai yang bagus menjadi tiket masuk utama yang harus kamu siapkan.

Sebab jalur SNMPTN diperuntukkan untuk mereka yang memiliki nilai rapor yang bagus. Bukan berarti harus sempurna, minimal harus mencapai target di atas rata rata. Sehingga mulai kelas 10 Anda harus mulai menabung nilai yang bagus, dan harus meningkat di setiap kenaikan kelas. Panitia biasanya tidak akan menyertakan mereka yang memiliki grafik nilai turun. Jika tidak naik pastikan nilaimu stabil sebagai tips lolos SNMPTN yang kamu idamkan. Dari sinilah kamu harus mengetahui cara mengatur waktu agar belajarmu lebih maksimal.

Nilai rapor semester 1 hingga semester 5 menjadi syarat mutlak yang harus diinput di Pangkalan Data Siswa Sekolah. Perlu bagi kamu untuk dekat dengan guru BK atau kepala sekolah agar menginput nilai rapor kamu. Jika nilai kamu tidak sesuai kamu bisa melaporkan agar segera diperbaiki. Selain menjaga nilai rapor agar tetap stabil, kamu juga harus berupaya untuk menjadi siswa yang aktif. Sebab piagam penghargaan berpengaruh.

Piagam yang kamu kumpulkan akan menjadi poin tambahan yang akan membantu kamu menembus jalur SNPMTN. Semakin banyak maka peluang kamu juga semakin besar. Satu hal lagi yang harus kamu perhatikan adalah alumni sekolah kamu. Jika di kampus tersebut alumni dari sekolah kamu memiliki citra yang buruk, maka akan membuat adik kelas mengalami kesulitan untuk masuk. Bahkan bisa hingga 2 tahun berturut turut tidak menerima dari sekolah kamu.

2. Tentukan Perguruan Tinggi dan Juga Jurusan

Tentukan Perguruan Tinggi dan Juga JurusanJauh jauh hari kamu sudah harus memikirkan ingin masuk perguruan tinggi negeri yang mana dan jurusan apa. Jangan sampai kamu hanya mengikuti teman atau atas kemamuan orang tua. Sebab, nantinya akan sangat berpengaruh pada pendidikan kamu ke depannya. Pastikan universitas yang kamu pilih adalah perguruan tinggi yang mengantongi akreditasi yang bagus. Kamu bisa membuka website resminya dan mencari tahu lebih banyak.

Selain menentukan universitas, kamu juga harus memilih jurusan yang tepat sebagai tips lolos SNMPTN yang selanjutnya. Jurusan yang kamu pilih bukan hanya karena sesuai dengan kemampuan dan juga keinginan. Kamu juga harus memperhatikan kuota untuk setiap jurusan, ingat saingan dimulai dari sekolah kamu sendiri. Jika satu angkatan banyak yang memilih jurusan tersebut kecil kemungkinan kamu bisa lolos dan masuk jurusan tersebut.

3. Pikirkan Jurusan Yang Tak Dipilih

Hal ini adalah hal yang sangat krusial dan harus kamu pikirkan jauh jauh hari. Dalam satu sekolah pasti ada jurusan dominan yang banyak dituju oleh siswa di sekolah kamu. Apalagi jika jurusan tersebut dinilai bergengsi dan benefit.

Kesempatan kamu lolos SNMPTN akan semakin lebar jika, kamu memilih jurusan yang tidak banyak dipilih oleh mayoritas siswa sekolah kamu. Tapi bukan berarti jurusan tersebut tidak prospek di masa depan ya.

4. Jangan Ragu Memilih PTN Yang Sepi Peminat

Tips lolos snmptn selanjutnya yaitu kamu tidak boleh ragu. Saat kamu telah memutuskan untuk melanjutkan pendidikan melalui jalur SNMPTN maka, kamu harus mulai update informasi terkait. Informasi  tersebut akan berguna untuk mengetahui PTN mana yang banyak dituju oleh seluruh siswa seluruh Indonesia. Dan juga PTN dan jurusan apa yang sepi peminat.

