7 Cara Membangun Personal Branding di Era Digital yang Kuat

0 46

Apakah anda pernah mendengar tentang  personal branding ? Bagi public speaking, istilah ini tentu tidak asing di telinga mereka. Hal ini karena personal branding adalah sebuah faktor yang penting ketika berbicara memperkenalkan diri terhadap publik. Branding tidak hanya dibutuhkan untuk public speaking saja, karena personal branding tentu dibutuhkan untuk menunjang karir anda. Dan yang paling penting kamu harus tahu bagaimana cara berpikir positif. Lantas, bagaimana cara membangun personal branding yang bisa kita lakukan?

 Apa Itu Personal Branding ?

Personal branding adalah bagaimana cara seseorang untuk meningkatkan dan memaksimalkan kemampuan diri sendiri. Kemampuan ini meliputi keterampilan, perilaku, hingga nilai unggul akan apa yang ingin dicapai dalam dirinya.

Seperti arti dari namanya, branding adalah memberikan nama atau kesan terhadap suatu barang dan jasa agar diketahui masyarakat luas. Sehingga jika branding diaplikasikan pada personal / seseorang, maka memiliki arti usaha untuk memberikan sebuah kesan tertentu kepada individu lain maupun kelompok.

Personal branding juga merupakan cara kita untuk memperkenalkan serta menunjukkan diri sendiri kepada publik. Melalui personal branding orang lain dapat memprediksi sifat, serta sikap yang akan anda ambil dalam suatu situasi. Seluruh cara membangun personal branding yang dilakukan agar orang lain dapat memahami atau mengenali anda.

Seberapa Penting Kemampuan Ini ?

Hakekatnya setiap orang di dunia ini pasti memiliki personal branding, komponen ini akan menempel pada diri setiap orang secara alami. Personal branding memang telah dimiliki setiap individu ketika terjun dalam bermasyarakat, namun untuk mendapatkan personal branding yang baik, tentu diperlukan beberapa cara untuk meningkatkannya.

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan, apabila anda memiliki personal branding yang baik. Keuntungan paling utama tentu saja anda akan mendapatkan kehormatan dari masyarakat lingkungan sekitar anda. Ketika anda dapat mempromosikan maupun memberikan kesan yang baik kepada orang lain, sudah pasti nilai dari diri anda pun dapat meningkat dan dipandang lebih baik.

Kesan yang baik juga dapat membuat beberapa orang akan senang, bahkan dapat terinspirasi oleh anda. Dalam lingkungan pekerjaan pun, personal branding ini cukup membantu pekerjaan anda. Hal ini karena anda telah menunjukkan keunggulan serta kemampuan skill anda dalam suatu bidang, sehingga jika ada project yang sesuai dengan bidang tersebut bisa didapatkan dengan cepat.

Personal branding juga akan menguntungkan bisnis usaha anda, hal ini karena dengan kemampuan berbicara dan kemampuan memberikan kesan yang baik pada customer bisa mendapatkan kepercayaan mereka dengan cepat. Apabila anda membuka usaha menjual suatu produk, maka akan banyak cutomer yang merasa senang dengan pelayanan serta pada produk anda.

Manfaat Personal Branding

Kesan seseorang tentu sangat penting dalam berkehidupan sosial, hal ini bukan hanya untuk meningkatkan nilai diri sendiri namun juga untuk membangun komunikasi yang baik dengan orang lain. Oleh karena itu, cara membangun personal branding sangat kita perlukan. Ada beberapa manfaat jika anda memiliki personal branding yang baik.

Membangun atau meningkatkan personal branding dalam diri , dapat membuat pemikiran menjadi terus positif dan berfokus pada area bidang keunggulan anda. Dengan terus fokus pada bidang yang anda kuasai tersebut, rasa percaya diri pun ikut tumbuh. Rasa percaya diri ini akan semakin meningkat karena anda terus berkembang untuk menjadi lebih baik dan semakin menguasai bidang tersebut.

Selain itu manfaat yang akan anda dapatkan adalah luasnya jaringan baik, yang pasti sangat membantu bisnis anda. Setiap orang yang memiliki perusahaan tentu lebih tertarik untuk memiliki hubungan dengan orang yang kompeten. Semakin luas jaringan yang anda miliki, maka kesempatan untuk mendapatkan project besar yang sesuai dengan bidang anda pun semakin besar pula.

