33 Tools Internet Marketing Gratis Untuk Bisnis

2 185

Dalam berbisnis, teknologi adalah jembatan kuat yang jika tak dimanfaatkan akan sia-sia. Karena apapun yang diperkuat dengan canggihnya teknologi maka bisnis bisa bertumbuh dengan andil sebuah teknologi. Dari sinilah nanti para pebisnis yang ingin cepat mengembangkan bisnis atau usahanya benar-benar bisa mendapatkan banyak keuntungan, tak salah jika anda memilih tools internet marketing gratis untuk bisnis. Sebab dari sinilah nanti kita bisa melengkapi apa yang kurang di dalam bisnis, terutama untuk affiliate marketing.

Perangkat atau tools yang tersedia dan digratiskan tentu akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis. Apalagi jika memang dari perangkat ini terbilang mudah untuk digunakan. Selain mudah, tentu tools  internet ini memiliki banyak keuntungan atau manfaat yang diberikan. Manfaatkan dengan baik, gunakan tools sebagai penunjang berbisnis agar makin berkembang.

Tools Internet Marketing GratisTools Internet Marketing Gratis

1. Paypal

Tools pertama yang bisa anda gunakan adalah Paypal. Tools ini merupakan sebuah aplikasi yang dibutuhkan dalam menerima ataupun mengirim suatu pembayaran. Anda bisa menggunakan aplikasi ini jika memang ingin bertransaksi di luar negeri terutama. Biasanya para pengguna paypal ini ada banyak di Eropa, USA ataupun negara lainnya. Terutama untuk menu pembayarannya anda bisa mengintegrasikan menggunakan kartu kredit.

2. Alipay

Tools berikutnya juga tak jauh berbeda. Merupakan sebuah aplikasi pembayaran yang diciptakan oleh alibaba group. Alipay ini juga sangat berguna untuk anda yang banyak bertransaksi di China. Alipay juga akan membuat bisnis menjadi lebih berkembang dan mudah untuk mengatur keuangan.

3. Jenius

Ada yang harus anda ketahui bahwa pada dasarnya jenius ini pun merupakan platform ebanking dari bank btpn. Tetapi yang menarik dari jenius adalah adanya kartu debit atau atm mereka yang bisa dijadikan menjadi kartu kredit.

Nantinya di fitur e-commercenya, jenius memiliki fitur Virtual Credit Card atau VCC. Fitur ini memang trend di dunia internet marketer. Sebab selain tidak ribet dalam membuat karut kredit lagi, jenius card ini memiliki banyak fasilitas dan diskon.

4. Canva

Ada yang suka membuat desain unik untuk kepentingan bisnis? Tools internet marketing gratis ini sangat membantu dalam memberikan kemudahan untuk membuat poster, sosial media banner dan masih banyak lagi. Canva menyediakan banyak template yang bisa dengan mudah anda edit sesuka hati. Tak perlu memikirkan ukuran atau konsep yang dibutuhkan, Canva memiliki banyak model yang gratis ataupun berbayar.

5. Audio Jungle

Audio jungle merupakan platform audio yang bisa digunakan untuk cuplikan music web, video ataupun strategi pemasaran online yang lain. Jika Canva merupakan tools yang gratis untuk visual maka audio jungle ada di sisi audio. Platform ini akan memudahkan para internet marketing dalam meracik web menjadi lebih keren dan update.

6. Paper.ID

Pernah mendengar platform anak negeri ini? Paper.id merupakan platform anak negeri yang memudahkan anda dalam membuat invoice online, surat jalan dan masih banyak lagi. Terutama untuk kepentingan internet dan juga digital marketing, paper id sangat mudah dijalankan dan membantu dalam menjadikan bisnis terkontrol dengan baik.

7. Keyword Planner

Bukan hal yang mudah ketika seseorang harus meriset keyword, terutama untuk kepentingan marketing digital. Maka dari itu, adanya tools internet marketing gratis keyword planner ini dirasa sangat menguntungkan. Dari tools ini, anda bisa cepat dan praktis dalam menentukan keyword untuk sebuah artikel Seo yang berkualitas. Keyword panner dirasa menjadi yang terbaik karena banyak digunakan untuk para pelaku SEO yang ada di seluruh dunia.

