8 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Untuk Masa Depan

0 12

Setelah membaca artikel tips lolos SNMPTN dan SBMPTN, sekarang kita lanjut membahas tips memilih jurusan kuliah. Memilih jurusan kuliah bukan perkara yang mudah dan bisa dipilih dengan random. Karena apa yang dipilih hari ini akan menentukan masa yang akan datang.

Jurusan yang ada di perguruan tinggi kini semakin beragam dengan pilihan universitas berkualitas yang semakin banyak. Tidak peduli kamu akan kuliah di swasta maupun PTN, jurusan menjadi hal yang penting. Agar tidak salah jurusan yuk simak tips memilih jurusan kuliah yang tepat dari Dosen Online berikut.

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

1. Memahami Potensi Diri

Ketika kamu telah berada di jenjang akhir pendidikan menengah, kamu tentu sudah bisa mencari tahu atau bahkan sudah mengerti potensi diri. Potensi yang kamu miliki harus dikembangkan di jurusan yang sesuai agar nantinya berguna untuk masa depan.

Jika kamu seorang yang menyukai hitungan dan memang kamu jago dalam hal itu. Jurusan seperti matematika bisa menjadi salah satu jurusan yang bisa kamu pilih.

Umumnya potensi diri ini sangat berkaitan dengan hobi dan minat yang kamu miliki. Mudah bagi kamu mengali potensi jika kamu memiliki hobi dan minat yang diketahui. Memilih jurusan perguruan tinggi yang sesuai dengan potensi diri akan memudahkan kamu untuk menjalaninya. Tidak ada hal yang menyenangkan di dunia ini, selain melakukan hal yang sesuai dengan apa yang kamu senangi. Meskipun susah akan terasa ringan dijalani.

2. Ikuti Passion Kamu

Ikuti Passion KamuTips memilih jurusan kuliah yang kedua adalah dengan mengikuti passion kamu. Inilah adalah kunci utama karena sebaiknya kamu memilih jurusan yang kamu sukai.

Tidak harus berkaitan dengan akademik di sekolah, kamu bahkan bisa menentukan sesuai dengan hobi yang kamu miliki. Passion jugalah yang akan memandu kamu untuk bisa memilih jurusan yang sesuai. Karena nanti akan meningkatkan semangat belajar kamu dalam menempuh pendidikan.

3. Mengenali Jurusan Lebih Dalam

Mengenali Jurusan Lebih DalamPassion dan minat yang kamu miliki bisa saja dipecah ke dalam banyak jurusan kuliah. Sehingga langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mencari banyak informasi seputar jurusan tersebut.

Kamu bisa mencari tahu kekurangan dan kelebihan jika kamu mengambil jurusan kuliah tersebut. Sebab jika kamu tahu kekurangannya, kamu bisa memikirkan untuk mengatasi kesulitan tersebut sehingga jangan cari kelebihannya saja.

Kamu bisa mengetahui mata kuliah utama yang akan kamu dapatkan ketika mengambil jurusan tersebut. Kemudian kamu juga bisa mencari informasi seputar berapa SKS yang harus kamu tempuh nantinya. Ketika informasi telah di tangan, kamu harus menanyakan pada dirimu sendiri apakah nantinya kamu bisa mengikuti setiap mata kuliah tersebut. Jangan sampai karena salah jurusan kamu berhenti kuliah di tengah jalan.

4. Perhatikan Akreditasi Jurusan

Selain informasi mengenai kelebihan dan kekurangan, kamu juga harus mengetahui akreditasi jurusan sebagai tips memilih jurusan kuliah yang selanjutnya. Akreditasi sangat penting karena menunjukkan kredibilitas jurusan yang akan kamu pilih.

Semakin tinggi akreditasinya maka semakin baik kualitas jurusan tersebut. Akreditasi juga menunjukkan seberapa percaya masyarakat dengan jurusan yang akan kamu pilih nantinya.

Penting juga kamu ketahui jika akreditasi akan menjadi salah satu yang menentukan masa depan kamu. Perusahaan akan memilih akreditasi jurusan yang tinggi jika kamu melamar pekerjaan nantinya. Begitu juga jika kamu akan melanjutkkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Sehingga penting  sekali untuk mengetahui akreditasi jurusan yang akan kamu tuju. Jangan sampai kamu salah memilih dan mengorbankan masa depan kamu sendiri.

