13 Bisnis di Bulan Puasa yang Menjanjikan dan Paling Laris

0 52
5/5 (3)

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Bukan hanya bagi umat muslim yang wajib berpuasa dan menyambutnya dengan suka cita, tetapi di bulan yang penuh pengampunan ini banyak orang yang juga merasakan suasana harunya. Mereka yang mengaku tak sempat berbagi tetapi di bulan ini akan merasakan bagaimana bahagianya bisa berbagi kepada sesama. Sementara untuk urusan bisnis, banyak pebisnis dadakan yang memanfaatkan peluang di bulan Ramadhan. Tak lain karena memang kebutuhan akan kuliner, fashion dan pernak pernik lainnya dirasa kian meningkat. Tak ada salahnya jika memang anda ingin memulai bisnis di bulan puasa dan jangan lupa memakai strategi pemasaran online untuk jualannya.

Kemauan untuk memulai bisnis tiap orang memang berbeda. Ada yang berani memulai bisnis dengan modal yang kecil. Ada juga yang siap memulai bisnis di waktu-waktu tertentu. Seperti melihat adanya potensi bisnis di bulan Ramadhan. Terutama dalam bidang kuliner, anda akan menemukan banyak penjual makanan jelang berbuka. Contoh kecil untuk bisnis di Bulan Ramadhan yang bisa jadi bahan inspirasi anda. Lalu bisnis apa lagi selain kuliner?

Perhatikan orang-orang di sekitar anda. Apa yang mereka butuhkan saat memasuki bulan puasa? Terutama di bidang online seperti melalui facebook, instagram dan media sosial lainnya akan mulai bermunculan bisnis dadakan sebab mereka tahu bahwa mendekati lebaran nanti harga akan mulai naik. Sudah menjadi tradisi bahwa masyarakat Indonesia mempersiapkan banyak hal untuk menyambut bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri nanti. Berikut ini beberapa rekomendasi ide bisnis yang bisa anda coba.

Ide Bisnis di Bulan Puasa yang Paling Laris

Ide Bisnis di Bulan Puasa yang Paling Laris

1. Jualan Baju

Tak bisa dipungkiri bahwa baju atau fashion memang menjadi buruan utama untuk para wanita. Ada beberapa dari mereka bahkan menyiapkan baju-baju baru untuk lebaran nanti. Jauh waktu, mereka juga menyiapkan baju untuk sholat Ied dan baju untuk liburan di hari lebaran kedua, ketiga. Apapun alasan mereka, tentu hal ini bisa menjadi peluang bagus bagi anda yang ingin memulai bisnis di bulan puasa yang menjanjikan.

Bisnis fashion salah satu yang paling populer. Kamu bisa menjadi reseller olshop fashion dimana pun yang kamu mau, terutama di Instagram. Kamu tinggal mencari online shop yang open reseller. Dengan begitu kamu bisa menjadi reseller olshop gratis tanpa modal.

Kenali bagaimana trend yang sedang ramai dibicarakan. Kalaupun anda ingin menciptakan trend tersendiri juga tidak ada masalah. Akan tetapi, yang harus digiatkan adalah pada cara promosi. Berbisnis tak akan lepas dari bagaimana anda mempromosikan bisnis fashion. Fashion seperti baju muslimah, mukenah, baju koko untuk laki-laki dan sebagainya menjadi salah satu contoh bisnis yang ramai di bulan ramadhan nanti.

2. Jualan Kue Kering

Siapa yang tak suka dengan kue kering di lebaran nanti? Sajian ini seolah menjadi menu utama di setiap rumah. Macam-macam kue kering yang khas dan lezat. Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis di bulan puasa yang menjanjikan. Kalaupun anda memiliki kemampuan atau keahlian untuk membuat kue kering sendiri di rumah mengapa tak mencoba memasarkannya secara luas? Manfaatkan keahlian anda dalam membuat kue. Cobalah untuk menemukan resep paling lezat dan ciptakan kue-kue terbaru agar menjadi ciri khas.

Untuk permulaan anda bisa memasarkan pada orang-orang terdekat. Seperti tetangga, keluarga, teman atau sahabat. Barulah ketika respon yang datang cukup positif, anda bisa mulai menerima pesanan. Bagaimana caranya? Mulailah dari facebook, tawarkan kue kering lezat yang anda buat sendiri dengan promo yang menarik. Misalnya seperti beli 3 gratis 1. Ada sample untuk pelanggan baru atau berbagai bentuk promo lainnya.