Dari manfaat yang anda dapatkan tersebut, hal terpenting dalam cara membangun personal branding adalah anda akan puas serta bebas untuk menjadi diri sendiri. Cara pembangun personal branding bukan berarti menyembunyikan sifat asli, dan menonjolkan sifat yang belum dimiliki. Namun personal branding justru menuntut anda untuk menjadi diri sendiri apa adanya.

Apabila anda membohongi publik maupun diri sendiri, hal itu justru merugikan dan menyusahkan diri anda sendiri. Karena anda harus berusaha untuk menjadi seseorang yang bukan jati diri anda. Oleh karena itu anda harus  mengenali kemampuan serta apa yang ingin anda perjuangkan, agar anda dapat dengan mudah untuk mempertahankan brand yang anda bangun.

Cara Membangun Personal Branding

Cara Membangun Personal Branding1. Kenali Diri Sendiri untuk Membangun Sebuah Personal Branding

Hal pertama yang sangat perlu anda perhatikan ketika membangun serta atau meningkatkan personal branding, adalah dengan mengenali terlebih dahulu diri anda sendiri. Ketahui siapa diri anda, serta apa kemampuan yang anda miliki. Mengetahui passion diri anda sangat penting untuk membentuk personal branding.

Dalam personal branding, anda akan memberikan sebuah kesan kepada orang lain bahwa anda berkompeten dalam suatu bidang. Apabila bidang tersebut bukanlah passion anda, maka orang lain pun tidak bisa melihat kemampuan anda tersebut.

Sehingga cara membangun personal branding yang utama adalah menentukan personal branding yang memang cocok untuk anda.

2. Buatlah Sebuah Media Untuk Mendukung Personal Branding

Buatlah Sebuah Media Untuk Mendukung Personal BrandingPersonal branding bukan hanya melalui komunikasi dan sikap bagaimana anda memberikan kesan terhadap orang lain, namun juga pembuktian bahwa anda memang memiliki passion dalam bidang tertentu.

Buatlah sebuah media untuk semakin membrandingi diri anda, buatlah sebuah blog, website, atau portofolio yang menunjukkan siapa anda dan apa passion anda. Apabila tidak ada waktu untuk membuatnya, jadi kamu harus tahu bagaimana cara mengatur waktu yang benar, supaya bisa meluangkan waktu untuk menyelesaikan tugas ini.

Selain media tersebut anda juga dapat membuat media branding yang mencangkup seluruh kalangan seperti melalui media sosial twitter, path, facebook, dan lain sebagainya. Kartu nama pun penting untuk menunjukkan identitas, ketika berkenalan dengan orang yang membutuhkan skill anda.

3. Komunikasikan Diri Terhadap Dunia

Semakin banyak orang yang mengenali diri anda, semakin kuat pula personal branding yang anda bangun. Oleh karena itu, teruslah untuk mempromosikan atau memperkenalkan diri anda kepada dunia. Memperbanyak kenalan pun juga dapat membantu anda untuk memperluas jaringan dan menuju kesuksesan.

Teruslah untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar baik itu orang baru, karyawan lama, orang penting, atau siapapun juga. Cara membangun personal branding  dengan berkomunikasi dengan siapapun kalangan yang anda temui, dapat memberikan kesan yang baik untuk lingkungan anda. Tidak hanya itu jaringan yang dimiliki pun dapat menjadi semakin luas.

4. Mempertahankan Personal Branding yang Telah  Diciptakan

Mempertahankan Personal Branding yang Telah  DiciptakanPersonal branding adalah sebuah kesan atau image yang akan melekat pada diri anda, sehingga ketika anda memberikan kesan yang baik maka image baik pun akan terus melekat pada diri anda. Melalui branding yang telah dibangun tersebut, anda akan dapat dengan mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari lingkungan sekitar.

Apapun profesi yang anda dapatkan atau inginkan, personal branding adalah kunci utama untuk menunjang kesuksesan dalam menapaki jenjang karier yang anda miliki. Personal branding merupakan sebuah cara anda memperkenalkan kepada dunia, siapa anda dan bagaimana sifat yang anda miliki.

Kesan yang bagus tentu diinginkan semua orang, namun anda pun harus mengetahui sifat yang cocok untuk diri anda sendiri.

Jangan lupa share artikel dari Dosen Online ini jika menurut Anda bermanfaat.

Artikel Lainnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Hayoo mau ngapain?