8. Ubersuggest

Tak jauh berbeda dengan keyword planner, ubbersuggest juga demikian. Tools ini memang lebih diarahkan para long tail keyword. Terutama untuk para pebisnis digital yang ingin mengoptimalkan kata kunci pencarian mereka agar bisa menggaet lebih banyak pelanggan di internet. Ubbersuggest juga dibutuhkan untuk mereka yang memiliki bisnis SEO.

9. Google PageSpeed Insights

Google pagespeed insights adalah sebuah tools online yang juga milik dari google yang bisa memantau kinerja laman dari website anda. Tools ini bisa memantau bagaimana kinerja laman website dari desktop ataupun mobile. Juga para pengguna bisa melihat langsung file-file mana yang harusnya dioptimalkan agar bisa membuat kinerja laman website menjadi lebih baik. Tools internet marketing gratis ini patut anda coba.

10. Facebook Audience Insights

Facebook Audience InsightsDalam menggunakan facebook audience insights ini dirasa sangat powerfull. Mengapa? Sebab ketika anda ingin mengoptimalkan target audience di facebook ads, tools ini sangat berguna. Bahkan selain Facebook Audience Insights ada produk ciptaan marketer Indonesia yang juga membuat sebuah produk dalam memantau audience insights anda yang ada di facebook. Namanya adalah The Graph. Tetapi produk ini merupakan versi premium.

11. Pablo

Nama tools yang unik ini adalah untuk mengoptimalkan sebuah gambar di facebook. Baik itu berupa gambar promo, kata-kata ataupun yang lainnya. Pablo tersedia gratis dan memudahkan seseorang dalam menciptakan sebuah foto diskon produk misalnya. Pablo juga memiliki banyak sumber gambar yang bisa dipilih dan diakses oleh siapa saja, gratis.

12. Buzzsumo

Untuk para penggiat content marketing, tools Buzzsumo merupakan tools yang powerfull. Tools ini bisa membuat anda mudah dalam mengecek topik-topik yang populer di website anda sendiri ataupun di kompetitor. Anda bisa tahu berapa banyak jumlah share di sosial media seperti twitter, facebook dan lainnya. Tools Buzzsumo tersedia secara gratis tetapi terbatas. Jika ingin menikmati fitur yang lebih lengkap maka anda bisa menggunakan yang versi premium.

13. Ahrefs

Tools Ahrefs memiliki versi gratis untuk produk-produk yang dimilikinya. Anda bisa menggunakan produk dari Ahrefs ini seperti site explorer, konten explorer, rank tracker, keyword explorer dan masih banyak lagi. Ahrefs ini juga sangat lengkap dan mudah digunakan untuk mereka yang masih pemula.

14. Twitter Analytics

Tools internet marketing gratis berikutnya adalah Twitter Analytics. Menjadi produk terbaru yang populer di tahun peluncurannya. Tools ini membantu anda dalam menganalisa akun twitter bisnis ataupun pribadi seseorang. Nantinya anda bisa tahu seberapa efektif akun tersebut dalam menjangkau orang yang ada di twitter sebagai sosial media.

15. Smallfbtools

Tools berikutnya adalah tools yang membantu anda jika memang ingin mengoptimalkan sosial media bagi situs website yang dimiliki. Smallfbtools ini akan memungkinkan anda dalam mengecek postingan kompetitor di facebook. Tak hanya itu, anda bisa mencari gambar dan mencari keyword yang tepat. Smallfbtools ini merupakan tools yang tepat untuk keyword.

16. Buffer

Jika sebelumnya ada Pablo, kali ini ada Buffer yang memberi anda kemudahan dalam mengatur serta membantu mengoptimalkan sosial media. Tanpa menggunakan admin khusus, anda bisa dibantu dengan buffer ini. melalui buffer, anda bisa membuat schedule di postingan anda pada semua sosial media. Buffer cocok untuk mereka yang sibuk tetapi ingin tetap mengurus bisnis onlinenya.