3. Jualan Makanan Takjil

Jualan Makanan TakjilMakanan takjil disini seperti kue basah ataupun paket takjil. Ada banyak komunitas atau pihak-pihak perusahaan yang membuat program bagi-bagi takjil saat bulan Ramadhan. Ketika anda mampu menawarkan paket takjil pada mereka bukan tidak mungkin ini bisa menjadi ide bisnis di bulan puasa yang menguntungkan. Buat paket takjil semenarik mungkin. Tak hanya berisi kurma yang menjadi menu wajib, tetapi anda bisa membuat kue-kue ringan sebagai menu takjil.

Karena masih berhubungan dengan kuliner maka yang dibutuhkan adalah bagaimana cita rasanya memang lezat. Anda bisa memilih dan memilah resep apa yang mudah untuk dibuat. Seperti lemper ayam, donat, roti dan sejenisnya. Makanan takjil menjadi salah satu yang diburu ketika bulan puasa nanti.

4. Jualan Makanan Berbuka

Apa bedanya makanan takjil dan berbuka? Makanan takjil identik dengan makanan-makanan ringan untuk mengganjal perut atau sekadar membatalkan puasa ketika adzan maghrib berkumandang. Tetapi makanan berbuka bisa berisi berbagai menu. Seperti misalnya nasi dengan sayuran, buah-buahan untuk dessert ataupun menu andalan lainnya. Banyak pasar kuliner yang akan buka di sore hari dan memanfaatkan waktu ini sebagai waktu untuk berbisnis di bulan puasa modal kecil.

Tak sedikit yang akan berburu makanan jadi karena mereka memilih yang praktis. Anda bisa membuat sayuran sehat dan dikemas sepraktis mungkin kemudian dijual per bungkusnya. Bisa juga dengan menjual nasi bungkus dengan lauk yang bercita rasa lezat. Mulailah berburu resep untuk makanan berbuka yang disukai banyak orang ketika di bulan Ramadhan.

5. Jualan Catering untuk Sahur

Anda akan melihat banyaknya warung yang masih buka di kala bulan puasa ketika jam sudah menunjukkan tengah malam. Bahkan di beberapa kota, ramainya warung tersebut memang dari setelah berbuka hingga pagi menjelang sahur. Sebab, ada banyak orang yang memilih sahur praktis dengan membeli makanan jadi. Kalaupun tak memiliki modal untuk membuka warung, anda bisa melayani catering atau jual makanan dengan cara homemade.

Buatlah menu sahur ataupun berbuka puasa. Layani pemesanan via online jika tidak memungkinkan membuka gerai di depan rumah. Perlahan tapi pasti, dengan promosi yang benar maka akan banyak orang yang mengetahui bisnis anda. Sebab, catering untuk sahur dan berbuka ini juga diburu oleh banyak perusahaan atau kantor yang sering mengadakan buka bersama atau mengadakan acara sahur on the road untuk berbagi ke sesama.

6. Jualan Hijab

Masih berhubungan dengan fashion, tetapi anda bisa menggunakan ide bisnis di bulan puasa tanpa modal ini untuk meraup keuntungan lebih besar. Sebab, banyak para wanita yang ingin membeli hijab untuk keperluan lebaran ataupun digunakan dalam kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan.

Anda bisa memulainya dengan bisnis dropship hijab online. Temukan supplier khusus hijab dimana biasanya akan tersedia berbagai model dan juga warna-warna yang lebih bervariasi. Jualan hijab ini juga termasuk usaha di bulan puasa ramadhan yang laris.

Mengingat perkembangan fashion terutama untuk para wanita yang berhijab juga cukup pesat, anda bisa memilih model-model hijab yang dijual melalui online. Buatlah sebuah trend hijab jika anda memiliki ketertarikan di bidang fashion. Lakukan endorse di instagram untuk memulai promosi dan melihat seberapa besar dampak tersebut bisa berpengaruh pada bisnis anda.

7. Bisnis Parsel Lebaran

Bisnis Parsel LebaranBisnis di Bulan Ramadhan dengan jualan parsel. Ketika lebaran memang seringkali kita menemukan orang-orang yang saling memberikan hadiah untuk keluarga dan juga teman-teman. Mereka sering berburu parsel unik dan terlihat begitu kreatif. Anda yang juga memiliki keahlian untuk membungkus parsel dengan tampilan lebih menarik, tak ada salahnya bidang ini dijadikan bisnis. Menjual parsel lebaran dan menerima pesanan parsel untuk banyak orang.