Bukan berarti PTN yang sepi peminat itu buruk lho, justru kamu akan bisa memiliki akses untuk masuk apalagi jika dekat dengan tempat tinggal kamu.

5. Jangan Ikut Ikutan Teman

Jangan-Ikut-Ikutan-TemanMasa depan itu terletak di tangan kamu bukan ditangan teman kamu. Sehingga sebagai tips lolos SBMPTN kamu harus memilih universitas atau jurusan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Jika banyak teman yang ikut mendaftar maka peluang kamu untuk lolos akan semakin kecil. Tidak masalah tidak banyak teman dari satu almamater, kamu nantinya juga bisa menemukan teman baru dan terlebih kamu bisa kuliah sesuai yang kamu idamkan.

6. Memilih Jurusan Sesuai Dengan Nilai Rapor Paling Tinggi

Memilih Jurusan Sesuai Dengan Nilai Rapor Paling TinggiTidak semua anak bisa melihat kemampuan dan minatnya dengan jelas. Jika kamu masih belum bisa menentukan jurusan maka kamu bisa menentukan sesuai dengan nilai tertinggi di rapor. Hal ini tidak hanya akan memudahkan memilih jurusan namun, juga akan membuat kamu punya peluang besar untuk lolos SNMPTN. Namun pilihlah yang peminatnya sedikit dan juga passing gradenya kecil jika tidak ada kamu bisa mencari universitas lain.

7. Memilih Jurusan Passing Rendah

Tips lolos SBMPTN yang selanjutnya adalah memilih juruan dengan passing grade yang rendah. Setiap jurusan memiliki setiap standar berbeda yang ditentukan berdasarkan jurusan yang dipilih pada PTN tertentu.

Misalnya jika kamu memilih jurusan kedokteran UGM, passing gradenya berbeda dengan kedokteran UNS. Sehingga jika kamu ingin lolos ujian SMBPTN maka, kamu haru memilih passing grade yang rendah.

8. Buat Rencana Belajar

Buat Rencana BelajarTips lolos SNMPTN ke 8 yaitu dengan membuat rencana belajar yang benar. Untuk menembus benteng ujian masuk PTN kamu harus punya jurus dalam belajar. Sebab dengan memiliki rencana belajar yang tepat kamu bisa menjaga nilai rapor agar stabil.

Usaha tidak akan menghianati hasil, jika kamu hanya mengikut tips yang lain tapi tidak belajar semuanya juga tidak akan berguna. Meskipun belajar adalah hal yang tidak kamu sukai, mau tidak mau kamu harus rencanakan sebagai tips untuk menembus SNMPTN.

9. Rajin Berdoa

Tips lolos SNMPTN dan SBMPTN yang terakhir yaitu dengan rajin berdoa.  Berusaha dan berdoa kamu pasti tidak akan asing dengan nasihat tersebut. Percaya tidak percaya ketika kamu telah berusaha dan rajin berdoa, Sang Kuasa akan memberikan yang terbaik.

Tak jarang terjadi karena berdoa, kesusahan yang kamu alami terasa nikmat ketika kamu telah melewatinya. Segala perjuangan dan juga usaha akan semakin lengkap jika ditambah doa. Berdoa juga menjadi tips lolos SBMPTN yang harus dilakukan.

Kesimpulan

Ketatnya persaingan untuk menembus perguruan tinggi membuat siswa lulusan sekolah menengah harus berusaha dengan keras. Namun meskipun ketat tetap banyak yang bisa menembus ujian yang menjadi momok ini. Untuk bisa masuk kamu juga harus menyiapkan dari awal, terutama untuk nilai rapot maupun setifikat penghargaan. Usahakan untuk selalu aktif bagi kamu yang masih duduk dibangku awal sekolah menengah agar memiliki peluang besar lolos SNMPTN.

Semoga dengan adanya artikel Tips Lolos SNMPTN dan SBMPTN dari Dosen Online ini bermanfaat untuk Anda 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?