17. HubSpot Marketing Free

Tools yang satu ini bisa digunakan bagi mereka yang membutuhkan tools internet marketing gratis dan menggaet pelanggan ataupun pembaca menjadi lebih banyak lagi. Terutama untuk berlangganan pada website ataupun toko online yang anda miliki. Anda bisa membuat kotak email berlangganan pop up secara gratis juga.

18. Mailchimp

Senjata populer lainnya yang bisa digunakan secara gratis adalah Mailchimp. Tools ini masih tersedia free plan dan terbatas. Tetapi cukup membantu bagi para pebisnis online pemula dalam mengirim email kepada target costumer anda di tiap bulannya. Tetapi jika memang anda merasa kuota pengiriman sudah cukup besar maka anda bisa mengupgrade ke plan yang juga lebih besar lagi.

19. What My SERP

What My SERP ini merupakan tools internet marketing gratis yang membantu para pelaku SEO. Mereka memiliki SERP check yang lumayan akurat. Bahkan anda bisa mengecek posisi keyword berada di halaman atau urutan berapa. Tools yang memudahkan kita untuk tahu kualitas artikel.

20. Majestic SEO

Tools berikutnya dirasa hampir sama dengan Ahrefs. Sebab tools ini memang menjadi salah satu tools SEO yang juga sering digunakan oleh kalangan internet marketing. Terutama untuk para penggiat SEO. Majestic SEO ini bisa menjadi tools yang akan mengembangkan bisnis SEO yang anda miliki. Dengan penggunaan yang mudah dan manfaatnya untuk mencari keyword juga penting.

21. SEMrush

SEMrushNamanya adalah SEMrush. SEMrush ini juga tidak akan asing lagi untuk para pelaku SEO. Tools yang tersedia dalam versi gratis dan juga premium. Tools ini bahkan juga menjadi salah satu tools yang cukup powerfull. Terutama dalam membedah SEO dari sebuah website.

22. Open Site Explorer

Tools yang satu ini merupakan produk terbaik yang datang dari perusahaan konsultan Search Engine terkemuka di interne yang ada selama ini. Bahkan untuk para praktisi dan juga pelaku SEO sering menggunakan tools  ini. Tak heran jika memang open site explorer memang menjadi patokan authority situs mereka

23. Google Trends

Tools internet marketing gratis untuk bisnis berikutnya adalah google trends. Salah satu produk terbaik yang dimiliki oleh google. Sebab, nantinya anda bisa menganalisa bagaimana topik yang popuer di tiap tahunnya, dalam hitungan hari ataupun bulan. Yang diuntungkan dari adanya tools  ini adalah para pemilik dari media ataupun nonmedia yang mana mereka memiliki website yang sudah terdaftar di google news.

24. Similar Web

Similar web merupakan sebuah tools yang bisa membantu anda dalam menganalisa jumlah pengunjung ataupun visitor. Bisa juga untuk mengetahui organik atau non organik serta bagaimana sumber trafik. Bisa juga digunakan dalam mencari kata kunci yang populer dan mengarah pada website yang anda miliki. Similar web juga menjadi semakin akurat sejak bisa diintegrasikan melalui sebuah google analytics.

25. Alexa

Tools internet marketing dan gratis untuk bisnis berikutnya adalah Alexa. Salah satu patokan orang banyak untuk sebuah website rangking mereka yang dirangking secara keseluruhan ataupun di negara asalnya. Bagaimana powerfulnya, Alexa bisa melihat kompetitor anda dan melakukan keyword research. Tetapi ada juga beberapa fitur yang hanya bisa digunakan untuk versi yang berbayar.

26. Hootsuite

Hootsuite merupakan sebuah platform atau tools yang mengelola seluruh akun media sosial yang telah anda miliki. Fungsi dari hootsuite ini memang tak jauh berbeda dengan buffer yang bahkan juga terbilang sama. Tetapi yang membedakan untuk keduanya adalah fitur dan juga fasilitas yang diberikan. Meski hootsuite ini mendukung lebih banyak media sosial tetapi tools internet marketing gratis yang mereka miliki nanti hanya mengizinkan para pengguna untuk mengoneksikan 3 akun media sosial.

Hootsuite juga diketahui mendukung post otomatis melalui adanya RSS Feed. Tetapi untuk dukungan ini maksimal hanya bisa digunakan selama 2 kali RSS Feed. Kelebihan lainnya yang dimiliki hootsuite ini adalah fitur URL Shortener yang diberikan. Setiap post yang dipublish di media sosial akan secara otomatis menjadi pendek dengan tool url shortener dari ow.ly.

27. Visual Website Optimizer

Nama VWO mungkin terdengar asing. Tetapi tools ini diketahui bisa menjadi software untuk mengoptimalkan tampilan website dengan cara membandingkan hasil antara tampilan A dan juga tampilan B.

Software VWO ini akan bekerja dengan cara melakukan analisa aktivitas pengunjung saat mengunjungi web yang anda miliki. Dalam pengaplikasiannya, tools internet marketing VWO ini bisa diterapkan dalam meningkatkan penjualan di toko online dan meningkatkan CTR atau Click Trough Rate yang ada di iklan dan dipasang di blog.

28. Instapage

InstapageTools internet marketing gratis untuk bisnis berikutnya adalah Instapage. Tools  ini menjadikan landing page lebih mudah karena hanya tinggal drag and drop. Fitur yang juga disediakan oleh instapge ini bukan hanya fitur untuk membuat landing page tetapi juga ada fitur A/T testing dalam melakukan percobaan manakah tampilan landing page yang paling sukses agar bisa mendapatkan banyak klik dari pengunjung.

29. Evernote Web Clipper

Nama Evernote Web Clipper mungkin pernah anda dengar. Tools ini merupakan extension agar bisa mempermudah pengguna dalam menyimpan dan juga mengedit halaman web. Sayangnya untuk pengguna firefox memang masih belum bisa merasakan bagaimana kehebatan dari tools ini. Sebab extension evernote web clipper ini hanya tersedia untuk browser google chrome, safari, opera dan IE 7.

30. Mad Mimi

Mad Mimpi merupakan tools internet marketing gratis terbaik yang bisa anda miliki. Tools ini adalah tool email marketing agar bisa mengelola dan juga mengirim email secara otomatis kepada subscribers. Rival utama dari mad mimi ini adalah mailchimp yang meskipun keduanya sama tetapi Mad mimi menawarkan layanan dalam mengirim jumlah besar sekitar 12.500 email dalam satu bulan.

31. PollDady

Dari namanya, anda bisa menebak bahwa tool ini memiliki fungsi untuk membuat survei atau pemungutan suara secara online. Polldady sendiri sudah terintegrasi dengan wordpress yang mana mereka bisa langsung menggunakan software tersebut dalam membuat survei online.

Sementara untuk fitur, PollDady ini memiliki banyak fitur meski sebagian harus menjadi Pro dulu untuk bisa menikmatinya. Untuk pengguna gratisan hanya bisa membuat form pertanyaan dengan css default atau tidak bisa dikustomisasi.

32. CoSchedule

Kalau bicara soal digital marketing modern, media sosial merupakan salah satu platform yang dirasa wajib untuk dioptimalkan. Menggunakan CoSchedule ini tidak hana menyediakan kalender konten yang mudah untuk digunakan serta memungkinkan anda dalam menjadwalkan konten. Tetapi juga bisa terintegrasi dengan wordpress dan baik. Tool ini nantinya memungkinkan anda dalam mempromosikan blog dan konten web melalui media sosial dan lebih mudah.

33. LandingPress

LandingPress merupakan template wordpress yang telah dimodifikasi menggunakan plugin Elementor untuk keperluan bisnis online di Indonesia. Tujuan dibuatnya landingpress ini untuk memudahkan membuat landing page / website yang lebih mudah. Karena untuk menggunakannya kita tinggal drag & drop saja. Tapi untuk menggunakan landingpress ini kamu harus beli lisensinya terlebih dahulu.

Ada banyak jenis tools internet marketing gratis untuk bisnis anda. Mempermudah dan menghemat waktu dalam pengelolaannya. Ketika dimanfaatkan dengan baik, evaluasi bagaimana hasil atau dampak yang diciptakan tools tersebut. Pilih manakah tools yang memang anda butuhkan dan gunakan dengan baik.

2 Comments
  1. Ujang says

    Landingpress berbayar Om …

    1. DosenOnline says

      Iya om, lihat deskripnya 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?