Tawarkan keahlian atau jasa bungkus parsel di toko-toko terdekat sebagai langkah awal. Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk melakukan promosi. Modal yang diperlukan juga tergantung dari jenis parsel yang kita buat. Bisnis di bulan puasa yang menjanjikan ini cukup ramai dan populer karena banyak perusahaan yang akan membutuhkan paket parsel yang diberikan pada klien mereka.

8. Berbisnis Gadget

Disadari atau tidak, gadget seperti smartphone ketika bulan Ramadhan memang semakin meningkat penjualannya. Hal ini memang terjadi dan dirasa cukup unik. Usaha yang cocok untuk anda yang sebelumnya juga sudah bergerak di bidang teknologi. Ketika bulan puasa mendekati lebaran umumnya orang ingin terlihat beda. Dimana mereka juga ingin memperbarui smartphone sebagai kebutuhan komunikasi dan media hiburan.

Hal ini juga bisa dilihat dari data e-commerce yang menunjukkan bahwa trend pembelian ponsel ini mengalami peningkatan cukup tinggi. Adanya peluang atau potensi tersebut, anda bisa memilih berbisnis gadget atau menjual smartphone. Bagaimana caranya? Cobalah bertanya pada pihak konter hp apakah mereka membuka freelance sebagai sales atau tidak. Jika ada modal yang cukup besar, anda bisa menggunakannya sebagai langkah awal untuk menjual smartphone melalui online atau market place.

9. Rental Mobil atau Motor

Tradisi lain ketika lebaran di Indonesia adalah pulang kampung. Tentu hal ini memang dialami tiap orang dimanapun mereka berada. Ingin berkumpul bersama keluarga dan menikmati masa-masa libur lebaran dengan sanak famili. Mereka yang akan bepergian ke luar kota tetapi tidak memiliki kendaraan pribadi tentu akan memanfaatkan jasa rental mobil atau motor luar kota.

Terutama di kota-kota besar, rental mobil ini sangat dicari para pemudik. Tak semua orang memiliki kendaraan pribadi seperti mobil atau suka naik kendaraan umum. Anda yang memiliki modal besar untuk membuka bisnis di bulan puasa ini, cobalah untuk merencanakan dengan baik bagaimana merintis bisnis tersebut. Tidak terburu-buru mengingat modal yang dibutuhkan memang tak sedikit.

10. Jual Ketupat

Meski terdengar sederhana tetapi menjual ketupat juga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Bagaimana tidak? Ketupat adalah simbol lebaran idul fitri. Jenis makanan ini juga sering kita jumpai dimana saja ketika lebaran. Tak semua orang bisa membuat ketupat. Mereka yang tidak bisa membuat sendiri juga akan membeli ketupat yang sudah jadi. Anda bisa memproduksi ketupat atau membelinya dari pengrajin.

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis di bulan puasa ini juga tidak besar. Modal sedikit tapi untung banyak. Kesuksesan dan kelancaran dari bisnis jual ketupat ini adalah bagaimana anda mempromosikannya. Ketupat akan sangat laris pada hari-hari jelang lebaran. Mulailah untuk merencanakan dengan baik bisnis ini.

11. Membuat Kerajinan Tangan

Membuat Kerajinan Tangan LebaranKerajinan tangan disini bisa berupa amplop lebaran, bros dari kain flanel, sarung toples yang terbuat dari kain flanel dengan model-model cantik. Menjelang bulan puasa sudah banyak para pebisnis yang menjual hasil karyanya berupa kerajinan tangan ini. Kebanyakan mereka yang menjual produk-produk seperti ini membuatnya sendiri di rumah. Sebab dengan hasil buatan sendiri kita bisa mendapatkan banyak keuntungan serta mengasah kreativitas yang diketahui bisa dikembangkan menjadi bisnis.

Promosikan kerajinan tangan anda kepada orang-orang terdekat seperti tetangga, teman ataupun keluarga. Hasil karya seperti bros bisa anda endorse sendiri melalui instagram. Tunjukkan model-model cantik yang anda gunakan untuk memikat para konsumen. Bisa juga menciptakan kerajinan tangan berupa amplop karakter atau amplop angpao. Ada yang berbentuk permen, amplop dengan gambar keluarga hingga amplop dengan hasil gambaran kita sendiri.

12. Jual Minuman Segar

Kamu juga bisa bisnis minuman di bulan puasa. Mereka yang berpuasa seringkali akan berburu takjil ketika mendekati waktu berbuka. Tak hanya itu, karena rasa haus yang dirasakan sering kita berpikir makanan atau minuman yang dingin, lezat dan mengenyangkan. Meski tak baik memikirkan hal tersebut ketika puasa tetapi anda bisa memanfaatkan peluang bisnis ini dengan baik.

Jual minuman segar bisa menjadi salah satu bisnis di bulan puasa yang cukup prospek. Sebab banyak orang akan mencari hidangan yang segar dan mampu menghilangkan haus di sepanjang hari. Minuman-minuman segar ini bisa berupa es jus buah sehat, es degan, es campur dan lain sebagainya. Carilah resep minuman segar yang akan memberi anda kemudahan untuk berbisnis minuman segar di bulan puasa.

13. Jual Buah-Buahan

Selama berpuasa tubuh memang tidak mendapatkan pasokan makan ataupun minum. Anda bisa menyajikan dari awal subuh hingga tengah malam kalaupun memungkinkan. Buah-buahan mampu mengembalikan energi tubuh yang terkuras saat beraktivitas sepanjang hari. Penjualan buah-buahan juga disebut meningkat saat berada di bulan puasa. Anda bisa melihat terlebih dahulu buah apa yang banyak disukai, buah yang bisa bertahan lama walaupun tak perlu dimasukkan kulkas dan cara lainnya.

Anda bisa menemukan dimana tempat untuk membeli buah-buahan segar. Misalnya saja seperti semangka, blewah, melon, nanas dan lain sebagainya. Asal tahu bagaimana cara untuk berpromosi dengan benar, anda bisa menikmati keuntungan dari bisnis di bulan Ramadhan seperti menjual buah-buahan.

Tips Sukses Bisnis di Bulan Puasa

Tips Sukses Bisnis di Bulan Puasa1. Cermati Peluang Usaha

Salah satu tips yang bisa anda gunakan ketika ingin memulai bisnis di bulan puasa adalah melakukan pengamatan. Cara ini untuk membantu kita apakah ada peluang di sekitar kita jika menentukan jenis bisnis tersebut. Melatih kejelian dan kepekaan terhadap peluang atau potensi bisnis di sekitar anda. Misalnya saja ada usaha kuliner. Apakah anda bisa memulai bisnis serupa dan siap untuk bersaing atau tidak.

2. Bisnis untuk Jangka Panjang

Jika anda memulai bisnis di bulan puasa, tak ada salahnya untuk membuka toko online yang bisa memasarkan produk atau bisnis anda. Sebaiknya memilih bisnis untuk jangka panjang sehingga bisnis ini tidak akan beroperasi hanya saat bulan puasa. Tetapi anda tetap bisa mengembangkan bisnis tersebut untuk meraup keuntungan.

Seperti contoh usaha kuliner. Jika di bulan puasa anda membuka catering untuk sahur dan berbuka, mengapa tidak dilanjutkan? Tetaplah menerima pesanan catering karena ketika anda bisa  mempertahankan kualitas rasa maka pelanggan akan semakin bertambah.

3. Menjaga Stamina

Karena tak semua orang mampu beraktivitas seharian dengan kondisi sedang berpuasa, tetaplah untuk menjaga kesehatan anda. Bisnis memang harus diperhatikan tetapi juga harus seimbang dengan kesehatan kita. Sebab, jika anda jatuh sakit sebagai pebisnis maka akan banyak kesempatan yang dilewatkan begitu saja. Tentukan jam dan waktu yang tepat kapan untuk mengembangkan bisnis, kapan harus beristirahat. Menjaga stamina saat bulan puasa merupakan kewajiban.

Semoga ide bisnis dari Dosen Online bermanfaat bagi teman-teman. Seorang pebisnis yang sukses diawali dengan jeli atau pekanya mereka terhadap peluang yang ada di sekitarnya. Maka dari itu, jangan bosan untuk melakukan analisa-analisa terhadap peluang bisnis baru. Bisnis di bulan Ramadhan ini memang banyak menguntungkan di bidang kuliner. Sebab kebutuhan orang akan konsumsi makanan dirasa kian meningkat.

Berikan Rating ?

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?