17 Aplikasi Pembersih RAM Android dan PC Paling Ringan 2019

0 81
5/5 (1)

Kecanggihan smartphone saat ini memang dirasa begitu besar. Tidak lagi hanya sebuah alat untuk komunikasi yang digunakan untuk telepon atau mengirim sms saja. Tetapi lebih dari itu, smartphone seolah merupakan kebutuhan utama. Ada banyak orang yang berbisnis hanya bermodalkan smartphone. Ada juga yang menggunakannya sebagai media hiburan paling mudah dan bisa diakses kapan saja. Mereka yang menyukai fotografi juga tak harus memiliki kamera mahal sebab dari kamera smartphone saja sudah banyak yang menyediakan kamera dan lensa terbaik. Namun untuk melakukan semua tugas tersebut, smartphone membutuhkan komponen yang memadai. Komponen yang tepat seperti besarnya RAM dan wajibnya anda memiliki aplikasi pembersih RAM android dan pc, selain itu kamu juga membutuhkan aplikasi penghemat baterai supaya tahan lama.

Aplikasi pembersih RAM pc dan android ini dirasa akan sangat membantu kinerja smartphone agar tidak lagi lemot. Apalagi sekarang juga ada aplikasi penghasil uang yang lagi trend. Kinerja smartphone menjadi lebih enteng dan kembali bisa difungsikan sebagaimana mestinya. RAM besar pada sebuah smartphone tidak akan ada artinya jika kita tidak tahu bagaimana cara membersihkannya. Padahal hanya melalui sebuah aplikasi, anda bisa mengoptimalkan lagi kinerja smartphone. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi pembersih RAM android dan pc yang bisa anda gunakan.

Aplikasi Pembersih RAM Android

1. Clean Master

Clean MasterUrutan pertama kita punya clean master. Rekomendasi ini memang dirasa paling tepat karena memang sudah diunduh lebih dari 500 juta kali. Aplikasi pembersih RAM ini dikembangkan oleh Cheetah Mobile. Aplikasi Clean Master disebut memiliki fitur yang bagus dan membuat para penggunanya juga nyaman dan tak kesulitan. Bahkan, ukuran dari aplikasi ini juga hanya 18 MB saja. Sementara fitur yang dimilikinya juga cukup menarik misalnya seperti fitur menghemat baterai hingga mematikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

Clean Master juga disebut bisa menjadi antivirus android yang ampuh. Aplikasi ini dirasa komplit. Bisa membersihkan RAM, bisa menjadi antivirus, bisa memperingan kinerja smartphone hingga melindungi smartphone dari pencurian ataupun serangan virus. Tertarik untuk segera menginstallnya?

=> Download Clean Master <=

2. Power Clean

Berikutnya, aplikasi pembersih RAM android yang satu ini bernama Power Clean. Aplikasi ini sudah dikembangkan oleh LIONMOBI yang telah diunduh sebanyak kurang lebih 100 juta kali yang ada di playstore. Bahkan aplikasinya pun memiliki ukuran kurang lebih 6 MB saja.

Ada fitur yang juga cukup unik pada aplikasi ini yaitu kemampuannya dalam meningkatkan daya. Nantinya daya ini akan menghentikan aplikasi secara otomatis yang bisa menguras banyak baterai. Tidak hanya itu, Power Clean ini juga bisa membersihkan notifikasi yang dimana bisa mengganggu aktivitasmu saat menggunakan android.

=> Download Power Clean <=

3. Ccleaner

Daftar selanjutnya adalah ccleaner. Aplikasi yang satu ini sudah dikembangkan oleh Piriform yang telah diunduh sebanyak kurang lebih 50 juta kali yang ada di playstore. Bahkan, aplikasi ini cukup ringan dengan ukuran kurang lebih hanya 15 MB saja. Fungsinya juga sama yaitu dengan membersihkan sampah yang ada di RAM kita.

Tetapi ada satu juga yang membuatnya unik yaitu anda bisa mengatur jadwal agar bisa membersihkannya secara teratur. Nantinya, Ccleaner ini bisa membersihkan secara otomatis dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. Dari aplikasi ini juga, anda bisa mencopot atau menguninstall aplikasi yang sudah ada di android. Ada juga aplikasi pembersih RAM PC Ccleaner yang bisa kamu gunakan.

=> Download Ccleaner <=

4. Super Cleaner

Super CleanerKali ini bukan hanya aplikasi pembersih RAM android saja tetapi juga sebagai antivirus, booster hingga phone cleaner. Aplikasi ini juga sudah dikembangkan oleh Hawk App Studio yang telah diunduh kurang lebih sebanyak 50 juta kali yang ada di playstore. Super Cleaner ini memiliki ukuran 14 MB saja sehingga tidak akan memakan banyak space di smartphone anda. Fitur yang digunakan juga cukup beragam dan menarik. Salah satunya adalah pendingin CPU.

Super cleaner mampu mendinginkan atau bahkan menurunkan suhu dari CPU android anda. Selain itu, ada juga penghemat baterai yang membuat kinerja smartphone bisa lebih lama. Super cleaner bisa mencari dimana letak pemborosan baterai dan bisa diminimalisir oleh super cleaner ini. Bahkan dari aplikasi ini, anda bisa menjadikannya sebagai pengunci dari android anda baik itu menggunakan pola ataupun pin. Lengkap, bukan?

=> Download Super Cleaner <=

5. Clean Master Lite

Clean Master Lite merupakan aplikasi yang telah dikembangkan oleh Cheetah Mobile. Aplikasi ini juga sudah diunduh sebanyak sekitar 50 juta kali serta memiliki ukuran kurang lebih 5 MB saja. Sangat kecil, bukan? Aplikasi ini juga tidak jauh berbeda dengan versi clean master.

Hanya saja untuk aplikasi pembersih RAM pc dirasa jauh lebih ringan dan pas untuk smartphone yang memorinya tak banyak. Aplikasi Clean Master Lite bisa menambahkan kecepatan ponsel, menghemat baterai dan juga menjadi antivirus yang ampuh melindungi smartphone anda.

=> Download Clean Master Lite <=

6. DU Cleaner

DU Cleaner merupakan aplikasi yang sudah dikembangkan oleh DU Security lab dan telah digunakan oleh kurang lebih 10 juta kali. Aplikasi ini memiliki ukuran 6 MB dan ada salah satu fiturnya akan mempercepat android anda. Mempercepat disini yang dimaksud adalah ketika membuka aplikasi menjadi lebih ringan dan cepat. Membuka atau kembali ke home juga lebih cepat. Bisa juga memungkinkan kita untuk menghindar dari nge-lag yang ada di android anda.

=> Download DU Cleaner <=

7. The Cleaner

The Cleaner-Speed Up & Clean masih berjajar di barisan aplikasi pembersih RAM android yang recommended. Aplikasi ini juga sudah dikembangkan oleh Liquidum Limited yang telah diunduh sebanyak sekitar 10 juta user. Aplikasi ini juga memiliki ukuran 6 MB saja yang mana ketika anda sedang membersihkan maka ia bisa menampilkan total dari sampah yang kita tinggalkan di setiap aplikasi. Tidak hanya itu, The Cleaner juga bisa mempercepat kinerja dari android kita. Sehingga dalam menggunakan android pun juga tidak perlu menunggu lama. Terutama ketika anda ingin bermain game.

=> Download The Cleaner <=

8. Avast Cleanup & Boost

Avast Cleanup & BoostAplikasi pembersih RAM android yang satu ini sudah dikembangkan oleh Avast Software. Diunduh kurang lebih 10 juta kali dan memiliki ukuran kurang lebih hanya 18 MB saja. Avast memang dikenal sebagai software antivirus yang kali ini hadir untuk android anda.

Avast bisa membersihkan sekaligus bisa menjadi pelindung ataupun antivirus dari serangan virus jahat. Salah satu kegunaan dari aplikasi ini adalah bisa membersihkan sampah-sampah yang ada di RAM dengan otomatis. Avast juga bisa menjadi pengunci layar android anda dan menggunakan pola atau pin.

=> Download Avast Cleanup & Boost <=

9. AMC Security

Pernahkah anda mendengar AMC Security? Aplikasi ini dikembangkan oleh iObit Mobile Security yang mana sudah diunduh sebanyak sekitar 10 juta user yang ada di playstore. Ukurannya kurang lebih 11 MB saja dan AMC security juga memiliki salah satu fitur yang unik. Adanya fitur Game Speeder yang cocok untuk anda yang suka ngegame tetapi takut ngelag. AMC Security juga disebut bisa membersihkan sekaligus. Mulai dari virus, cache hingga menutup aplikasi yang mana termasuk menguras baterai smartphone anda.

=> Download AMC Security <=

10. AVG Cleaner

Berikutnya, aplikasi yang telah dikembangkan oleh AVG Mobile ini memang selalu dipercaya. Aplikasinya telah diunduh kurang lebih 10 juta kali dan memiliki ukuran yang kecil. Sekitar hanya 18 MB saja. Aplikasi ini juga bisa meningkatkan kinerja android anda serta menutup aplikasi yang masih menyala di latar belakang. Tentu hal ini akan membuat baterai jadi lebih hemat dan awet seharian.

Dengan aplikasi pembersih RAM android ini, anda bisa mendapatkan lebih banyak ruang. Aplikasi ini juga akan menghapus beberapa file sampah secara otomatis. Selain itu, aplikasinya juga bisa meningkatkan kinerja android serta bisa menutup aplikasi ini di latar belakang sehingga baterai bisa lebih awet seharian.

=> Download AVG Cleaner <=

11. Phone Cleaner

Aplikasi ini telah dikembangkan oleh One App Ltf. Aplikasi yang telah diunduh sebanyak kurang lebih 10 juta kali dan memiliki ukuran sekitar 9 MB ini memang menjadi yang terbaik. Android anda juga tidak akan mudah lag. Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih RAM android ini karena adanya salah satu fitur di aplikasi yang bisa memacu kecepatan android. Selain itu, aplikasi phone cleaner juga bisa menjadi antivirus. Sehingga anda tidak lagi perlu untuk menginstall aplikasi antivirus yang ada di android anda.

=> Download Phone Cleaner <=

12. SD Maid

Mungkin aplikasi pembersih RAM android ini terdengar asing. Aplikasi yang telah dikembangkan oleh darken ini juga sudah diunduh sekitar 10 juta kali serta memiliki ukuran kurang lebih 6 MB. Aplikasi ini juga bisa mengelola aplikasi ataupun berkas file agar tidak ada lagi yang ganda. Selain itu, aplikasinya juga bisa membersihkan secara otomatis manakah aplikasi yang berjalan di latar belakang. Android anda akan terasa lebih ringan dan mudah untuk digunakan.

=> Download SD Maid <=

13. 360 Cleaner

360 Cleaner360 Cleaner merupakan aplikasi pembersih RAM android yang sudah dikembangkan oleh Assistive Touch Team. Aplikasi ini telah digunakan kurang lebih 1 juta kali di playstore. Ukuran yang dimilikinya juga sekitar 6 MB. 360 Cleaner ini ampuh dalam membersihkan sampah yang ada di android anda.

Selain itu, aplikasinya juga bisa menghapus semua cache dari aplikasi yang terpasang di android anda. Tak perlu takut lagi jika memang RAM anda penuh karena sampah ataupun cache. Sebab aplikasi ini bisa membersihkan semuanya tanpa kendala yang berarti. Rating dari aplikasi ini 4.4 di playstore.

=> Download 360 Cleaner <=

14. RAM Cleanup

RAM Cleanup merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh J Kosa. Aplikasinya telah diunduh sebanyak kurang lebih 1 juta kali di playstore. Ukuran yang dimilikinya memang terbilang kecil yaitu kurang lebih 2 MB saja. RAM Cleanup juga dirasa begitu simple tetapi untuk masalah fitur dan kinerjanya memang tidak kalah hebat dengan yang ada di sebelumnya.

Salah satu fitur menarik yang ada di aplikasi ini adalah anda bisa mengatur jadwal untuk melakukan pembersihan RAM. Aplikasi ini juga akan membersihkan secara otomatis tanpa harus membuka aplikasi ini lagi. Rating RAM Cleanup di playstore adalah 4.5.

=> Download RAM Cleanup <=

15. DU Speed Booster

Kalau anda mencari manakah pembersih di HP android yang lengkap, DU Speed Booster adalah salah satu jawabannya. Aplikasi ini juga terbilang lengkap yaitu mulai dari cleaner file sampah, booster kecepatan dan juga antivirus. DU Speed Booster ini adalah pilihan tepat. Karena dengan satu aplikasi saja sudah cukup untuk bisa mengatasi berbagai masalah yang terjadi.

Aplikasi ini juga sudah digunakan di seluruh dunia serta menandakan begitu populernya DU Speed Booster. Aplikasi yang gratis dan bisa anda unduh langsung melalui playstore. Fitur dan kelebihan yang dimiliki beberapa diantaranya adalah boost ponsel dan boost memori, cleaner file sampah, keamanan dan antivirus, boost jaringan hingga CPU cooler.

=> Download DU Speed Booster <=

Aplikasi Pembersih RAM PC

1.  Wise Memory Optimizer

Wise Memory OptimizerAplikasi pembersih ram PC yang pertama ini yaitu wise memory optimizer. Kali ini berbeda, aplikasi pembersih RAM dan juga memori fisik di PC adalah Wise Memory Optimizer. Aplikasi yang bisa meningkatkan kinerja PC secara keseluruhan. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga diberikan secara cuma-cuma alias  gratis. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membantu kinerja PC agar terasa lebih ringan.

=> Download Wise Memory Optimizer <=

2. RAM Rush

Aplikasi pembersih RAM PC berikutnya adalah RAM Rush. Aplikasi ini bisa digunakan untuk PC ataupun laptop. RAM Rush juga memiliki tampilan pengguna yang sederhana. Aplikasinya berjalan pada system tray serta mampu menampilkan real time grafik penggunaan CPU. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur RAM Rush secara otomatis ketika jumlah dari memory 8% lebih rendah dari total RAM. Anda juga bisa mengaturnya secara manual menggunakan akses hotkey.

=> Download RAM Rush <=

Benarkah Aplikasi Pembersih RAM ini Efektif?

Salah satu masalah umum yang seringkali dihadapi oleh pengguna smartphone adalah lemot atau RAM yang penuh. Ukuran aplikasi semakin lama semakin besar. Apalagi tiap ada penambahan fitur ukurannya bertambah dan semakin lama digunakan space yang juga digunakan semakin besar. Sementara kalau iPhone sendiri tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal agar bisa memecahkan masalah seperti ini.

Disinilah nanti aplikasi untuk membersihkan RAM ini sempat menjadi populer di App store. Sebab fungsinya sangat dibutuhkan oleh pengguna terutama yang memang kapasitas penyimpanan dari iPhone sendiri rendah.  Aplikasi pembersih RAM atau cache ini bisa diinstall dari App Store. Ada juga dari Cydia untuk yang sudah disebut jailbreak. Sementara untuk yang sudah jailbreak sendiri, aplikasi pembersih ini memiliki hak akses root sehingga bisa melewati sandbox serta mengerjakan apapun yang sudah diperintahkannya.

Kesimpulan

Aplikasi pembersih yang berasal dari Cydia ini bekerja dengan cara memindai kemudian mencari direktori cache aplikasi lain serta mengeksekusinya sesuai dengan kehendak pengguna. Jadi, aplikasi jailbreak ini biasanya bekerja secara langsung. Yakni dengan menghapus file-file atau direktori yang dianggap tidaklah penting. sementara untuk aplikasi dari App Store sendiri seperti dari non-jailbreak lain lagi. Alasan utama mengapa tidak ada fitur penghapusan data pengguna dan juga cache di iOS seperti yang ada di android ialah karena prinsip it just works yang dimiliki oleh Apple.

Contoh aplikasi jailbreak yang cukup populer adalah iCleaner. Aplikasi ini melakukan pemindaian yang ada pada partisi user dan juga system serta mencari file-file dan juga direktori yang cocok dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh pengguna. Beberapa file atau data yang bisa anda hapus menggunakan iCleaner adalah attachment pesan, cache dan juga file sementara dari aplikasi pihak ketiga, cache dan file sementara yang berasal dari sistem, cache atau cookies dari Safari hingga file-file asset atau resource dari perangkat lainnya.

Fitur-fitur ini bisa anda karena memang iCleaner sendiri merupakan aplikasi jailbreak yang memiliki hak akses root. Artinya, aksesnya juga tidak terbatas serta bisa melakukan pemindaian dan akses baca/ tulis/ eksekusi di semua partisi dan direktori.

Pilihlah salah satu aplikasi pembersih RAM PC dan Android yang terbaik. Gunakan sesuai dengan petunjuk dan jangan lupa untuk rutin membersihkannya. Sebab salah satu hal yang membuat kinerja android jadi lebih berat adalah karena banyaknya cache. Semoga artikel dari Dosen Online ini bermanfaat 🙂

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?