5. Melihat Peluang Kerja Setelah Lulus

Melihat Peluang Kerja Setelah LulusMenempuh pendidikan yang lebih tinggi, umumnya digunakan agar memiliki masa depan yang bagus. Termasuk di dalamnya menyangkut soal pekerjaan yang nantinya bisa menghidupi kamu.

Sebaiknya kamu cari tahu apakah jurusan tersebut memiliki peluang lebar untuk bekerja atau tidak. Apakah banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja dengan jurusan tersebut? Pertanyaan pertanyaan itu akan terjawab dengan informasi yang kamu dapatkan.

Memang bukan menjadi hal yang mutlak untuk melakukan tips memilih jurusan kuliah dengan akreditasi jurusan yang baik, sebab banyak juga perusahaan besar yang tidak hanya menilai berdasarkan latar belakang jurusan. Namun tidak sedikit pula perusahaan yang memperhatikan jurusan pendidikan akhir kamu. Sehingga dengan memilih jurusan yang memiliki akreditasi yang baik bisa menjadi tiket kamu untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah nantinya.

6. Memperhatikan Biaya Kuliah

Memilih jurusan kuliah juga harus memperhatikan biaya yang nanti dikeluarkan. Kuliah bukan hanya membutuhkan waktu 1 hingga 2 tahun. Banyak biaya yang harus ditanggung di luar biaya semesteran.

Jika orang tua kamu merasa keberatan dengan biaya kuliah, maka sebaiknya kamu tidak memaksakan diri. Karena nantinya akan menyulitkan perjalanan yang selanjutnya. Mungkin kamu bisa bekerja sambilan namun hal ini bisa mengganggu kuliah kamu.

Perhatikan biaya kuliah menjadi tips memilih jurusan kuliah yang selanjutnya meskipun kamu bisa mendapatkan beasiswa. Namun umumnya beasiswa juga tidak menanggung biaya keseluruhan. Cara ini patut untuk kamu coba jika memang jurusan tersebut sangat kamu inginkan. Meskipun kamu membutuhkan kerja keras untuk mendapatkannya. Sebab pesaing beasiswa juga tidak sedikit, syarat dan ketentuan juga harus kamu penuhi.

7. Jangan Ikut Ikutan Teman

Jangan-Ikut-Ikutan-TemanJika kamu masih bimbang untuk menentukan jurusan kuliah kamu, maka jangan sekali kali kamu memilih jurusan hanya berdasarkan pilihan teman. Karena bisa jadi jurusan tersebut tidak sesuai dengan minat dan juga potensi diri kamu.

Belum tentu jurusan pilihan teman adalah pilihan terbaik yang tidak akan membuat kamu terjerumus. Sebaiknya kamu menentukan jalan sendiri karena kesuksesan berada di tangan kamu sendiri bukan orang lain.

Kamu bisa saja mendengarkan nasihat atau saran orang lain terkait dengan jurusan kuliah yang akan kamu.Tapi pilihan tetap berada di tangan kamu sendiri sehingga pikirkan dengan masak. Sebaiknya kamu buang jauh jauh pikiran jika kuliah hanya agar anda tidak berpisah dengan teman teman kamu. Tips memilih jurusan kuliah yang harus kamu perhatikan dan juga kamu pikirkan adalah tidak mengikuti pilihan jurusan teman yang belum tentu sesuai.

8. Memantau Tren Yang Terjadi

Dengan perkembangan teknologi kini, membuat jurusan yang dulunya tidak menarik menjadi jurusan yang paling di cari. Banyak perusahaan yang mencari jurusan tersebut misalnya.

Maka agar tidak salah jurusan kamu bisa memantau tren yang sedang berlangsung secara global ini. Tapi kamu harus tetap hati hati, karena bisa saja jurusan tersebut hanya bertahan sebentar saat kamu bahkan belum lulus dari jurusan tersebut. Untuk bagaimana cara mencari trennya kamu bisa menggunakan Google Trends yang sudah di sediakan oleh google.

Kesimpulan

Kesuksesan ditentukan oleh banyak hal salah satunya adalah memilih jurusan saat kamu akan menempuh pendidikan perguruan tinggi. Meskipun terlihat sepele namun ternyata jurusan yang tidak sesuai akan membawa dampak di masa depan. Jika memang telah mantap dengan jurusan tersebut, tinggal tentukan langkah untuk bisa kuliah dengan jurusan tersebut. Salah satunya dengan berdoa dan meningkatkan minat belajar kamu.

Semoga dengan adanya artikel tentang Tips memilih jurusan kuliah yang tepat untuk masa depan ini Bermanfaat untuk Anda 🙂

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: